Tips Rekrutmen Kreatif Agar Perusahaan Mendapat Kandidat Terbaik

Tips Rekrutmen

Daftar Isi

Bagaimana tips rekrutmen agar perusahaan mendapat kandidat terbaik Membahas tentang pengembangan bisnis atau usaha, setiap perusahaan membutuhkan tim yang sesuai untuk membantu menjalankan bisnis yang sukses.

Untuk mendapatkan tim terbaik, ada beberapa tips rekrutmen yang perlu diketahui. Rekrutmen adalah proses menemukan kandidat berkualitas untuk posisi dalam perusahaan.

Ini bisa menjadi proses yang panjang, di mana perekrut membutuhkan waktu mencari orang dengan jenis keterampilan dan kualitas pribadi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

HR perusahaan bisa menemukan kandidat melalui info lamaran lowongan pekerjaan tapi juga bisa menyaring kandidat dengan mewawancarai, menghubungi referensi, sekaligus melakukan pemeriksaan latar belakang.

tips rekrutmen

Alasan Mengapa Harus Memahami Tips Rekrutmen

Perbedaan Rekrutmen dan Hiring

Di berbagai kesempatan, mungkin Anda pernah melihat info lowongan kerja yang memberikan judul ‘recruitment’ atau ‘hiring’.

Dikutip dari Workable, istilah ‘recruitment’ dan ‘hiring’ tampaknya merujuk pada jenis pekerjaan yang sama, tapi sebenarnya keduanya tidak persis sama.

Hiring atau mempekerjakan sering kali merupakan respons terhadap kebutuhan yang mendesak. Misalnya jika seorang karyawan meninggalkan perusahaan, manajer HR harus segera mengisi posisi yang kosong itu.

Sebagai perbandingan, rekrutmen adalah proses yang lebih panjang dan lebih mendalam.

Seringkali perekrut menggunakan media sosial dan jaringan mereka sendiri untuk menemukan kandidat yang paling memenuhi syarat untuk posisi. Lebih dari kebutuhan akan hard skill yang cocok, tapi juga karakter yang mendukung visi misi dan nilai-nilai perusahaan.

Bahkan tidak jarang bahwa menemukan partner untuk membangun bisnis sama-sama harus cermat seperti menemukan partner hidup.

Dalam artikel ini, kita bahas tips rekrutmen yang kreatif dan efektif untuk dapat Anda terapkan saat mencari kandidat yang memenuhi syarat untuk perusahaan Anda.

Beberapa Tips Rekrutmen yang Bisa Dilakukan Perusahaan

1. Bagikan Budaya Perusahaan Anda di Media Sosial

Saat ini, hampir semua perusahaan memiliki akun media sosial untuk branding usahanya. Walaupun layanan utama atau penjualannya tidak melalui media sosial.

Tapi, media sosial perusahaan sangat penting di mata masyarakat dan khususnya calon kandidat. Talenta terbaik pada zaman sekarang cenderung lebih tertarik bekerja di perusahaan yang memiliki nilai-nilai yang jelas, seperti manusia yang memiliki kepribadian.

Itulah sebabnya perekrut dan pemimpin perusahaan perlu memperhatikan kehadiran media sosial perusahaan sebagai bagian dari strategi perekrutan.

Memiliki strategi kreatif untuk menampilkan budaya perusahaan di media sosial, atau setidaknya mengambil langkah kecil untuk menunjukkan apa yang terjadi di balik layar dalam organisasi Anda, akan membantu menarik pencari kerja yang cocok.

Mempublikasikan konten yang menyenangkan, bermanfaat, dan menginspirasi akan menarik bagi orang-orang di luar perusahaan Anda.

Perusahaan raksasa teknologi seperti Facebook dan Google juga secara teratur menggunakan cerita dan konten visual yang menarik untuk menunjukkan budaya perusahaan yang positif dan inklusif.

2. Membangun Reputasi di Beberapa Platform

Terkadang, memposting konten di situs web atau media sosial tidak cukup. Untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan terhubung dengan talenta terbaik, perusahaan perlu memperkenalkan eksistensinya di platform blogging yang bisa dijangkau lebih banyak audiens.

Untuk saat ini, situs Medium dan Quora banyak dipilih perusahaan dunia untuk membagikan beberapa pemikiran dari pimpinan mereka.

Sebagai contoh adalah Jason Fried, CEO perusahaan Basecamp mempublikasikan pemikirannya tentang desain, bisnis, dan teknologi di Medium selama beberapa tahun, membantu menghimpun pendapat audiens, sekaligus membangkitkan minat pada perusahaan Basecamp sebagai perusahaan dan produk.

Ketika perusahaan memposting cerita tentan tantangan dan cara mereka menanganinya kepada publik, maka reputasi perusahaan bisa meningkat di mata calon kandidat yang akan menjadi bagian dari tim.

3. Merekrut Mahasiswa

Universitas bisa menjadi sumber yang sangat baik untuk target perekrutan perusahaan. Perusahaan teknologi seperti Salesforce di California secara teratur mencari orang-orang terbaik dari universitas untuk mengembangkan bakat mereka.

Salah satu cara untuk memulai rekrutmen mahasiswa adalah dengan menyelenggarakan acara atau kompetisi online yang dirancang untuk mereka. Selain kompetisi, ada juga program beasiswa yang diberikan kepada sejumlah mahasiswa dengan kriteria tertentu.

Setelah mereka lulus, mahasiswa yang terpilih akan berkesempatan berkarier di perusahaan.

4. Eksperimen dengan Media Populer

Jika Anda sudah aktif di media sosial populer seperti LinkedIn, Facebook, dan Twitter, salah satu metode rekrutmen paling inovatif adalah mencoba merekrut di saluran khusus.

Berikut adalah beberapa contoh perusahaan yang melakukan hal itu. Perusahaan bank investasi dan jasa keuangan multinasional Goldman Sachs menarik talenta muda dengan menambahkan iklan lowongan kerja di platform musik populer Spotify untuk menarik kandidat potensial.

Untuk menginfokan lowongan pekerjaan Anda, media arus utama juga dapat membantu Anda membangun merek perusahaan yang kuat dan menjangkau khalayak luas.

5. Menggunakan Virtual Reality

Tips berikutnya bisa jadi hal yang menarik dan membutuhkan fasilitas tambahan di perusahaan. Tunjukkan kepada calon kandidat potensial bagaimana rasanya bekerja di perusahaan Anda dengan VR (virtual reality).

Teknologi semacam ini tidak dapat diakses oleh semua orang. Saat dibutuhkan, pastikan untuk menyediakan semua alat yang diperlukan. Jika memungkinkan, pada acara job fair juga bisa disediakan VR lengkap dengan headset-nya.

tips rekrutmen

Pilih Tips Rekrutmen yang Sesuai Kebutuhan Anda

Cara rekrutmen kerja pada zaman sekarang memang bermacam-macam. Bukan hanya mengandalkan metode konvensional tapi juga memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang.

Rekrutmen yang kreatif juga bagian dari inovasi perusahaan. Tujuannya adalah agar lebih praktis dan lebih detail dalam memilih calon kandidat.

Khusus untuk perusahaan yang bisa mempekerjakan tim secara online, maka proses rekrutmen juga bisa dibuat lebih praktis dengan melakukan interview melalui telepon atau video call.

Kesimpulan

Dari tahun ke tahun kebutuhan di dunia kerja terus berkembang secar dinamis, termasuk dalam hal rekrutmen. Teknologi sudah mempermudah proses rekrutmen karyawan, dari yang sebelumnya melalui proses panjang menjadi lebih singkat dan praktis.

Meskipun singkat, tapi tujuannya tetap tercapai, yaitu perusahaan yang mendapatkan kandidat terbaik sesuai kebutuhan.

Tidak hanya dalam rekrutmen, proses yang kreatif dan efisien juga diberlakukan dalam semua proses kerja. Contohnya adalah pada saat absensi karyawan. Apakah di tempat Anda masih menggunakan sistem manual untuk menghimpun data karyawan?

Sekarang sudah ada sistem aplikasi absensi online yang diterapkan perusahaan. Manfaat yang dirasakan pun cukup signifikan, karena bebas biaya maintenance setiap bulannya.

Anda bisa mencari tahu lebih banyak ke tim Kerjoo yang akan melayani kebutuhan perusahaan Anda terkait absensi karyawan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari