Memilih Coworking Space yang Tepat untuk Remote Working

Memilih Coworking Space

Daftar Isi

Apakah Anda tertarik bekerja dari coworking space ketika jarak jauh (remote working)? Coworking space menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak diragukan lagi, ini adalah pilihan tepat untuk pemilik bisnis atau pemberi kerja yang dapat beroperasi secara online. Dengan coworking space, bisnis bisa lebih menghemat, membangun jaringan, dan mendorong kreativitas karyawan.

Tetapi apakah coworking space dirancang untuk mendukung produktivitas? Ada banyak penelitian yang menemukan bahwa tata letak kantor terbuka berdampak negatif pada kinerja karyawan, dengan kebisingan latar belakang yang konstan dan gangguan lain yang menyebabkan stres tingkat tinggi dan kelelahan emosional.

Di sisi lain, penelitian global yang lebih baru menemukan bahwa 74% pekerja merasa lebih produktif sejak bekerja di coworking space.

Apa itu Coworking Space?

Pada dasarnya, coworking space adalah lokasi di mana lantai umum workstation disewakan dalam kontrak jangka pendek atau panjang kepada penyewa, biasanya diberikan dalam rencana bulanan.

Kontrak tersebut tidak hanya mencakup ruang yang Anda sewa, tetapi juga fasilitas lain seperti listrik, akses internet, furnitur untuk ruang kerja Anda, dan banyak lagi.

Ini berarti Anda tidak perlu menyiapkan ruang kantor sendiri, membeli furnitur, mengontrak penyedia internet, atau menangani manajemen umum kantor.

Anda cukup menyambungkan ke pengaturan terorganisir untuk memulai pekerjaan Anda. Pengeluaran massal dan waktu tunggu yang lama dengan kantor tradisional dihilangkan begitu saja di ruang kerja bersama.

Alternatif yang hemat biaya dan disederhanakan untuk kantor tradisional sangat bagus untuk freelancer, solopreneur, dan pemula. Bahkan untuk siapa saja yang ingin meluncurkan dan membangun operasi mereka tanpa dibebani tugas tambahan, yang tidak terkait langsung dengan pekerjaan mereka sendiri.

Meskipun demikian, beberapa orang masih belum mendapatkan manfaat tambahan bekerja dari coworking space terhadap produktivitas dan efisiensi, kesejahteraan, moral, atau kreativitas Anda.

Jadi, bagaimana cara memilih coworking space yang menguntungkan kreativitas, hasil, dan tujuan profesional Anda?

Memilih Coworking Space

Berikut adalah panduan utama kami tentang beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih coworking space untuk bekerja:

Lokasi

Lokasi coworking space Anda dapat menjadi faktor besar dalam seberapa besar nilai yang Anda peroleh dari keanggotaan Anda. Terletak di lingkungan bergengsi dapat membuat klien potensial terkesan.

Memiliki kenyamanan dalam jarak berjalan kaki (atau dalam beberapa menit dengan kendaraan pilihan Anda) juga merupakan nilai tambah yang besar.

Memeriksa di mana potensi coworking space Anda dapat dengan mudah memengaruhi keputusan Anda. Selain berada di bagian tengah kota dengan banyak kenyamanan, Anda juga ingin ruang Anda berada di dekat akomodasi Anda jika memungkinkan.

Ketersediaan dan harga parkir juga menjadi pertimbangan penting. Di beberapa kota, parkir bisa langka atau mahal jika tidak termasuk dalam keanggotaan rekan kerja Anda.

Penyewa

Saat memilih coworking space, ada baiknya untuk melihat daftar penyewa yang menempati ruang tersebut. Jika Anda seorang freelancer dan sedang mencari peluang jaringan, memilih coworking space yang memiliki profesional dari berbagai domain kerja dapat membuka banyak pintu untuk bertemu dengan pekerja yang berpikiran sama.

Tidak ada yang lebih baik daripada bekerja di lingkungan yang periang dengan orang-orang yang penuh semangat.

Kemudahan akomodasi

Salah satu alasan orang meninggalkan pekerjaan adalah karena waktu yang diperlukan untuk menghabiskan terlalu banyak waktu untuk pergi ke kantor.

Kabar baiknya adalah, sekarang setelah Anda bekerja untuk diri sendiri, Anda dapat menyingkirkan bagian hari yang membuat frustrasi itu.

Memulai hari Anda bebas dari kemacetan lalu lintas atau transportasi umum benar-benar dapat memberikan keajaiban bagi produktivitas dan kesejahteraan Anda.

Selain itu, jika Anda berencana untuk mempekerjakan staf, tempat yang mudah untuk bepergian jelas merupakan kriteria utama bagi hampir semua orang.

Memilih Coworking Space

Fasilitas

Coworking space harus memiliki semua fasilitas utama yang diharapkan seseorang dari tempat kerjanya. Perlu diingat bahwa ruang kerja yang lengkap pasti ada harganya, jadi cobalah memilih ruang yang tidak mengganggu keseimbangan antara ekonomis dan nyaman.

Anggaran

Setelah Anda menemukan tempat dengan suasana yang baik dan fasilitas yang tepat, lanjutkan ke harga. Jika bisnis Anda memiliki anggaran yang ketat, mungkin lebih baik jika karyawan bekerja dari rumah sampai Anda mampu membeli ruang kerja bersama.

Jika Anda tidak yakin ke mana arah bisnis Anda dalam beberapa bulan mendatang, jangan menandatangani kontrak selama setahun. Tidak peduli apa yang mereka katakan kepada Anda, perjanjian ini bisa menyulitkan.

Memilih ruang kerja bersama bisa jadi sulit, tetapi jika Anda mengevaluasi semua opsi dengan cermat, Anda dapat menemukan ruang yang tepat untuk pekerja jarak jauh Anda.

Ruang kerja yang baik akan membuat mereka merasa seperti di rumah, meningkatkan produktivitas, dan memungkinkan mereka membuat koneksi bisnis yang berharga. Siapa tahu? Mereka mungkin sangat menyukainya sehingga mereka tidak pernah ingin pergi.

Ini adalah faktor yang sangat penting dalam memilih coworking space. Saat memulai bisnis baru, ada banyak investasi yang terlibat. Anda pasti ingin menjaga pengeluaran Anda ke tingkat minimum.

Jadi, pilih coworking space yang sesuai dengan anggaran Anda. Melihat sewa bulanan Anda menjadi kewajiban untuk Anda adalah hal terakhir yang Anda inginkan.

Memilih Coworking Space

Lingkungan kerja

Lingkungan Anda dan jumlah gangguan yang ditimbulkannya adalah penentu besar seberapa cepat Anda akan membuat kemajuan dalam proyek Anda. Bekerja di kafe sering kali menimbulkan gosip cekikikan yang keras. Di sisi lain, anggota keluarga dan tugas-tugas rumah tangga selalu membutuhkan Anda saat bekerja di rumah.

Ruang kerja bersama berpotensi menjadi ruang kerja bebas gangguan yang terjangkau, tetapi juga tidak sempurna. Beberapa ruang membawa obrolan berlebihan dari anggota yang berkolaborasi dalam proyek bersama. Ruang lain terlalu panas atau dingin untuk bekerja dengan nyaman dalam waktu lama.

Mungkin yang paling penting, beberapa ruang mungkin tidak memiliki tipe tempat duduk yang Anda sukai. Tidak semua coworking space memiliki meja berdiri, kursi ergonomis, dan beanbag.

Namun, jenis pengaturan tempat duduk ini memiliki manfaat kesehatan yang besar dan kemampuan untuk meningkatkan produktivitas Anda. Saat mencoba menentukan apakah coworking space memiliki lingkungan kerja yang sesuai, mengunjungi ruang tersebut adalah cara terbaik untuk mengetahuinya.

Tempat duduk yang nyaman

Setiap coworking space memiliki desain kreatif dan lingkungan yang unik. Dengan semakin banyak ruang kerja yang bermunculan setiap hari, dan lonjakan kerja bersama saat ini, banyak yang telah meningkatkan kecenderungan mereka untuk berinvestasi dalam elemen desain, acara, dan tata letak kreatif.

Namun desain yang dibuat oleh seseorang tidak selalu menghasilkan pengalaman atau user experience yang diharapkan. Atau dengan kata lain dan untuk rekapitulasi: pastikan tempat Anda yang sebenarnya, tempat Anda akan duduk, baik untuk Anda.

Sekarang apa yang baik bagi Anda? Itu tentu saja tergantung pada apa yang Anda cari. Nah, kalau begitu selamat mencari coworking space yang cocok, ya!

Kerjoo.com juga memahami pentingnya fleksibilitas kerja, misalnya melalui fasilitas aplikasi absensi yang higienis dan tidak perlu memakai bergantian dengan orang banyak. Prosesnya juga mudah karena aplikasinya tersedia di handphone masing-masing dan mudah dari manapun dan kapanpun.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari