Cara Mengantisipasi Fake GPS Untuk Mencegah Kecurangan

Tujuan dari penggunaan aplikasi fake GPS adalah agar posisi dari penggunanya tidak diketahui secara pasti, baik melalui sistem maupun oleh orang yang sedang melacaknya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi atau mendeteksi adanya penggunaan Fake GPS :

Tujuan dari penggunaan aplikasi fake GPS adalah agar posisi dari penggunanya tidak diketahui secara pasti.

Semenjak pandemi Covid-19, banyak perusahaan menerapkan system kerja work from home. Sistem absensi juga disesuaikan karena work from home. Sistem absensi online yang mengandalkan GPS digunakan oleh sebagian besar perusahaan bagi karyawannya. Namun, banyak karyawan justru menggunakan aplikasi fake GPS yang mana berarti memalsukan lokasi sebenarnya.

Tujuan dari penggunaan aplikasi fake GPS adalah agar posisi dari penggunanya tidak diketahui secara pasti, baik melalui sistem maupun oleh orang yang sedang melacaknya. Aplikasi fake GPS sebelumnya cukup viral dan marak digunakan oleh driver ojek online. Tetapi, pelaku tindak kecurangan atau fraud seperti penggunaan fake GPS sebenarnya bisa terdeteksi. Artikel ini akan membahas mengenai cara mengantisipasi fake GPS, komponen penyusun GPS serta manfaat GPS bagi kehidupan sehari-hari.

Aplikasi lokasi tiruan telah mendapatkan popularitas di kalangan pengguna aplikasi dan semakin banyak aplikasi pelacakan lokasi. Banyak pengguna telah menemukan kegunaan aplikasi lokasi tiruan untuk memalsukan lokasi mereka dan mempermainkan sistem. Ironisnya, aplikasi lokasi tiruan dibuat oleh pengembang sebagai alat untuk menguji fitur lokasi. Apa yang dimulai sebagai solusi untuk pengembang aplikasi kini telah menjadi masalah yang meluas bagi mereka.

Fake GPS yang digunakan banyak orang dan terjadi di berbagai platform baik itu e-commerce, pemesanan perjalanan dan pasti akan memberi pengaruh negatif pada ekonomi digital. Hal tersebut akan menghancurkan kepercayaan pengguna layanan, penyedia layanan, dan platform itu sendiri.

Cara Mengantisipasi Fake GPS

Antisipasi Fake GPS

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi atau mendeteksi adanya penggunaan Fake GPS :

1. Melakukan pengembangan sistem yang lebih kuat

Mengembangkan sistem yang lebih kuat dengan menggunakan dukungan machine learning serta kecerdasan buatan (AI) yang dikhususkan untuk mengidentifikasi dan mencegah fraud atau kecurangan yang melibatkan lokasi palsu pada platform.

2. Membuat Cyber Security Software

Sangat perlu dibuat Cyber Security Software dengan API (application programming interface) yang memiliki keamanan tinggi dan ketat untuk membantu mendeteksi adanya kecurangan seperti penggunaan fake GPS.

3. Membuat Event Risk Management Suite

Hal ini akan memungkinkan pelaku bisnis dapat menilai risiko dari suatu peristiwa atau transaksi yang dilakukan pada platform yang dimiliki. Hal tersebut terdiri dari bermacam komponen application programming interface untuk mengevaluasi risiko yang didukung oleh machine learning yang dapat digunakan kalangan pebisnis untuk memprediksi risiko secara real-time, menetapkan sejumlah tolok ukur kecurangan sesuai dengan model bisnis dan kebutuhan, perangkat investigasi serta dapat melakukan analisis perilaku untuk menyelidiki perilaku-perilaku mencurigakan sekaligus meningkatkan kebijakan dan aturan.

4. Membuat Entity Intelligence Services

Layanan ini akan memanfaatkan database perusahaan serta keahlian dalam mengidentifikasi berbagai jenis entitas pelaku kejahatan (seperti nomor telepon, alamat e-mail, dan lain-lain). Hal tersebut dilakukan untuk memprediksi potensi risiko kepada semua pengguna yang berinteraksi dengan platform milik perusahaan tersebut.

5. Membuat Device & Network Intelligence Services

Layanan ini ditujukan untuk mendeteksi pelaku kejahatan dengan menggunakan data dari perangkat pengguna. Manfaat lain dari layanan ini yaitu dapat membantu pelaku bisnis menjaga diri mereka dari penggunaan akun palsu akibat perangkat yang berpindah tangan, penggunaan lokasi palsu, bahkan akan mendeteksi apabila aplikasi mereka telah terdampak serangan siber.

GPS (Global Positioning System) merupakan sistem navigasi dan waktu dari satelit yang mengelilingi Bumi dan mengirimkan sinyal ke penerima di darat, laut dan udara untuk memberikan informasi yang tepat tentang lokasi penerima. GPS dikenal karena kehadirannya di mana-mana, misalnya, navigasi pesawat komersial dan militer, kontrol jaringan listrik, menara ponsel, dan bahkan perdagangan saham otomatis.

Sedangkan spoofing adalah transmisi sinyal GPS palsu yang diterima penerima sebagai sinyal asli, secara teoritis memungkinkan peretas untuk mendapatkan kendali atas pesawat, kendaraan, atau perangkat lain yang mengandalkan GPS untuk navigasi atau pengaturan waktu.

Artikel mengenai fungsi GPS di handphone bisa dilihat melalui :

Bukan Hanya Untuk Navigasi, Ini Dia 4 Fungsi GPS di HP!
Ternyata, GPS bukan hanya berfungsi untuk mengarahkan jalan saja. Ada 4 kategori fungsi GPS di HP yang perlu Anda ketahui!

Komponen GPS

Antisipasi Fake GPS

GPS adalah sistem yang meliputi beberapa komponen yaitu:

  • Satelit
    Berfungsi mentransmisikan sinyal untuk menentukan lokasi perangkat dan menentukan pergerakan apa pun dari waktu ke waktu.
  • Stasiun bumi
    Berfungsi memantau dan mengontrol satelit. Stasiun bumi juga mengidentifikasi lokasi mereka.
  • Receivers (Penerima)
    Receivers terus-menerus mendengarkan sinyal dari satelit. Penerima yang sangat canggih bahkan dapat mengidentifikasi lokasi yang tepat dalam sepersekian inci.

Software absensi yang dapat membuat perusahaan lebih efisien dapat dilihat melalui :

Agar Perusahaan Efisien, Beralihlah ke Software Absensi
Teknologi yang terus berkembang pesat memang berpengaruh ke hampir semua bidang kehidupan, khususnya tentang cara bekerja manusia.

Manfaat GPS

Antisipasi Fake GPS

GPS sendiri memiliki keterbatasan karena hanya menyediakan informasi dasar seperti koordinat dan beberapa statistik lainnya, tetapi ketika dikombinasikan dengan teknologi lain, seperti peta, dan dimasukkan ke dalam sistem navigasi. GPS menjadi alat yang sangat kuat.

Awalnya GPS dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS untuk penggunaan militer, GPS sekarang tersedia secara komersial untuk umum, sering kali dimasukkan ke dalam produk seperti perangkat navigasi yang berdiri sendiri atau built-in untuk kendaraan jalan dan kapal, serta aplikasi untuk smartphone. Di bawah ini dijelaskan beberapa manfaat penting dari GPS :

1. Navigasi

Mungkin penggunaan GPS yang paling umum adalah dalam sistem navigasi. Dikombinasikan dengan teknologi peta, itu menjadi alat yang ampuh untuk kendaraan jalan dan kapal. GPS dapat menentukan lokasi perangkat dengan akurat dan dengan membandingkan koordinat, statistik dapat digunakan untuk menghitung arah gerakan dan kecepatan perangkat. Informasi ini dapat digunakan untuk memberikan petunjuk langkah demi langkah dari Titik A ke Titik B secara real time.

2. Biaya Rendah

Satelit di belakang GPS dibayar, dipelihara, dan ditingkatkan oleh Departemen Pertahanan AS. Itu berarti bahwa sistem pada dasarnya gratis, meskipun Anda mungkin harus membayar perangkat dan perangkat lunak untuk menggunakannya. Aplikasi ponsel cerdas, seperti Google Maps, yang menggunakan GPS juga biasanya gratis.

3. Kejahatan dan Keamanan

GPS dapat digunakan sebagai alat yang berharga oleh penegak hukum untuk melacak penjahat atau teroris, menggunakan perangkat yang mereka pasang di kendaraan, atau melalui pelacakan smartphone pelaku. Alat pelacak GPS juga dapat digunakan untuk mencegah pencurian oleh majikan atau orang biasa.

4. Mudah Digunakan

Navigasi menggunakan GPS umumnya sangat mudah dan membutuhkan keterampilan atau usaha yang minimal, tentunya jika dibandingkan dengan metode dan teknologi tradisional, seperti membaca peta. Dalam kebanyakan kasus, pengguna hanya perlu memasukkan tujuan dan perangkat akan melakukan sisanya. GPS juga merupakan teknologi yang lebih mudah dan lebih efisien untuk digunakan untuk tugas-tugas seperti survei dan studi pergerakan lempeng tektonik. Pengusaha dapat menggunakan pelacakan GPS untuk memantau posisi kendaraan mereka, meningkatkan efisiensi dan meningkatkan layanan pelanggan.

5. Keamanan

Pelacakan GPS dapat digunakan oleh orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka dan memastikan bahwa mereka aman. Pasangan juga dapat menggunakan teknologi serupa untuk melacak pasangan mereka. Selain pelacakan GPS yang berguna untuk menjaga anggota staf dan orang lain tetap aman dalam pekerjaan tertentu, itu juga dapat digunakan untuk memantau keberadaan pekerja kunci jika mereka sangat dibutuhkan untuk menghadapi keadaan darurat.

6. Pencarian Lingkungan

Selain sebagai navigasi, GPS juga dapat digunakan untuk memberikan informasi daerah setempat. Misalnya, mencari tahu di mana hotel atau pom bensin terdekat, atau menemukan restoran terdekat yang buka untuk bisnis. Ini nyaman ketika Anda sedang dalam perjalanan panjang dan perlu mencari tempat berhenti untuk makan, bensin, tidur, dan sebagainya.

Artikel mengenai fungsi GPS pada kendaraan dapat dilihat melalui : https://www.merdeka.com/jatim/fungsi-gps-pada-kendaraan-dan-cara-kerjanya-bantu-tunjukkan-lokasi-tujuan-kln.html

7. Peringatan Lalu Lintas dan Cuaca

Salah satu hal hebat tentang GPS adalah semuanya terjadi secara real time. Itu berarti Anda dapat diberi tahu jika ada kecelakaan lalu lintas, atau jenis penangguhan lain di depan, atau jika Anda mendekati area di mana terjadi peristiwa cuaca buruk. Ini tidak hanya dapat mempersingkat waktu perjalanan Anda, tetapi juga meningkatkan keselamatan.

8. Tersedia di mana saja

Salah satu fitur terbaik dari GPS yaitu karena pada dasarnya bekerja melalui teknologi satelit, GPS tersedia di mana saja di seluruh dunia. Tidak ada alasan untuk tidak mengetahui lokasi Anda sendiri, atau tersesat.

Informasi seputar fungsi GPS dapat dilihat melalui : https://www.teknohits.com/2651/fungsi-gps-aplikasi-sangat-penting-untuk-smartphone-android.html

9. Akurat

Sistem GPS dibayar, diperbarui, dan dipelihara oleh Departemen Pertahanan AS, sehingga selalu akurat. Sebagian besar perangkat lunak, aplikasi, dan perangkat yang menggunakan GPS juga diperbarui secara berkala, biasanya gratis. Jadi tidak seperti peta cetak tradisional yang menjadi usang setelah beberapa saat, GPS dan perangkat terkait lainnya.

10. Opsi Rute Fleksibel

GPS memberi Anda pilihan rute dalam waktu langsung saat itu juga, sehingga memungkinkan fleksibilitas tinggi. Anda dapat memilih rute sesuai dengan kebutuhan atau keinginan khusus Anda. Jika Anda mengambil belokan yang salah, rute baru dapat dihitung menggunakan GPS. Jika rute Anda terhalang oleh suatu insiden, GPS dapat digunakan untuk mencari jalur baru.

11. Penggunaan Militer

Selain berguna untuk navigasi dan penggunaan umum lainnya, militer menggunakan GPS saat menetapkan target untuk peluru kendali. GPS meningkatkan akurasi dengan memberikan rudal satu set koordinat tertentu, dan mengurangi kerusakan tambahan dengan menurunkan kemungkinan rudal tersesat.

12. Survei

Survei tanah dilakukan sebelum konstruksi atau pengembangan. Seiring waktu, GPS secara bertahap menggantikan teknik survei tanah tradisional, terutama karena lebih murah, lebih cepat, dan biasanya lebih akurat. Seringkali hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja dengan GPS, bukan berhari-hari.

Informasi lain mengenai GPS dapat dilihat melalui  link : https://akurat.co/apa-itu-gps-dan-fungsinya-di-hp-android

Cara untuk memaksimalkan fungsi GPS di handphone bisa dilihat melalui :

Wajib Diketahui Untuk Memaksimalkan Fungsi GPS di HP
Smartphone saat ini memiliki banyak fitur yang sangat membantu aktivitas sehari-hari, misalnya adalah GPS (Global Positioning System).

Setelah mengetahui bagaimana cara mengantisipasi fake GPS, pengertian GPS, komponen penyusun GPS, serta manfaat penting GPS bagi kehidupan sehari-hari, sekarang kita dapat menggunakan GPS secara bijak dan bertanggung jawab. Pemanfaatan teknologi secara tepat guna dan bijak akan membawa kehidupan yang lebih baik.

Antisipasi Fake GPS