Jenis Aplikasi Presensi Untuk Karyawan

Jenis aplikasi Presensi ada berbagai macam, dan saat ini Aplikasi presensi banyak dicari oleh perusahaan maupun HR specialist.

Jenis Aplikasi Presensi

Jenis Aplikasi Presensi ada berbagai macam, dan saat ini Aplikasi presensi banyak dicari oleh perusahaan maupun HR specialist. Karena kebutuhan akan pengelolaan karyawan semakin tinggi, seiring dengan tingginya tenaga kerja yang aktif bekerja di suatu perusahaan.

Di berbagai kota besar khususnya Jakarta, perusahaan yang menggunakan Aplikasi presensi sudah cukup banyak. Apalagi perusahaan yang memiliki pegawai yang bekerja secara mobile. Pekerjaan khusus tersebut hanya bisa terpantau oleh bantuan Aplikasi presensi ini.

Aplikasi Presensi Untuk Pegawai

Setiap perusahaan membutuhkan pegawai agar bisa menjalankan fungsi dan tujuan perusahaan. Setiap pegawai juga membutuhkan perusahaan untuk bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan. Kedua hubungan tersebut dapat tejalin jika antara keduanya terdapat media pengawas pekerjaan, salah satunya Aplikasi presensi untuk pegawai.

Pengertian Presensi Karyawan

Mungkin bagi Anda yang sudah lama bekerja sering mendengar istilah presensi, Persensi sendiri merupakan pencatatan kehadiran karyawan setiap kali mereka bekerja. Yakni saat karyawan masuk, istirahat dan keluar.

Tentu secara umum, semua karyawan memiliki jam kerja yang hampir sama, yakni 8 jam kerja dengan pengaturan shift yang berbeda-beda. Ada yang mulai bekerja dari pagi hari, ada juga yang mulai bekerja dari siang hari dan malam hari.

Tujuan Presensi Karyawan

Dengan aturan presensi ini kehadiran karyawan dapat tercatat dan terkelola dengan baik dalam pendataan oleh sorang HRD. Karena erat kaitannya dengan performa kerja dan gaji karyawan itu sendiri. Setiap karyawan juga memiliki hak untuk mengajukan izin, cuti dan lembur, hal itu termasuk dalam pendataan presensi karyawan.

Bayangkan ketika Anda sebagai seorang pemilik usaha, tentu menginginkan karyawan yang hadir tepat waktu dan memiliki performa kerja yang maksimal. Dan yang terpenting, pemilik usaha dapat mengakses data pertanggungjawaban dari seluruh karyawan atas performa kerja mereka selama waktu tertentu.

Jenis Aplikasi Presensi

Jenis Presensi Untuk Karyawan

Presensi pada suatu perusahaan terdiri dari berbagai macam metode, mulai dari manual, scan finger / wajah, kartu, hingga Aplikasi berbasis android. Di bawah ini beberapa jenis presensi untuk karyawan yang dapat Anda pertimbangkan untuk memilihnya.

1. Presensi Manual

Presensi manual biasanya proses pencatatannya dengan media kertas dan ballpoint. Kelebihan presensi jenis ini ialah tanpa menggunakan media elektronik. Namun kekurangannya, tim HR akan lebih lama dalam proses pengumpulan data apabila terdapat audit presensi, dan resiko data hilang / rusak lebih tinggi.

2. Fingerprint / Wajah

Kemudian presensi menggunakan fingerprint atau scan wajah, tipe presensi ini paling sering digunakan di perusahaan. Jenis presensi ini bisa mengkonfirmasi kehadiran dengan sidik jari atau pengenalan wajah. Namun, bagi karyawan yang bekerja jarak jauh, tidak akan terdata dalam mesin presensi jenis ini, karena biasanya hanya terletak di pintu masuk kantor.

3. Presensi Tap Kartu

Selain itu terdapat presensi tap kartu, presensi jenis ini jauh lebih simple namun beresiko terjadi kecurangan dalam penerapannya. Hal semacam ini yang membuat pemilik usaha kesulitan memantau kejujuran karyawan.

4. Aplikasi Presensi Online

Pada metode terbaru yang diusung oleh pengembang Aplikasi modern yakni Aplikasi Presensi Online. Misalnya pada Aplikasi Kerjoo, yaitu aplikasi yang dapat menggunakan handphone karyawan sebagai media absensi. Dengan teknologi biometric face recognition membuat proses absensi semakin valid dan tepat. Ayo Kita ulas lebih lanjut tentang jenis Aplikasi Presensi, bagaimana menggunakannya dan apa saja fiturnya.

Jenis Aplikasi Presensi Untuk Karyawan

1. Software Presensi Berbasis Desktop

Yaitu aplikasi yang hanya bisa berjalan di perangkat PC komputer atau laptop. Jenis absensi yang menggunakan finger print / wajah yang terletak di pintu masuk perusahaan biasanya menggunakan jenis desktop. Karena proses export data hanya bisa melalui perangkat komputer.

Kekurangannya, cara seperti ini biasanya merepotkan HRD saat masa audit. Tak jarang terdapat data yang masih harus melakukan penginputan secara manual, apalagi untuk karyawan yang bekerja mobile / tidak di kantor.

2. Aplikasi Presensi Berbasis Mobile

Aplikasi jenis mobile ini biasanya merupakan Aplikasi yang khusus di jalankan pada media handphone dan tablet. Seperti Android, iOS dan Windows phone. Namun Aplikasi ini bersifat final / standalone. Yang memiliki kekurangan tidak adanya update maupun backup data ketika terjadi kesalahan operasi.

3. Aplikasi Presensi Berbasis Web / Online

Sesuai namanya Aplikasi ini berbasis web atau online. Artinya dapat di akses melalui desktop, android iOS dan lain sebagainya, asalkan device tersebut terhubung dengan internet. Software jenis ini yang paling ideal untuk presensi karyawan, sebab dari segi keamanan, kemudahan dan kecepatan software ini sangat bisa diandalkan.

Misalkan pada Aplikasi presensi Kerjoo, karyawan hanya perlu mengakses Aplikasi melalui ponsel mereka, dari lokasi manapun dan jam berapapun tergantung pada setelan pola kerja oleh admin Aplikasi tersebut.

Keunggulan Aplikasi Presensi Kerjoo

1. Hemat Biaya

Karyawan sudah bisa menginstal software ini tanpa harus membeli alat absensi, cukup mengunduh di playstore / appstore pada ponsel mereka masing-masing. Dari sisi perusahaan, biaya berlangganan Aplikasi ini sangat terjangkau, yakni Rp.8999 per karyawan. Artinya jika Anda memiliki perusahaan dengan jumlah karyawan 10. Anda cukup membayar 8.900.000 perbulan

2. Server Cepat

Kecepatan merupakan faktor utama Aplikasi tersebut berjalan baik atau tidak, apalagi jika yang menggunakan Aplikasi cukup banyak. Seperti pada perusahaan besar, saat karyawan secara serentak login dan melakukan presensi, server haruslah mampu menampung itu. Seperti kecepatan Aplikasi Kerjoo yang mengunakan server dari Amazon Web Service.

3. Aplikasi Mudah Digunakan

Sebaiknya, Aplikasi presensi haruslah mudah digunakan, karena presensi sendiri merupakan kegiatan krusial pada waktu-waktu tertentu. Selain mudah dalam penggunaan, Aplikasi Kerjoo juga mudah dalam hal pengaturan pola kerja. Apalagi, tim dari Aplikasi Kerjoo sangat cepat merespon pertanyaan pelanggan.

Coba Aplikasi kerjoo disini :

Jenis Aplikasi Presensi
Jenis Aplikasi Presensi