Contoh Slip Gaji Karyawan: Poin Penting dan Manfaatnya

Contoh Slip Gaji Karyawan: Poin Penting dan Manfaatnya

Setiap perusahaan pasti memberikan gaji untuk karyawannya setiap bulan. Hal ini disesuaikan dengan kontrak kerja yang disepakati. Memang tanggalnya berbeda dan nominalnya berbeda-beda pula. Begitu pula contoh slip gaji yang selalu diberikan kepada karyawan. Adanya slip gaji memang berfungsi untuk memperjelas perhitungan atau rincian gaji dan tunjangan. Slip gaji menjadi dokumen dari perusahaan untuk karyawan sebagai bukti dan pertanggungjawaban tertulis. Lalu seperti apa contoh slip gaji sederhana yang bisa diterapkan perusahaan? Sebelumnya kita simak poin penting di dalamnya.

Poin Penting dalam Contoh Slip Gaji

Dalam contoh slip gaji karyawan terdapat beberapa poin informasi yang tercantum. Bukan sekadar detail nominal gaji, tapi juga informasi pendukung lainnya seperti berikut ini.

Nama perusahaan beserta logonya jelas penting untuk dicantumkan di slip gaji karyawan. Informasi ini juga dapat ditambah dengan identitas yang lain yang dibutuhkan. Mulai dari nomor telepon, email resmi, logo perusahaan, dan alamat lengkap. Informasi tersebut nantinya menjadi bukti bahwa slip gaji yang diberikan adalah asli dari pihak perusahaan.

2. Periode Gaji

Untuk poin periode gaji bisa dicantumkan tentang informasi tanggal gajian yang sesuai dengan peraturan dari perusahaan. Adanya keterangan memudahkan para karyawan untuk membaca keterangan pada slip gaji yang diterima. Poin ini juga akan menghindari kemungkinan tertukarnya slip gaji dengan bulan sebelumnya.

3. Informasi Identitas Karyawan

Informasi diri atau identitas karyawan yang bisa dicantumkan di contoh slip gaji pada umumnya adalah nama, posisi atau jabatan, departemen, dan Nomor Induk Karyawan (jika ada). Hal tersebut dicantumkan untuk dilihat penerimanya saja. Karena pada dasarnya slip gaji bersifat rahasia.

4. Nominal Gaji

Poin selanjutnya adalah bisa dibilang bagian paling utama, yaitu nominal gaji dari perusahaan untuk karyawan sesuai bidangnya. Nominal gaji yang dicantumkan juga merupakan akumulasi dan detail seperti, gaji pokok, tunjangan, insentif, upah lembur, tunjangan keahlian, dan rincian lain yang sesuai kontrak. Masing-masing posisi, benefitnya mungkin berbeda, entah itu tunjangan ataupun bonus. Dalam hal ini, jika ada lampiran potongan bulanan seperti BPJS juga dicantumkan.

5. Informasi tentang Pajak

Informasi tentang pajak juga termasuk ke dalam contoh slip gaji yang diberikan. Ini bisa merujuk kepada besaran nominal gaji untuk karyawan. Nominal pajak harus tercantum supaya karyawan mengetahui besarnya pajak yang dibayarkan.

contoh slip gaji

Contoh Slip Gaji dan Manfaatnya

Ada bermacam-macam contoh slip gaji yang sudah semestinya disediakan perusahaan dan diberikan ke karyawan. Anda bisa melihat contohnya seperti ini atau yang ini. Bisa juga dibuat versi lain sesuai kebutuhan Anda. Fungsinya bukan menginformasikan nominal gaji, tapi memang slip gaji perlu dipahami semua karyawan. Ada saatnya karyawan memerlukan slip gaji untuk berbagai keperluan, misalnya pengajuan kredit atau urusan administrasi yang lain. Bagian payroll perusahaan juga membutuhkan format dan contoh slip gaji yang sesuai dengan standar. Mari kita lihat manfaatnya berikut ini.

1. Untuk Mengetahui tentang Rincian Gaji

Manfaat pertama dari slip gaji tentunya agar karyawan memahami rincian nominal gaji dan komponen masing-masing. Komponen tersebut bergantung kepada kebijakan di perusahaan masing-masing. Contoh slip gaji standar, setidaknya harus memuat gaji pokok, tunjanga, dan potongan.

2. Kredit peralatan elektronik

Beberapa smartphone terbaru mungkin akan dibutuhkan sekali oleh karyawan, tapi tabungan yang ada masih belum cukup untuk membeli. Slip gaji karyawan bisa dimanfaatkan untuk membeli gadget terbaik dengan cara kredit. Dalam hal ini, kredit sangatlah berguna untuk pembelian alat elektronik yang belum bisa dibayar cash. Apalagi untuk orang yang berumah tangga dan baru menempati rumah baru. Pihak penyedia kredit bisa mempertimbangkan kemampuan nasabah untuk membayar cicilan bulanan melalui informasi pendapatan yang terlampir dalam contoh slip gaji. Informasi yang ada juga mempengaruhi jangka waktu untuk cicilan yang diambil nantinya.

3. Cicilan Motor atau Mobil

Bukan hanya bermanfaat untuk menlihat jumlah gaji dan rincian, ternyaata slip gaji bermanfaat juga untuk memudahkan prosedur cicilan kendaraan. Ketika masih pengajuan kredit motor atau mobil, umumnya perusahaan kredit mempunyai syarat-syarat yang dipenuhi.

Dokumen seperti KTP, KK, surat nikah, rekening listrik, dan buku tabungan memang dibutuhkan untuk mengajukan kredit. Tapi contoh slip gaji pun dibutuhkan juga untuk melengkapi persyaratan. Dokumen berisi informasi gaji dipakai untuk bukti adanya pekerjaan tetap yang menjamin kesanggupan membayar cicilan.

4. Kredit Tanpa Agunan

Manfaat berikutnya dari adanya slip gaji adalah syarat untuk pengambilan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Kredit ini bisa dimanfaatkan untuk macam-macam keperluan misalnya pendidikan, kesehatan, perbaikan rumah, dan kebutuhan lain untuk keluarga. Pihak pemberi kredit juga tentu berhati-hati memberikan kredit tanpa ada jaminan ke calon kreditur. Tujuannya adalah agar orang yang diberikan KTA nantinya bisa membayar saat jatuh tempo. Slip gaji menjadi salah satu syarat bank untuk klasifikasi pengajuan kredit. Limit kreditnya pun dapat diambil, bergantung jumlah gaji yang diterima setiap bulan.

5. Untuk Cicilan Rumah

Seperti peralatan elektronik dan kendaraan bermotor, setiap orang pastinya punya rumah idaman untuk bisa ditinggali. Padahal harga rumah terus akan naik, dan tentu sudah harus pertimbangkan cara membeli rumah. Apakah bisa cash atau dengan bantuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Informasi tentang gaji sangat penting untuk pertimbangan bank sebelum memutuskan KPR. Biasanya mereka meminta data atau informasi gaji dalam waktu 3-6 bulan dengan waktu bekerja sudah lebih dari 1 tahun. Jumlah gaji minimal yang diperhitungkan umumnya harus 3 kali lipat dari jumlah cicilan setiap bulannya.

6. Bahan Negosiasi Gaji

Selain penting untuk persyaratan mengajukan kredit, contoh slip gaji juga penting digunakan ketika akan negosiasi gaji dengan perusahaan. Slip gaji membantu para karyawan negosiasi kenaikan gaji yang diharapkan dari perusahaan. Informasi tentang gaji dalam hal ini dapat membantu karyawan meminta gaji lebih layak dari pihak perusahaan. Untuk pemberi kerja, hal tersebut bisa membantu untuk menentukan berapa kisaran gaji yang harus diberikan ke karyawan. Angka yang tercatat dalam slip gaji menjadi referensi tersendiri untuk perkiraan nominal gaji dan kompetensi karyawan.

Kesimpulan

Setiap perusahaan pada dasarnya mempunyai format gaji yang berbeda meski beberapa komponen utamanya serupa. Hal tersebut juga bergantung pada tools yang digunakan oleh perusahaan dalam menyusun slip gaji. Contoh slip gaji standar memuat poin-poin seperti nama perusahaan, logo, periode gaji, data diri karyawan, nominal gaji. Jika ada nominal pajak atau potongan, berarti perusahaan harus mencantumkan juga. Mengapa dokumen ini perlu ada? Manfaatnya bukan sekadar formalitas, tapi juga berguna untuk hal praktis. Mulai dari bentuk pertanggungjawaban perusahaan, sampai keperluan pengajuan kredit.

Slip gaji juga dapat menjadi pertimbangan ketika perusahaan memberi kenaikan gaji karyawan. Perusahaan bisa memilih contoh slip gaji yang paling praktis dan mudah dipahami karyawan. Demikian halnya dengan aplikasi absensi online dari Kerjoo.com yang juga praktis dan mudah dipahami fiturnya.

contoh slip gaji