Tips Lolos Seleksi BUMN 2023, Simak di Sini!

Rekrutmen Bersama BUMN 2023 sudah dibuka sejak Kamis, 11 Mei 2023. Ada banyak perusahaan BUMN di Indonesia

Tips Lolos Seleksi BUMN 2023, Simak di Sini!

Daftar Isi

BUMN (Badan Usaha Milik Negara) membuka peluang lapangan kerja setiap tahun. Setiap calon peserta yang akan melamar, tentu harus memahami tips lolos seleksi BUMN 2023. Dalam rangka Rekrutmen Bersama BUMN Grup 2023, ada banyak kesempatan untuk mengembangkan karir dan berkontribusi untuk bangsa.

Rekrutmen Bersama BUMN 2023 sudah dibuka sejak Kamis, 11 Mei 2023. Ada banyak perusahaan BUMN di Indonesia, yang namanya pasti tidak asing lagi bagi masyarakat. Contoh perusahaan BUMN yang membuka lowongan untuk berbagai posisi tahun ini antara lain; Pertamina, Pegadaian, Angkasa Pura, Pos Indonesia, Taspen, Inalum, dan masih banyak lagi.

Tips Lolos Seleksi BUMN di Setiap Tahapannya

Dari tahun ke tahun, seleksi masuk BUMN ada sejumlah tahapan dan prosesnya juga tidak mudah. Karena itu, bagi yang ingin berkarir di perusahaan BUMN, alangkah baiknya memahami tips lolos seleksi BUMN seperti berikut ini.

1. Mengikuti Semua Ketentuan Umum

Tips lolos seleksi BUMN 2023 tentunya dimulai dengan memahami ketentuan umum yang disyaratkan. Berikut adalah ketentuan umum yang wajib dipahami pelamar;

  • Masing-masing pelamar hanya boleh mendaftar ke 1 posisi dari keseluruhan perusahaan BUMN
  • Mendaftar online melalui website resmi https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id
  • Pahami bahwa semua tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya. Jika menemukan pihak yang menawarkan bantuan atau meminta biaya rekrutmen, pelamar bisa melaporkan ke pihak FHCI
  • Setiap pelamar mempersiapkan sendiri biaya transportasi dan akomodasi selama rekrutmen dan seleksi
  • Setiap pelamar bisa melihat ketentuan update informasi rekrutmen BUMN di website, sementara FHCI berhak menetapkan nama-nama kandidat yang memenuhi kualifikasi untuk setiap tahap seleksi.

2. Mengikuti Tata Cara Melamar yang Benar

Selanjutnya, tips lolos seleksi BUMN adalah mengikuti tata cara melamar yang benar. Jika yang sebelumnya cenderung lebih umum, maka kali ini lebih ke teknis.

  • Cara melamar posisi di BUMN yang dipilih hanya bisa melalui website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id dan tahapannya harus sesuai petunjuk pendaftaran
  • Untuk mengikuti seleksi pendaftaran BUMN wajib memiliki e-mail personal dan nomor ponsel yang aktif. Pelamar tidak boleh memakai alamat e-mail milik kantor atau e-mail orang lain untuk mendaftar
  • Mengirim dokumen pendaftaran secara teliti karena saat pelamar sudah mengirim data atau dokumen, maka tidak bisa mengubah atau mengoreksi kembali.
Tips Lolos Seleksi BUMN

3. Cari Informasi Detail tentang Perusahaan BUMN dan Posisi yang Akan Dilamar

Tahun 2023 ada lebih dari 120 perusahaan BUMN yang membuka kesempatan anak bangsa berkarir. Jumlah lowongan kerja yang dibuka ada lebih dari 2000 posisi. Karena banyaknya peluang yang tersedia, maka pelamar harus mencari informasi lebih detail seputar latar belakang perusahaan dan posisi yang dilamar.

Yang tidak kalah penting dari tips lolos seleksi BUMN adalah mengenali kompetensi diri, apakah sudah sesuai dengan posisi yang dilamar. Ketika posisi yang dilamar sudah sesuai kemampuan, maka akan lebih mudah untuk menjalankan pekerjaan ke depannya.

4. Persiapkan Dokumen yang Lengkap Sesuai Persyaratan

Proses registrasi online secara administrasi juga termasuk tips lolos seleksi BUMN yang krusial. Apa saja dokumen administrasi yang dibutuhkan? Dokumen persyaratannya ada yang wajib dan ada yang opsional (jika ada).

  • Dokumen wajib: KTP, foto profil, ijazah atau surat keterangan lulus, transkrip nilai atau nilai ujian sekolah
  • Dokumen opsional (jika ada): Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dokumen lainnya (sertifikat Bahasa Inggris, Pelatihan, dll), surat rekomendasi atau keterangan pernah bekerja hanya sebagai referensi

Untuk dokumen yang berisi lebih dari satu (misalnya ijazah 2 jenjang pendidikan), harus disatukan ke 1 file.

5. Mengikuti Tes Sesuai Jadwal yang Ditetapkan

Jadwal rekrutmen BUMN secara bertahap telah disusun oleh panitia rekrutmen. Selengkapnya, jadwal registrasi online dan seleksi administrasi rekrutmen BUMN adalah seperti berikut ini;

  • 11 Mei - 20 Mei 2023: registrasi online dan seleksi administrasi
  • Juni 2023: pengumuman hasil registrasi online
  • 12 Juni - 20 Juni 2023: Tes Online Tahap 1. Untuk D-III, D-IV/S-1, dan S-2 adalah Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Sementara itu, untuk SMA dan sederajat adalah Tes Kemampuan Dasar (TKD)
  • Juli 2023: Pengumuman Tes Online Tahap 1
  • 16 Juli - 20 Juli 2023: Tes Online Tahap 2. Untuk D-III, D-IV/S-1, atau S-2 adalah Tes Bahasa Inggris. Sedangkan untuk SMA dan sederajat adalah tes AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif)
  • Agustus 2023: Pengumuman Tes Online Tahap 2
  • 9 Agustus - 24 Agustus 2023: Tes Seleksi di BUMN yang terdiri dari Tes Kompetensi Bidang (TKB), User Interview, Social Media Analitic, Digital Mindset dan Medical Check-Up (MCU)
  • Agustus 2023: Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN

Perlu diketahui, bahwa jadwal di atas ada kemungkinan berubah. Jika ada perubahan, maka panitia rekrutmen akan mengumumkan segera.

 tips lolos seleksi BUMN 2023

6. Menjawab Soal Tes dengan Benar

Seperti yang disebutkan di atas, macam-macam tes seleksi BUMN ada beberapa jenis. Tentunya agar bisa lolos seleksi BUMN, peserta harus mengerjakan setiap soal tes dengan benar.

  • Tes Kemampuan Dasar (TKD) adalah jenis tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan kognitif pelamar. Tes ini juga dikenal dengan tes intelegensia umum
  • Tes AKHLAK adalah tes seleksi untuk menilai pengetahuan peserta tentang core values dari BUMN. Perlu diketahui di sini, akhlak bukanlah tes yang berkaitan dengan keagamaan. Tapi, AKHLAK merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif
  • Tes Bahasa Inggris untuk rekrutmen BUMN terdiri dari teks sebanyak 100 soal dan waktu pengerjaannya 90 menit
  • Tes Kompetensi Bidang (TKB) adalah tes rekrutmen untuk menguji kemampuan pada posisi yang dilamar peserta rekrutmen BUMN
  • User interview adalah wawancara kerja bersama user atau orang yang akan menjadi calon atasan langsung yang nanti memimpin di dalam tim. User umumnya bertanya tentang hal yang lebih teknis dibanding HR
  • Social Media Analitic adalah aktivitas monitor dan analisa topik, persepsi, serta citra perusahaan atau produk berdasarkan data dari media sosial
  • Digital Mindset adalah tentang pola pikir untuk memaksimalkan penggunaan teknologi digital, khususnya pada pekerjaannya

7. Pelamar Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan juga termasuk tips lolos seleksi BUMN, karena untuk rekrutmen BUMN ada proses Medical Check Up (MCU). MCU adalah pemeriksaan kesehatan menyeluruh dengan tujuan untuk mengetahui, memelihara, dan memantau kondisi kesehatan.

Hal ini sangat penting karena untuk yang mengalami penyakit serius, mungkin saja akan kesulitan untuk menjalankan tanggung jawab di perusahaan BUMN. Sejak jauh-jauh hari sebelum proses Medical Check Up, peserta tes seleksi BUMN harus lebih menjaga kesehatan.

Kesimpulan

Demikianlah tips lolos seleksi BUMN 2023 yang dilakukan secara bertahap. Mulai dari registrasi online dan seleksi administrasi, tes online, tes kompetensi bidang, user interview, social media analitic, digital mindset, dan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up.

Perusahaan BUMN memang terus memperluas kesempatan untuk masyarakat Indonesia agar bisa berkontribusi. Tentunya perusahaan BUMN juga terus meningkatkan kedisiplinan SDM yang bekerja di dalamnya. Menyadari hal tersebut, Kerjoo hadir untuk perusahaan atau bisnis Anda dengan berbagai fitur baru yang terus disempurnakan di setiap layanan. Anda bisa coba dulu secara gratis sekarang atau konsultasu dengan CS Kerjoo.

 tips lolos seleksi BUMN 2023
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari