Menyiapkan Tempat yang Nyaman Untuk Bekerja dari Rumah

Menyiapkan Tempat yang Nyaman Untuk Bekerja dari Rumah

Daftar Isi

Bekerja dari rumah bukanlah fenomena baru, tetapi pandemi COVID-19 telah menjadikannya persyaratan yang tidak direncanakan bagi banyak pekerja kantoran. Bahkan ketika krisis virus corona akhirnya menurun, banyak pengusaha akan berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan gedung perkantoran yang besar. Banyak karyawan merasa bahwa mereka tidak perlu berada di kantor setiap hari atau menghabiskan waktu berjam-jam untuk pulang pergi.

Seiring penyebaran COVID-19, semakin banyak dari kita sekarang bekerja dari rumah, banyak di antaranya untuk pertama kalinya. Salah satu tatanan bisnis pertama: menyiapkan ruang kerja dari rumah yang berfungsi dan senyaman mungkin. Karena kita semua berusaha menghindari pergi ke cafe dan banyak yang saat ini tutup, idealnya Anda ingin membuat tempat kerja darurat ini menggunakan barang-barang yang Anda miliki di sekitar rumah.

Di bawah ini adalah beberapa panduan untuk menyiapkan tempat WFH yang nyaman. Yuk, disimak!

Buat Ruang Kantor Khusus

Apakah Anda memiliki rumah yang luas atau apartemen kecil, penting untuk membuat area kerja khusus. Ruang yang terpisah dengan ‘kehidupan rumah’ Anda. Jika ada, ruangan khusus yang disiapkan sebagai kantor itu memang hebat. Tapi setidaknya meja atau bahkan tempat tertentu di meja dapur yang Anda kaitkan dengan hanya keperluan kerja itu penting.

Ini akan membantu Anda merasa seolah-olah akan ‘pergi’ ke kantor setiap hari, meskipun sebenarnya Anda hanya beberapa langkah dari tempat tidur. Saat Anda dalam mode kerja alih-alih hanya duduk-duduk di rumah, Anda pasti akan melihat peningkatan dalam fokus dan produktivitas Anda.

Tetap Teratur dan Bersih

Mereka mengatakan ruang yang berantakan mengarah ke pikiran yang berantakan, dan bagi kebanyakan orang pepatah ini terdengar benar. Sederhananya, kekacauan di ruang kerja Anda dapat berkisar dari terganggu oleh beberapa orang, hingga benar-benar menimbulkan stres. Jadi, pastikan Anda tidak memiliki tumpukan cucian dan piring yang tergeletak di sekitar dan perlakukan meja Anda dengan cara yang sama seperti meja kantor. Rapikan di akhir setiap hari kerja dan buat penyimpanan yang cukup ruang untuk dokumen serta barang terkait pekerjaan lainnya.

Bekerja dari Rumah

Rancang Tata Letak Ruang Anda Berdasarkan Kebutuhan

Penelitian menunjukkan bahwa pengaturan tempat kerja menyesuaikan dengan preferensi pribadi karyawan mereka. Dengan beberapa lingkungan yang disiapkan untuk berbagai persyaratan; kolaborasi, fokus, rapat, dll. Bagaimana Anda mendesain ruang kantor rumah Anda tidak hanya akan ditentukan oleh seberapa banyak ruang yang Anda miliki, tetapi juga kebutuhan bisnis Anda.

Apakah Anda perlu mengadakan rapat atau memiliki klien untuk dikunjungi? Apakah Anda memerlukan sofa atau area lain untuk diduduki oleh tamu? Saat bekerja dari rumah, penting untuk mempertimbangkan semua faktor ini dan memastikan penyiapan memungkinkan Anda menetapkan apa yang ingin Anda capai setiap hari.

Pastikan Anda Memiliki Teknologi yang Sesuai

Salah satu pemblokir terbesar untuk ruang kantor rumah yang produktif adalah apakah Anda memiliki teknologi yang Anda butuhkan. Jika memungkinkan, atur teknologi kantor rumah Anda persis seperti jika Anda berada di kantor. Ini akan berubah berdasarkan kebutuhan pekerjaan Anda tetapi mungkin berarti menyiapkan item seperti headset telepon, beberapa monitor, printer atau mesin fotokopi.

Penting juga untuk memastikan Anda memiliki program komputer yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan Anda. Jika Anda memiliki anggaran terbatas dan tidak memiliki akses ke semua program yang Anda sukai tak apa. Anda akan sering menemukan alternatif online gratis atau murah yang bagus, jadi pastikan untuk meluangkan waktu menjelajahi pilihan Anda.

Sempatkan Nikmati Pemandangan Luar

Ada alasan orang keluar untuk mencari udara segar ketika mereka perlu bersantai atau memulihkan tenaga. Jadi, jika Anda mungkin dapat mengatur kantor dirumah Anda di dekat jendela dengan pemandangan luar. Anda secara otomatis akan merasa lebih baik daripada jika Anda terjebak di dalam sepanjang hari.

Jika tidak memungkinkan, pertimbangkan untuk menggantungkan beberapa foto atau lukisan alam atau lanskap yang Anda sukai. Tentu saja, tanaman dalam ruangan sangat disukai. Memiliki tanaman hijau di sekitar Anda akan membantu perasaan sejahtera Anda secara keseluruhan, meningkatkan kreativitas dan produktivitas Anda.

Buat Senyaman Mungkin, Tapi Jangan Terlalu Santai

Dalam hal produktivitas dan kreativitas, ada perbedaan tipis antara menciptakan lingkungan yang bebas stres dan santai. Tetapi tetap mempertahankan tingkat profesionalitas, ya. Bekerja dari tempat tidur Anda mungkin mengambil tingkat relaksasi terlalu jauh tetapi memastikan bahwa suasana kantor rumah Anda mengundang dan nyaman adalah kuncinya. Seperti yang Anda lakukan jika Anda mengatur meja Anda di kantor komersial dengan barang-barang pribadi.

Jaga Agar Ruangan Tetap Terang

Tidak hanya lebih hemat energi untuk memanfaatkan cahaya alami, cahaya alami juga akan meningkatkan perasaan sejahtera Anda secara keseluruhan. Jika rumah Anda secara alami cukup gelap, cobalah untuk membuat pencahayaan sedikit. Karena ini adalah nada yang paling mendekati pencahayaan alami. Ruangan yang cukup terang juga dapat dicapai dengan menggunakan berbagai jenis lampu yang sesuai dengan ruangan. Jadi pikirkan apakah beberapa lampu tambahan dapat bermanfaat bagi kantor rumah Anda.

Perhatikan Tingkat Kebisingan

Terlalu banyak atau terlalu sedikit kebisingan dapat sama-sama mengganggu. Setiap orang benar-benar berbeda dalam hal tingkat kebisingan optimal mereka saat bekerja. Bagi sebagian orang, kesunyian total dapat mengganggu dan menguras tenaga, sehingga kebisingan sekitar atau bahkan musik yang hening dapat meningkatkan produktivitas dan merangsang kreativitas. Bagi orang lain, kebisingan latar belakang dapat mengalihkan fokus Anda, jadi mencari tahu apa yang tepat untuk Anda mungkin memerlukan sedikit waktu dan berubah tergantung pada suasana hati Anda dan apa yang sedang Anda kerjakan.

Sediakan Makanan Ringan dan Minuman

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menunda-nunda selain berjalan-jalan ke dapur untuk minum teh. Atau memutuskan untuk menyiapkan beberapa makanan ringan sepanjang hari – jadi mengatur dengan persiapan makanan dan memiliki akses ke minuman di tempat kerja sama pentingnya di kantor rumah.

Jika Anda seorang peminum teh yang berat, pertimbangkan untuk membuat sepoci teh di pagi hari yang dapat Anda simpan di meja Anda. Atau, jika Anda menyukai kopi, coba sedekat mungkin dengan mesin pembuat kopi dengan ruang kantor Anda. Menyiapkan camilan dan makan siang lebih awal agar Anda tidak pergi berjam-jam untuk membeli atau memasak apa pun dari awal di tengah hari juga disarankan.

Kesimpulan

Ini mungkin terdengar nyaman, tetapi jika memungkinkan, sebaiknya hindari bekerja di tempat tidur Anda. Jika tidak, Anda akan mulai mengasosiasikan tempat tidur Anda dengan pekerjaan dan mungkin sulit tidur di malam hari. Dan jika Anda bekerja dari sofa, duduk di tempat yang sama setelah bekerja untuk sesi menonton pesta Netflix akan terasa kurang santai. Bahkan di rumah kecil, cobalah untuk membuat ruang kerja yang terpisah dari zona relaksasi Anda untuk menciptakan jarak mental. Selamat mencoba, ya!

 

bekerja dari rumah

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari