Aplikasi Absensi untuk UMKM yang Bersaing di Era Digital

Penggunaan sistem aplikasi absensi untuk UMKM akan meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada era digital.

Aplikasi Absensi untuk UMKM

Daftar Isi

Penggunaan sistem aplikasi absensi untuk UMKM akan meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada era digital. Memang ada banyak aspek yang dibutuhkan agar bisnis UMKM bertahan dan menjangkau pasar lebih luas dan kompetitif. Salah satunya adalah memastikan sistemasi bisnis.

Menurut MSME Empowerment Report 2022, ada 65,4 juta UMKM di Indonesia yang telah mempekerjakan 114,7 juta orang atau 56% tenaga kerja di Indonesia. 83,8% pelaku UMKM melakukan digitalisasi untuk mendukung operasional bisnis mereka.

Operasional bisnis UMKM semakin meningkat dengan bantuan teknologi digital. Bukan hanya yang berkaitan langsung dengan penjualan, tapi juga bagaimana tim bekerja secara efisien. Salah satu teknologi digital untuk UMKM adalah penggunaan aplikasi absensi yang lebih dari sekedar mencatat kehadiran.

Apa Saja Manfaat Aplikasi Absensi untuk UMKM?

Aplikasi absensi untuk UMKM adalah salah satu solusi berbasis teknologi yang meningkatkan daya saing bisnis dari aspek paling mendasar. Manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh tim yang bekerja sehari-hari.

Begitu juga dari segi efisiensi biaya maintenance aset bisnis karena aplikasi absensi tidak memerlukan biaya tambahan untuk instalasi mesin absensi.

Menggunakan absensi online berbasis cloud akan memberi manfaat untuk bisnis UMKM dalam mengelola performa tim dengan lebih efisien, objektif, dan akurat.

Aplikasi Absensi untuk UMKM

Berikut adalah manfaat aplikasi absensi untuk UMKM yang langsung bisa dirasakan.

1. Menghemat Waktu dan Biaya

Setiap orang yang menjadi pelaku usaha di bidang apapun tentunya ingin memajukan usahanya. Sebisa mungkin hal itu dicapai dengan biaya hemat dan waktu singkat.

Di antara banyak tips sukses membangun UMKM, pemilik usaha tetap harus menentukan langkah strategis tentang apa yang seharusnya dilakukan.

Aplikasi absensi untuk UMKM dirancang untuk mempermudah berbagai kebutuhan administrasi karyawan. Dengan begitu, business owner bisa cepat fokus ke hal strategis yang mendatangkan keuntungan.

Karyawan tidak lagi mengisi lembar absensi manual atau berurusan dengan proses administrasi dan birokrasi yang lambat. Bukan hanya berfungsi sebagai alat rekap kehadiran hadiran, tapi juga membantu sistem penggajian, izin dan cuti, sampai terkait jadwal kunjungan klien.

Berbagai fitur lengkap di aplikasi absensi online Kerjoo juga telah membantu para pelaku usaha meningkatkan sistemasi pengelolaan tim mereka.

2. Memantau Aktivitas Tim Sales

Keberadaan klien sangat krusial bagi keberlangsungan UMKM, apalagi yang menjual jasa atau layanan. Khususnya yang harus ada proses penjelasan atau edukasi kepada calon customer Anda.

Dengan pertemuan atau meeting dengan klien, maka pelaku bisnis UMKM semakin paham apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh calon customer.

Melalui data kunjungan klien di aplikasi Kerjoo, tim sales dapat bekerja dengan lebih terstruktur. UMKM juga dapat mengalisis kondisi klien. Data tersebut bisa dipakai untuk landasan untuk menyusun langkah terbaik untuk kemajuan bisnis Anda.

3. Memastikan Tim Anda Melaksanakan Tugasnya

Saat tim bisnis UMKM masih sedikit, mungkin saja business owner masih bisa turun tangan untuk memantau bisnis dan kinerja tim. Tapi, seiring waktu, skala bisnis pun makin besar.

Omset bisnis meningkat dan tim yang dibutuhkan pun semakin banyak. Di sinilah pemilik usaha mulai membutuhkan solusi teknologi seperti aplikasi absensi untuk UMKM.

Dengan satu aplikasi, Anda bisa mengukur kedisiplinan tim berbagai divisi, menghitung dan membayar gaji, membayar upah lembur, memberi jatah cuti, dan melatih karyawan agar lebih mandiri dalam berbagai pekerjaan administrasi.

4. Sistem Pelaporan Mudah

Setelah memastikan tim melaksanakan tugasnya, selanjutnya adalah tentang sistem pelaporan. Aplikasi absensi juga dilengkapi dengan fitur pelaporan.

Sistemnya memudahkan manajemen untuk mengakses data kehadiran dan membuat laporan harian karyawan dengan cepat dan mudah. Ini termasuk tentang laporan pekerjaan harian beserta dokumen pendukungnya.

5. Bisa Akses dari Jarak Jauh

Karena beberapa urusan, pemilik bisnis kadang harus pergi ke beberapa tempat. Misalnya transaksi bisnis dengan klien, meeting di luar, follow up kerjasama bisnis, dan sebagainya.

Dengan demikian, bisnis UMKM perlu bisa memantau tim dari jarak jauh. Atau sebaliknya, bisnis Anda mungkin membutuhkan karyawan kontrak yang bekerja jarak jauh.

Karyawan yang bekerja dari jarak jauh atau dalam mode kerja fleksibel dapat menggunakan aplikasi absensi online untuk mencatat kehadiran tanpa harus berada di lokasi fisik.

Jadi, sejauh ini, solusi apa yang paling bisa Anda rasakan untuk memaksimalkan operasional bisnis Anda?

Strategi Terbaik Agar UMKM Mampu Bersaing di Era Digital

Sebelumnya telah Anda ketahui apa saja manfaat penggunaan aplikasi absensi untuk UMKM agar bisa bersaing di era digital. Selain itum sebenarnya apa saja yang seharusnya dilakukan oleh UMKM? Anda dapat menemukan jawabannya di bawah ini.

- Sistemasi Bisnis UMKM

Peningkatan sistemasi bisnis UMKM memerlukan pendekatan yang terencana. Satu hal mendasar yang wajib dilakukan adalah evaluasi proses bisnis yang berjalan sekarang.

Apakah tim Anda sudah memahami alur kerja, tanggung jawab, dan juga interaksi antar divisi? Selanjutnya identifikasi masalah, kebutuhan, dan tantangan yang ada pada proses bisnis saat ini.

- Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Tim

Sistemasi bisnis UMKM bisa mengalami hambatan dari sisi internal jika ada kekurangan dari pemahaman tim.

Khususnya terkait teknologi dan pendekatan baru yang diperlukan untuk bekerja. Pelatihan tentang penggunaan software baru seringkali diperlukan agar tim bisnis UMKM mampu menjalankan sistem dengan lebih efektif.

- Adaptasi Terhadap Perubahan

Perubahan dalam tren bisnis atau bahkan kondisi perekonomian dapat berpengaruh ke dinamika tim dan pola kerja sehari-hari. Ada saat di mana tim internal menghadapi sedikit kecemasan tentang perubahan di industri.

Pengelolaan perubahan yang baik diperlukan untuk mengatasi ketidakpastian dan menjaga semangat tim.

- Analisis Data untuk Pengambilan Keputusan

Hasil analisis data dapat memahami perilaku konsumen, tren pasar, dan kinerja bisnis UMKM. Ini membantu Anda mengambil keputusan yang didasarkan pada data yang akurat.

Aspek inilah yang dapat dipermudah oleh sistem teknologi aplikasi absensi untuk UMKM. Anda bisa melihat pola aktivitas tim Anda dari satu aplikasi untuk menilai seberapa disiplin dan antusias mereka pada pekerjaannya.

Aplikasi Absensi untuk UMKM yang Bersaing di Era Digital

- Investasi Terbaik pada SDM

Implementasi sistemasi bisnis seringkali memerlukan investasi dalam hal sumber daya. Khususnya sumber daya manusia (SDM) yang sama pentingnya dengan finansial dan infrastruktur teknologi.

UMKM dengan sumber daya terbatas mungkin menghadapi kendala dalam mengalokasikan sumber daya ini dengan efisien. Dengan SDM yang terbaik, maka berbagai kendala lebih mudah dihadapi.

- Bangun Tim Digital yang Kompeten

Selanjutnya, untuk menjadi kompetitif, pastikan untuk memangun tim internal yang memiliki keahlian di berbagai aspek digital, seperti digital marketing, analisis data, manajemen media sosial, dan pengembangan web.

Tim yang kompeten akan berkontribusi untuk mengembangkan bisnis dengan lebih efektif.

Libatkan tim internal dalam mengidentifikasi peluang teknologi baru yang dapat diterapkan dalam bisnis. Mereka dapat membantu mengembangkan solusi kreatif dan inovatif yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

Kesimpulan

Aplikasi absensi untuk UMKM bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi bisnis UMKM mulai dari review performa tim hingga penggajian dalam satu aplikasi.

Tracking tim sales juga dapat Anda jalankan dengan mudah. Sekarang Anda tak perlu khawatir untuk meningkatkan penjualan sekaligus memastikan performa tim internal.

Untuk mengatasi berbagai tantangan, penting bagi manajemen UMKM untuk berkomunikasi dengan tim secara terbuka, memberikan pelatihan yang diperlukan, mendukung adopsi perubahan budaya, dan mengalokasikan sumber daya dengan bijaksana.

Aplikasi absensi online memiliki banyak manfaat bagi bisnis UMKM, terutama dalam meningkatkan efisiensi operasional dan manajemen sumber daya.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari