Begini Cara Menemukan Potensi Diri dengan Talent Mapping

Begini Cara Menemukan Potensi Diri dengan Talent Mapping

Daftar Isi

Saat ini, apa Anda sudah berhasil mengetahui potensi diri dan juga sudah mengembangkan dengan baik? Sebagia orang cepat menyadari potensinya, tapi sebagian yang lain butuh waktu relatif lama.

Jika Anda menjadi seorang pemimpin, apakah Anda sudah mengenali seluh potensi atau bakat tim Anda? Salah satu cara untuk menemukan bakat adalah melalui talent mapping.

Talent mapping atau pemetaan bakat memang sangat penting untuk dilakukan agar bisa memastikan bakat dominan setiap diri.

Saat sudah tahu bakat yang dipunya, maka untuk menentukan pekerjaan yang tepat pun jauh lebih mudah. Tapi, akan berbeda jika belum mengenal potensi atau bakatnya.

Untuk bisa berkarya yang optimal pun tidak akan mudah untuk berkarya optimal. Hal itulah yang kemudian menjadi dasar penerapan talent mapping di perusahaan agar pembagian kerjanya sesuai sengan potensinya atau bakat terbaik yang dimiliki.

talent mapping

Seberapa Penting Talent Mapping di Dunia Kerja?

Salah satu bentuk investasi jangka panjang yang berharga yang bisa dilakukan oleh perusahaan yaitu mengembangkan bakat dan SDM yang dimiliki.

Pemetaan bakat (talent mapping) adalah cara yang berguna untuk memastikan potensi baru sebagai pendukung strategi bisnis.

Pemetaan bakat juga merupakan cara yang jelas bagi perusahaan untuk menarik dan mempertahankan orang-orang yang tepat. Hal ini penting selama perusahaan sedang bertumbuh.

Ketika Anda memikirkan tentang pemetaan bakat, barangkali hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah perekrutan. Tapi pemetaan bakat jauh lebih dari itu.

Faktanya, pemetaan bakat adalah bagian yang tidak lepas dari organisasi yang mengoptimalkan SDM nya, terutama di perusahaan yang berfokus pada pertumbuhan jangka panjang. Tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk melakukan tugas ini.

1. Bisa Mendukung Kebutuhan Rekrutmen Anda

Menurut Proper Talents, talent mapping adalah bagian dari pelatihan yang didorong oleh berbagai kebutuhan bisnis.

Hal ini bisa menyesuaikan dengan kompetitor, menunjukkan kumpulan bakat yang tersedia di pasar tenaga kerja, atau memetakan kandidat terbaik untuk pekerjaan tertentu.

Penting untuk mengetahui bagaimana kompetitor beroperasi dan di mana orang-orang terbaik bekerja.

Mengetahui bagaimana mereka merekrut, seperti apa timnya, keterampilan apa yang mereka butuhkan, apa perbedaannya dengan Anda, dapat membantu perusahaan tetap kompetitif.

2. Menemukan Bakat Terbaik saat Dibutuhkan

Bahkan jika Anda tidak langsung merekrut, Anda masih ingin tahu di mana mencari bakat terbaik saat kebutuhan tersebut muncul.

Mengidentifikasi kumpulan bakat terlebih dahulu akan membantu menutup kesenjangan dengan lebih baik, lebih cepat, dan lebih hemat. Ini adalah alat yang hebat untuk mendukung kebutuhan rekrutmen Anda saat merencanakan akuisisi bakat jangka menengah atau panjang.

Talent mapping semakin masuk akal ketika ada lowongan yang harus Anda isi sekarang. Untuk dapat menarik dan merekrut talenta terbaik pada peran tertentu, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi kumpulan kandidat potensial.

3. Bisa Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Analisis bakat karyawan ini juga menawarkan kesempatan untuk keterlibatan (engagement).

Hal ini memungkinkan karyawan kesempatan untuk membuka percakapan tentang keterampilan, kualifikasi, pengalaman, dan bahkan ambisi mereka untuk kemajuan karier.

Karena tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi bakat dalam perusahaan Anda, karyawan akan mulai memahami bahwa sebenarnya ada peluang bagi mereka untuk menyadari potensi mereka.

Namun, keterlibatan hanya terwujud dengan pendekatan yang tepat. Bicaralah dengan karyawan secara langsung dan dorong mereka untuk berbicara tentang keterampilan yang mereka miliki atau yang tidak mereka manfaatkan dalam peran mereka saat ini.

Jadikan prosesnya inklusif, dan Anda akan mendapatkan lebih dari sekadar gambaran bakat yang akurat yang Anda inginkan.

Bagaimana Talent Mapping Dilakukan?

Pemetaan bakat yang efektif dimulai dengan strategi bisnis yang jelas. Bakat yang ingin ditarik oleh bisnis bergantung pada ke mana arah bisnis Anda di masa depan.

Mengidentifikasi kekosongan dalam proses bisnis akan memungkinkan bisnis untuk mengisi kebutuhan strategis.

Langkahnya yang terpenting adalah mengidentifikasi peran baru yang diperlukan untuk memenuhi strategi perusahaan yang terus berkembang. Ini adalah bagian dari proses strategis tahunan, atau segera sesudahnya.

Dilakukan secara Berkelanjutan

Talent mapping terkait dengan menemukan bakat yang tepat, menempatkan bakat pada peran yang tepat, dan mempertahankan bakat terbaik melalui jalur karir yang sesuai.

Ini adalah aktivitas berkelanjutan yang tumbuh dan berulang dengan bisnis saat kebutuhan berubah. Pemetaan bakat mengharuskan Anda melakukan hal-hal penting yaitu secara proaktif mengidentifikasi setiap peran baru yang dibutuhkan organisasi Anda untuk mendorong strategi bisnis.

Perbarui peran dan deskripsi pekerjaan yang ada agar lebih akurat mencerminkan kebutuhan organisasi Anda dalam menjalankan strategi bisnis.

Ciptakan jalur karier yang tepat dan komunikasikan peluang kemajuan tersebut untuk mempertahankan talenta terbaik.

Sangat penting bahwa semua peran yang dipetakan terikat untuk memberikan hasil yang nyata untuk mendorong strategi bisnis Anda ke depan. Sama pentingnya, pemetaan bakat harus terlihat di organisasi Anda.

Rencanakan Talent Mapping Sebaik Munkin

Pemetaan bakat yang sukses membutuhkan perencanaan yang matang. Terlepas dari apakah perusahaan ingin menambah jumlah karyawan atau memindahkan seseorang secara internal, ada beberapa hal yang perlu diajukan.

  • Apa saja ketrampilan yang dibutuhkan pada sebuah profesi?
  • Hal apa yang akan dikerjakan karyawan baru agar tim menjadi seimbang?
  • Apa kemungkinan yang dipersiapkan para karyawan baru?
  • Seperti apa kompensasi karyawan baru bisa memengaruhi anggaran semua tim?

Sesudah pertanyaan-pertanyaan diatas diajukan kemudian ditemukan jawabannya, maka proses untuk memetakan bakat dapat dilanjutkan. Tanpa persiapan yang tepat, tim HR yang bermaksud baik dapat secara tidak sengaja melakukan kesalahan.

Misalnya, ada seorang kandidat yang mungkin sukses sampai proses wawancara. Tapi di saat tahap penawaran, bisa diungkap bahwa tak ada yang membahas anggaran dan kandidat yang ideal ini sekarang berada di luar kisaran kompensasi yang mampu diberikan.

Ini menempatkan bisnis pada posisi yang tidak nyaman dan menciptakan pengalaman kandidat yang negatif. Ini bisa dengan mudah dihindari dengan komunikasi yang tepat dan pekerjaan persiapan.

talent mapping

Kesimpulan

Menjalankan sebuah bisnis yang efektif memang ada tantangan tersendiri di segala sektor. Bisnis bisa kehilangan pelanggan, memberhentikan karyawan, atau menutup sementara untuk penghematan.

Khusus untuk karyawan, hal ini memang perlu diprioritaskan. Talent mapping yang tepat bisa mendukung perusahaan memenuhi alokasi sumber daya yang dibutuhkan. Agar orang-orang terbaik bisa menempati posisi terbaik juga.

Tapi, di balik segala tantangan juga masih ada hal-hal yang perlu diupayakan bersama. Baik perusahaan maupun karyawannya mungkin saja menemukan tantangan baru yang sulit di dunia kerja.

Khususnya Anda yang menjadi pemimpin, seberapa siap menghadapi tantangan yang muncul kapan saja?

Walaupun semua proses itu relatif tidak gampang, tapi Anda tidaklah sendirian untuk menghadapi.

Banyak pihak yang siap untuk mendukung upaya Anda. Dengan meningkatkan penggunaan teknologi, Anda sudah membuat efisiensi yang sangat berarti. Seperti misalnya yang ada pada layanan presensi online dari aplikasi Kerjoo.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari