Tipe Orang Penunda Pekerjaan yang Harus Diketahui

Penunda pekerjaan - Apakah Anda termasuk tipe orang penunda pekerjaan? Sebagian orang memang pasti pernah melakukan hal ini, yaitu menunda

Tipe Orang Penunda Pekerjaan yang Harus Diketahui

Daftar Isi

Penunda pekerjaan - Apakah Anda termasuk tipe orang penunda pekerjaan? Sebagian orang memang pasti pernah melakukan hal ini, yaitu menunda pekerjaan sesekali. Tapi ternyata orang yang memiliki kecenderungan sering menunda pekerjaan akan terbagi kedalam beberapa kelompok yang berbeda dan semua itu tergantung dari pada ciri-ciri atau karakteristik pribadi yang dimiliki.

Lalu apakah Anda termasuk tipe orang yang gemar penunda pekerjaan tersebut? Apakah solusinya bagi seorang penunda pekerjaan? Di bawah ini penulis akan merangkum beberapa orang yang sering kali menunda-nunda pekerjaan mereka.

Beberapa Macam Tipe Orang Penunda Pekerjaan

1. Perfeksionis

Pertama, tipe orang penunda pekerjaan adalah mereka yang sangat perfeksionis. Ada sebetulnya orang yang seringkali menunda pekerjaan hanya karena terlalu cemas tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna.  

Sehingga tidak jarang juga orang-orang yang mempunyai sifat perfeksionis itu akan  mengundur waktu mereka untuk dapat menyelesaikannya. Karena mereka merasakan kekhawatiran yang berlebihan akan hasil yang tidak maksimal nanti.

Di samping itu juga memang orang yang memiliki sifat perfeksionis ini lebih cenderung mereka menunda pekerjaan karena terlalu memperhatikan hal-hal kecil yang terasa kurang enak dipandang atau bermakna.

Sehingga pada akhirnya mereka akan selalu sibuk dalam menyelesaikan berbagai hal yang dirasa tidak terlalu penting sampai pekerjaan utama yang mereka  tidak pernah selesai sama sekali.

Adapun solusinya apabila Anda merupakan tipe orang penunda pekerjaan deminiak maka cobalah melawan untuk dapat perlahan-perlahan menghargai segala macam yang telah dibebankan.  

Di sini tugas Anda adalah berusaha sebaik mungkin terhadap pekerjaan tersebut, namun tidak perlu berlebihan atau khawatir terhadap standar yang memang telah dibuat oleh si pemberi tugas.

Pupuk dalam diri anda sendiri sebuah pekerjaan yang begitu realistis.  Sebaiknya tetap fokus pada tujuan di samping Anda juga memotivasi dengan kata-kata yang positif.

tipe orang penunda pekerjaan

2. Pemimpi

Jika Anda termasuk kedalam tipe orang penunda pekerjaan ini maka pada umumnya Anda akan hanya bagus saja dalam hal planning namun tidak cukup baik, jika dilihat dari praktik.

Adapun sikap seperti ini bisa saja membuat semakin frustasi. Hal tersebut karena segala macam yang di rencanakan akan terasa begitu sulit untuk kemudian di realisasi, inilah yang membuat pekerjaan semakin tertunda saja.

Lalu apa solusi bagi Anda dengan tipe orang penunda pekerjaan ini? Jika Anda merupakan tipe orang yang sering kali menunda pekerjaan hanya karena terlalu sibuk perencanaan-perencanaan saja. Maka Anda bisa membuat sebuah rencana tersebut menjadi sebuah aksi nyata, yang bisa Anda lakukan. Perlahan lahan ubahlah setiap rencana yang Anda miliki tersebut menjadi sebuah kenyataan.

Pastikan untuk tetap dalam target dan tujuan harian Anda yang dapat kemudian Anda cicil untuk menyelesaikannya. Tidak baik bagi Anda untuk berimajinasi sampai sampai tidak ada satupun beberapa hal tersebut menjadi kenyataan dan hanya wacana saja.

3. Tipe Penghindar

Pada dasarnya memang tipe penghindar merupakan tipe orang yang tidak ingin menyelesaikan atau mengerjakan tugas, mereka tidak ingin kemudian tertekan dan merasa stress terhadap setiap tugas yang diemban. Biasanya orang seperti ini akan menunda nunda dalam pengerjaan tugas mereka karena menghindari akibat yang dapat ditimbulkan dari penugasan tersebut.

tipe orang penunda pekerjaan ini kadang timbul sebuah stress yang diakibatkan karena ketidaktahuannya terhadap apa apa saja yang akan di lakukan terhadap tugas tersebut, sehingga pada akhirnya mereka cenderung menunda pekerjaan. Tapi tentunya penundaan ini tidak akan berakhir dengan baik.

Solusinya adalah Anda jangan terlalu fokus dalam segala hal yang buruk dan ketakutan yang bahkan sama sekali belum terjadi kebenarannya. Hal inilah yang biasanya bisa membuat Anda semakin stresa saja dan makin menunda nunda pekerjaan yang telah menanti kemudian.

Janganlah sesekali Anda memasukkan pikiran yang negatif ke dalam otak, wajib bagi Anda untuk percaya pada diri sendiri. Setelah itu Anda bisa membuat sebuah komitmen untuk dapat mengerjakan apapun tugas-tugas yang memang akan dikerjakan secara maksimal.

tipe orang penunda pekerjaan

4. Selalu Membuat Masalah

Pada umumnya memang tipe orang penunda pekerjaan ini akan mengerjakan segala macam pekerjaan mereka. Bahkan hingga pada detik detik terakhir atau deadline. Sebagian besar dari mereka akan selalu menikmati setiap adrenalinnya pada detik detik terakhir.  

Bahkan cenderung orang dengan tipe orang penunda pekerjaan seperti ini akan merasa mereka lebih kreatif dan bergairah jika  berada di bawah tekanan dalam deadline yang makin ketat saja.

Sebagai salah satu solusinya adalah jangan terburu-buru dalam sebuah pekerjaan yang tidak menghasilkan sesuatu yang hasilnya cenderung tidak baik.

Hal tersebut membuat Anda tidak punya waktu dalam memperbaiki dan memeriksa hasilnya ketika terjadi sebuah kesalahan. Apabila Anda memang terpacu pada detik detik terakhir, maka sebaiknya Anda bisa mencoba untuk dapat membagi waktu Anda tersebut dengan lebih efisien lagi. Hal tersebut tentunya akan sangat baik karena Anda dapat selalu fokus ketika hendak mengerjakan hal tersebut.

Sebaiknya Anda lebih berfokus saja pada pengerjaan tugas itu, jauhkanlah segala macam peralatan yang dapat mengganggu sebagai permisalan adalah televisi, gawai dan lain sebagainya.

5. Tipe Penentang

Pada umumnya ini merupakan tipe orang penunda pekerjaan karena alasan tidak ingin mematuhi ketentuan dan tenggat waktu yang seharusnya. Sehingga dengan kata lain orang dengan tipe seperti ini merupakan tipe orang bekerja semaunya saja dan pembangkang.

Salah satu solusi tipe ini adalah pupuk selalu rasa tanggung jawab terhadap setiap pekerjaan yang diemban oleh Anda. Ingatlah kembali bagaimana Anda telah dipercaya orang lain tersebut dalam mengerjakan tugas.

Selalu tetap mempertimbangkan segala hal konsekuensinya yang muncul apabila Anda terus menerus menentang si pemberi pekerjaan tersebut.

Tentunya Anda tidak bisa mengabaikan segala macam efek untuk melakukan hal ini dampak hubungan jangka panjang dan pendek dengan si pemberi pekerjaan.

tipe orang penunda pekerjaan

6. Seorang Tipe Multitasker

Jikalau orang ini adalah multitasker sehingga cenderung mereka akan terlalu banyak mengerjakan pekerjaan. Sehingga kemungkinan besar mereka akan cenderung bingung mana-mana saja yang lebih dahulu diprioritaskan. Hal ini tentunya sering kali terjadi pada orang yang tidak menolak pekerjaan lanjutan. Padahal pekerjaan yang ia handle belum rampung juga.

Sebagai salah satu solusi terhadap tipe orang penunda pekerjaan ini adalah Anda harus mengetahui tentang prioritas Anda dalam mengerjakan segala sesuatunya itu. Janganlah menjadi orang yang tidak enak. Selalu belajar untuk dalam mengatakan tidak apabila memang Anda sekiranya belum mampu dalam menyelesaikannya.

Anda tidak baik kalau memforsir diri sendiri untuk dapat selalu bekerja di luar batasan toleransi tubuh Anda.

7. Tipe Orang Optimis

Biasanya memang tipe orang ini akan sering menunda pekerjaan karena akan merasa bahwa tugas yang diberikan tersebut bisa dikerjakan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Di sisi lain tipe orang penunda pekerjaan ini akan merasa bahwa dirinya masih mempunyai waktu yang cukup banyak. Sehingga pada akhirnya mereka cenderung terlalu percaya diri. Mereka juga akan menganggap remeh waktu yang diberikan tersebut dengan segala kemampuan yang dimilikinya.

Adapun memang solusinya adalah seorang tersebut wajib paham terlebih dahulu terhadap segala macam hal yang benar dengan kemampuan dan kapasitas yang mereka punyai tersebut. Pada umumnya mereka akan dapat bekerja dengan begitu baiknya jika mengetahui dan berada di bawah tekanan.

Kesimpulan

Itulah beberapa tipe orang penunda pekerjaan yang mengkin juga ada pada diri Anda. Setiap karyawan memang memiliki tugas masing-masing dengan waktu yang terbatas.

Selain berusaha disiplin, perusahaan pun perlu mendukung dengan tools yang praktis. Misalnya aplikasi yang memudahkan pengelolaan data karyawan dengan banyak fitur. Anda bisa mencoba aplikasi Kerjoo agar pekerjaan tim Anda semakin efisien.

tipe orang penunda pekerjaan
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari