Panduan Social Media Marketing untuk Bisnis Kecil

Social Media Marketing - Social media telah menyediakan banyak platform bisnis. Misalnya memberi merek, iklan, dan menarik perhatian audiens

Panduan Social Media Marketing untuk Bisnis Kecil

Daftar Isi

Social Media Marketing - Social media telah menyediakan banyak platform bisnis. Misalnya memberi merek, iklan, dan menarik perhatian audiens, sambil juga melihat yang dilakukan pesaing.

Untuk membantu bisnis kecil milik Anda, memulai kampanye pemasaran social media yang sukses merupakan langkah yang tepat. Kami akan membuat panduan langkah demi langkah tentang cara membuat strategi pemasaran sosial media. Khususnya adalah apa yang harus Anda lakukan dan Anda hindari. Serta tips untuk memastikan kampanye Anda berhasil.

Apa Itu Social Media Marketing?

Social media marketing  adalah pembuatan konten yang mempromosikan bisnis atau produk Anda di platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest atau LinkedIn.

Pemasaran media sosial telah menjadi cara yang sangat populer bagi bisnis untuk terhubung dengan audiens mereka, karena setiap platform melaporkan jutaan – atau bahkan miliaran – pengguna setiap hari.

Sejak kemunculannya, pemasaran media sosial telah berkembang menjadi bidangnya sendiri, lengkap dengan istilah unik yang penting untuk memahami cara kerjanya.

Istilah Social Media Marketing

1. Konten

Konten adalah segala sesuatu yang Anda posting, buat, atau bagikan di situs media sosial. Itu bisa menjadi sesuatu yang Anda buat sendiri, atau sesuatu yang Anda bagikan dari orang lain.

2. Engagement

Engagement adalah istilah umum untuk berapa banyak orang yang berinteraksi dengan konten Anda dengan menyukai, berbagi, atau mengomentarinya. Engagement atau keterlibatan umumnya merupakan tujuan No. 1 di media sosial.

3. Followers

Ini mengacu pada berapa banyak pengikut yang Anda miliki di situs media sosial tertentu.

4. Click-through rate atau CTR

CTR adalah rasio yang menunjukkan berapa banyak orang yang telah melihat dan mengklik link ke konten Anda, baik melalui iklan atau posting media sosial lainnya. CTR dihitung dengan membagi berapa kali iklan Anda ditampilkan dengan jumlah klik yang diterimanya.

5. Platform

‘Platform media sosial’ adalah istilah lain untuk ‘situs media sosial’. Misalnya, Facebook dan Twitter adalah platform media sosial.

6. Share atau bagikan

Share adalah ketika seseorang melihat konten Anda dan mempostingnya ke profil atau akun mereka sendiri, sehingga meningkatkan jumlah potensi tampilan untuk konten Anda.

7. Traffic

Traffic adalah berapa banyak orang yang mengakses situs Anda melalui saluran media sosial Anda. Misalnya, seseorang yang mengklik kiriman Facebook yang Anda bagikan dan kemudian dialihkan ke situs web Anda akan dianggap sebagai lalu lintas digital.

Media Sosial Marketing

Mengapa Pemasaran Media Sosial Itu Penting?

Pemasaran media sosial telah menjadi kebutuhan bagi semua bisnis modern yang ingin terhubung dengan pelanggan di mana pun mereka berada secara online. Pelanggan telah mengharapkan beberapa tingkat kehadiran online dari hampir semua bisnis yang mereka patroni, dengan lebih dari 75% konsumen melaporkan bahwa mereka online dan meneliti bisnis sebelum memilih apakah akan melakukan pembelian.

Ada beberapa manfaat lain dari pemasaran media sosial, salah satunya adalah meningkatkan brand awareness. Ada lebih dari 3,8 miliar orang di media sosial pada tahun 2020, yang berarti ada 3,8 miliar peluang untuk memperkenalkan merek Anda ke pelanggan baru.

Media sosial meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness melalui keterlibatan, artinya jika Anda membuat halaman bisnis untuk perusahaan Anda dan terlibat dengan pos media sosial lainnya, Anda meningkatkan kesadaran merek hanya dengan tindakan sederhana itu. Selain itu, media sosial dapat meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda melalui posting, pembagian, dan komentar.

Strategi Social Media Marketing

Ada tujuh langkah untuk membuat kampanye pemasaran media sosial yang sukses dan efektif. Ini adalah proses yang relatif sederhana, tetapi Anda harus melakukan banyak penelitian dan memastikan bahwa strategi Anda sesuai dengan bisnis dan tujuan Anda. Ini akan menempatkan Anda dan bisnis Anda di jalan menuju kesuksesan yang berkelanjutan. Langkah-langkah strategi media sosial yang sukses diuraikan di bawah ini.

1. Evaluasi Bisnis dan Tujuan Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat bisnis Anda dan apa, jika ada, yang sudah Anda lakukan dengan pemasaran media sosial, kemudian tentukan tujuan Anda.

Cara yang membantu untuk mengatur tujuan Anda adalah format satu tahun, lima tahun, 10 tahun, di mana Anda menguraikan di mana Anda ingin berada dengan social media Anda dalam satu, lima dan 10 tahun. Anda dapat menyesuaikan metode ini menjadi bagian waktu yang lebih singkat jika Anda mau.

2. Lakukan Riset Tentang Audiens Anda

Langkah kedua adalah meneliti audiens dan pelanggan Anda secara menyeluruh sehingga Anda dapat menargetkan posting dan konten Anda sesuai minat dan kebutuhan mereka.

Pikirkan tentang audiens Anda yang ada, orang-orang yang ingin Anda jangkau, dan bagaimana Anda akan mengklasifikasikan mereka dalam kelompok. Mempertimbangkan audiens yang ada dan yang potensial akan memandu Anda saat Anda membuat konten dan memastikan keterlibatan.

3. Tentukan Platform Mana Yang Tepat Untuk Anda

Ada banyak platform social media di luar sana, masing-masing dengan budaya dan kegunaannya yang unik. Empat yang paling banyak digunakan oleh bisnis adalah Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram. Dan yang lainnya termasuk Pinterest, Tumblr, TikTok, dan YouTube.

Kesalahpahaman yang umum adalah semakin banyak platform yang Anda posting, semakin baik. Sebenarnya, menjadi pemilih itu bermanfaat. Pertimbangkan jenis bisnis yang Anda jalankan dan platform mana yang kemungkinan besar akan dikunjungi audiens target Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan perusahaan tongkat berjalan, Anda pasti ingin fokus pada Facebook dan menghindari TikTok.

4. Buat Konten Yang Unik dan Menarik

Saat Anda memulai di platform, sebaiknya luangkan waktu untuk bersembunyi dan berbagi postingan orang lain untuk merasakan budaya platform dan cara pengguna berinteraksi.

Namun seiring berjalannya waktu, Anda harus mulai membuat konten Anda sendiri agar berdampak. Gunakan penelitian audiens Anda untuk menginformasikan jenis konten yang Anda buat, dan perhatikan baik-baik untuk melihat bagaimana audiens Anda terlibat dengan berbagai jenis konten yang Anda keluarkan.

5. Sertakan Pengikut Anda

Pengikut Anda bisa dibilang sumber daya terpenting Anda dalam pemasaran media sosial. Mereka adalah orang-orang yang akan menentukan keberhasilan atau kegagalan kampanye Anda dengan melibatkan dan membagikan konten Anda atau tidak.

Saat membuat konten Anda, coba sertakan pengikut Anda dengan mendorong mereka untuk membagikan konten mereka sendiri di bawah satu tagar. Anda juga bisa memposting ulang konten yang dikirimkan pengguna, atau menyelenggarakan kompetisi.

6. Jadwalkan Posting Anda

Setelah pemasaran media sosial Anda benar-benar berjalan, akan sangat penting untuk mengingat postingan mana dan kapan. Dapatkan posting Anda secara teratur dengan menggunakan alat manajemen social media.

Sehingga memungkinkan Anda untuk menulis teks, menyiapkan foto dan video, dan menjadwalkan posting. Beberapa bahkan memiliki dasbor terpusat di mana Anda dapat melihat semua konten platform dan analitik Anda sekaligus.

7. Analisis Hasil Anda

Jika pengikut adalah sumber daya Anda yang paling penting, analitik adalah yang kedua. Analisis akan memberi tahu Anda jika upaya Anda membantu Anda mencapai tujuan. Seperti melacak metrik utama seperti keterlibatan, jangkauan, pengikut, tayangan, tayangan video, kunjungan profil, sebutan, bagikan, tag, dan posting ulang.

Anda dapat menggunakan metrik ini untuk memandu perubahan pada strategi pemasaran. Banyak platform sosial hadir dengan alat analitik mereka sendiri, termasuk Facebook, Twitter, Google dan Instagram. Anda juga dapat menggunakan alat analitik alat manajemen media sosial Anda untuk melacak semua media sosial Anda di satu tempat.

Kesimpulan

Demikian panduan Social Media Marketing, yang mana peran media sosial yang diperbarui secara rutin sangat membantu dalam membangun bisnis Anda sebagai otoritas merek. Selain itu, interaksi rutin dengan pelanggan menunjukkan bahwa Anda berkomitmen dan peduli dengan pelanggan Anda dan kepuasan mereka; media sosial membuatnya mudah dicapai dan terlihat.

Media sosial memang menjadi salah satu daya tarik yang sering digunakan masyarakat ketika mengakses internet. Itulah mengapa bisnis online semakin berkembang. Tentu saja masih banyak lagi layanan online yang memudahkan pekerjaan kita, seperti aplikasi absensi online Kerjoo.

social media Marketing
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari