Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Disiplin Karyawan

Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Disiplin Karyawan

Bagaimana cara termudah untuk meningkatkan disiplin karyawan? Strategi peningkatan produktivitas kerja memang cukup banyak dibahas. Ada beberapa langkah strategis yang bisa diterapkan. Di bawah ini kami akan memberikan tipsnya. Produktivitas masing-masing karyawan memang bisa terbentuk, tapi hal tersebut dapat berubah tingkatannya. Sehingga untuk menciptakan dan memacunya secara konsisten perlu usaha cukup besar.  

Ini juga berlaku bagi kedisplinan untuk karyawan Anda. Tingkat kedisplinan masing-masing karyawan tentunya dapat berubah-ubah. Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang hal ini, jika memang masih ada karyawan Anda yang kurang disiplin dalam bekerja. 

Praktikkan Disiplin Karyawan Secara Perlahan

Penuhi Hak Karyawan Secara Transparan dan Adil

Jika Anda menginginkan disiplin yang cukup tinggi untuk karyawan Anda maka cobalah untuk memeriksa setiap proses alur kerja. Perlu ditanyakan apakah memang benar kebijakan perusahaan telah memenuhi kebutuhan karyawan secara transparan dan adil? Keterbukaan dan transparasi ini merupakan hal yang cukup sensitif bagi sebagian orang. Apabila Anda sebagai pemimpin memberlakukan karyawan secara tidak adil maka hal itu akan membuat karyawan tidak lagi menaruh respek.  Maka dari itu, sebelum menuntut kedisiplinan tinggi dari karyawan pastikan jika pemimpin juga memenuhi segenap hak mereka secara transparan dan adil. Bisa jadi hal itu dimulai dari penggajian, penilaian sampai dengan promosi jabatan. 

Coba Perlakukan Karyawan Sebagai Teman

Ada hal yang mudah untuk diterapkan dalam rangka melatih kedisiplinan, misalnya adalah memperlakukan karyawan tersebut sebagai teman. Ini merupakan pendekatan yang cukup unik. Ketika Anda menjadi seorang bos maka sebisa mungkin Anda menghindari sifat bossy yang tidak disukai karyawan. Tidak ada salahnya bila Anda menganggap semua anggota tim adalah ‘sederajat’, walaupun ada banyak perbedaan dalam jabatan struktural. Ketika Anda memperlakukan karyawan layaknya teman maka hal inilah yang membuat mereka tidak terkekang lagi dan merasa lebih nyaman. Sehingga ketika bertemu dengan dengan Anda di kantor bukan hal yang menakutkan lagi. Jika Anda dianggap sebagai teman maka karyawan Anda tersebut kemungkinan besar akan antusias setiap kali bertemu dengan Anda. Perasaan inilah yang tentunya bisa memicu karyawan semakin disiplin dan rajin dalam bekerja.

disiplin karyawan

Ciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif dan Nyaman

Mungkin Anda selama ini sudah berfokus membuat lingkungan kerja Anda kondusif dan nyaman, tapi dari segi fisik saja. Sebagai permisalan adalah ketika Anda membuat desain interior ruang kerja yang elegan, agar karyawan Anda bisa lebih semangat dalam bekerja. Tapi pada kenyataannya memang hal tersebut tidaklah cukup untuk membuat disiplin karyawan Anda meningkat. Anda wajib menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman, tidak hanya dilihat dari segi ruang kerja saja namun juga hubungan antar pekerja. 

Dorong Karyawan untuk Saling Mendukung dan Memotivasi

Perlu diketahui jika karyawan Anda merupakan orang-orang yang mempunyai sensitivitas emosi yang berbeda-beda. Walaupun memang ruang kerja di kantor Anda sudah terasa nyaman, hal itu akan menjadi tidak maksimal jika antar orang-orangnya tidak berinteraksi dengan baik. Maka dari itu memang dalam hal penciptaan hubungan antar pekerja harus membawa kenyamanan satu dengan yang lainnya. Di sini wajib bagi Anda untuk mendorong karyawan agar saling menghargai dan mendukung satu sama lainnya bukan menjadi sebuah kompetisi.

Buat Aturan Sewajarnya, Tapi Tegas untuk Disiplin Karyawan

Memang penilaian selama ini akan cenderung beranggapan bahwa peningkatan kediplinan bisa dilakukan dengan menggunakan aturan-aturan tertentu yang mengikat. Tentunya hal yang satu ini jika dilihat memang tidak ada salahnya. Aturan memang harus diwujudkan dan pemberlakuannya tegas. Tapi yang harus digarisbawahi adalah Anda tidak melulu harus memberlakukan secara berlebihan dan ketat saja sehingga membuat karyawan merasakan terkekang. 

Tentukan Target Kerja Berdasarkan Kewajiban Karyawan

Pastikan terlebih dahulu jika Anda mempunyai ukuran, data atau referensi lainnya sebagai perbandingan-perbandingan yang tepat dan sebagai acuannya ketika sedang menentukan tiap aturan yang ada di kantor Anda. Tidak disarankan memang jika hanya memaksakan kehendak tersebut hanya karena ingin mengejar kedisiplinannya saja. Apabila sikap seperti ini yang Anda punya dan terapkan maka kemungkinan besar karyawan Anda akan kabur perlahan-lahan.

Dengarkan Ide dan Pendapat Karyawan

Tentunya hal ini juga dapat meningkatkan perlahan-lahan kedisiplinan dari karyawan Anda. Cara memberi kebebasan dalam hal ide atau berpendapat merupakan salah satunya. Anda tidak diperkenankan untuk selalu menuntut mereka agar selalu melakukan. Segala macam pekerjaan yang ada menyesuaikan dengan keinginan Anda. Perhatikan dan dengarkanlah bagaimanakah gagasan serta ide mereka. Anda wajib memberikan kepada mereka kebebasan untuk selalu melakukan inovasi demi inovasi yang dapat kemudian memajukan perusahaan Anda. 

Tentunya bisa jadi gagasan dan ide merekalah nantinya akan bisa membantu Anda agar dapat mengubah masa depan perusahaan Anda menjadi lebih baik lagi. Anda wajib memberikan ruang inovasi yang begitu lebar kepada karyawan supaya nantinya karyawan akan merasa mampu dan dihargai supaya dapat berkembang lebih baik lagi di kantor Anda. Mereka akan merasakan jika pekerjaan mereka tidak tampak monoton saja tapi mereka juga akan lebih bersemangat untuk datang ke kantor setiap harinya.

Jadwalkan Pelatihan Khusus untuk Meningkatkan Disiplin Karyawan

Tentunya langkah yang keenam ini akan begitu erat kaitannya dengan tips yang ada sebelumnya. Ketika Anda memberi karyawan Anda itu pelatihan khusus agar semakin meningkat saja keterampilan karyawan Anda maka hal ini dijamin akan bisa membuat mereka lebih merasa dihargai lagi. Tentunya ketika Anda bekerja di kantor pun akan tampak seperti bersekolah saja sehingga Anda akan mendapatkan ilmu baru setiap harinya.  

Tentunya perlu diperhatikan juga pada saat memilih jenis dan waktu pelatihan yang sesuai untuk karyawan Anda. Hal ini dikarenakan ada juga beberapa dari karyawan yang merasa terbebani dan malas pada saat ingin melakukan pelatihan tersebut yang mana pelatihan itu direkomendasi oleh atasan.

disiplin karyawan

Kesimpulan

Lalu bagaimanakah hal ini bisa terjadi kemudian? Salah satunya adalah karena Anda telah menentukan pelatihan yang tidak tepat atau Anda terlalu sering menyelenggarakan pelatihan. Jadi sebagian dari karyawan tersebut akan merasa itu adalah hal yang cukup menjadi sebuah beban. Anda bisa melakukan konseling secara lebih intens agar dapat paham mengenai kesulitan yang sedang dialami oleh karyawan Anda, sehingga akan berpengaruh pada disiplin karyawan.

Layaknya ketika Anda sedang mencoba memahami pelajaran di sekolah. Perkembangan dari psikologis karyawan itu juga wajib untuk diperhatikan dengan baiknya. Tentunya tidak layak jika Anda hanya menuntut agar karyawan tersebut selalu disiplin saja tapi tidak betul-betul paham mengenai bagaimanakah nantinya kesulitan yang akan mereka hadapi sehari-hari.

Kedisiplinan sekarang bisa dijaga dan dipantau dengan mudah hanya dengan satu aplikasi. Hal ini tidak lepas dari kemajuan teknologi yang seharusnya memudahkan aktivitas sehari-hari. Seperti aplikasi absensi online dari Kerjoo.com, inovasi ini bisa membantu perusahaan mengelola kedisiplinan karyawan. Anda bisa mulai temukan bagaimana cara penggunaannya.

produktivitas kerja