Contoh Notulen Rapat untuk Berbagai Keperluan

Adanya notulen memungkinkan untuk memantau kemajuan proyek atau tugas yang sudah ditetapkan.

Contoh Notulen Rapat

Daftar Isi

Saat Anda melakukan rapat dengan tim, tentu harus dibuat notulen rapat. Notulen bisa menjadi acuan yang dapat diakses kapan saja untuk memahami konteks dan detail rapat.

Notulen rapat atau minutes of meeting dapat ditulis dengan berbagai format. Yang terpenting, notulen memuat catatan resmi tentang apa saja yang dibahas dan diputuskan dalam rapat.

Adanya notulen memungkinkan untuk memantau kemajuan proyek atau tugas yang sudah ditetapkan. Pada artikel ini Anda bisa temukan contoh notulen rapat dan format penulisannya.

contoh notulen rapat

Poin-poin Penting di Dalam Notulen Rapat

Ada banyak contoh notulen rapat, dan di dalamnya harus mencakup poin informasi penting. Berikut adalah poin-poin penting yang harus ada di dalam notulen rapat;

1. Informasi Dasar

Poin penting pertama dari notulen rapat adalah mencantumkan informasi dasar berupa tempat, hari, dan tanggal rapat. Begitu juga nama dan jabatan pemimpin rapat atau moderator perlu dicantumkan di awal sebagai informasi dasar.

2. Agenda

Cantumkan agenda rapat yang Anda lakukan. Lengkapi dengan ringkasan singkat dari agenda yang dibahas. Buat catatan khusus atau hasil dari setiap agenda.

3. Poin-poin Diskusi

Ini adalah ringkasan rapat keseluruhan, catatan penting yang muncul selama diskusi, termasuk jika ada pandangan yang berbeda.

Catat poin yang disepakati atau disetujui oleh peserta rapat, serta persetujuan atau pengesahan jika ada.

4. Presentasi atau Laporan

Di dalam notulen rapat ada rincian dari setiap laporan atau presentasi yang disampaikan saat rapat. Pertanyaan atau diskusi yang muncul sebagai tanggapan presentasi juga dicantumkan.

5. Keputusan yang Diambil

Apa saja rincian keputusan yang diambil selama rapat dan apa alasan di balik keputusan tersebut? Daftar keputusan yang diambil juga penting di dalam notulen rapat.

6. Langkah yang Diambil

Poin catatan dalam contoh notulen rapat adalah tentang tindakan atau langkah-langkah yang diambil oleh tim. Bukan hanya catatan aktivitas, tapi juga tanggal tenggat waktu (deadline) untuk setiap tindakan.

7. Daftar Hadir

Berikutnya, notulen rapat juga bisa memuat nama-nama peserta rapat yang hadir. Untuk rapat yang mengundang banyak orang, daftar hadir bisa dibuat dalam bentuk form online.

8. Pemberitahuan atau Pengumuman

Pemberitahuan atau pengumuman adalah informasi penting yang diberikan selama rapat. Sertakan juga langkah-langkah yang harus diambil sebagai follow up dari pengumuman tersebut.

9. Rencana atau Jadwal Selanjutnya

Rencana kegiatan atau jadwal selanjutnya juga perlu dimasukkan dalam notulen rapat. Termasuk rencana agenda untuk rapat berikutnya.

10. Pertanyaan atau Komentar Tambahan

Poin ini sebenarnya bersifat opsional, tapi di sini bisa memberi kesempatan peserta untuk menambahkan pertanyaan atau komentar setelah rapat selesai.

11. Penutup dan Tanda Tangan

Penutup notulen berisi kesimpulan atau ringkasan akhir, serta tanda tangan pemimpin rapat atau moderator.

Memang penting sekali untuk mencatat informasi dengan akurat dan objektif pada notulen rapat untuk memastikan pemahaman yang konsisten dan memastikan keterbukaan di antara peserta rapat.

Dengan demikian, koordinasi pekerjaan dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Contoh Notulen Rapat

Berikut ini adalah contoh notulen rapat berbagai kegiatan yang bisa ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

1. Notulen Pertemuan/Rapat P2K3

Berikut adalah contoh notulen rapat kegiatan P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Contoh Notulen Rapat

2. Contoh Meeting Notes

Catatan rapat (meeting notes) ini dibuat dengan aplikasi Canva. Format ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Contoh Notulen Rapat

3. Contoh Notulen Meeting yang Formal

Notulen meeting dalam bahasa Inggris berikut ini cenderung formal dan bisa diterapkan ketika rapat dengan partner kerja lintas negara atau perusahaan multinasional.

Contoh Notulen Rapat

4. Notulen Rapat Kegiatan Kampus

Notulen rapat kegiatan kampus seperti berikut juga termasuk catatan yang formal dan umumnya dibuat dengan standar masing-masing instansi.

Contoh Notulen Rapat

5. Notulen Rapat di Sekolah

Berikut adalah contoh format catatan rapat di sekolah (SD).

Contoh Notulen Rapat

6. Meeting Minutes dengan Format Tabel

Dengan format tabel, catatan rapat seperti berikut bisa lebih efektif dan efisien.

Contoh Notulen Rapat

Demikianlah penjelasan tentang notulen rapat dan contohnya. Anda bisa memilih format yang paling sesuai dengan keperluan.

Tidak terikat dengan formatnya, yang terpenting dari notulen adalah bagaimana tim bisa memahami dan melaksanakan apa yang telah disepakati.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari