Apa Itu Hobi? Kenali Manfaat dan Kaitannya dengan Karir!

Apa itu hobi? Hobi adalah kegiatan yang dilakukan seseorang secara terus menerus pada waktu senggang untuk menyalurkan minatnya.

apa itu hobi
Apa itu hobi?

Daftar Isi

Apa itu hobi? Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah satu ini. Pada dasarnya, istilah ini mengacu pada kegiatan-kegiatan yang disukai dan dilakukan pada waktu senggang. Saat melakukan hobi, Anda cenderung sangat menikmatinya. Hobi juga dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih baik.

Apakah Anda memiliki hobi? Jika tidak, sebaiknya Anda mencari hobi yang sesuai dengan preferensi Anda. Namun sebelumnya, kenali dulu pengertian, manfaat, dan kaitan hobi dengan karir di ulasan berikut.

Apa itu hobi?

Hobi adalah kegiatan yang dilakukan seseorang secara terus menerus untuk menyalurkan minatnya. Saat sedang melakukan hobi, seseorang akan merasa antusias dan bahagia, bahkan merasa waktu cepat berlalu. Ia akan mendapatkan kepuasan tersendiri karena bisa melakukan hal yang disenangi.

Bagi orang-orang disibukkan oleh pekerjaan, waktu luang untuk melakukan hobi mungkin terbatas. Oleh karena itu, mereka biasanya melakukan hobi saat akhir pekan atau setelah selesai bekerja.

Bagi banyak orang, ini merupakan upaya untuk menjaga work-life balance atau kemampuan seseorang untuk membagi waktu kerja dan pribadi dengan seimbang.

Jenis-jenis hobi

Pada dasarnya, hobi terdiri dari banyak jenis kegiatan. Seorang akademisi bernama Robert A. Stebbins dalam risetnya yang berjudul Serious Leisure membagi jenis hobi menjadi lima kategori.

Lima kategori tersebut antara lain collecting (mengoleksi), making (membuat sesuatu), activity (beraktivitas), play (bermain), dan arts (kesenian).

Collecting

Hobi yang bersifat collecting atau mengoleksi terbagi menjadi beberapa subkategori. Beberapa contoh kegiatan yang termasuk di dalamnya antara lain mengoleksi benda fisik seperti buku, action figure, barang antik, dan rekaman audio atau film.

Tidak hanya itu, kegiatan mengamati pesawat terbang saat lepas landas (plane spotting) dan memetik jamur (mushroom hunting) juga masuk dalam kategori ini.

Making

Kategori kedua, making, meliputi kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan sesuatu. Contoh kegiatannya antara lain menyulam, memanggang roti, berkebun, membuat lilin, menyusun lego, dan membuat program di komputer.

Acitivity

Sesuai dengan namanya, hobi dengan kategori activity berkaitan erat dengan aktivitas atau kegiatan fisik di luar ruangan, terutama di alam. Beberapa contohnya adalah berkuda, mendaki gunung, menyelam, berkemah, backpacking, dan touring.

Play

Hobi di dalam kategori play juga sedikit berkaitan dengan aktivitas fisik meskipun tidak terbatas pada tempat. Contoh kegiatannya antara lain bermain catur, video game, kartu, olah raga bela diri, lari, yoga, serta olah raga lainnya seperti hockey, basket, badminton, dan lain-lain.

Arts

Kategori terakhir, arts, adalah hobi yang berhubungan dengan kesenian. Contoh hobi yang termasuk dalam kategori ini adalah menari, bermain musik, menulis cerita, melukis, dan sebagainya.

bermain musik

Mengapa harus memiliki hobi?

Hobi dapat membawa dampak baik bagi seseorang, baik secara jasmani maupun rohani. Oleh karena itu, setiap orang harus memiliki hobi dalam hidupnya. Berikut beberapa alasan rinci mengapa setiap orang harus memiliki hobi.

Menyalurkan minat atau passion

Hobi adalah salah satu cara paling mudah untuk menyalurkan minat atau passion Anda. Apabila pekerjaan yang Anda lakukan bukanlah sesuatu yang Anda minati, hobi dapat menjadi alternatif untuk menyalurkan minat Anda. Dengan demikian, keinginan dan tanggung jawab dalam hidup Anda tetaplah seimbang.

Mengisi ulang energi

Rutinitas kerja terkadang menjemukan dan melelahkan. Hampir setiap hari Anda dituntut untuk memberikan yang terbaik. Apabila pola ini dijalani terus menerus tanpa waktu istirahat yang cukup, Anda dapat mengalami burn-out.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah melakukan kegiatan yang Anda sukai. Dengan melakukan hobi, energi Anda dapat terisi kembali sehingga Anda dapat lebih bersemangat dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

Mengurangi stres

Memiliki hobi dapat berdampak baik bagi kesehatan mental Anda. Sebuah penelitian menunjukkan  bahwa hobi dapat membantu mengatasi depresi pada orang dewasa.

Saat melakukan hobi, Anda akan merasa lebih rileks dan senang. Tidak hanya itu, hobi juga akan membuat Anda lebih bersemangat dan mudah mendapatkan inspirasi.

hobi mengurangi stres

Menambah relasi baru

Saat melakukan hobi, terkadang Anda merasa ingin bertemu dengan orang lain dengan hobi yang sama agar dapat saling berbagi pengalaman. Anda tentu dapat melakukannya dengan bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan hobi Anda.

Bergabung dalam komunitas dapat membantu Anda untuk menambah relasi baru. Anda akan memiliki banyak teman sehingga dapat membangun hubungan sosial yang lebih luas.

Menemukan peluang baru dari hobi

Hobi yang Anda miliki dapat menjadi pintu menuju peluang baru. Peluang tersebut dapat berupa kesempatan kerja ataupun koneksi baru. Apabila Anda menekuni hobi dengan sungguh-sungguh dan menikmati setiap prosesnya, bukan tidak mungkin hobi tersebut membawa kesempatan baru bagi Anda.

Hobi dan karir

Secara umum, hobi dapat membantu perkembangan karir Anda. Melalui hobi yang ditekuni, Anda dapat menemukan berbagai potensi dan peluang baru yang berguna bagi kehidupan kerja Anda. Berikut adalah beberapa peluang hobi bagi kehidupan karir Anda:

Mengembangkan ide

Hobi dapat membantu Anda meningkatkan kreativitas dan menumbuhkan ide baru. Hobi yang dilakukan secara rutin lama kelamaan dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi Anda. Anda akan termotivasi untuk mencari peluang-peluang baru. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan karir Anda.

Memperluas wawasan

Keinginan untuk memperluas wawasan dan terus mengembangkan keterampilan adalah salah satu dampak dari hobi. Saat melakukan hal yang disukai atau diminati, Anda akan termotivasi untuk menjadi lebih baik dalam hal tersebut.

Tanpa disadari, hal ini juga berpengaruh bagi kehidupan karir Anda. Anda terus termotivasi untuk mencari wawasan baru dan memperkaya pengetahuan Anda.

Meningkatkan kemampuan komunikasi

Saat menekuni suatu hobi tertentu, beberapa dari Anda mungkin bergabung dengan komunitas hobi tersebut. Di dalam komunitas, Anda akan sering berinteraksi dan membangun hubungan sosial dengan orang lain. Hal ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Anda.

komunitas hobi

Kesimpulan

Setelah memahami pengertian dan manfaat hobi serta peluangnya bagi perkembangan karir, kini saatnya Anda menemukan hobi yang cocok bagi Anda. Pastikan hobi yang ingin Anda tekuni tidak membuat Anda semakin merasa terbebani atau bahkan membuat Anda stres.

Untuk itu, Anda dapat mencoba memulai dari hal-hal yang Anda sukai saat ini. Jika masih kesulitan, Anda dapat mengingat-ingat apa hal yang sukai saat Anda masih kecil. Niscaya Anda akan menemukan hobi yang tepat.

Hobi dapat menjadi sumber kebahagiaan bagi Anda. Anda akan lebih bersemangat dan gembira setelah melakukan hobi yang Anda sukai. Hobi juga dapat menjadi salah satu cara untuk ‘melarikan diri’ sejenak dari rutinitas kerja yang padat. Satu hal yang pasti, Anda harus bisa membagi waktu dengan tepat agar dapat menikmati hobi Anda.

Kemampuan manajemen waktu yang baik sangat diperlukan dalam kehidupan kerja. Pastikan Anda selalu tepat waktu dan tidak pernah terlambat masuk kerja. Untuk itu, jangan lupa catat kehadiran Anda di sistem absensi online.

Anda dapat menggunakan Kerjoo, sebuah aplikasi absensi online yang lebih mudah, praktis, dan cepat. Berbagai fitur yang ada di Kerjoo dikembangkan khusus untuk mendukung pengelolaan absensi karyawan, mulai dari fitur GPS hingga face recognition. Tertarik? Daftar sekarang dan rasakan manfaatnya!

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari