Peran ENFP di Dunia Kerja: Kreativitas dan Kolaborasi

ENFP adalah juru kampanye sejati. Mereka adalah tipe rekan kerja dan pemimpin kharismatik yang sangat kreatif.

peran ENFP di dunia kerja

Daftar Isi

ENFP di tempat kerja adalah rekan, sekaligus manajer yang sangat bisa diandalkan.

Juru kampanye MBTI ENFP ini adalah tipe kreatif, dan sangat kharismatik.

Hampir semua orang yang bertemu dengan kepribadian ENFP di dunia kerja terpesona karena mereka memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Jadi, bukan mengherankan apabila kepribadian ENFP cocok berkarier di segala lini yang membutuhkan kreativitas dan kolaborasi.

Bagaimana cara ENFP berkarier di dunia profesional? Simak ulasan lengkap dari Kerjoo.

Apa Kepanjangan MBTI ENFP?

ENFP adalah singkatan dari Extraversion, Intuition, Feeling, dan Percieving. Kepribadian ENFP adalah juru kampanye dari 16 kepribadian lainnya dalam sistem MBTI.

Artinya, tipe MBTI ENFP memiliki semangat tinggi, imajinatif, dan fokus pada hubungan interpersonal yang kuat. Berikut adalah penjelasannya:

  • E (Extraversion): ENFP mendapatkan energi dan mendapat inspirasi dari interaksi sosial. Mereka biasanya lebih terbuka dan ekspresif.
  • N (Intuition): MBTI ENFP lebih suka pada ide, sehingga cenderung imajinatif dan inovatif. Tipe kepribadian ENFP akan cocok bekerja di industri kreatif.
  • F (Feeling): ENFP akan membuat keputusan berdasarkan nilai-nilai pribadi dan empati terhadap orang lain. Mereka cenderung peduli dan harmonis.
  • P (Perceiving): Orang yang memiliki kepribadian fleksibel dan spontan. Tidak heran apabila ENFP di dunia profesional dikenal mudah beradaptasi.

Sudah terlihat jelas bukan? fleksibilitas tipe kepribadian ENFP di tempat kerja? Bisa dibilang ENFP adalah MBTI unik di dunia profesional yang akan kita temui.

Mereka tidak hanya akan menjadi rekan kerja yang menginspirasi, tetapi juga menjadi karyawan yang dapat dipercara dan diandalkan.

Kekuatan ENFP di Dunia Kerja

Dari elemen MBTI ENFP yang telah Kerjoo singgung sebelumnya, apa saja sih sifat yang menjadi kelebihan ENFP di dunia kerja?

  1. Pemimpin yang Inspiratif

Kelebihan ENFP di dunia profesional yang pertama adalah kemampuan mereka untuk menginspirasi orang lain dengan pemikiran kreatifnya itu.

Kolega ENFP di tempat kerja selalu mengagumi cara ENFP memecahkan masalah dengan cara tidak terduga. Seringkali mereka mencari jalan baru, dengan pendekatan yang belum terpikirkan sebelumnya.

Sifat bawaan ENFP ini membuat mereka sering dianggap sebagai pemimpin yang menginspirasi.

  1. Fleksibilitas Menghadapi Perubahan dan Tantangan

Semangat tinggi dalam bekerja merupakan kelebihan ENFP yang dapat diandalkan di dunia profesional.

Sebab, semangat inilah yang membentuk kepribadian ENFP menjadi lebih fleksibel ketika menghadapi perubahan.

ENFP tidak pernah memandang perubahan sebagai hambatan untuk berkarier. Sebaliknya, mereka justru mencari peluang di tengah perubahan yang terjadi.

Hal inilah yang membuat ENFP cocok bekerja di segala lini bisnis, terutama industri kreatif.

  1. Menghargai Hubungan Interpersonal

ENFP sangat peka terhadap perasaan orang lain. Mereka seringkali berhasil membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja paling introvert sekalipun.

Tipe kepribadian ENFP sangat disukai rekan kerja mereka karena peka terhadap situasi sosial yang dihadapi.

Untuk itu, ENFP akan sangat cocok bekerja dengan INFP yang juga memiliki karakteristik kreatif dan empati.

Kelebihan ENFP di tempat kerja ini membantu mereka menjadi pemimpin yang inspiratif dan rekan kerja yang bisa diandalkan.

Contoh Peran yang Cocok untuk ENFP

Dari kelebihan ENFP, ada beberapa pekerjaan yang cocok untuk ENFP di bidang kreatif seperti desain grafis dan penulisan konten kreatif.

ENFP juga cocok bekerja lini bisnis yang membutuhkan kepekaan seperti seni.

Kekuatan ENFP di tempat kerja sebagai juru kampanye sukses membuat mereka sebagai ahli pemasaran, bisnis, dan layanan pelanggan.

kepribadian ENFP di tempat kerja
kepribadian ENFP di tempat kerja

Tantangan yang Dihadapi ENFP di Tempat Kerja

Untuk mengenal lebih jauh bagaimana ENFP di dunia kerja, Kerjoo juga akan membahas tantangan ENFP di tempat kerja.

Tantangan ENFP di tempat kerja mayoritas berasal dari kreativitas mereka sendiri, seperti:

  1. Mudah Bosan: ENFP yang kreatif tidak akan menyukai pekerjaan monoton. Terkadang mereka menganggap pekerjaan sebagai rutinitas yang membosankan, apalagi jika tidak ada target tertentu.
  2. Terlalu Banyak Ide: Kreativitas yang tinggi adalah salah satu kelebihan ENFP di dunia kerja, namun terkadang mereka memiliki begitu banyak ide sehingga sulit untuk memilih dan memprioritaskannya.
  3. Sulit Menghadapi Konflik: ENFP umumnya menghindari konflik seperti ESFJ, mereka menginginkan lingkungan kerja yang positif.
  4. Sulit Fokus pada Detail: ENFP cenderung lebih tertarik pada gambaran besar dan ide-ide baru. Akibatnya, mereka sulit untuk fokus pada detail-detail kecil yang penting dalam menyelesaikan tugas.

Untuk mengatasi tantangan ini, ENFP bisa mengembangkan strategi seperti memecah proyek besar menjadi tugas-tugas kecil yang lebih mudah dikelola.

Menerapkan batas waktu yang jelas dan menggunakan alat bantu manajemen waktu juga bisa membantu tetap fokus.

ENFP cocok bekerja dengan ENTJ yang lebih efektif dalam mengelola produktivitas. Dua kepribadian ini dapat menjadi rekan kerja yang efektif apabila menjadi satu tim.

Gaya Kepemimpinan ENFP

Ketika menjadi pemimpin, ENFP akan memiliki gaya kepemimpinan berbasis inspirasi dan motivasi.

Alih-alih memanfaatkan kekuatannya sebagai pemimpin, ENFP akan memimpin dengan memberi contoh, mendorong tim untuk berpikir kreatif, dan menciptakan visi yang memotivasi orang lain.

Tipe kepribadian ENFP di tempat kerja bukanlah pemimpin yang akan memecat bawahan mereka karena satu kesalahan. Kecuali jika mereka menetapkan batas tertentu pada hasil pekerjaan.

Tidak jarang, kepribadian ENFP di dunia profesional sering membuat mereka dimanfaatkan oleh rekan kerja sekalipun.

Namun harus diakui bahwa gaya kepemimpinan ENFP sangat ideal, sebab mereka tidak hanya berfokus pada hasil, tetapi juga menghargai proses kreatif yang melibatkan seluruh tim.

Cara Bekerja dengan ENFP

ENFP di tempat kerja sebenarnya cocok bekerja dengan tipe kepribadian INTP, INTJ, ENTP, dan ENTJ.

Namun, ada cara bekerja dengan ENFP agar tidak tersinggung dengan tipe kepribadian ini.

Pertama, penting untuk diingat bahwa ENFP lebih suka fleksibilitas. Tekanan dan kritik berlebihan dapat membuat ENFP stress di tempat kerja. Penting untuk memberikan mereka sedikit ruang untuk memainkan kreatifitas.

ENFP di dunia kerja juga bukan pribadi yang menyukai struktural. Alih-alih memerintah ENFP, cobalah untuk memberikan feedback dan ruang diskusi mengenai pekerjaan mereka.

Manajer yang ingin memotivasi ENFP sebaiknya fokus pada inspirasi, bukan perintah atau kontrol ketat.

Cara lain untuk mendukung kepribadian ENFP di tempat kerja adalah memfasilitasi seluruh kebutuhan mereka yang berkaitan dengan alat manajemen waktu.

Berikan mereka kesempatan untuk berinovasi dan eksplorasi di dalam proyek, karena ini adalah aspek yang membuat mereka tetap termotivasi.


Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri, bahwa peran ENFP di dunia kerja sangat membangun nilai kreativitas dan lingkungan kerja yang positif.

Sebagai juru kampanye, tipe MBTI ENFP memang terlahir untuk menginspirasi orang di sekitar mereka karena kepribadiannya yang kreatif, santai, dan fleksibel.

Mereka adalah pemikir visioner yang mampu membawa perubahan positif dalam tim dan organisasi.

Untuk itu, ENFP cocok bekerja di bidang kreatif dan bisnis. Terlebih apabila ENFP terus mengasah keterampilan perencanaan dan manajemen waktu, mereka dapat lebih sukses dalam mengelola proyek jangka panjang.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari