Berencana Cuti? Contoh Surat Cuti Kerja Ini Bisa Kamu Terapkan

Berencana Cuti? Contoh Surat Cuti Kerja Ini Bisa Kamu Terapkan

Apakah anda sedang jenuh dengan pekerjaan dan sedang merencanakan cuti? Jika iya, pada artikel ini Kerjoo mempunyai beberapa contoh surat cuti kerja yang mungkin bisa kamu terapkan. Surat cuti kerja memiliki beragam jenis yang digunakan untuk beragam kebutuhan. Setiap surat cuti kerja kurang lebih memiliki format yang, hanya saja isi dari setiap surat cuti berbeda mengikuti kebutuhan. Selain mempermudah karyawan, surat cuti kerja juga harus dimengerti oleh HR perusahaan karena pasti setiap karyawan yang mengajukan surat cuti kerja memiiki kebutuhan yang berbeda-beda.

Selain surat kontrak kerja, surat cuti kerja juga termasuk hal yang harus dipahami seorang HR. Kenapa begitu? Karena seorang karyawan tentu memiliki beragam alasan untuk mengajukan cuti kerja seperti mengalami sakit, cuti melahirkan atau cuti karena ada kerabat yang meninggal.

Jadi, apa saja contoh surat cuti kerja beserta jenis-jenisnya yang bisa kamu terapkan pada perusahaanmu?

Pengertian Surat Cuti Kerja

Cuti adalah suatu hak bagi karyawan untuk tidak hadir dalam bekerja dalam jangka waktu yang sudah ditentukan dan sudah disetujui oleh atasan melewati berbagai macam prosedur. Lalu, surat cuti kerja merupakan surat formal yang dibuat oleh karyawan dan ditujukan pada pihak perusahaan untuk memenuhi syarat mengambil cuti kerja. Hal ini wajib dilakukan oleh karyawan agar surat cuti dapat dikelola oleh HR. Selain itu, pemerintah juga sudah mengatur jenis-jenis cuti dalam Undang-undang Nomor 13 tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan.

Jenis Cuti Menurut UU Ketenagakerjaan

jenis cuti kerja

Cuti Bersama

Setiap karyawan berhak mendapatkan cuti ini karena sudah diatur oleh pemerintah. Cuti bersama biasanya diadakan untuk merayakan hari-hari besar. Merujuk pada Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi nomor SE.302/MEN/SJ-HK/XII/2010 Tahun 2010 dengan pembahasan Pelaksanaan Cuti Bersama di Sektor Swasta. Biasanya hal ini diberikan pada saat hari besar keagamaan dan diperuntukan khusus untuk karyawan swasta tanpa dilakukan pemotongan dan pengurangan upah.

baca juga: Bagaimana Aturan Pemotongan Gaji karena Tidak Masuk Kerja?

Cuti Tahunan

Seorang karyawan yang sudah bekerja setahun dalam sebuah perusahaan berhak mendapat hari libur paling sedikit selama 12 hari. Hal ini mengacu pada pasal 79 ayat 2 dalam UU No.13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan. Dalam pasal ini terdapat beberapa ketentuan yang tentu dapat dirundingkan kembali dengan karyawan yang bersangkutan

Cuti Sakit

Karyawan memilik hak mendapatkan cuti sakit dengan melampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Bagi karyawan yang berjenis kelamin perempuan pun mendapatkan cuti sakit saat masa menstruasi pada hari pertama dan kedua. Hal ini mengacu pada Pasal 81 dan 93 ayat 2 , walaupun masih ada beberapa perusahaan yang belum menerapkan ini.

Cuti Melahirkan

Cuti melahirkan diatur dalam pasal 82. Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa  karyawan perempuan yang sedang hamil memiliki hak untuk cuti selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan setelah melahirkan. Dalam pasal ini juga diterangkan bahwa cuti ini tanpa pemotongan atau pengurangan gaji karyawan yang bersangkutan.

Cuti Penting

Cuti dengan alasan penting dapat dimanfaatkan ketika terjadi beberapa hal penting seperti keluarga meninggal, menikah, menikahkan anak atau masih banyak lagi. Hal ini sudah dijelaskan pada pasal 93 ayat 4 dan 2.

Tips Mengajukan Surat Cuti Kerja

mengajukan surat cuti kerja

Mengajukan surat cuti kerja tentu memiliki prosedur yang berbeda dan kesulitan yang berbeda disetiap perusahaannya. Jadi Kerjoo akan memberikan beberapa tips bagi anda yang akan mengajukan surat cuti kerja sebagai berikut:

Ketahui Hak Anda Sebelum Mengambil Cuti

Sebaiknya anda meriset terlebih dahulu hak-hak apa saja yang anda dapat ketika anda mengambil cuti. Hal ini dilakukan agar anda tahu batas dalam saat cuti kerja dan tidak melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Mengikuti Aturan Perusahaan

Sebelum mengambil cuti, ada baiknya untuk memperlajari lebih dahulu prosedur pengambilan cuti yang berlaku diperusahaan anda bekerja. Setiap perusahaan memiliki prosedur yang berbeda, jadi anda perlu untuk memastikannya. Jika anda adalah karyawan baru, maka anda harus tahu apakah perusahaan menyediakan cuti berbayar. Jika iya, maka anda harus mengetahui prosedurnya seperti apa dan siapa saja pihak yang berkaitan dengan hal ini.

Menyelesaikan Pekerjaan Terlebih Dahulu

Hal ini menjadi penting karena ini akan berkaitan dengan reputasi anda dimata teman kerja anda. Ada baiknya untuk menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu sebelum anda mengambil cuti kerja. Karena tentu anda tidak cuti anda terganggu karena pekerjaan yang masih anda tinggal. Ada juga harus berkoordinasi dengan teman kerja agar tidak ada satupun kewajiban anda yang terlewat. Beban kerja yang anda tinggalkan mungkin saja akan berpindah ke rekan kerja anda, maka dari itu anda harus memikirkan lagi tentang hal ini. Tips manajemen waktu saat dikejar deadline bisa ada disini.

Mengatur Jadwal Bertemu Atasan

Tentunya sebelum mengajukan surat cuti lebih baik anda mengatur jadwal untuk bertemu dengan atasan. Sebaiknya anda bertemu dengan atasan anda saat atasan anda tidak sedang banyak pekerjaan dan stress. Faktor ini terlihat sepele namun berdampak besar pada pengajuan surat cuti anda. jadi pastikan anda memilih waktu yang tepat.

Contoh-contoh Surat Cuti Kerja

Contoh Surat Cuti Tahunan

Yogyakarta, 9 Maret 2022

Perihal : Permohonan cuti tahunan
Kepada Yth,
Kepala HRD PT AYO MAJU
Di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Al Qodir
NIK : 3992874424141321
Jabatan : Staff
Divisi : HR

Bermaksud mengajukan cuti tahunan selama tiga hari, terhitung dari tanggal 10 Maret  sampai dengan tanggal 13 Maret 2022. Demikian surat permohonan cuti ini saya ajukan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Al Qodir)

Contoh Surat Cuti Melahirkan

Semarang, 23  Februari 2022

Hal : Surat Permohonan Cuti Melahirkan
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Sukses Bersama
Di Tempat

Dengan hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Lucia Citra
NIK : 39928742325452
Jabatan : Staff Accounting

Dengan surat ini saya mengajukan cuti melahirkan selama 3 Bulan, terhitung mulai dari tanggal 29 Februari  sampai 29 Juni 2022

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, untuk menjadi pertimbangan bagi Bapak/Ibu pimpinan. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

(Lucia Citra)

Contoh Surat Cuti Berkabung

Bogor, 10 September 2022

Kepada Yth.
Manajer HRD
PT. Citra Sejahtera
Di Tempat

Perihal: Surat Cuti Berkabung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Gilang Rabani
NIK : 323228742423
Posisi : Staff Keuangan

Dengan adanya surat ini saya hendak bermaksud untuk mengajukan permohonan cuti kerja selama 5 hari terhitung mulai tanggal 10 September – 15 September 2022 dikarenakan berduka karena kematian keluarga (nenek).

Demikian surat permohonan ijin saya, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Gilang Rabani

Contoh Surat Cuti Sakit

Makassar, 10 Januari 2022

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Maju Mundur
Di-Tempat

Yang bertandatangan dibawah ini:

Nama : Yohanes Dian
NIK : 3222918213723
Posisi : Bendahara

Dengan ini mengajukan permintaan cuti sakit selama 7 (Hari )hari karena saya menderita sakit dan oleh karena menjalankan tugas kewajiban, sesuai dengan keterangan dokter/bidan terlampir.

Demikian permintaan ni saya buat untuk dapat dipertimbanga seagaimana mestinya.

Hormat saya,

(Yohanes Dian)

Contoh Surat Cuti Menikah

Medan , 19 November 2022
Perihal     : Permohonan cuti menikah

Kepada Yth,
Kepala HRD PT Visi Maju
Di tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama     : Danny Firman
NIK         : 3222918213723
Jabatan  : Supervisor
Divisi      : Marketing
Bermaksud mengajukan cuti menikah selama lima hari, terhitung mulai tanggal 25 November 2022 sampai dengan tanggal 30 November 2022

Demikian surat permohonan cuti ini saya ajukan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Danny Firman

Kesimpulan

Contoh surat cuti kerja diatas dapat anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Menyampaikan cuti dari jauh hari  membuat anda terlihat lebih professional dimata atasan anda dan membuat lebih selaras dengan rekan kerja anda. Nah, untuk lebih menyelaraskan perihal absensi perusahaan anda, aplikasi absensi Kerjoo bisa jadi solusi.

surat cuti kerja