SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan: Lebih Mudah dan Cepat!

SIPP (Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan) Online BPJS Ketenagakerjaan merupakan layanan BPJS yang berfungsi sebagai pengelola laporan mutasi data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Layanan ini dapat diakses melalui website resmi SIPP BPJS Ketenagakerjaan.

SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan lebih mudah dan cepat

Setiap perusahaan perlu mengetahui cara menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya, SIPP BPJS Ketenagakerjaan digunakan untuk memberikan tunjangan kepada karyawan perusahaan. Hal ini sesuai dengan Pasal 14 Undang Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang menyebutkan bahwa setiap orang yang bekerja minimal enam (6) bulan di Indonesia wajib menjadi peserta Jaminan Sosial. Oleh karena itu, perusahaan perlu memahami cara mendaftar dan input data di SIPP BPJS Ketenagakerjaan.  Namun sebelumnya, pahami dulu pengertian, manfaat, dan fitur SIPP BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri.

Apa itu SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan?

SIPP (Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan) Online BPJS Ketenagakerjaan merupakan layanan BPJS yang berfungsi sebagai pengelola laporan mutasi data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Layanan ini dapat diakses melalui website resmi SIPP BPJS Ketenagakerjaan.

Melalui SIPP BPJS Ketenagakerjaan, perusahaan dapat mengelola seluruh data yang berkaitan dengan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Data tersebut meliputi data perusahaan, tenaga kerja, upah, dan penghitungan iuran. SIPP memungkinkan pengelolaan tersebut dilakukan secara lebih praktis dan akurat. Layanan ini menjadi solusi untuk menghindarkan perusahaan dari kesulitan pengelolaan administrasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

administrasi kepesertaan BPJSTK

Manfaat SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP BPJS Ketenagakerjaan memberikan beberapa manfaat nyata bagi perusahaan. Mulai dari sistem input data hingga keamanannya.

Pendaftaran, mutasi, dan input data lebih mudah

SIPP BPJS Ketenagakerjaan memungkinkan perusahaan melakukan pendaftaran, mutasi, dan input data pegawai secara lebih mudah dan akurat. Saat perusahaan melakukan input data, data tersebut akan disinkronkan secara otomatis dengan data milik BPJS. Hal ini akan meminimalisir kesalahan atau pemalsuan data. Data yang sinkron akan mencegah oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang ingin melakukan kecurangan.

Iuran menjadi lebih praktis

Pembayaran iuran menjadi lebih mudah lewat SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan. Peserta BPJS dapat melakukan pembayaran dengan praktis. Sistem akan membuat jadwal pembayaran secara otomatis supaya peserta tidak perlu repot membayar secara manual. Selain itu, sistem ini juga menghindarkan peserta dari pungutan liar (pungli).

Menghemat waktu

SIPP BPJS Ketenagakerjaan menerapkan sistem satu alur. Hal ini tentu membuat segala proses berjalan dengan lebih cepat dan lancar. Pengguna dapat menyelesaikan pendaftaran, mutasi, dan input data dalam waktu singkat. Pengguna juga tidak perlu repot-repot mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Keamanan data terjamin

SIPP BPJS Ketenagakerjaan memberikan pengamanan berlapis supaya data yang diinput tetap aman. Sistem ini akan mengirim one-time PIN melalui SMS dan email kepada pengguna. Selain itu, sistem ini juga memberlakukan automatic log out jika tidak ada aktivitas yang dilakukan dalam jangka waktu lima menit. SIPP BPJS Ketenagakerjaan juga dilengkapi dengan firewall yang menjamin bahwa hanya pengguna yang dapat mengaksesnya. Dengan beragam sistem keamanan ini, data pegawai perusahaan Anda dijamin aman.

keamanan data

Fitur SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP BPJS Ketenagakerjaan dapat meringankan tugas perusahaan dalam mengelola data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini dikarenakan fungsi fitur yang ada dalam SIPP itu sendiri. Dilansir dari situs Online Pajak, ada tiga fitur yang tersedia dalam SIPP BPJS Ketenagakerjaan.

Mutasi data

Fitur mutasi data memungkinkan perusahaan untuk memasukkan data untuk dilaporkan. Fitur ini membantu perusahaan untuk menambah data tenaga kerja, memasukkan data tenaga kerja yang sudah tidak aktif, mengunggah data upah, menghitung iuran, serta finalisasi.

Monitoring iuran

Fitur monitoring atau pemantauan iuran memungkinkan perusahaan untuk memantau iuran dan data kepesertaan.

Laporan

Saat mengurus BPJS Ketenagakerjaan, ada beberapa formulir laporan yang biasa ditemukan. Fitur ini memungkinkan perusahaan mengakses formulir-formulir tersebut. Formulir laporan yang tersedia dalam fitur ini meliputi laporan tenaga kerja baru, tenaga kerja keluar, rincian upah, dan rincian iuran.

laporan BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Prosedur pendaftaran SIPP BPJS Ketenagakerjaan cukup mudah. Pastikan pendaftar memiliki koneksi internet yang stabil agar seluruh proses berjalan lancar tanpa hambatan teknis. Ikuti langkah-langkah pendaftaran SIPP BPJS Ketenagakerjaan di bawah ini:

· Buka https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sipponline/pada browser Anda

· Klik Sipp BPJS Ketenagakerjaan login.

· Klik Daftar pada menu login.

· Isi perusahaan dan identitas pengguna berupa Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) berikut divisinya. Klik Next.

· Isi email dan password. Klik Next.

· Isi Data User KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) yang berisi nomor peserta, nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor handphone. Klik Daftar.

· Verifikasi nomor handphone menggunakan kode OTP yang dikirim sistem ke nomor handphone yang didaftarkan.

· Periksa email terdaftar kemudian klik alamat website pada email aktivasi akun SIPP.

· Login sesuai email dan password yang telah diisikan.

· Jika berhasil login, sistem akan menampilkan halaman Mutasi Data.

Cara Input Data SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Setelah melakukan pendaftaran, Anda dapat melakukan input data pegawai. Proses input data kini dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan adanya SIPP BPJS Ketenagakerjaan. Cara input data pegawai di SIPP BPJS Ketenagakerjaan akan dipaparkan secara lebih rinci di bawah ini.

· Setelah login di SIPP BPJS Ketenagakerjaan, pilih Tambah TK.

· Pada menu pop up yang muncul, perusahaan dapat memilih Tambah Individu atau Tambah Massal. Pilih sesuai keperluan Anda.

Tambah Individu

· Jika Anda memilih Tambah Individu, sistem akan menampilkan pop up pilihan tenaga kerja yang sudah memiliki KPJ dan belum memiliki KPJ. Pilih sesuai data yang ada. Klik Sudah.

· Lakukan input KPJ untuk pegawai yang akan didaftarkan di field yang disediakan. Klik Lanjut.

· Isi form Tenaga Kerja. Klik Lanjut.

· Isi data anggota keluarga pegawai pada pilihan Tambah Keluarga. Sistem akan menampilkan form profil keluarga pegawai. Jika sudah lengkap, klik Simpan.

· Cek data tenaga kerja dan anggota keluarganya pada halaman konfirmasi. Pastikan data yang diinput sudah benar. Jika sudah lengkap dan benar, klik Simpan.

Tambah Massal

· Jika Anda memilih Tambah Massal, SIPP BPJS Ketenagakerjaan akan menampilkan formulir Upload Tenaga Kerja Baru. Klik Download Template.

· Template berisi data tenaga kerja baru akan terunduh. Isi template tersebut.

· Unggah file template ke SIPP BPJS Ketenagakerjaan dengan cara klik Choose File dan memilih template yang telah diisi. Klik Upload.

Kesimpulan

SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan merupakan layanan BPJS yang bertujuan untuk membantu perusahaan mengurus segala administrasi terkait BPJS. Fitur-fitur yang tersedia di SIPP BPJS Ketenagakerjaan akan memudahkan perusahaan dalam mengelola data karyawan. Tentu semua menjadi lebih cepat, praktis, dan sinkron jika dibandingkan dengan pencatatan manual. Karena alasan ini, perusahaan-perusahaan mulai beralih menggunakan SIPP BPJS Ketenagakerjaan.

Sama halnya dengan SIPP BPJS Ketenagakerjaan, absensi online juga berguna untuk membantu pengelolaan pegawai di perusahaan. Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi absensi online memungkinkan perusahaan memantau dan mengelola data absensi secara lebih praktis. Kerjoo merupakan aplikasi absensi online terpercaya yang dapat Anda gunakan. Melalui berbagai fitur yang ditawarkan, Kerjoo akan membantu Anda mengelola absensi pegawai di perusahaan Anda. Tertarik? Daftar Kerjoo sekarang dan dapatkan gratis trial 14 hari!

kepesertaan BPJS