Kelola Kinerja Karyawan Lebih Baik, Kerjoo Hadirkan Fitur Supervisor

Saatnya Anda kenali fitur supervisor untuk proses pengawasan kerja yang lebih optimal

Kelola Kinerja Karyawan Lebih Baik, Kerjoo Hadirkan Fitur Supervisor
fitur supervisor

Daftar Isi

Apa yang pertama kali Anda lihat sebelum install sebuah aplikasi? Khususnya dalam hal ini adalah aplikasi HR yang membantu karyawan bekerja lebih produktif.

Pada era digital memang banyak sekali macam-macam aplikasi yang bisa Anda manfaatkan sesuai fiturnya. Menyempurnakan fitur yang rilis sebelumnya, kini aplikasi Kerjoo juga menghadirkan yang baru yaitu fitur supervisor.

Sebelum membahas fitur supervisor, ada baiknya untuk kita pahami seberapa penting peran supervisor. Kata supervisor berasal dari istilah supervise yang dalam bahasa Inggris adalah mengarahkan atau mengawasi.

Pada bidang apapun Anda bekerja, pastinya Anda tidak asing lagi dengan pengawasan. Setiap manajemen perusahaan yang baik atau bisnis yang berkelanjutan pasti ada peran supervisor yang mengawasi. Dengan pengawasan yang tepat, kinerja karyawan akan meningkat secara optimal.

Posisi supervisor termasuk peran manajerial yang sering kali ada dalam setiap pengaturan industri atau administratif. Supervisor bertanggung jawab atas kinerja sehari-hari tim, departemen, atau divisi.

Mereka biasanya memiliki pengalaman dalam memimpin grup dan telah mendapatkan kepercayaan manajemen tentang kemampuannya membimbing orang lain.

Apa Saja Tugas Seorang Supervisor?

Pada umumnya, ruang lingkup tugas supervisor adalah seperti berikut.

1. Membantu Tim Memahami Target atau Sasaran Kinerja

Ada banyak cara dalam mencapai tujuan bersama. Supervisor melatih atau memastikan bahwa tim telah bekerja dengan benar untuk peran mereka masing-masing.

2. Mengetahui Progres Internal

Sudah semestinya setiap pekerjaan mengalami progres yang terukur. Hal seperti ini bisa menjadai bahasan dalam meeting. Supervisor setiap divisi harus mengetahui pembaruan perusahaan, dan tujuan baru dengan anggota tim.

Ini akan membantu dalam menyelesaikan keadaan darurat, seperti masalah kualitas atau pelanggan yang mungkin diteruskan ke supervisor tim.

3. Pemberian Umpan Balik

Tugasnya juga berkaitan dengan laporan dan pembaruan aktivitas kepada manajemen. Bahkan termasuk ketika membantu aktivitas perekrutan dan pemecatan, supervisor sering kali memerlukan persetujuan manajerial.

Sebagian besar peran supervisor melibatkan pemberian umpan balik, baik yang konstruktif maupun positif. Umpan balik yang konstruktif lebih menantang bagi sebagian besar supervisor untuk disampaikan.

4. Koordinasi Pekerjaan

Urusan koordinasi dan rotasi pekerjaan memang memiliki urgensi tersendiri yang melibatkan supervisor. Begitu juga untuk identifikasi dan menyelesaikan masalah tempat kerja, termasuk keterlambatan atau ketidakhadiran.

Kabar baiknya, kini tidak semua hal harus Anda selesaikan secara manual. Manajer atau pimpinan perusahaan sudah lebih terbantu oleh teknologi. Salah satunya adalah aplikasi absensi online Kerjoo yang memiliki fitur supervisor.

Fitur Supervisor
fitur supervisor

Fitur Supervisor dari Aplikasi Kerjoo

Memastikan peningkatan produktivitas karyawan adalah bagian penting dari tugas-tugas manajerial dan kepemimpinan. Tim yang produktif dan bisa bekerjasama akan memberi keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.

Tapi, ada kalanya memang beberapa hal harus berubah, termasuk bagaimana supervisor bekerja. Tidak harus selalu mengandalkan skill dan kemampuan personal, manfaat teknologi pun sudah banyak memberi perbedaan.

Hal ini bisa Anda buktikan sendiri ketika menggunakan aplikasi absensi Kerjoo yang kini dilengkapi fitur supervisor yang bisa diatur oleh admin.

Bagaimana cara menggunakan fitur supervisor? Berikut ini kami berikan panduan singkat.

fitur supervisor
fitur supervisor

1. Login ke Akun Perusahaan

  • Pertama-tama, Anda bisa buka halaman https://app.kerjoo.com.
  • Silakan masukkan email dan password sesuai informasi login yang dikirim ke email.
  • Klik tombol MASUK agar Anda menuju ke dashboard admin perusahaan.

2. Buka Menu Divisi

  • Pada menu divisi seperti gambar di atas, ada kolom supervisor yang berisi keterangan divisi dan nama supervisornya.
  • Saat admin perusahaan menambah divisi bisa pilih siapa yang menjadi supervisor. Admin dalam hal ini adalah HR, atasan, atau pemilik usaha.
  • Admin bisa menentukan lebih dari satu supervisor. Satu orang juga bisa menjadi supervisor untuk lebih dari satu divisi. Supervisor di sini berbeda dengan supervisi yang bisa dipilih karyawan saat melakukan presensi harian.
  • Supervisor akan selalu menerima laporan saat karyawan melakukan presensi. Supervisornya bisa disesuaikan atau diubah sewaktu-waktu ketika diperlukan.
fitur supervisor
fitur supervisor

3. Akses Login Supervisor Divisi

  • Supervisor bisa login ke akun perusahaan dan melihat dasbor admin. Cara untuk login adala menggunakan email dan password yang telah didaftarkan admin, yang juga digunakan untuk login absensi harian.
  • Setelah login, ada menu yang dia bisa lihat dan ada yang tidak bisa dilihat. Yang bisa dilihat adalah divisi yang dia menjadi supervisornya.
  • Sebagai contoh di atas adalah Zulfa sebagai supervisor Divisi Marketing. Yang bisa dilihatnya adalah data terkait Divisi Marketing saja.

4. Modifikasi Data Divisi

Fitur Supervisor
fitur supervisor
  • Setiap supervisor bisa memodifikasi data divisi, tapi tidak bisa menambah atau menghapus.
  • Cara modifikasi data divisi bisa klik pada tanda kotak merah di atas. Jika sudah diklik maka supervisor akan melihat kolom seperti; Nama Divisi, Denda Keterlambatan, Catatan Saat Presensi Masuk, Catatan Saat Presensi Saat, dan seterusnya.
  • Untuk lokasi kehadiran, supervisor divisi bisa melihat semuanya tapi tidak bisa menghapus. Kecuali jika ada lokasi yang baru ditambahkan oleh supervisor divisi, maka supervisor bisa mengubahnya.
  • Berikutnya adalah Jadwal Hari Kerja yang mana supervisor bisa melakukan perubahan pola kerja seperti ini tinggal disesuaikan kapan tanggal mulai kerja.
Fitur Supervisor
fitur supervisor
  • Ketentuan perubahan pada Jadwal Shift dan Pola Kerja juga sama seperti ketentuan Jadwal Hari Kerja. Supervisor bisa menghapusnya jika dia sendiri yang membuat jadwal.
  • Untuk Kehadiran Harian dan Ringkasan Kehadiran karyawan, supervisor bisa melihat datanya per hari. Saat membutuhkan datanya pun bisa download datanya dengan klik Ekspor Excel.
  • Selanjutnya ada Fitur Izin dan Cuti, supervisor dan admin bisa menyetujui atau menolak.
  • Kemudian untuk di bawahnya yaitu fitur broadcast, bisa melihat semuanya dan juga bisa menambah atau mengirim broadcast untuk karyawan divisinya. Panduan selengkapnya bisa Anda temukan pada fitur broadcast.
  • Semua data yang diedit akan bisa tampak pada riwayat perubahan. Contohnya adalah seperti di bawah ini.
Fitur Supervisor
fitur supervisor

Setelah memahami penggunaan fitur supervisor, apa langkah selanjutnya? Atau justru saat ini Anda sudah merasa tidak ada kendala dalam pengawasan kinerja karyawan Anda? Bagaimanapun perusahaan Anda sekarang, ke depannya tentu akan bertumbuh.  

Dalam kurun waktu setahun terakhir, Kerjoo sudah banyak menerima masukan pengguna. Karena itulah kami terus berinovasi agar layanan kami menjadi relevan dengan kebutuhan. Setiap layanan bisa menyesuaikan dengan berbagai pola kerja yang ada dalam perusahaan.

Di setiap perusahaan, apalagi yang skalanya sudah besar, masalah para karyawan pasti juga tidak sedikit. Kenyataannya, untuk mengatasi masalah karyawan sendiri bisa lebih sibuk daripada melayani customer atau klien dari luar. Hal seperti ini akan menjadi ancaman bagi perusahaan dalam jangka panjang.

Kesimpulan

Setiap bidang membutuhkan pengawasan dalam berbagai tingkatan. Pada zaman sekarang idealnya setiap pekerjaan tetap berjalan lancar tanpa pengawasan manual.

Itulah mengapa fitur supervisor hadir untuk pengguna aplikasi absensi Kerjoo yang mendukung agar semuanya lebih terstruktur. Anda bisa hubungi tim Kerjoo untuk mengetahui info lebih lanjut.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari