Fitur Broadcast Kerjoo, Begini Cara Penggunaannya di Kantor

Fitur broadcast Kerjoo akan memberikan kemudahan komunikasi internal lebih cepat di kantor atau perusahaan

Fitur broadcast Kerjoo

Seberapa sering Anda mendapatkan pesan broadcast di ponsel? Memang tidak semua broadcast itu Anda bisa terima dengan senang hati, kecuali kalau berurusan dengan kewajiban. Apalagi jika tanggung jawab Anda adalah sebagai pimpinan yang harus menyampaikan informasi ke tim. Menyampaikan info ke banyak divisi secara manual tentu kurang efisien. Apakah Anda sudah menemukan fitur broadcast di aplikasi yang membuat pesan-pesan Anda tersampaikan dengan cepat?

Sebelum Anda mendapatkan info selengkapnya tentang fitur broadcast Kerjoo, ada hal yang perlu kami sampaikan. Kami percaya bahwa setiap interaksi di tempat kerja adalah hal yang berharga. Agar produktivitas meningkat, segalanya harus dimulai dari komunikasi yang efektif.

Misalnya Anda perlu menyampaikan sesuatu ke divisi tapi ke karyawan tertentu saja. Metode apa yang menurut Anda efektif selama ini? Setelah Anda selesai membaca ini, mungkin saja Anda akan mendapat perspektif baru. Tapi sebelumnya, ikuti pembahasan setiap poin berikut ini.

Apa Itu Broadcast?

Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata 'broadcast'? Tanpa harus berpikir lebih jauh, broadcast selalu identik dengan komunikasi massal. Ciri khas dari pesan broadcast bisa mengajak, menginspirasi, edukatif, dan informatif. Meskipun banyak pesan broadcast yang tidak mendapat perhatian, tapi setiap pengiriman broadcast ada tujuan tersendiri.

Pada dasarnya cara kerja broadcast adalah mengirim data ke banyak tujuan sekaligus bersamaan. Menurut pengertian di ilmu komunikasi, broadcast adalah berkaitan dengan penyiaran. Konten broadcasting fokus agar terkesan menarik dan gampang diterima audiens.

Macam-macam Media untuk Broadcast

Katakanlah misalnya Anda sekarang sudah cukup memahami apa itu broadcast. Selanjutnya, perlu ketahui juga apa medianya yang digunakan. Media pengiriman bisa melalui jaringan kabel atau nir kabel. Media untuk menyampaikan broadcast ada beberapa di antaranya; media cetak, elektronik, dan media online yang memanfaatkan jaringan internet.

Agar pesan lebih cepat tersampaikan dengan jangkauan yang luas, maka caranya pun harus dengan sistem yang tepat. Khususnya jika sudah berkaitan dengan dunia kerja di era digital yang dinamis. Bukan hanya cepat, tapi informasinya juga terjamin kebenarannya.

Dengan demikian, antar anggota tim beserta para manajer tidak akan terjadi miskomunikasi. Tentunya hal seperti ini tidak perlu terjadi, apalagi jika menyangkut hal yang urgen dan harus cepat bertindak.

fitur broadcast

Fitur Broadcast di Aplikasi Kerjoo

Menyadari pentingnya inovasi layanan, kami terus berupaya mengembangkan fitur yang dibutuhkan pengguna. Contohnya adalah fitur broadcast yang memungkinkan mengirim pesan cepat ke para karyawan. Dengaan adanya broadcast, ketika atasan akan memberikan pengumuman penting atau informasi tertentu akan diterima dengan cepat.

Kapan waktu mengirim dan status pengiriman broadcast akan diketahui admin ketika login ke website. Untuk mendapatkan manfaat dari fitur broadcast di aplikasi Kerjoo, admin HR perusahaan maupun karyawan harus login dulu. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi Kerjoo memiliki dua hak akses, yaitu Portal Admin dan Karyawan.

Portal Admin diakses oleh HR perusahaan dengan cara login ke halaman website kerjoo.com, lihat di pojok kanan atas. Pada halaman login di website kerjoo.com ada menu-menu untuk manajemen karyawan.

Apa saja menunya?  

  • Kelola karyawan (Divisi, data karyawan, lokasi kehadiran, jadwal hari kerja, jadwal shift)
  • Pola kerja (Hari kerja, shift)
  • Kehadiran karyawan
  • Ringkasan kehadiran
  • Review kehadiran
  • Izin
  • Cuti
  • Broadcast
  • Pengaturan (Perusahaan, aplikasi mobile, langganan, admin)

Dari menu-menu di atas, bisa dilihat adanya fitur broadcast yang bisa digunakan sesuai ketentuan panduan teknis dari Kerjoo. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak yang berikut ini.

Apa Saja yang Ada di Fitur Broadcast Kerjoo

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang yang ada di dalam fitur broadcast.

fitur broadcast

Informasi Kuota

Setelah login dan klik broadcast di bagian kiri bawah, akan bisa terlihat informasi kuota broadcast yang bisa dikirim. Sebelum menggunakannya, admin bisa lihat berapa kuota yang tersisa.

Jika ingin menambah kuota, Anda bisa klik tombol order yang bertanda '+' yang berwarna hijau. Pilihan kuota ada 500, 1000, dan 5000 beserta keterangan harga masing-masing. Sebagai tambahan, harga per 1 kuota broadcast dikenakan biaya sebesar Rp50. Setelah itu bisa klik pesan kuota, dan akan ada keterangan invoice yang harus dibayarkan.

Fitur Broadcast
fitur broadcast Kerjoo 

Tambah Broadcast Baru

Pada bagian tambah baru, ada Judul untuk menjelaskan isi broadcast-nya. Judul di sini tidak untuk dikirimkan ke penerima, tapi hanya untuk penanda bagi admin. Contohnya di bawah ini adalah arahan tentang 'Informasi Pelatihan Karyawan' dari atasan untuk divisi HRD sebagai pelaksana.

Setelah judul ada Penerima, yang terdiri dari; semua, divisi tertentu, dan karyawan tertentu. Admin bisa atur penerima spesifik (yang harus menerima broadcast) dan penerima terkecuali (yang tidak perlu menerima broadcast).

Fitur Broadcast
fitur broadcast Kerjoo

Pesan

Selanjutnya adalah Pesan yang terdiri dari kolom Judul pesan, Pesan notifikasi, dan body pesan. Tampilan Judul pesan ada di bagian detail broadcast. Pesan notifikasi akan muncul di layar ponsel karyawan sebagai penerima. Setelah itu ketika dibuka, baru terlihat isi broadcast-nya pada body pesan.

Notifikasi dan isi pesan broadcast bisa diterima oleh karyawan dengan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tentang fitur multi bahasa ini akan kami bahas pada artikel berikutnya. Jika sudah menulis pesan, bisa klik 'Simpan'.

fitur broadcast

Status Broadcast

Status broadcast ada enam yaitu; konsep, mengirim, batal, kuota habis, ditunda, dan selesai. Ketika pertama kali menambah broadcast, secara default akan berstatus konsep. Saat sudah dikirim, maka statusnya berubah menjadi 'Mengirim'. Tapi konsep juga masih bisa dibatalkan.

Pada saat akan mengirim broadcast dan ternyata kuota habis, maka admin perlu melakukan order lagi. Broadcast juga dapat ditunda karena suatu hal dan ini tergantung keputusan admin. Jika broadcast sudah terkirim, maka statusnya akan menjadi 'selesai'.

Karyawan yang menerima broadcast akan melihat dengan tampilan mobile. Yang pertama dilihat adalah notifikasi dan kemudian baru isi broadcast. Pesan akan langsung tersampaikan, kecuali jika karyawan mengaktifkan 'mode jangan ganggu' di pengaturan ponselnya. Jika demikian, pesan baru terbuka ketika karyawan sengaja membuka aplikasi Kerjoo.

fitur broadcast

Kesimpulan

Broadcast memang penting untuk mendukung penyebaran informasi yang dinilai penting dari pengirim ke para penerimanya. Kenyataannya, banyak pesan broadcast di ponsel yang dibiarkan saja karena memang isinya tidak dibutuhkan. Akan berbeda kalau broadcast di tempat kerja dengan isi yang penting dan harus ada tindak lanjut.

Fitur broadcast di aplikasi Kerjoo memungkinkan untuk mengirim pesan yang bisa diatur oleh admin. Status pengiriman broadcast ada 'konsep', 'mengirim', 'batal', 'kuota habis', 'ditunda', dan 'selesai'. Admin HR perusahaan yang mengirim bisa menentukan judul dan isinya, kemudian penerima akan mendapat broadcast setelah ada notifikasi di ponselnya.

Itulah salah satu fitur baru dari Kerjoo yaitu fitur broadcast yang bisa digunakan untuk tim kerja Anda. Fitur unggulan lainnya tetap berjalan dan memberi manfaat untuk pengguna. Jika Anda ingin mencoba, bisa daftar dulu dengan klik button berikut ini dan ikuti panduannya setelah login dengan email Anda.

coba sekarang