Apa Itu Key Result Area dan Perbedaannya dengan KPI?

Key Result Area (KRA) adalah salah satu istilah populer dalam bisnis yang digunakan untuk melacak tujuan dan capaian karyawan

Key Result Area
Key Result Area

Daftar Isi

Bagaimana cara terbaik untuk mengukur kemajuan atau progres karyawan dalam mencapai tujuan? Ada beberapa alat ukur yang spesifik di organisasi, misalnya OKR (Objective and Key Results) dan KPI (Key Performance Indicator). Selain OKR dan KPI, ada juga Key Result Area (KRA) sebagai faktor keberhasilan yang sangat penting.

Di manapun ruang lingkupnya, intinya area utama ini harus menunjukkan hasil kinerja untuk memenuhi tujuan strategis bisnis. Untuk memahami fungsi keberadaannya secara detail, Anda bisa cermati definisi key result area dan perbedaannya dengan KPI.

Apa Definisi Key Result Area?

Key Result Area (KRA) adalah salah satu istilah populer dalam bisnis yang dapat digunakan dalam konteks apa pun. Tapi, lebih sering digunakan dalam bidang sumber daya manusia atau human resource (HR) untuk melacak tujuan dan capaian karyawan.

KRA berlaku secara spesifik pada pekerjaan individu karyawan. Definisi key Result Area adalah daftar singkat tujuan keseluruhan yang memandu bagaimana individu melakukan pekerjaannya, atau tujuan pencapaian dan kemajuan umum untuk organisasi atau salah satu divisinya.

Contoh penyusunan KRA tentu saja akan berbeda-beda, tergantung pada peran karyawan atau tujuan spesifik suatu departemen atau organisasi. Hal ini ada dalam deskripsi pekerjaan karyawan dan memberikan indikasi keseluruhan tentang nilai utama posisi pekerjaan bagi perusahaan.

Memfokuskan pada KRA dapat memandu karyawan dalam mengembangkan rencana pengembangan karir strategis pribadi mereka. Aspek ini juga dapat berfungsi sebagai dasar untuk evaluasi kinerja karyawan. Sering kali, organisasi atau perusahaan membuat pernyataan tujuan yang terdengar bermakna, tapi kurang realistis karena tidak benar-benar menentukan seperti apa kesuksesan itu sebenarnya. Itulah mengapa, KRA harus spesifik, jelas, dan terukur.

Contoh KRA di perusahaan;

  • meningkatkan penjualan dengan jumlah tertentu
  • mengurangi biaya dengan nominal tertentu
  • meningkatkan kepuasan pelanggan dengan persentase tertentu
  • menjaga kondisi kerja yang aman dengan memastikan tidak ada kecelakaan kerja
Key Result Area
Key Result Area

Mengapa Penting untuk Mengidentifikasi Key Result Area?

Key Result Area begitu penting karena ini akan membantu perusahaan untuk mengukur dan melacak kemajuan karyawan dalam mencapai tujuan tertentu.

1. Agar Bisa Fokus ke Hal yang Paling Penting

Semua orang di perusahaan memiliki waktu terbatas dalam sehari untuk menyelesaikan daftar tugas. KRA memastikan bahwa karyawan memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin

KRA memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi dan fokus pada tugas paling penting yang perlu diselesaikan. Adanya KRA akan membantu memastikan bahwa karyawan menyadari tujuan spesifik yang perlu dicapai untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi.

2. Mendukung Pertumbuhan Perusahaan

Secara spesifik, KRA memang penting dalam pertumbuhan perusahaan (company growth). Berikut beberapa alasan mengapa KRA penting dalam pertumbuhan perusahaan;

  • Pelacakan kinerja: Menggunakan KRA dapat membantu perusahaan Anda melacak kemajuan, termasuk berbagai departemen dan karyawannya secara individual.
  • Mendorong kinerja: KRA dapat mendorong tim Anda untuk menerima tanggung jawab untuk membantu kesuksesan perusahaan.
  • Distribusi pekerjaan secara merata: KRA dapat membantu setiap departemen memahami tanggung jawab masing-masing dan mendelegasikan pekerjaan secara merata.

3. Evaluasi Kinerja yang Adil

KRA membantu dalam evaluasi kinerja yang adil. Kriteria evaluasi yang dilakukan harus objektif, terukur, dan tidak berdasarkan penilaian subjektif. Evaluasi kinerja juga memberikan kesempatan karyawan agar bisa mengembangkan keterampilan dan memperbaiki kinerja mereka di masa depan.

Penting juga bahwa KRA melibatkan tugas dan pekerjaan yang berada di bawah kendali orang atau entitas yang menjadi tujuannya. Mereka juga harus terdiri dari kegiatan penting organisasi.

Key Result Area (KRA) untuk Manajer HR

KRA membantu karyawan lebih memahami peran dan tanggung jawab dan memiliki kejelasan yang lebih baik tentang peran mereka. Kriteria umum yang ditetapkan oleh organisasi untuk peran atau posisi tertentu disebut sebagai area hasil utama, atau KRA. Kata tersebut menggambarkan rentang profil pekerjaan dan meliputi tanggung jawab pekerjaan itu.

Penjelasan KRA dalam organisasi memang berbeda-beda berdasarkan jenis bisnisnya, namun ada beberapa kesamaan di seluruh industri. Profitabilitas, kepuasan pelanggan, dan keterlibatan karyawan adalah prioritas utama bagi sebagian besar pemimpin.

Apa saja contoh key result area (KRA) untuk Manajer HR?

  • Mengoptimalkan iklan lowongan kerja
  • Mengembangkan strategi kepegawaian yang menarik bakat yang tepat
  • Penyaringan fungsional calon karyawan
  • Pengurangan biaya perekrutan
  • Retensi karyawan yang potensial
  • Meminimalkan turnover karyawan
Key Result Area
Key Result Area

Perbedaan Antara KRA dan KPI

Sebagai bagian dari dunia bisnis, KRA dan KPI mungkin saja sering Anda dengar setiap hari. Banyak dari mereka mudah dipahami dan dipelajari, tetapi beberapa mungkin membingungkan bagi sebagian orang. Namun, jika Anda adalah bagian dari dunia perekrutan yang berurusan dengan penilaian dan peran, maka KPI dan KRA adalah singkatan yang paling umum.

KRA dan KPI keduanya penting untuk kesuksesan perusahaan secara keseluruhan. Keduanya saling melengkapi dan membantu tim Anda mencapai tujuan mereka.

Mari kita uraikan perbedaan utama antara keduanya.

Definisi

KRA menggambarkan ruang lingkup peran pekerjaan, yang merinci hasil yang harus diberikan oleh posisi tersebut. Dari sana, tugas-tugas utama dapat diberikan untuk mencapai tujuan.

Sedangkan KPI mengukur kemajuan yang dibuat karyawan terhadap KRA mereka. Penting untuk dicatat bahwa KPI adalah ukuran yang dapat diukur, sedangkan KRA bersifat kualitatif.

Proses

KPI tidak dapat ditetapkan kecuali ada tujuan yang jelas. Di situlah KRA berperan. KRA diselaraskan dengan tujuan organisasi. Setiap posisi pekerjaan memainkan bagian integral dalam mencapai pernyataan misi dan visi perusahaan. KPI melacak kemajuan karyawan atau pelanggan menuju KRA yang ditetapkan. Karena itu, saat menetapkan tujuan bisnis, KRA didahulukan.

Pengukuran

Karena bersifat kualitatif, KRA umumnya tidak mudah diukur. Misalnya, seorang manajer penjualan dengan KRA untuk mengembangkan tim penjualan yang efektif bisa sangat subjektif.

KPI yang mengukur pertumbuhan penjualan dan total penjualan memberi tahu Anda apakah tim manajer penjualan membaik atau tidak. Namun, KRA diperlukan karena menetapkan KPI yang salah dapat menyebabkan hasil yang salah. Kuncinya adalah menetapkan KPI yang realistis dan hanya menetapkan beberapa orang terpilih. Ini membantu karyawan tetap fokus hanya pada metrik utama yang mendorong hasil.

Timeline

KRA biasanya merupakan standar yang ingin dicapai oleh peran pekerjaan. Ini dirancang untuk menjadi penilaian triwulanan atau tahunan jangka panjang. Itu karena ruang lingkup pekerjaan jarang berubah setiap bulan.

Namun, KPI dapat disesuaikan dengan cepat dari bulan ke bulan berdasarkan keadaan. Dalam aspek ini, KPI lebih cair. Misalnya, pemotongan anggaran kecil akan mengubah pengeluaran pemasaran yang tersedia, yang mengubah semua KPI.

Struktur

Beberapa KPI dapat ditetapkan ke satu KRA, tapi tidak berlaku kebalikannya. Seorang manajer pemasaran dengan KRA untuk mencapai campaign pemasaran yang sukses dapat mengaitkan beberapa KPI untuk mengukur keberhasilan.

Misalnya, melacak tingkat konversi, margin keuntungan, biaya per akuisisi pelanggan, dan jumlah prospek atau pelanggan baru.

Terkadang, satu KPI tidak dapat menceritakan keseluruhan. Misalnya, situs web mungkin mendapatkan banyak lalu lintas tetapi sangat sedikit konversi. Ini berarti ada yang salah dengan KPI rasio konversi.

Oleh karena itu, manajer pemasaran dapat menyesuaikan copy, meningkatkan penawaran, atau menargetkan audiens yang lebih terarah untuk memastikan konversi yang lebih baik. Konversi yang lebih tinggi pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Key Result Area
Key Result Area

KRA didasarkan pada misi dan aspirasi organisasi Anda. Mereka diciptakan berdasarkan visi besar perusahaan. Perusahaan yang menghargai layanan pelanggan akan menetapkan KRA terkait untuk memastikan kepuasan pelanggan.

Sementara KPI sejalan dengan misi perusahaan, mereka seringkali dapat berubah berdasarkan hasil sebelumnya. KPI akan sering disesuaikan berdasarkan faktor-faktor seperti kinerja masa lalu karyawan, sasaran triwulanan, alokasi sumber daya, dll.

Terakhir, KRA menggambarkan tujuan strategis yang lebih agresif dan lebih berani, sementara KPI bertindak sebagai tolok ukur yang harus dicapai oleh setiap karyawan. KPI pada akhirnya mengarah pada pencapaian hasil yang diinginkan.

Kesimpulan

Key Result Area sangat penting bagi organisasi atau karyawan untuk mencapai keberhasilan. KRA membantu menentukan ruang lingkup pekerjaan atau departemen atau tujuan organisasi, dan menentukan hasil optimal dan hasil pekerjaan sehari-hari. Tentu saja penerapannya akan sangat berbeda, tergantung pada peran seorang karyawan atau tujuan spesifik suatu departemen atau organisasi.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari