Contoh Surat Keterangan Kerja: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Strukturnya

Surat keterangan kerja adalah sebuah surat pada isinya terdapat bukti berupa informasi atau keterangan mengenai seseorang atau pihak yang bersangkutan pernah bekerja pada suatu perusahaan.

Contoh Surat Keterangan Kerja : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Strukturnya
Contoh Surat Keterangan Kerja

Daftar Isi

Surat keterangan kerja adalah sebuah surat pada isinya terdapat bukti berupa informasi atau keterangan mengenai seseorang atau pihak yang bersangkutan pernah bekerja pada suatu perusahaan. Surat keterangan kerja bermanfaat sebagai bukti jika pihak yang bersangkutan mempunyai ikatan kerja dengan suatu perusahaan.

Selain itu surat keterangan kerja juga berfungsi untuk memberikan informasi bahwa pihak yang bersangkutan dan jabatan yang dimiliki oleh orang tersebut dikonfirmasi benar pernah bekerja di perusahaan tersebut.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

surat keterangan kerja
Contoh Surat Keterangan Kerja

Selain sebagai bukti berupa informasi atau keterangan mengenai seseorang atau pihak yang bersangkutan pernah bekerja pada suatu perusahaan, fungsi lain dari surat keterangan kerja meliputi :

1. Persyaratan Pengajuan Beasiswa

Apabila suatu beasiswa ditujukan secara khusus untuk karyawan maupun dosen, biasanya terdapat syarat untuk melampirkan surat keterangan kerja. Oleh karena itu, pihak yang bersangkutan wajib untuk melampirkan surat keterangan perusahaan di mana ia bekerja.

Jika beasiswa tersebut ditujukan bagi para karyawan, surat keterangan diperlukan untuk menjadi bukti jika yang bersangkutan pernah bekerja atau masih menjadi karyawan di perusahaan.

Selain itu, terdapat beberapa kondisi program beasiswa juga memberikan persyaratan dukungan dokumen pengalaman kerja. Sehingga surat keterangan kerja perusahaan juga memiliki fungsi sebagai surat yang menunjukkan informasi pengalaman kerja bagi seseorang atau pihak yang bersangkutan.

2. Persyaratan Melamar Pekerjaan

Fungsi surat keterangan kerja menyatakan bahwa yang bersangkutan pernah bekerja dalam perusahaan sebagai dokumen pendukung dalam hal melamar pekerjaan.

Surat keterangan kerja akan menjadikan pihak yang bersangkutan memiliki bukti mengenai pengalaman kerja dan layak menjadi bahan pertimbangan bagi HR di perusahaan yang dilamar.

Selain itu, surat keterangan kerja mungkin juga menjadi wajib dimiliki ketika perusahaan yang sedang merekrut karyawan baru memberi syarat supaya pendaftar harus memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama dengan kualifikasi yang sesuai.

Surat keterangan ini akan memberi peluang untuk mendapatkan pekerjaan pada bidang yang bersangkutan dalam surat tersebut menjadi lebih besar dibandingkan dengan seseorang yang tidak memiliki surat keterangan kerja.

3. Persyaratan Pengajuan Kredit atau KPR di Bank

Apabila hendak mengajukan kredit atau suatu pinjaman ke pihak bank dan saat itu status Anda merupakan karyawan suatu perusahaan.

Surat keterangan kerja perusahaan umumnya akan diminta oleh pihak bank sebagai salah satu dokumen pendukung. Fungsinya untuk mempermudah pihak bank dalam memastikan jika yang bersangkutan memang benar-benar bekerja pada suatu perusahaan.

Surat tersebut digunakan untuk pertimbangan bank dalam menentukan kelayakan calon kreditur dalam mendapatkan persetujuan kredit. Selain itu, pihak bank tidak akan bisa memberikan kredit kepada seseorang yang tidak bekerja.

Kemudian, umumnya pihak bank juga meminta pihak calon kreditur untuk memberikan slip gaji selama tiga bulan terakhir atau mengikuti ketentuan yang berlaku pada setiap bank masing-masing.

4. Kelengkapan CV

Terdapat beberapa perusahaan yang memberikan syarat untuk menambahkan dokumen pendukung seperti surat keterangan kerja sebagai bukti akan pengalaman kerja yang dimiliki oleh pendaftar pekerjaan.

Walaupun perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tidak memberikan syarat harus menggunakan dokumen pendukung seperti surat keterangan kerja dalam proses rekrutmennya.

Namun para pelamar dapat menggunakan surat keterangan kerja sebagai pelengkap CV. Surat keterangan kerja perusahaan yang telah disahkan akan dinilai lebih kredibel oleh pihak ketiga. Hal itu akan membuktikan bahwa Anda berpengalaman pada bidang tersebut.

5. Penarikan Dana BPJS

Umumnya perusahaan memberikan fasilitas berupa Dana BPJS kepada karyawannya. Untuk bisa membuktikan jika kalian memang berhak menerima dana fasilitas BPJS tentunya bisa dengan menggunakan surat keterangan kerja yang dibuat oleh pihak HRD perusahaan.

Namun biasanya surat keterangan kerja tersebut harus dilegalisir oleh pihak perusahaan terkait. Dana yang dapat dicairkan yaitu 10% sampai 30% walaupun status Anda masih aktif sebagai karyawan pada suatu perusahaan.

6. Membuka Rekening Baru di Bank

Bukan hanya bisa digunakan untuk pengajuan kredit atau KPR di bank. Pasalnya dalam proses pembukaan rekening baru untuk pembayaran gaji juga memerlukan adanya surat keterangan kerja. Biasanya surat keterangan kerja tersebut akan dilampirkan beserta dengan KTP.

Manfaat Surat Keterangan Kerja

surat keterangan kerja
Contoh Surat Keterangan Kerja

1. Mempermudah dan Membantu urusan karyawan

Surat keterangan kerja dapat memberi manfaat berupa mempermudah dan membantu karyawan dalam melakukan kepengurusan terhadap suatu keperluan.

Contohnya seperti dalam pengajuan kredit, membuka rekening baru, persyaratan beasiswa, persyaratan mendaftar pekerjaan baru, dll.

2. Bentuk Apresiasi dari Perusahaan

Selain itu, surat keterangan kerja dapat menjadi bukti atau bentuk apresiasi kepada pihak yang bersangkutan atas pekerjaan dan pengabdian yang pernah diberikan selama menjadi karyawan dalam suatu perusahaan.

Hal tersebut juga dapat menjadi bukti bahwa pihak yang bersangkutan resign secara baik-baik tanpa ada masalah.

3. Sebagai Bukti Memiliki Kinerja yang Baik

Manfaat lain dari surat keterangan kerja perusahaan yaitu membantu pihak yang bersangkutan atau karyawan membuktikan bahwa pihak tersebut sudah bekerja dengan baik di suatu perusahaan.

Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan khusus bagi perusahaan baru untuk menerima pihak yang bersangkutan ketika mengajukan surat lamaran kerja di perusahaan tersebut.

Struktur Surat Keterangan Kerja

Berikut adalah struktur atau format surat keterangan kerja untuk karyawan.

1. Kop Surat Perusahaan Atau Instansi

Pada bagian paling atas surat keterangan kerja perusahaan akan dicantumkan kop surat dari perusahaan atau instansi terkait.

Kop surat ini biasanya akan memiliki diisi dengan nama perusahaan, alamat, nomor telepon, website, dan juga logo. Pastika selalu jika kop surat yang digunakan adalah resmi dan terbit di perusahaan tempat kalian kerja.

2. Perihal

Perihal terletak pada bagian bawah kop surat dan di sebelah kiri. Isi dari perihal adalah surat keterangan kerja.

3. Identitas Karyawan

Identitas karyawan berisi nama, jabatan, posisi di perusahaan serta diberikan nomor identitas diri yang biasanya akan diambil dari NIK. Sebagai pemilik surat keterangan kerja, sebaiknya kalian periksa kembali isi pada identitas diri karena menyangkut data pribadi dan pastikan tidak ada kekeliruan di dalamnya.

4. Isi Surat

Isi surat yaitu pemaparan terkait dengan kebenaran fakta dimana karyawan yang bersangkutan memang bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu terkadang juga ada beberapa informasi penting seperti jabatan terakhir dan bagaimana penilaian terhadap kinerja untuk pihak terkait.

5. Pengesahan Surat

Bagian akhir surat keterangan kerja berupa pengesahan yang diberikan oleh pihak perusahaan tersebut. Pada bagian ini diisi oleh tanda tangan dari HRD atau pihak yang berwenang dengan penjelasan tempat dan tanggal surat tersebut dibuat.

Bukti pengesahan harus dibubuhkan cap perusahaan atau instansi terkait, kemudian dilegalisir. Apabila tidak disahkan dan dilegalisir maka surat keterangan kerja dianggap tidak sah dan tidak bisa digunakan.

Contoh Surat Keterangan Kerja

surat keterangan kerja
Contoh Surat Keterangan Kerja

Kop Surat

PT. Blue Dragon

Jl. Semangka No.99, Sleman, Indonesia

Telp/Fax : 0274-00998877 Email : bluedragoncompany@gmail.com

Perihal : Surat Keterangan Kerja

SURAT KETERANGAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Seokjin Zane

NIP/NIK : 934556

Jabatan : Direktur

Perusahaan : PT. Blue Dragon

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : Radian Lily

Jabatan : Administrator

Perusahaan : PT. Blue Dragon

Bahwa yang bersangkutan adalah benar karyawati PT. Blue Dragon sejak 20 Februari 2016 hingga saat ini. Surat keterangan kerja ini diterbitkan sebagai persyaratan pengurusan KPR. Semua hal yang berkaitan dengan pembayaran atas tagihan KPR menjadi tanggung jawab karyawan tersebut di atas.

Demikian surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Sleman, 1 September 2022

TTD & Materai

Seokjin Zane

Direktur

Kesimpulan

Demikianlah contoh surat keterangan kerja yang berguna untuk memberikan informasi bahwa seseorang bekerja di perusahaan. Kebutuhan surat keterangan ini dapat digunakan misalnya pada saat pengajuan beasiswa, persyaratan lamaran pekerjaan baru, pengajuan kredit, dan pembukaan rekening bank.

Simak informasi dan panduan penting dari blog Kerjoo selanjutnya. Anda juga dapat secara langsung mencoba mendaftar Kerjoo sekarang.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari