Cara Menyampaikan ke Atasan Bahwa Anda Overworked

Cara Menyampaikan ke Atasan Bahwa Anda Overworked

Daftar Isi

Dalam dunia kerja pasti hari-hari Anda akan di sibukkan dengan banyak hal. Setiap kali manajer Anda mendekati meja Anda, Anda pun bertanya-tanya: apa yang akan diperintahkan kepada Anda selanjutnya. Terkadang Anda hanya membutuhkan beban kerja yang lebih masuk akal. Jadi, bagaimana Anda memberi tahu atasan Anda bahwa Anda memiliki terlalu banyak pekerjaan? Tidak ada yang ingin tampil sebagai pemalas, tidak berkomitmen, atau tidak bisa bekerjasama dengan tim. Tapi bagaimana jika Anda sudah mencapai batasnya? Berikut beberapa tips untuk menyampaikan ke atasan bahwa Anda overworked.

Mintalah Nasihat

Sebelum mendekati manajer Anda, temukan seseorang yang Anda percayai. Mereka adalah orang yang pendapatnya Anda percayai, entah itu dari rekan kerja, anggota keluarga, atau teman yang memiliki wawasan. Jujurlah dengan mereka dan diri Anda sendiri. Tujuannya adalah untuk menantang diri sendiri dan mendapatkan perspektif orang luar untuk menentukan apakah Anda benar-benar bekerja terlalu keras.

Terkadang, fakta yang tidak menguntungkan adalah Anda harus bekerja lebih dari yang Anda inginkan. Saat pekerjaan mulai mengganggu kehidupan pribadi Anda, ini menjadi masalah. Jika di akhir percakapan tepercaya ini Anda merasa benar-benar terlalu banyak bekerja, berbicaralah melalui cara-cara untuk memperbaiki masalahnya sendiri.

Jangan Hanya Diam

Atasan Anda kemungkinan besar juga memiliki banyak hal untuk diurus. Mereka mungkin tidak menyadari bahwa Anda sedang kesulitan, kecuali jika Anda angkat bicara. Meskipun mungkin mengintimidasi untuk memulai percakapan, banyak hal baik yang bisa terjadi. Disarankan jika Anda bersikap jujur kepada supervisor ​​tentang tantangan yang Anda hadapi dalam peran Anda.

Jika Anda merasa kewalahan di tempat kerja, percakapan dengan manajer Anda akan membantu Anda. Khususnya terkait peran dan tanggung jawab Anda sendiri, juga untuk mengatasi kesulitan yang tidak terlihat. Sebagian besar, jika tidak semua, manajer telah melalui masa sulitnya sendiri. Dalam hal ini, mereka akan memiliki empati untuk situasi Anda. Jadi saran mereka bisa membantu Anda untuk ‘kembali ke jalur yang benar’.

Melakukan percakapan yang jujur juga merupakan peluang untuk menetapkan norma baru dengan manajer Anda. Misalnya bersikap transparan tentang keadaan pikiran Anda, mengungkapkan kendala, atau bahkan mengatakan tidak saat Anda tidak memiliki banyak pekerjaan di depan.

Menyampaikan Ke Atasan

Konsultasikan dengan Jujur

Jika Anda telah melakukan semua yang Anda bisa untuk mengurangi beban kerja yang berlebihan tetapi masih tenggelam dalam tugas, inilah saatnya untuk berkonsultasi dengan manajer Anda. Jadwalkan waktu untuk pertemuan yang dibutuhkan. Untuk mempersiapkannya, buat garis besar daftar tugas Anda. Tidak perlu menyertakan tanggung jawab bawaan hari Anda seperti memeriksa email atau menanggapi pesan grup yang semua orang harus melakukannya. Cukup buat daftar tugas yang Anda berikan.

Selama pertemuan ini, jujurlah dan carilah bimbingan. Minta manajer Anda untuk membantu Anda membuat prioritas. Apakah ada tenggat waktu tertentu yang lebih penting daripada yang lain? Apakah klien mengharapkan satu proyek sebelum yang lain? Ini akan membantu Anda memetakan rencana serangan dan merasa lebih percaya diri untuk bergerak maju dengan beban kerja Anda.

Tetap Positif

Sepanjang percakapan Anda dengan supervisor Anda, hindari bersikap negatif. Idenya adalah Anda tidak ingin mengeluh, tetapi memberi tahu manajer Anda tentang situasi tersebut. Jauhi mengkritik atasan Anda karena memberi Anda terlalu banyak pekerjaan dan juga menghindari godaan untuk membandingkan beban kerja Anda dengan orang lain. Saat memikirkan apa yang ingin Anda katakan, perlu diingat bahwa sangat mungkin supervisor Anda tidak menyadari bahwa Anda merasa terbebani dengan pekerjaan.

Evaluasi Waktu

Dalam pertemuan yang sama dengan manajer Anda, evaluasi ulang berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk tanggung jawab rutin. Tanyakan berapa banyak waktu yang diharapkan manajer untuk Anda habiskan pada setiap proyek tersebut. Selain itu, jika perusahaan Anda menyukai rapat, luangkan waktu untuk menyisir kalender Anda dan membahas yang berulang. Apakah menurut Anda pertemuan ini bermanfaat? Apakah Anda berkontribusi atau apakah Anda satu-satunya yang bisa mewakili tim? Jika tidak, lihat apakah ada orang lain yang dapat hadir atau departemen Anda benar-benar perlu hadir.

Prioritaskan Tugas Anda

Jika Anda belum melakukannya, aturlah sesuai tenggat waktu. Rencanakan untuk menyimpan daftar ini di meja Anda dan perbarui setiap hari atau setiap minggu. Saat manajer Anda datang lagi untuk mengirimi Anda tugas lain, berhentilah sejenak. Tanyakan “Di mana tugas ini harus diselipkan?”

Biarkan manajer Anda melihat apa yang ada di jadwal Anda. Ini adalah dorongan kepada mereka bahwa Anda sudah melakukan banyak hal. Tentu, Anda masih melakukan tugas lain. Namun, Anda sekarang dapat mengambil pendekatan praktis karena Anda tahu apa yang harus diselesaikan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.

Katakan Tidak

Jika Anda tidak bisa menangani tugas lain dan manajer Anda tidak menerima langkah-langkah di atas, Anda perlu belajar bagaimana mengatakan tidak. Jika Anda tipe orang yang selalu mengatakan ya, terutama di tempat kerja, ini akan terasa tidak nyaman pada awalnya. Namun, ada beberapa strategi sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mengecewakan manajer Anda:

Strategi 1: Beri diri Anda waktu. Ketika manajer Anda meminta Anda untuk menangani proyek lain, luangkan waktu untuk diri Anda sendiri sebelum membuat keputusan saat itu juga. Bahkan jika Anda tahu Anda tidak mungkin menangani satu hal lagi, luangkan beberapa jam untuk mempertimbangkannya. Ini tampaknya lebih bijaksana daripada langsung mengatakan tidak.

Strategi 2: Berikan solusi proaktif. Alih-alih langsung menolak manajer Anda, cobalah menyediakan cara untuk menyelesaikan tugas tanpa membuat diri Anda bekerja terlalu keras. Bisa jadi beban kerja rekan kerja Anda sedikit lebih ringan, jadi mungkin dia bisa membantu. Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan mereka terlebih dahulu. Atau mungkin Anda dapat mengambil bagian dari tugas, separuh lainnya bisa pergi ke rekan kerja. Meskipun solusi yang Anda usulkan bukanlah jawaban atas masalah tersebut, Anda setidaknya terlihat proaktif dan ingin memberikan solusi.

Kesimpulan

Fakta sederhananya adalah bahwa banyak dari kita akan merasa terlalu banyak bekerja di beberapa titik sepanjang karier kita. Saat pekerjaan mulai menggali kehidupan pribadi Anda itulah yang menjadi masalah. Sebelum meminta pertemuan dengan manajer Anda, pastikan untuk bertemu dengan kelompok tepercaya. Pastikan Anda benar-benar terlalu banyak bekerja, tidak hanya karena manajemen waktu yang buruk.

Jika Anda terlalu banyak bekerja, temui manajer Anda dan lakukan percakapan yang jujur. Mintalah nasihat. Bersikaplah terbuka. Jika manajer Anda tidak mau menerima, Anda harus mengatasi sendiri masalahnya dan mencoba mengatakan tidak. Semoga berhasil!

Terkadang pekerjaan yang tidak efektif disebabkan karena hal mendasar, misalnya pengelolaan data karyawan. Padahal saat ini sudah ada layanan yang akan memudahkan perusahaan, khususnya tentang kehadiran harian. Kinerja karyawan yang baik tidak terlepas dari pengelolaan yang optimal dari perusahaan. Fitur-fitur terbaik yang dimiliki aplikasi absensi Kerjoo ini memudahkan perusahaan Anda.

menyampaikan ke atasan
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari