Cara Menemukan Minat untuk Karir Masa Depan Anda

Minat untuk Karir Masa Depan
Minat untuk Karir Masa Depan

Daftar Isi

Apakah Anda sudah menemukan minat yang sebenarnya dibutuhkan untuk karier Anda? Salah satu nasihat umum yang mungkin sering Anda dengar saat mencari pekerjaan adalah untuk menemukan yang sesuai minat Anda. Melakukan pekerjaan atau proyek yang membuat Anda merasa termotivasi tentu dapat membantu Anda lebih terarah dalam mencapai apapun. Meskipun terkesan sederhana, tapi kadang sulit untuk mendefinisikan dan mengakui apa yang sebenarnya Anda sukai.

Kenyataannya, menemukan minat adalah perjalanan yang berkelanjutan, terkadang seumur hidup. Diperlukan banyak momen refleksi diri, perhatian, dan tindakan yang bijaksana untuk menemukan hal yang membuat Anda merasa bersemangat. Meskipun ide dan motivasi sangat bervariasi dari orang ke orang, dalam artikel ini Anda dapat mencari cara untuk menemukan minat Anda untuk karir masa depan.

Mengapa Harus Menemukan Minat untuk Karir?

Dalam sebuah survei, 60% pemberi kerja mengatakan bahwa mereka yakin kurangnya semangat untuk bekerja adalah alasan mengapa beberapa karyawan tidak bekerja dengan baik dalam peran mereka. Survei yang sama menunjukkan bahwa 76% pemberi kerja tidak percaya bahwa minat dapat dipelajari, artinya penting untuk mempertimbangkan minat Anda saat memikirkan tentang karier jangka panjang Anda.

Beberapa orang memilih untuk mengejar minat mereka selama waktu luang mereka di luar pekerjaan, sementara yang lain lebih suka mendedikasikan kehidupan kerja sehari-hari untuk passion mereka. Pilihan yang Anda buat akan bergantung pada apa minat Anda, apakah itu mudah ditransfer ke kehidupan berkelanjutan atau tidak dan apakah Anda ingin gaji Anda terikat dengan minat Anda atau tidak.

Jika Anda bersemangat dengan apa yang Anda lakukan, pekerjaan bisa menjadi bukan tugas yang berat dan lebih menjadi bagian dari kehidupan yang memuaskan. Baik Anda baru saja mulai memikirkan karier Anda, merasa terjebak dalam pekerjaan yang tidak membawa kegembiraan, atau ingin mengubah karier Anda, tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu dini untuk mulai menunjukkan minat Anda.

menemukan minat

Bagaimana Cara Menemukan Minat Karir Anda?

Cara terbaik untuk mengidentifikasi apa yang Anda sukai adalah dengan memberi perhatian. Setiap hari Anda cenderung bersemangat, tertarik, atau puas dengan topik, tugas, atau aktivitas tertentu. Mari kita lihat lebih dekat apa yang harus Anda cari dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin membuat minat Anda terungkap.

Ada enam langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengidentifikasi minat Anda:

1. Carilah Poin-poin Penting

Mungkin ada hari tertentu dalam seminggu atau waktu yang Anda nantikan karena alasan tertentu. Mungkin itu adalah rapat, tugas, atau waktu tertentu yang telah Anda sisihkan. Anda mungkin juga memperhatikan kejutan tertentu atau waktu tak terduga yang akhirnya menjadi bagian terbaik dari hari Anda. Perhatikan hal-hal yang tampaknya signifikan dan tidak penting yang akan Anda anggap sebagai puncak hari Anda.

Meskipun banyak dari poin-poin tinggi ini mungkin terjadi selama bekerja, Anda mungkin memperhatikan bahwa poin-poin tinggi Anda terjadi di luar tempat kerja pada waktu yang Anda miliki untuk diri sendiri, teman, dan keluarga. Mencatat di mana dan dengan siapa poin-poin tinggi Anda akan membawa Anda selangkah lebih dekat untuk mengetahui apakah minat Anda terkait dengan karier Anda atau bagian lain kehidupan.

2. Perhatikan untuk Apa Anda Menghabiskan Waktu dan Uang

Kita cenderung memfokuskan sumber daya kita pada hal-hal yang berarti bagi kita, termasuk waktu dan uang. Lihat tagihan kartu kredit atau rekening koran Anda dan lihat apakah ada tema. Lihatlah topik buku, majalah, film, atau podcast yang Anda konsumsi. Catat bagaimana Anda menghabiskan waktu luang Anda dan kegiatan apa yang membuat Anda bahagia. Terakhir, kenali apakah ada kesamaan genre, subjek, atau tema yang dimiliki oleh hobi dan minat Anda. Minat yang tetap bersama Anda selama bertahun-tahun mungkin lebih terkait dengan minat versus minat yang baru muncul.

3. Pertimbangkan Hal yang Anda Senangi

Pertimbangkan interaksi Anda dengan orang lain. Jenis percakapan apa yang paling Anda nikmati? Apakah Anda merasa sangat bersemangat ketika berbicara tentang subjek tertentu? Mungkin juga berguna untuk mempertimbangkan apakah ada tugas atau topik yang cenderung Anda ajarkan kepada orang lain. Ini sering kali merupakan hal-hal yang menurut kita paling penting bagi kita.

4. Pikirkan tentang Kekuatan Anda

Meluangkan waktu untuk mengidentifikasi baik soft skill maupun hard skill dapat membantu Anda memahami hal-hal yang telah Anda habiskan cukup waktu dan sumber daya untuk mengembangkan bakat. Alternatifnya, Anda mungkin memiliki keterampilan alami yang membuat Anda merasa percaya diri dan termotivasi saat menyelesaikan tugas tertentu.

5. Periksa Detailnya

Saat Anda menjelajahi hal-hal yang secara alami menarik perhatian Anda dalam kehidupan sehari-hari. Anda mungkin juga meluangkan waktu untuk mempertimbangkan apa sebenarnya yang Anda sukai. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa hari Anda adalah menjadi sukarelawan sebagai guru untuk kelas malam dewasa. Tanyakan pada diri Anda, “Bagaimana kalau melakukan aktivitas ini membuat saya bahagia?” Mengeksplorasi faktor-faktor ini secara mendalam dapat memakan waktu, tetapi akan membantu Anda mengidentifikasi dengan tepat apa yang memotivasi Anda. Melakukan hal ini dapat membantu Anda menemukan peluang kerja tertentu yang sesuai dengan minat Anda.

6. Jelajahi Jalur Karier

Setelah Anda mengidentifikasi beberapa bidang minat, luangkan waktu untuk menjelajahi pekerjaan yang berbeda. Anda dapat melakukan ini dengan menelusuri judul pekerjaan di internet. Membaca deskripsi pekerjaan dapat membantu Anda menemukan peran yang cenderung menarik bagi Anda. Membaca tentang tugas atau tanggung jawab tertentu yang kedengarannya menarik juga dapat membantu Anda meneliti peran terkait lainnya yang mungkin lebih cocok.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berbicara dengan manajer atau atasan Anda. Tentang bidang minat Anda dan apa yang menurut Anda memotivasi Anda. Jika Anda menyukai perusahaan Anda tetapi merasa tidak termotivasi dengan peran Anda. Mungkin ada ruang bagi Anda untuk mengambil tanggung jawab tambahan yang sejalan dengan minat Anda atau bergerak secara lateral di dalam perusahaan.

menemukan minat

Kesimpulan

Jika Anda menemukan bahwa minat Anda bukanlah sesuatu yang ingin Anda kejar sebagai karier. Anda masih dapat menggunakan apa yang telah Anda pelajari untuk memandu pencarian pekerjaan Anda. Misalnya, jika Anda mengetahui bahwa Anda sangat ingin menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga, Anda dapat mencari pekerjaan dengan jadwal yang fleksibel.

Menemukan minat Anda juga dapat membantu Anda menentukan hal lain. Seperti tingkat gaji, tunjangan, atau atribut pekerjaan lain yang Anda butuhkan untuk mendukung gaya hidup Anda. Meluangkan waktu untuk mengidentifikasi hal-hal dalam hidup Anda yang membuat Anda merasa puas, bersemangat, termotivasi, atau puas adalah kunci untuk menemukan minat Anda. Menerjemahkan semangat itu ke dalam karier terjadi dengan mencari peluang dan menemukan peran yang menarik minat Anda.

Minat untuk Karir Masa Depan
Daftar Kerjoo
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari