Ciri-Ciri Karakter yang Harus Anda Miliki di Tempat Kerja

karakter karyawan di tempat kerja

Daftar Isi

Di tempat kerja, sebagian orang tidak mudah untuk menyesuaikan diri. Banyak dari kita sudah menyesuaikan diri untuk bekerja dari rumah, kenyataannya tetap tidak mudah untuk mengekspresikan diri saat meeting online jarak jauh lainnya. Ciri-ciri karakter Anda, yang menentukan siapa Anda dan bagaimana Anda berperilaku dalam situasi tertentu, sulit untuk diungkapkan melalui layar. Selain itu, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda menampilkan kualitas terbaik Anda.

Ciri-ciri karakter dalam hal ini sangat penting di tempat kerja. Menunjukkan karakter yang diinginkan dapat membantu Anda mendapatkan promosi, membangun jaringan, dan mengembangkan karier Anda lebih jauh. Ketika Anda membangun karakteristik positif ini, Anda biasanya senang bekerja bersama di industri mana pun.

Itulah mengapa kami menyusun daftar ciri-ciri karakter utama untuk ditampilkan, ditingkatkan, dan ditanamkan ke dalam pekerjaan Anda setiap hari.

Apa Ciri-Ciri Karakter?

Ciri karakter adalah aspek tertentu dari perilaku seseorang berdasarkan keyakinan, tanggung jawab etis, kepribadian secara keseluruhan, dan moral. Orang biasanya memperhatikan karakter Anda ketika mereka melihat seberapa baik Anda mendekati situasi atau peluang tertentu. Banyak supervisor menghargai karyawan dengan karakter positif dan profesional karena mereka dapat secara teratur menggunakan karakter tersebut untuk menyelesaikan tugas dan menyerahkan pekerjaan yang berharga. Sudah memiliki ciri-ciri karakter yang mengesankan biasanya berarti Anda dapat dengan mudah mengembangkannya lebih jauh untuk tampil lebih efektif dalam karier Anda.

1. Dapat Diandalkan

Salah satu karakter termudah untuk dikembangkan meskipun ruang kerja virtual kita adalah dapat diandalkan. Jika Anda terus memenuhi tenggat waktu, datang ke rapat tepat waktu, dan menyerahkan pekerjaan di atas rata-rata, Anda dapat dengan mudah menumbuhkan persona yang andal di kantor. Meskipun sebagian besar dari ini mungkin tampak kecil, kenyataannya adalah bahwa atasan dan rekan kerja Anda akan memperhatikan ketika sifat-sifat ini tidak ada. Karenanya, membangun pola pikir yang dapat diandalkan adalah hal yang mudah, terutama sekarang.

Ciri – Ciri Karakter

2. Memiliki Motivasi

Di sisi lain, motivasi adalah salah satu ciri-ciri karakter yang lebih sulit untuk ditampilkan di layar. Tetapi motivasi dan komitmen Anda terhadap pekerjaan Anda dapat terlihat dalam antusiasme Anda pada pertemuan tim dan inisiatif untuk memimpin, belum lagi dalam diskusi empat mata dengan rekan kerja di mana energi menular Anda dapat disalurkan.

Seorang karyawan yang termotivasi menyadari gambaran yang lebih besar, tidak hanya berfokus pada kesuksesan mereka sendiri tetapi juga pada tujuan untuk seluruh perusahaan. Begitu banyak dari kita telah kehilangan motivasi selama pandemi, jadi meskipun menunjukkan sifat ini mungkin sedikit lebih sulit, itu pasti akan membantu Anda menonjol dari rekan-rekan Anda dengan cara yang mungkin tidak dapat diandalkan.

3. Cenderung Independen

Setiap tempat kerja menyukai pekerja grup, tetapi kemandirian sama pentingnya. Karyawan independen menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu pengingat terus-menerus dari rekan kerja atau check-in dengan manajer mereka. Jika Anda menghabiskan waktu berdua dengan kolega Anda untuk melewati tenggat waktu yang akan datang. Kemungkinan Anda tidak dianggap sebagai orang yang mandiri.

Selain itu, ciri-ciri karakter karyawan independen menyusun waktu mereka secara efisien dan menyampaikannya juga. Daripada hanya berfokus pada tugas selama jangka waktu tertentu, blokir periode itu di kalender kerja Anda. Dan atur hari Anda sehingga kolega Anda juga dapat memeriksa dan melihat bahwa Anda mengambil inisiatif untuk menyelesaikan tugas, secara mandiri.

Ini sangat membantu mengingat kita semua bekerja dari jarak jauh dan hampir tidak mungkin atasan dan rekan kerja Anda memahami sepenuhnya pekerjaan yang Anda selesaikan secara mandiri. Tapi, dalam mengatur jadwal Anda, Anda bisa menunjukkan kemandirian yang sulit untuk disampaikan.

4. Ciri-ciri Karakter Kreatif

Tidak semua lingkungan kantor menumbuhkan kreativitas, atau pekerjaan membutuhkannya dalam deskripsinya. Tetapi hal itu merupakan sifat karakter yang penting untuk dikembangkan di tempat kerja.

Meskipun Anda tidak berada dalam bidang pekerjaan yang kreatif, tetapi itu adalah hal yang penting. Menunjukkan kreativitas dengan klien atau selama rapat, menawarkan ide-ide unik, atau menyampaikan informasi dengan cara baru dapat membantu. Meskipun sulit untuk menemukan waktu untuk menjadi kreatif. Dengan bekerja dari rumah lebih mudah dari sebelumnya untuk menjauh dari layar, berjalan-jalan, dan biarkan kreativitas menemukan Anda melalui berbagai aktivitas.

Tidak semua orang dapat dengan mudah duduk dan bertukar pikiran tentang solusi kreatif untuk suatu masalah, tetapi menggunakan lingkungan terpencil untuk keuntungan Anda dapat membantu membangun keterampilan ini lebih baik daripada yang Anda bayangkan berada di tempat kerja.

5. Empati

Selama pandemi, khususnya, empati sangat bermanfaat. Ciri kepribadian inilah yang membedakan pemimpin dari pengikut. Mampu menempatkan diri Anda pada posisi orang lain, memahami keadaan mereka, dan memperkuat orang lain sangat penting di tempat kerja saat ini. Orang bisa merasakan saat Anda bersikap tulus sehingga sulit untuk ‘berpura-pura sampai Anda berhasil’ dengan ciri karakter ini, tetapi itu penting di setiap arena.

6. Fleksibel

Fleksibilitas adalah salah satu ciri-ciri karakter terpenting. Kemampuan untuk berpindah dari satu proyek ke proyek berikutnya karena tenggat waktu yang tidak terduga. Atau bersikap fleksibel dan tersedia untuk berbicara dengan klien dengan cepat. Atau hanya terbuka untuk bekerja dari jarak jauh selama 12-15 bulan. Semuanya merupakan kualitas yang berguna untuk dimiliki sebagai rekan kerja.

Dalam lingkungan virtual, ini mungkin salah satu ciri kepribadian yang paling mudah untuk ditekankan dan diperbaiki. Meskipun kita semua bosan dengan panggilan Zoom. Waktu pemakaian perangkat, mempertahankan sifat mudah beradaptasi selama waktu-waktu ini yang berhubungan dengan situasi baru dengan sikap positif tidak akan luput dari perhatian atau tidak dihargai.

ciri-ciri karakter

Ciri-ciri Karakter Apa Lagi yang Dibutuhkan?

Apa lagi ciri-ciri karakter yang dibutuhkan? Yang ini tidak kalah pentingnya. Tidak ada yang suka dengan sikap sombong. Ya, ada waktu dan tempat untuk ‘menyombongkan diri’ tentang pekerjaan Anda, tetapi pertahankan agar tetap masuk akal. Manajer mencari pemain tim, jadi orang yang memberikan kredit pada waktunya dan tidak memuji kontribusi atau kesuksesan pribadi mereka sendiri. Meskipun ada waktu dan tempat untuk menyombongkan diri dan menekankan pencapaian Anda sendiri — seperti saat wawancara kerja. Setelah Anda bergabung dengan tim atau memasuki perusahaan, kerendahan hati berbicara lebih keras.

Kesimpulan

Banyak karyawan yang sukses menggunakan karakter mereka setiap hari untuk bekerja secara efektif dalam peran mereka. Pikirkan tentang keterampilan dan kualitas yang Anda miliki untuk membantu Anda lebih memahami apa karakter utama Anda. Menyadari karakter yang Anda miliki membantu Anda mengembangkannya lebih jauh untuk meningkatkan kinerja kerja Anda. Pelajari lebih lanjut tentang apa ciri-ciri karakter Anda dan bagaimana ciri-ciri itu biasanya digunakan di tempat kerja.

coba gratis
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari