Mengenal Pengertian Laporan, Fungsi, Manfaat, Ciri dan Contohnya

Secara umum, laporan biasa digunakan dalam urusan bisnis, perkantoran, mata pelajaran, urusan teknis, maupun di tempat kerja. Laporan berkonsentrasi pada fakta yang berfungsi untuk menyampaikan informasi mengenai suatu hal yang harus dipertanggungjwabkan.

Contoh laporan

Daftar Isi

Secara umum, laporan biasa digunakan dalam urusan bisnis, perkantoran, mata pelajaran, urusan teknis, maupun di tempat kerja. Laporan berkonsentrasi pada fakta yang berfungsi untuk menyampaikan informasi mengenai suatu hal yang harus dipertanggungjwabkan.

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata laporan memiliki arti segala sesuatu yang dilaporkan atau sebuah berita.

Pengertian Laporan, Fungsi, dan Manfaatnya

Laporan sendiri merupakan gambaran dari 5W1H. Berisi tentang apa (what) yang telah terjadi, di mana (where) kejadian itu berlangsung, kapan (when) peristiwa tersebut terjadi, mengapa (why) hal itu bisa terjadi, dan siapa (who) yang bertanggung jawab terhadap sesuatu yang telah terjadi itu, serta bagaimana (how) kejadiannya.

Dalam menjalankan kegiatan suatu organisasi maupun perusahaan, laporan merupakan hal yang sangat penting. Laporan dapat menjadi salah satu alat yang resmi untuk menyampaikan informasi secara lengkap dan objektif, tentang semua masalah yang relevan.

Jadi, laporan adalah sesuatu yang digunakan sebagai penyampaian informasi berisi fakta mengenai suatu hal, baik secara lisan maupun tulisan.

Informasi yang disampaikan melalui laporan juga bisa bermacam-macam isinya, tergantung kebutuhan. Mulai dari informasi tertentu hingga pertanggungjawaban akan suatu hal.

Fungsi Laporan

1.      Sebagai bahan pendukung pengambilan keputusan

2.      Sebagai bahan analisis

3.      Sebagai alat pengawasan

4.      Sebagai bahan evaluasi

5.      Sebagai bahan pertanggungjawaban

6.      Sebagai alat menyampaikan sebuah informasi

Manfaat Laporan

  1. Laporan digunakan sebagai sumber informasi.
  2. Laporan dapat memandu perbaikan dalam menyusun rencana kegiatan selanjutnya.
  3. Membantu penetapan kebijakan secara cepat.
  4. Membantu mengetahui proses kegiatan
  5. Meningkatkan perkembangan kegiatan di masa yang akan datang.
  6. Membantu pencatatan dokumentasi.
  7. Membantu memecahkan masalah.

Ciri-Ciri Laporan

Contoh laporan
  1. Ringkas
    Dalam penulisan laporan, hal-hal pokok saja yang perlu disampaikan. Hal tersebut perlu disampaikan secara ringkas dan jelas.
  2. Sebuah laporan harus logis
    Sebuah laporan akan dianggap logis apabila keterangan yang dikemukakan dapat ditelusuri dengan alasan-alasan yang masuk akal.
  3. Lengkap
    Seseorang yang membuat laporan, harus mencantumkan informasi selengkap mungkin dalam poin-poin tertentu yang berkaitan dengan pelaporan.
  4. Ditulis secara sistematis
    Laporan akan dianggap sistematis apabila keterangan yang dituliskan disusun dalam satuan-satuan yang saling berhubungan dan secara berurutan.
  5. Berorientasi pada objektivitas
    Karena laporan sering digunakan untuk membantu pengambilan keputusan atau penyelesaian masalah, maka laporan pun harus dibuat secara objektif.

Informasi seputar laporan juga bisa dibaca pada artikel ini Menyusun Laporan Absensi Karyawan, Poin Apa yang Terpenting?

Jenis Laporan

Contoh laporan
  1. Laporan berdasarkan Waktu
  • Laporan insidental, yaitu sebuah laporan yang dibuat jika dibutuhkan.
  1. Laporan berdasarkan Sifat
  • Laporan biasa adalah sebuah laporan yang isinya bersifat biasa dan tidak rahasia, sehingga apabila laporan tersebut terbaca oleh orang lain tidak akan menimbulkan dampak negatif.
  • Laporan khusus. Laporan penting ini tentunya sebuah laporan yang isinya berisi hal penting dan bersifat rahasia, sehingga laporan jenis ini hanya boleh diketahui oleh orang-orang tertentu.
  1. Laporan berdasarkan Penyampaian
  • Laporan lisan adalah sebuah laporan yang disampaikan secara lisan atau secara langsung.
  • Laporan tertulis adalah sebuah laporan yang disampaikan secara tertulis seperti memo, surat, dan naskah.
  • Laporan visual adalah sebuah laporan yang disampaikan melalui penglihatan. Contoh laporan visual yaitu laporan melalui media power point dalam presentasi.
  1. Laporan berdasarkan Bentuk
  • Laporan berbentuk memo adalah laporan yang ditulis menggunakan memo.
  • Laporan berbentuk surat adalah sebuah laporan yang dibuat secara tertulis dalam bentuk surat.
  • Laporan berbentuk naskah adalah sebuah laporan yang disampaikan dalam bentuk naskah, baik itu dalam bentuk naskah pendek ataupun panjang.
  1. Laporan berdasarkan Isinya
  • Laporan informatif adalah sebuah laporan yang hanya berisi informasi saja.
  • Laporan analisis adalah sebuah laporan yang berisi tentang hasil analisis secara mendalam.
  • Laporan kelayakan adalah laporan yang isi laporannya berisi tentang hasil pemilihan, mana yang terbaik atau sebagai penentuan kelayakan.
  • Laporan pertanggungjawaban adalah laporan yang isinya tentang tanggung jawab atas tugas seseorang maupun kelompok kepada atasan yang memberikan penugasan tersebut.
  • Laporan rekomendasi adalah laporan yang isinya bersifat penilaian sekilas, tanpa adanya pembahasan lebih lanjut.

Informasi lain tentang laporan dapat dilihat melalui artikel ini: Tips Membuat Laporan Pekerjaan yang Lebih Efisien.

Contoh Laporan

Contoh laporan

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya sehingga penulis dapat menyusun laporan kunjungan industri secara virtual yang diselenggarakan pada tanggal 30 bulan Juni 2021 hingga selesai.

Tujuan penyusunan laporan kunjungan industri secara virtual ini untuk memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan strata satu Universitas Satu Nusa

Penulis menyadari bahwa penulisan laporan kunjungan industri secara virtual ini masih jauh dari kata sempurna. Maka penulis mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan dan kesempurnaan penulisan laporan kunjungan industri ini. Sehingga hasilnya dapat bermanfaat di bidang pendidikan dan dapat diterapkan di lapangan.

Sleman, 10 Juli 2021
Penulis

DAFTAR ISI

BAB I

PENDAHULUAN

Nama Kegiatan

Kunjungan Industri Secara Virtual Universitas Satu Nusa Bulan Juni 2021

Latar Belakang

Latar Belakang Kunjungan Industri

Kunjungan Industri merupakan suatu kegiatan tahunan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Satu Nusa. Kunjungan Industri ini suatu kegiatan yang di lakukan untuk mengunjungi sebuah perusahaan yang menjadi contoh kegiatan atau gambaran pekerjaan yang akan dilakoni oleh mahasiswa setelah lulus dari perguruan tinggi. Namun dikarenakan pandemi Covid-19 maka kunjungan industri tahun 2021 dilaksanakan secara virtual atau daring.

Pada kunjungan industri, mahasiswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Mahasiswa diberikan sebuah gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja.

Mahasiswa perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan. Jadi dengan adanya kunjungan industri mahasiswa diharapkan dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan atau dunia kerja dan juga dapat menambah berbagai ilmu pengetahuan tentang dunia industri.

Mahasiswa dituntut aktif untuk menggali informasi saat kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa dan proses produksi di bidang bisnis dan manajemen.

Mahasiswa juga harus mengetahui dan membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh disekolah. Mahasiswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang diperoleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.

Di UNIVERSITAS SATU NUSA tahun 2021 kegiatan studi banding atau kunjungan industri sendiri secara resmi diselenggarakan langsung oleh pihak kampus dan diwajibkan bagi seluruh mahasiswa UNIVERSITAS SATU NUSA yang berada di semester VI untuk mengikutinya sebagai salah satu syarat kelulusan. Kunjungan industri yang diselenggarakan pun disesuaikan dengan program studi yang ada di UNIVERSITAS SATU NUSA guna membantu mahasiswa untuk bisa lebih mempersiapkan diri dalam dunia kerja.

Tujuan / Manfaat

Tujuan

  • Mengenalkan kepada mahasiswa tentang dunia kerja yang sesuai dengan program studi yang ada di UNIVERSITAS SATU NUSA.
  • Mempersiapkan mahasiswa berupa berbagi ilmu dan pengalaman dari pakar terkait dunia kerja sesuai dengan program studi yang ada di UNIVERSITAS SATU NUSA.

Manfaat

  • Menambah wawasan mahasiswa terkait dunia kerja di bidang industri kreatif dan kebijakan terkait komunikasi dan informasi.
  • Memberikan pencerahan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan sejak dini dalam mengasah kemampuan yang dapat digunakan dalam dunia kerja nantinya.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan Kunjungan Virtual UNIVERSITAS SATU NUSA 2021 kali ini diadakan secara virtual melalui perangkat teleconference Zoom yang disajikan dalam bentuk webinar pada hari Rabu, 30 Juni 2021 pada pukul 09.00 sampai dengan 13.00 WIB. Kegiatan Kunjungan Industri tahun ini dilaksanakan secara virtual dikarenakan pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia sehingga tidak memungkinkan kegiatan kunjungan industri secara langsung.

BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI SECARA VIRTUAL

Kunjungan industri atau studi banding merupakan fasilitas penunjang mahasiswa yang diselenggarakan oleh pihak kampus UNIVERSITAS SATU NUSA untuk memperkenalkan dunia kerja kepada mahasiswa semester dan membekalinya dengan ilmu dan pengalaman yang dibagikan langsung oleh pakar atau orang yang berpengalaman dibidang tertentu.

Kegiatan ini merupakan langkah awal mahasiswa untuk mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja. Kunjungan industri atau studi banding yang diadakan UNIVERSITAS SATU NUSA wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang telah menginjak semester V pada masa studinya yang akan mendekati kelulusan mengingat perkuliahan mahasiswa UNIVERSITAS SATU NUSA pada jenjang S1 dan D-IV diselenggarakan selama kurang lebih delapan semester atau empat tahun.

Kunjungan industri atau studi banding biasa diadakan secara langsung yakni mengunjungi kantor atau lembaga secara terpisah sesuai dengan kebutuhan masing-masing program studi. Dari kegiatan tersebut, mahasiswa dapat mengetahui secara langsung seperti apa sistem kerja yang diterapkan oleh lembaga terkait dan juga kiat-kiat untuk mempersiapkannya.

Namun pada kegiatan kunjungan industri kali ini diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan Indonesia masih berada dalam pandemi covid-19 yang tidak dapat diprediksi perkembangannya sehingga mempersulit pergerakan menuju luar kota.

Karena pelaksanaan kegiatan kunjungan industri menjadi salah satu syarat kelulusan mahasiswa UNIVERSITAS SATU NUSA, maka kegiatan ini diadakan secara virtual yakni disajikan dalam bentuk webinar dan mengalami pungunduran waktu kegiatan yang seharusnya diadakan tahun 2020 menjadi tahun 2021.

Di tahun ini, kunjungan industri diadakan secara virtual dan disajikan dalam bentuk webinar atau hanya pemaparan materi dan diskusi atau tanya jawab, maka seluruh mahasiswa dari semua prodi dapat menyimak materi dari semua industri yang berbeda di Indonesia mulai dari tentang game, animasi, penyiaran dan informasi komunikasi publik.

Dengan pengadaan kunjungan industri secara virtual ini seluruh mahasiswa dari semua prodi di UNIVERSITAS SATU NUSA dapat mengenal dan mengetahui perkembangan dari berbagai industri yang di Indonesia.

Kunjungan industri virtual diisi dengan pemaparan dari industri-industri yang berkaitan dengan program studi di UNIVERSITAS SATU NUSA, yakni :

  1. Perusahaan game di Indoensia, Arsanesia
  2. Perusahaan animasi di Indonesia, Kumata
  3. Lembaga penyiaran oleh JPM TV dan NET TV
  4. Tugas dan fungsi Komisi Penyiaran Indonesia
  5. Tugas dan fungsi serta tanggung jawab Komisi Informasi Pusat.

Kegiatan berjalan dengan kondusif baik dari pemateri yang memberikan materi berupa pengalaman dan ilmu dari pakar dan juga antusias mahasiswa mengikuti kegiatan mulai dari mendengarkan materi yang dipaparkan hingga diskusi-diskusi mengenai topik yang sedang hangat maupun tips mempersiapkan diri di bidangnya masing-masing.

BAB III

PENUTUP

Hambatan

Kegiatan kunjungan industri yang diadakan secara virtual tahun 2021 ini memang menjadi satu-satunya alternatif yang bisa dilakukan dimasa pandemi saat ini.

Meskipun tidak dapat mengunjungi industri secara langsung akan tetapi mahasiswa masih bisa mengikuti serangkaian kegiatan dengan antusias dan tetap kondusif yakni dengan mendengarkan pemaparan materi dan berbagi ilmu serta pengalaman dari beberapa pakar kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara mahasiswa dengan pemateri.

Kegiatan kunjungan industri virtual ini memudahkan ketiga pihak yakni pihak penyelenggara, mahasiswa serta pemateri namun ada beberapa hal yang menjadi hambatan selama kegiatan dilaksanakan sehingga mengurangi esensi atau kaidah pelaksanaan kegiatan kunjungan industri itu sendiri diantaranya sebagai berikut :

  • Mahasiswa sebagai peserta tidak mendapatkan informasi secara rinci mengenai pelaksanaan kegiatan kunjungan industri virtual seperti rangkaian acara serta pemateri dan asal industri. Mahasiswa hanya mendapatkan informasi tentang waktu dan  tempat pelaksanaan serta format laporan pertanggungjawaban yang harus  disusun oleh mahasiswa setelah kunjungan industri selesai diadakan.
  • Mahasiswa sebagai peserta kunjungan industri tidak mendapatkan silabus materi yang akan didiskusikan selama kunjungan industri sehingga mungkin untuk beberapa mahasiswa tidak mengetahui materi apa saja yang akan didiskusikan selama kegiatan kunjungan industri.

Saran

Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual yang mana dapat menghemat anggaran, tenaga dan waktu tidak selamanya terhindar dari hambatan. Tentu ada hambatan-hambatan kecil yang kadang tidak disadari bahkan baru disadari ketika kegiatan sedang berjalan atau telah berakhir.

Terkait hambatan-hambatan yang terjadi selama kegiatan kunjungan industri virtual tahun 2021 yang telah dipaparkan diatas, maka saran yang bisa disampaikan melalui laporan pertanggungjawaban ini adalah :

  • Memberikan informasi dengan jelas terkait pelaksanaan kunjungan industri yang akan diselenggarakan sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan segala sesuatu sebelum mengikuti kunjungan industri.
  • Memberikan gambaran terkait industri yang akan memberikan pemaparan materi sehingga mahasiswa dapat mencari tahu lebih dulu terkait industri yang akan memberikan materi selama kunjungan industri.
  • Perihal waktu, disampaikan bahwa pukul 8.15 maksimal bergabung tapi baru di acc host pada jam 08.48. Mohon kedepannya agar lebih tepat waktu.
  • Untuk narasumber saran saya adalah materi yang disampaikan lebih mengarah pada praktik-praktik di lapangan bagaimana. Bukan membahas teori-teori lebih banyak. Penilaian saya terhadap narasumber saya yakin semua memiliki sudah ahli pada bidangnya masing-masing. Hanya saja menurut saya, yang bisa menyampaikan dengan cara yang menarik, tidak membosankan, menyenangkan dalam waktu singkat baru Pak Adam yang membahas seputar Game saja. Selain beliau, narasumber lain dari segi visual PPT menurut saya kurang menarik. Mohon kedepannya agar lebih diperhatikan. Apalagi ini kunjungan secara online. Demikian, terima kasih. Secara keseluruhan sudah cukup baik.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari