#FiturBaru Yuk, Mengenal Lebih Jauh Fitur Laporan Pekerjaan di Kerjoo

#FiturBaru Yuk, Mengenal Lebih Jauh Fitur Laporan Pekerjaan di Kerjoo

Daftar Isi

Staf adalah sumber daya yang paling penting dan seringkali paling mahal untuk sebagian besar bisnis. Penting untuk mengelola tenaga kerja Anda secara efektif untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda. Perencanaan yang efektif dan memastikan karyawan Anda melakukan pekerjaan yang benar pada waktu yang tepat akan memaksimalkan produktivitas.

Bisnis di seluruh dunia telah mencatat waktu dan kehadiran staf mereka selama beberapa dekade. Di era digital ini, solusi waktu dan kehadiran yang canggih dapat mengelola segalanya mulai dari perencanaan jatah lanjutan dan perencanaan kerja, memastikan Anda memiliki semua sumber daya yang diperlukan, hingga secara otomatis dan akurat menghitung gaji individu.

Kerjoo adalah salah satu aplikasi absensi online yang bisa Anda coba untuk mengatur hal-hal tersebut. Bukan hanya masalah absensi, tetapi masih banyak lagi manfaat Kerjoo yang bisa Anda dapatkan. Salah satu fitur terbaru dari Kerjoo adalah fitu laporan pekerjaan. Yuk, disimak apa pengertian dan manfaatnya.

Pengertian

Manfaat dari laporan pekerjaa ada di kedua belah pihak, untuk karyawan dan juga perusahaan. Di sisi karyawan, Anda akan dihadapkan dengan mengisi rencana kerja pada hari tersebut. Saat Anda melakukan absen masuk, akan diharuskan untuk mengisi rencana kerja pada hari tersebut. Nah, setelah absen keluar, Anda juga diharuskan mengisi apa yang telah di kerjakan. Lapporan pekerjaan merupakan salah satu hal yang berguna untuk perusahaan. Kenapa? Karena ini bisa dijadikan benchmark untuk perusahaan dalam penilaian karyawan. Tentunya, untuk memastikan bahwa semua karyawan mengerjakan tugasnya dengan tepat.

Selain untuk karyawan, fitu ini juga baik untuk perusahaan. Untuk perusahaan, anda akan bisa secara realtime melihat halaman admin absensi sekaligus laporan pekerjaan karyawan tersebut. Bersamaan dengan cara mengidentifikasi karyawan, fitur pelaporan yang dikelola dengan baik dan dapat disesuaikan akan memungkinkan Anda memantau kinerja karyawan. Apakah Anda melakukan tinjauan kinerja tahunan atau bulanan, laporan akan memberi Anda umpan balik yang didukung data untuk mengenali dan memberi penghargaan kepada karyawan terkuat Anda. Tinjauan kinerja karyawan yang akurat memungkinkan Anda memberi penghargaan yang memadai kepada karyawan berkinerja tertinggi sambil menunjukkan siapa yang mungkin membutuhkan lebih banyak pelatihan atau bimbingan.

Laporan Pekerjaan

Apa Kelebihan dan Manfaat dari Fitur Laporan Pekerjaan?

Manfaat untuk karyawan

Kelebihan dari fitur ini pun akan berguna bagi karyawan maupun perusahaan. Untuk karyawan sendiri, Anda dapat dengan mudah melacak pekerjaan Anda dengan mengisi laporan pekerjaan pada hari tersebut. Ini tentu akan memudahkan Anda untuk melihat apakah sudah mengerjakan semua sesuai deadline, melihat mana pekerjaan yang belum selesai, serta tetap on track dalam segala kewajiban pekerjaan.

Manfaat untuk perusahaan

Sedangkan untuk perusahaan, Anda juga bisa dengan mudah melihat absensi sekaligus laporan pekerjaan. Serta bisa juga untuk langsung di eksport ke excel, jika di butuhkan.

Manfaat dan kelebihan fitur laporan pekerjaan

Fitur pelaporan yang terorganisir dengan baik memungkinkan Anda untuk melihat kembali tren masa lalu sambil mengidentifikasi apa yang perlu Anda lakukan untuk memenuhi tujuan masa depan. Dengan analisis yang hadir dengan laporan terperinci, Anda akan berada di posisi yang lebih baik untuk membuat keputusan strategis yang akurat untuk perusahaan Anda. Manajer, supervisor, dan profesional HR sama-sama dapat secara efektif memanfaatkan sejumlah besar data internal untuk meningkatkan aktivitas sehari-hari, serta kinerja tahunan.

Fitur pelaporan mengurangi ketidakpastian persyaratan perekrutan. Laporan yang disesuaikan akan memberi Anda wawasan tentang tren perekrutan Anda di masa lalu, memungkinkan Anda memprediksi kebutuhan pekerjaan di masa depan secara akurat. Memperhatikan kebutuhan perekrutan perusahaan Anda akan secara drastis mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencari kandidat yang memenuhi syarat, serta memerangi produktivitas yang hilang.

Pengaturan Divisi

Di pengaturan divisi ini, tersedia fitur Laporan Pekerjaan, dimana anda bisa meminta karyawan untuk mengisi rencana kerja harian dan melaporkan hasil pekerjaan harian.

Dengan mengisi field:

“Catatan Saat Presensi Masuk/ Catatan Saat Presensi Keluar/ Catatan Saat Presensi Mulai Lembur/ Catatan Saat Presensi Selesai Lembur”

laporan pekerjaan

Perusahaan bisa mengatur isian diatas dengan pilihan : Tidak dibutuhkan/ Optional/ Dibutuhkan. Bila perusahaan mensetting dengan mengisi opsi  “Dibutuhkan,” maka karyawan wajib mengisi laporan sebelum melakukan absensi (Absensi tidak bisa dilakukan tanpa mengisi laporan).

Hal ini bisa dijadikan acuan untuk penggajian atau kompensasi karyawan. Mengelola kompensasi adalah keseimbangan yang rumit. Anda perlu memastikan karyawan dibayar dengan cukup untuk bekerja dengan baik dan merasa puas, sekaligus memenuhi kebutuhan anggaran bisnis.

Analytics membantu Anda mencapai keseimbangan ini. Anda dapat dengan mudah melihat skala gaji karyawan, tunjangan, dan jenis kompensasi lainnya, dan membandingkan data tersebut dengan kinerja karyawan, anggaran Anda, dan faktor lainnya.

Menggaji karyawan secara memadai adalah tindakan penyeimbangan. Karyawan Anda perlu dibayar dengan cukup baik untuk merasa dihargai dan puas, tetapi skala gaji mereka harus sesuai dengan anggaran perusahaan Anda. Laporan memungkinkan Anda mencapai keseimbangan ini. Akses real-time ke gaji dan tunjangan karyawan memungkinkan Anda membandingkan data dengan kinerja individu, nilai, dan faktor lain yang ingin Anda sertakan.

Laporan Pekerjaan

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Untuk bisa menikmati fitur ini, tentu Anda harus terlebih dahulu terdaftar dalam Kerjoo.com.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan pengguna sebelum menggunakan aplikasi Kerjoo, sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Kerjoo dari Google Play Store ataupun App Store.
  2. Instal aplikasi Kerjoo di Handphone Anda
  3. Buka aplikasi Kerjoo
  4. Silakan masuk ke aplikasi Kerjoo menggunakan email dan kata sandi yang dikirimkan ke email Anda
  5. Allow permission sesuai yang diminta oleh aplikasi Kerjoo
  6. Anda bisa memulai melakukan presensi di aplikasi Kerjoo
  7. Presensi bisa dilakukan dengan foto selfie sesuai kebutuhan (presensi masuk, presensi keluar, istirahat, ataupun lembur). Pastikan saat melakukan presensi Anda berada di titik lokasi sesuai yang disepakati dengan HRD/admin.
  8. Bila perusahaan mewajibkan Anda untuk mengisi notes data pekerjaan yang akan anda lakukan, maka anda wajib mengisi notes tersebut supaya anda bisa melakukan absensi.
laporan pekerjaan
  1. Silakan klik tombol pada bagian bawah foto selfie Anda untuk melakukan presensi sesuai kebutuhan (presensi masuk, presensi keluar, istirahat, ataupun lembur).
  2. Data presensi Anda akan masuk ke sistem admin HRD.
  3. Klik icon jam untuk mengetahui jadwal kerja Anda pada minggu ini.
  4. Icon foto untuk melihat profil Anda.
  5. Icon notes untuk melihat riwayat kehadiran Anda.
  6. Klik tombol Keluar pada icon foto apabila Anda ingin keluar dari akun Anda di aplikasi Kerjoo.

Kesimpulan

Jadi, apabila perusahaan Anda memiliki karyawan yang Work From Home (WFH) tidak perlu cemas dalam mengelola karena aplikasi absensi Kerjoo selain bisa mengidentifikasi wajah dan lokasi kerja karyawan. Selain itu aplikasi Kerjoo kini juga dilengkapi fitur baru, yaitu Laporan Pekerjaan yang memungkinkan Anda bisa mengecek langsung karyawan dari mulai presensi, lokasi kerja, hingga memantau laporan pekerjaan harian mereka. Yuk, daftar Kerjoo sekarang aja!

laporan pekerjaan
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari