HFIS BPJS Kesehatan, Solusi Bagi Semua Fasilitas Kesehatan

Saat ini pemerintah telah memudahkan semua proses BPJS Kesehatan dalam satu aplikasi HFIS. Dengan adanya HFIS BPJS Kesehatan ini, interaksi antara faskes dan pasien semakin dimudahkan.

HFIS BPJS Kesehatan

Daftar Isi

Kita semua pasti setuju bahwa kesehatan adalah hal yang paling krusial dalam hidup. Bahkan, pemerintah memberikan fasilitas berupa BPJS Kesehatan guna menjamin hal tersebut.

Sayangnya, tidak semua rumah sakit merupakan mitra dari BPJS Kesehatan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah kemudian mengeluarkan HFIS BPJS Kesehatan.

HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi keluaran pemerintah guna mendukung segala aktivitas mitra fasilitas kesehatan. Nah, aplikasi ini menyimpan semua data setiap fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Sehingga, data-data tersebut dapat diakses lebih luas oleh setiap fasilitas kesehatan.

Tetapi, HFIS BPJS Kesehatan ini bukan hanya diperuntukkan bagi mitra fasilitas kesehatan saja. Bagi Anda para pengguna BPJS Kesehatan pun dapat menggunakan aplikasi HFIS ini.

Hanya saja, pintu aksesnya berbeda dengan rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Supaya Anda lebih memahami dan dapat menggunakannya dengan baik, simak hingga tuntas penjelasan berikut ini.

Apa Itu HFIS BPJS Kesehatan?

hfis bpjs kesehatan

HFIS sendiri merupakan singkatan dari Health Facilities Information System. HFIS BPJS Kesehatan adalah aplikasi sistem informasi yang menyimpan dan memberikan data atau informasi mengenai fasilitas kesehatan (faskes).

Nah, penggunaan aplikasi ini ditujukan bagi setiap fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Pemerintah mengeluarkan HFIS BPJS Kesehatan untuk mempermudah jalinan kerjasama antara BPJS Kesehatan dan para mitra faskes maupun calon faskes.

Akan tetapi, HFIS ini tidak hanya dapat diakses oleh faskes saja, melainkan juga oleh para peserta BPJS Kesehatan. Nah, banyak fasilitas yang dapat digunakan, baik oleh fasilitas kesehatan maupun peserta.

HFIS BPJS Kesehatan memudahkan setiap faskes untuk melakukan pemeriksaan data faskes lainnya seperti faskes lanjutan terdekat, dokter yang tersedia, jumlah persediaan kamar, dan lainnya.

Sementara itu, bagi peserta sendiri HFIS memberikan akses berupa faskes terdekat, jumlah ketersediaan kamar, dan lainnya.

Fungsi HFIS BPJS Kesehatan

HFIS BPJS Kesehatan

Aplikasi HFIS ini dapat diakses baik oleh faskes maupun para pasien peserta BPJS Kesehatan. Keberadaan aplikasi ini menjadikan semua urusan fasilitas kesehatan, baik bagi rumah sakit maupun pasien peserta BPJS Kesehatan, menjadi lebih mudah.

Nah, fungsi yang dapat digunakan oleh faskes dan peserta sebetulnya sama. Hanya saja ada beberapa fungsi yang memang hanya diperuntukkan bagi mitra fasilitas kesehatan. Apa saja fungsi HFIS BPJS Kesehatan?

·         HFIS BPJS Kesehatan bagi Faskes

Fungsi HFIS bagi fasilitas kesehatan yang bermitra adalah memudahkan semua urusan dan proses dalam kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Rumah sakit atau klinik yang bermitra dengan BPJS Kesehatan dapat melakukan pengajuan perpanjangan kerjasama melalui HFIS. Semua proses pengajuan tersebut dapat dimonitor melalui fitur yang tersedia.

Selain itu, HFIS juga berfungsi untuk mempermudah segala urusan terkait fasilitas kesehatan. Rumah sakit atau klinik sebagai faskes rujukan tingkat pertama (FRTP) dapat memproses dengan cepat untuk mendapatkan rujukan tingkat lanjut yang tersedia. Mulai dari informasi mengenai jumlah ketersediaan kamar hingga pada dokter jaga tersedia di aplikasi HFIS.

Rumah sakit atau klinik yang menjadi mitra BPJS Kesehatan juga dapat melaporkan profil, informasi, dan data rumah sakit. Mulai dari jumlah kamar, tenaga medis yang tersedia, fasilitas kedokteran, dan lain-lain.

Semua data tersebut dapat diperbarui secara berkala oleh pihak faskes itu sendiri. Sehingga, faskes lainnya dapat mengetahui informasi terbaru guna memproses rujukan tingkat pertama maupun tingkat lanjut.

·         HFIS bagi Pasien Peserta BPJS Kesehatan

Bagi pasien peserta BPJS Kesehatan sendiri HFIS sangat membantu dalam hal informasi mengenai fasilitas kesehatan dan juga proses rujukan yang sedang berjalan.

HFIS memberikan akses bagi peserta BPJS Kesehatan untuk dapat mengetahui berbagai informasi terkait dengan rumah sakit atau klinik tempat rujukan.

Misalnya, Anda akan dirujuk ke rumah sakit A untuk tingkat lanjut. Nah, Anda dapat melihat informasi terkait ketersediaan kamar, fasilitas yang tersedia, hingga pada pelayanan medis yang mereka sediakan. Selain itu, aplikasi HFIS khusus pasien peserta BPJS juga dilengkapi dengan GPS.

Nah, ini sangat memudahkan pasien untuk mengetahui rumah sakit terdekat mana yang menjadi mitra BPJS Kesehatan. Menariknya lagi, pasien peserta BPJS Kesehatan juga bisa memperoleh informasi mengenai apotek terdekat dan melakukan pemesanan obat sesuai resep dokter.

Cara Penggunaan HFIS BPJS Kesehatan

Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan

Nah, karena fungsi HFIS bagi mitra faskes dan pasien peserta BPJS Kesehatan berbeda, maka cara penggunaannya pun berbeda.

Bagi rumah sakit atau klinik yang bermitra dengan BPJS Kesehatan dapat mengakses aplikasi ini melalui website HFIS. Sementara, bagi pasien peserta BPJS Kesehatan dapat mengaksesnya melalui aplikasi P-Care atau situs Aplicares.

Lalu, bagaimana cara penggunaannya? Simak penjelasan berikut ini, ya!

·         Cara Penggunaan HFIS bagi Faskes

Untuk rumah sakit atau klinik, aplikasi HFIS ini dapat diakses melalui https://hfis.bpjs-kesehatan.go.id/hfis/login.

Akan tetapi, untuk dapat mengaksesnya, fasilitas kesehatan harus telah terdaftar sebagai mitra BPJS Kesehatan lebih dulu. Nah, untuk melakukan pendaftaran, rumah sakit atau klinik dapat mendaftar langsung ke BPJS Kesehatan dengan mengirimkan surat.

Setelah itu, barulah faskes dapat mengakses HFIS melalui situs resminya, baik sebagai mitra maupun sebagai calon faskes.

Bagi calon faskes, nantinya akses tersebut digunakan untuk melakukan pengisian profil dan semua informasi yang dibutuhkan, termasuk self-assessment. Berikut ini cara pengisian HFIS BPJS bagi calon fasilitas kesehatan.

1.   Login ke HFIS BPJS, gunakan username serta password yang telah dikirimkan oleh BPJS Kesehatan untuk login ke HFIS di hfis.bpjs-kesehatan.go.id/hfis/login.

2.   Isi profil, data, dan informasi lain, setelah login, faskes harus mengisi profil dan semua data serta informasi lain yang dibutuhkan.

3.   Mengisi self-assessment, setelah itu faskes akan diminta melakukan pengisian self-assessment terkait dengan kelayakan rumah sakit atau klinik tersebut.

4.   Proses verifikasi, semua data yang telah tersimpan selanjutnya akan dianalisis dan diberikan persetujuan oleh Kepala Unit dari BPJS Kesehatan.

5.   Evaluasi faskes, jika Kepala Unit telah menyetujui semua data tersebut, BPJS Kesehatan akan melakukan pemeriksaan lapangan atau visit kredensialing untuk memeriksa kebenaran data.

6.   Penandatanganan kerjasama, bila semua data telah terverifikasi dan sesuai dengan hasil pemeriksaan lapangan, selanjutnya rumah sakit atau klinik akan menandatangani perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

7.   Akses HFIS yang baru, jika perjanjian telah ditandatangani, selanjutnya BPJS Kesehatan akan memberikan akses yang baru kepada faskes. Dengan akses baru ini, faskes telah resmi menjadi mitra fasilitas kesehatan dan dapat menggunakan semua fasilitas yang ada.

·         Cara Penggunaan HFIS bagi Pasien Peserta

Nah, cara masuk HFIS ini bagi pasien peserta BPJS Kesehatan sendiri sangat mudah. Anda tidak perlu mendaftar seperti calon faskes, selama Anda memang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Cukup login ke P-Care atau Aplicares menggunakan akun BPJS Anda saja. Nah, untuk PCare ini dapat Anda unduh di Play Store secara gratis.

Sementara, Aplicares ini dapat Anda akses secara online melalui website resmi BPJS Kesehatan: https://faskes.bpjs-kesehatan.go.id/aplicares/#/app/dashboard.

Jika Anda mengakses melalui Aplicares, Anda dapat langsung melihat daftar rumah sakit atau klinik terdekat dengan fitur cari faskes.

Fasilitas yang tersedia di dalam P-Care dan Aplicares sebetulnya sama saja. Anda dapat melihat daftar rumah sakit atau klinik mitra BPJS Kesehatan melalui HFIS ini. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fasilitas lainnya terkait faskes rujukan tingkat pertama maupun tingkat lanjut.

Kesimpulan

Health Facilities Information System atau HFIS ini merupakan aplikasi buatan pemerintah untuk mendukung segala proses BPJS Kesehatan. Mulai dari kerjasama dengan mitra faskes hingga memudahkan interaksi pasien dengan faskes itu sendiri.

Akses HFIS antara faskes dan pasien peserta BPJS Kesehatan ini sendiri berbeda. Fungsi antara HFIS BPJS Kesehatan untuk faskes dan pasien juga berbeda.

Bukan hanya HFIS yang memudahkan segala aktivitas dalam pengurusan BPJS Kesehatan. Kerjoo juga memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mengelola karyawan dengan aplikasi absensi online.

Ada banyak sekali fitur canggih yang selalu bertambah untuk membuat pengelolaan karyawan perusahaan Anda semakin efektif dan efisien. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai fitur dari Kerjoo? Jangan ragu untuk klik di sini, ya!

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari