INFP dalam Dunia Kerja: Kreatif, Idealistis, dan Berhati Empati

Selain penuh empati, INFP dapat menjadi rekan kerja yang kreatif.

kepribadian INFP

Daftar Isi

Kepribadian INFP dikenal sebagai pribadi yang introvert, intuitive, feeling, dan percieving. Menurut MBTI, INFP adalah si mediator dengan kekuatan empati dan instropektif.

Meskipun idealis, kepribadian INFP di tempat kerja dikenal memiliki empati tinggi, sangat berbanding terbalik dengan INTP yang berpikir analitis.

Anda juga mungkin akan cocok dengan pekerjaan berbasis seni, dimana Anda dapat terhubung secara emosional dan kreativitas.

Namun empati INFP seringkali menjadi boomerang karena kepribadian INFP cenderung instropektif, sehingga INFP sulit menerima kritik emosional terhadap dirinya.

Penasaran bagaimana kepribadian INFP di tempat kerja? Atau bingung menentukan karier yang cocok untuk INFP? Simak artikel dari Kerjoo!

Kepribadian INFP yang Berhati Empati

Kekuatan INFP terletak pada empati, atau kemampuan pendekatan emosi dan batin di lingkungannya.

Tipe kepribadian INFP akan melihat dunia dengan cara berbeda, yakni mengandalkan empati, kreativitas, dan idealisme yang dipegang, tidak terkecuali pada pekerjaan.

Kekuatan empati yang dimiliki oleh kepribadian INFP inilah yang membuat si mediator ini mudah beradaptasi di tempat kerja.

Tidak jarang, tipe kepribadian INFP banyak mengisi ruang pekerjaan sebagai penyair, penulis, aktor, hingga seniman.

💡
Kekuatan empati membuat kepribadian INFP tidak bisa menghindari keinginan merenungkan makna kehidupan dan ide untuk dihadirkan sebagai sebuah karya.

Kekuatan INFP dalam Dunia Kerja

Selain empati, ada beberapa kekuatan INFP dalam dunia kerja yang dapat membantu Anda untuk menentukan arah karier, seperti:

Kreativitas dan Imajinasi

Tipe kepribadian INFP sering digambarkan sebagai pemikir kreatif dan dapat melihat dunia dari perspektif empati, membuat INFP dianggap sebagai pribadi yang puitis.

Kepribadian INFP sangat dibutuhkan perusahaan untuk menghasilkan konten kreatif, bahkan cenderung out of the box.

Empati dan Ekspresi Diri

Kekuatan empati membuat tipe kepribadian INFP unggul dalam ekspresi diri. Menariknya, cara pandang ini mempengaruhi hasil pekerjaan INFP.

INFP yang instropektif biasanya akan bekerja dengan cara memahami lingkungan, memiliki kedekatan emosional dengan pekerjaan.

Sebab bagi pemilik kepribadian INFP bekerja juga harus didasarkan panggilan emosional, sehingga menciptakan lingkungan kerja positif adalah mimpi INFP.

Memiliki Idealisme

Tipe kepribadian INFP cenderung memiliki idealisme tersendiri dalam berkarier. Motivasi Anda sebagai INFP adalah memberikan perubahan positif bukan?

Karena itu, sebagai INFP Anda sering memilih jalan karier yang sesuai dengan prinsip dan tujuan. Anda akan sangat cocok bekerja di bidang advokasi sosial dan seni.

Pemikir Independen

Tipe kepribadian INFP juga menikmati bekerja secara mandiri dan cenderung berkembang ketika diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi ide-ide tanpa banyak batasan.

Ketika diberi ruang untuk berinovasi, INFP akan menawarkan perspektif baru yang dapat memperkaya proyek atau tim kerja.

Tantangan yang Dihadapi INFP di Tempat Kerja

Kepribadian INFP di tempat kerja sering menjadi penengah, INFP hanya ingin memiliki lingkugan kerja yang memilki kedekatan emosional.

Oleh karena itu, ada beberapa kesulitan atau tantangan yang sering dihdapi INFP di tempat kerja, seperti:

Tipe Kepribadian INFP Cenderung Mencari Aman

INFP adalah si mediator atau penengah, tipe kepribadian yang cenderung mencari aman dan tidak enakan.

Hal inilah yang membuat INFP tidak nyaman menghadapi konfrontasi atau kritik langsung.

INFP lebih suka menghindari situasi yang berpotensi menimbulkan ketegangan, sehingga membuat mereka sulit untuk menyuarakan pendapat pribadi ketika berhadapan dengan rekan kerja yang lebih tegas.

Sulit Menyeimbangkan Idealisme dengan Realitas

Sifat idealis Anda sebagai INFP terkadang dapat menyulitkan diri Anda di tempat kerja.

Sebab sulit mencari tempat kerja yang sesuai dengan idealisme Anda. Hal ini dapat membuat diri Anda merasa frustrasi apabila memiliki pekerjaan yang tidak sejalan dengan idealisme pribadi.

Cenderung Menghindari Rutinitas yang Monoton

INFP tidak menyukai rutinitas yang terlalu terstruktur atau pekerjaan yang terasa monoton. Tipe kepribadian INFP akan lebih menikmati pekerjaan berbasis kreativitas dan flksibel.

Anda juga pasti merasa bahwa pekerjaan administratif cepat membuat Anda merasa bosan bukan?

Rentan terhadap Kelelahan Emosional

Karena keunggulan empati, Anda sebagai INFP mungkin sering kali terpengaruh oleh perasaan orang lain.

Apabila tidak dikelola dengan baik, hal ini dapat menyebabkan Anda memiliki kelelahan emosional, terutama ketika mereka merasa harus terus-menerus memberikan dukungan emosional kepada rekan kerja.

💡
INFP bukan tidak menyukai kritik. Tipe kepribadian INFP hanya tidak menyukai suasana kritik yang membuat tidak nyaman.

Karier yang Cocok untuk INFP

Sebagai pribadi yang empati, kreatif, dan idealis, ada beberapa rekomendasi karier yang cocok untuk INFP, diataranya adalah sebagai berikut.

Pekerjaan di Bidang Kreatif

Tipe kepribadian INFP sangat cocok bekerja di bidang kreatif. Kepribadiannya yang kreatif nan empati membuat INFP cocok bekerja sebagai penulis, editor, seniman dan desain grafis.

Pekerjaan di Bidang Sosial

Dengan keunggulan empati, Anda akan cocok bekerja sebagai pekerja sosial, terapis, atau konselor. Pekerjaan ini akan terasa seperti 'panggilan' diri Anda untuk menciptakan lingkungan yang harmonis.

Pekerjaan di Bidang Pendidikan

Sebagai pemilik kepribadian INFP, Anda juga cocok berkarier sebagai guru ataupun dosen. Pekerjaan ini akan memberi Anda keleluasaan untuk menginspirasi dan memotivasi orang-orang di sekitar Anda.

Organisasi Nirlaba

Bekerja di organisasi nirlaba yang berfokus pada isu-isu sosial atau lingkungan adalah pilihan yang ideal bagi INFP. Organisasi nirlaba akan memberikan Anda keleluasaan untuk berkontribusi positif di lingkungan masyarakat.

karier yang cocok untuk INFP

Gaya Kerja INFP dalam Tim dan Organisasi

Sebagai pemilik kepribadian INFP, Anda akan lebih menyukai lingkungan kerja yang memberikan Anda kebebasan dan mengeksplorasi ide.

Anda juga memiliki gaya kerja yang terhubung secara emosional. Sebab Anda tidak menyukai situasi konflik yang membuat Anda tidak nyaman secara emosional.

Anda juga akan menyukai pekerjaan proyek yang memerlukan pemikiran kreatif. Bagi Anda, eksplorasi ide cenderung lebih menarik dibandingkan mengerjakan tugas monoton.

Cara INFP Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja Terstruktur

Sebagai idealis, Anda mungkin tidak terbiasa untuk bekerja di bawah lingkungan kerja yang terstruktur. Ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan rekan kerja dan/atau atasan yang mungin kurang fleksibel.

Untuk itu, Anda perlu belajar untuk menghilangkan sikap tidak enakan dan mulai berani untuk menyuarakan pendapat.

Anda juga perlu menerima bahwa tidak semua pekerjaan bisa memenuhi idealisme pribadi. Sebaliknya, Anda dapat merubah cara pandang dengan menemukan makna di setiap proyek yang dilakukan.

Tips Sukses untuk INFP di Dunia Kerja

  1. Manfaatkan Kreativitas dan Empati: Gunakan kreativitas dan empati untuk membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja.
  2. Cari Karier yang Sesuai dengan Nilai Pribadi: Fokus pada pekerjaan yang memberikan kebebasan berekspresi dan selaras dengan prinsip pribadi.
  3. Jaga Keseimbangan Emosi: Ambil waktu untuk menjaga keseimbangan diri dan menghindari kelelahan emosional.
  4. Eksplorasi Cara Baru untuk Menyelesaikan Masalah: Gunakan kemampuan berpikir abstrak untuk menemukan solusi inovatif.
  5. Jadilah Fleksibel: Beradaptasi dengan perubahan tanpa mengorbankan integritas pribadi.

Kesimpulan

Kepribadian INFP dikenal sebagai si empati yang juga kreatif dan idealis.

Tipe kepribadian INFP akan unggul di ingkungan yang mendukung kebebasan berekspresi dan pekerjaan yang berbasis empati.

Dengan menemukan keseimbangan antara idealisme dan realita di dunia kerja, INFP dapat menjadi rekan kerja ataupun karyawan yang berkontribusi secara signifikan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari