Apa Itu Hospitality? Kenali Contoh dan Peluang Bisnisnya

Industri menjunjung tinggi layanan ramah tamah agar tetap berdaya saing demi kepuasan pelanggan

Apa Itu Hospitality

Daftar Isi

Keberadaan industri hospitality adalah sesuatu yang tidak asing di tengah masyarakat. Hospitality fokus pada pelayanan pelanggan, keramahan, dan segala macam interaksi positif dengan tamu.

Beberapa contoh layanan industri hospitality adalah hotel, restoran, tempat wisata. Sudah ada sejak abad ke-19, ini adalah salah satu industri yang dinamis dan mudah beradaptasi di dunia.

Seiring berjalannya waktu, tentu industrinya terus berubah, di mana teknologi dan inovasi diintegrasikan untuk meningkatkan pengalaman tamu.

Apa Itu Hospitality dan Apa Saja Contohnya?

Meskipun berbagi akar bahasa Latin yang sama ‘hospes’, istilah ‘hospital’ and ‘hospitality’ telah berkembang dan memiliki arti berbeda dalam bahasa Inggris modern.

Hospital adalah rumah sakit atau fasilitas medis tempat pasien menerima perawatan dan perawatan medis.

Ini berasal dari istilah Latin ‘hospitilis’ yang berarti ‘dari tamu atau tuan rumah’ dan awalnya mengacu pada lokasi di mana wisatawan dapat beristirahat, mendapatkan perawatan medis, dan memulihkan diri dari penyakit.

Hospitality’ di sisi lain, mengacu pada tindakan bersikap baik dan ramah terhadap tamu dan pengunjung.

Ini berasal dari kata Latin ‘hospitas’ yang berarti ‘tamu atau orang asing’ dan awalnya mengacu pada hubungan antara tuan rumah dan tamu, di mana tuan rumah akan menawarkan tempat berlindung, makanan, dan kenyamanan kepada pengunjung.

Apa saja contohnya?

1. Hotel dan Penginapan

Hotel adalah tempat akomodasi yang menyediakan berbagai jenis kamar untuk tamu yang menginap. Ini termasuk hotel berbintang, hotel butik, atau penginapan kecil, yaitu hostel dan motel.

2. Restoran atau Rumah Makan

Industri ini mencakup restoran, kafe, bar, dan penyedia kuliner lainnya. Pelayanan di industri makanan dan minuman (food & beverage atau f&b) dapat beragam, termasuk fine dining, casual dining, dan fast food.

3. Pariwisata

Industri pariwisata mencakup agen perjalanan, pemandu wisata (tour guide), maskapai penerbangan, dan juga perusahaan transportasi lainnya yang mendukung kegiatan wisata.

Agen perjalanan dan perusahaan teknologi yang menyediakan platform reservasi online, aplikasi perjalanan, dan layanan terkait lainnya juga termasuk.

4. Hiburan

Industri hiburan juga termasuk hospitality, misalnya teater, klub malam, dan tempat konser.

5. Kesehatan dan Kecantikan

Contoh selanjutnya adalah spa, pusat kebugaran, dan resor kesehatan yang menyediakan layanan kebugaran, perawatan kecantikan, dan program kesehatan untuk tamu yang mencari relaksasi dan peremajaan.

6. Event Organizer dan Manajemen Acara

Ini adalah perusahaan yang menyediakan layanan perencanaan dan manajemen acara untuk pertemuan bisnis, konferensi, pameran, dan acara lainnya.

7. Perawatan Lansia

Pelayanan akomodasi dan perawatan khusus untuk lansia, seperti panti jompo atau fasilitas perawatan senior.

Setiap sektor dalam industri hospitality memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda, tetapi semuanya bertujuan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan pelanggan selama perjalanan atau penginapan.

Bagaimana tentang Peluang Bisnisnya?

Peluang bisnis dalam industri hospitality tetap tinggi karena sektor ini terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan dan preferensi konsumen.

Meskipun sempat lesu pada saat masa pandemi, tapi sekarang mulai tumbuh kembali. Masyarakat sudah biasa bepergian dan menginap di hotel, berlibur, dan menikmati hiburan di luar.

Kami telah merangkum dari berbagai sumber tentang peluang bisnis di industri ini yang potensial.

- Akomodasi Alternatif

Dengan meningkatnya minat pada penginapan yang unik dan pengalaman lokal, bisnis akomodasi alternatif seperti sewa liburan, apartemen, dan vila dapat terus tumbuh.

- Teknologi dan Inovasi

Penggunaan teknologi dalam pemesanan online, manajemen properti, pengalaman tamu, dan keamanan dapat memberikan peluang bisnis yang signifikan.

Permintaan akan bisnis yang berfokus pada keberlanjutan, seperti resor ramah lingkungan atau restoran organik, semakin meningkat seiring kesadaran lingkungan.

- Restoran Khusus atau Tematik

Restoran dengan konsep khusus atau tema unik dapat menarik perhatian pelanggan dan memberikan pengalaman yang berbeda

- Pengalaman Virtual

Bisnis yang menyediakan pengalaman virtual untuk wisatawan yang tidak dapat bepergian atau mencari alternatif pengalaman wisata dapat berkembang dengan pesat.

Apa Itu Hospitality

Peran Kerjoo untuk Industri Hospitality

Seperti yang Anda ketahui, salah satu aspek paling penting dari hospitality adalah layanan pelanggan yang ramah dan cepat. Apalagi untuk beberapa layanan bisnis yang harus buka 24 jam, misalnya hotel, bandara, dan kapal pesiar.

Kali ini kita ambil satu contohnya yaitu layanan perhotelan, ada beberapa tantangan yang terjadi sehari-hari. Mulai dari urusan bisnis yang strategis sampai yang menyangkut operasional harian yang dijalani karyawan.

Memahami hal itu, aplikasi absensi online Kerjoo hadir sebagai solusi HR yang mendukung berbagai keputusan bisnis yang lebih efisien. Perusahaan dapat memastikan pembagian tugas tim berjalan lancar sambil tetap menjaga kualitas layanan.  

Pada aspek apa saja Kerjoo dapat membantu manajemen karyawan perhotelan?

- Sistem Penjadwalan Shift

Karyawan hotel seringkali harus bekerja dalam sistem rotasi shift, yang mencakup jam kerja pada malam hari, akhir pekan, dan hari libur.

Terkadang, perubahan jadwal mendadak dapat membuat karyawan kesulitan merencanakan kegiatan di luar pekerjaan.

Pada musim liburan, karyawan hotel mungkin dihadapkan pada peningkatan beban kerja. Baik karyawan maupun manajemen perusahaan mengalami kesulitan, apalagi jika pengaturan jam kerja shift masih dilakukan secara manual.

Berikut adalah beberapa solusi tentang shift karyawan yang lebih efektif.

- Urusan Komunikasi Internal

Agar koordinasi kerja lebih efisien, maka dibutuhkan komunikasi aktif. Di sisi lain, karyawan hotel yang bekerja sambil interaksi langsung dengan tamu harus fokus pada pelayanan pelanggan.

Beberapa hotel  memiliki kebijakan yang membatasi atau mengatur penggunaan ponsel pintar selama jam kerja.

Kebijakan penggunaan ponsel pintar oleh karyawan hotel dapat bervariasi antar perusahaan.

Beberapa informasi internal dapat disampaikan melalui broadcast yang langsung dibaca oleh karyawan. Anda juga bisa pelajari selengkapnya tentang fitur broadcast di Kerjoo.

- Pengelolaan Data Kehadiran Karyawan

Kebutuhan untuk merespons perubahan mendadak tentang kebutuhan tamu dapat menghasilkan perubahan jadwal yang cepat dan tidak terduga.

Selain penjadwalan shift, perubahan jadwal karyawan setiap divisi juga menjadi prioritas tersendiri.

Yang satu ini sebenarnya dapat dengan mudah diatasi dengan presensi online menggunakan ponsel yang datanya langsung direkap secara terpusat.

Tanpa antri dan tanpa repot karena sistem manual, karyawan hotel mendapat banyak kemudahan bersama aplikasi Kerjoo.

Tapi, untuk beberapa kondisi di hotel, karyawan tidak dapat menggunakan ponsel secara bebas saat jam kerja. Bagaimana dengan kebutuhan presensi kehadiran yang efektif tanpa antri?

Dalam hal ini, karyawan dapat diberikan fasilitas berupa layanan Pintu Kerjoo yang memberi lebih banyak fleksibilitas. Presensi otomatis yang bisa berfungsi secara offline, dan tanpa biaya instalasi tambahan.

Dalam jangka panjang, perusahaan dapat merasakan keuntungan yang signifikan.

Kesimpulan

Itulah ulasan tentang apa itu hospitality dan contoh industri atau perusahaan yang bergerak di bidangnya. Bidang ini menjunjung tinggi layanan ramah tamah agar tetap berdaya saing demi kepuasan pelanggan.

Bukan hanya pelanggan, tentu saja perusahaan juga perlu menjaga agar timnya bekerja dengan baik. Khususnya agar dapat melaksanakan administrasi kehadiran dengan fleksibel dan efektif.

Temukan solusi terbaik dari Kerjoo untuk perusahaan Anda.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari