Informasi Yang Dimasukkan ke Dalam CV Lamaran Pekerjaan

Informasi Yang Dimasukkan ke Dalam CV Lamaran Pekerjaan

Ada banyak tips saat membahas tentang rekrutmen kerja, salah satunya adalah tentang CV. CV yang ditulis dengan baik dan ringkas bisa menyampaikan nilai jual kepada perusahaan. Agar CV menarik perhatian perekrut, perlu ditekankan keterampilan dan pengalaman kerja yang relevan dengan peran yang dibutuhkan. Inilah pentingnya untuk mengetahui cara menulis CV yang menawan untuk ‘memasarkan diri’ sebagai orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Pada artikel ini akan dijelaskan tentang komponen CV dan proses penulisannya agar bisa terlihat menarik dibanding kandidat lain. Di artikel kali ini, kami akan membahas informasi penting yang harus dimasukkan ke dalam CV lamaran pekerjaan.

Apa itu CV Lamaran Pekerjaan?

Curriculum vitae (CV) adalah dokumen yang memberikan deskripsi lengkap tentang pencapaian akademik, pengalaman profesional, dan keterampilan. CV juga menyoroti penghargaan, minat penelitian, publikasi, fellowship, ceramah, dan hibah yang pernah didapatkan. Kandidat menggunakan Ada banyak format CV yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau posisi terkait akademik dan penelitian di universitas. Dalam rekrutmen, seringkali perusahaan memeinta CV dan resume. Ada perbedaan antara CV dan resume. CV biasanya beberapa halaman sedangkan resume standar lebih pendek, hanya 1-2 halaman.

CV Lamaran Pekerjaan

Dalam CV Lamaran Pekerjaan Harus Ada Apa Saja?

Berikut adalah beberapa hal penting yang wajib dimasukkan ke dalam CV.

1. Kontak Informasi

Informasi identitas adalah elemen pertama dari CV dan berfungsi sebagai header dokumen. Itu ada di bagian atas sehingga pewawancara dapat menghubungi Anda dengan mudah. Bagian tersebut hanya boleh berisi elemen-elemen berikut:

  • Nama lengkap Anda
  • Judul pekerjaan
  • Alamat email pribadi
  • Pegangan media sosial (opsional)
  • Situs web profesional (opsional)

Untuk beberapa kesempatan, tidak perlu sertakan yang berikut ini dalam CV Anda:

  • Tanggal lahir
  • Nomor ponsel
  • Alamat fisik
  • Agama
  • Foto (kecuali dinyatakan dalam posting pekerjaan)
  • Status pernikahan

Berikan hanya informasi yang diminta dalam deskripsi pekerjaan. Juga, hanya sertakan pegangan media sosial pribadi di CV, jika itu akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan posisi tersebut. Pertimbangkan untuk menggunakan alamat email profesional juga.

2. Profil Pribadi

Pernyataan pribadi (atau profil pribadi CV) adalah pernyataan singkat di awal CV yang menggambarkan keterampilan terbaik dan kemampuan yang akan dibawa ke peran tersebut. Sebutkan keterampilan, pengalaman, dan prestasi yang relevan dengan pekerjaan itu. Profil pribadi terkadang tidak wajib. Jika ingin memasukkannya, pertahankan agar profil tetap tertulis dengan baik dan asli. Sertakan kata-kata positif seperti percaya diri, mudah beradaptasi, motivasi diri, dan antusias. Coba bayangkan saat Anda pertama kali menulis CV lamaran pekerjaan. Apakah poin ini sudah termasuk?

Profil pribadi CV Anda harus:

  • Sebutkan siapa Anda
  • Buat garis besar keterampilan dan pencapaian terbaru
  • Sebutkan nama perusahaan target Anda
  • Tujuan Anda sebagai calon karyawan baru

Hal berikut tidak perlu ada dalam pernyataan pribadi CV

  • Mengapa Anda melamar pekerjaan itu
  • Mengapa Anda meninggalkan perusahaan lama
  • Persyaratan gaji

3. Pengalaman Kerja

Bagian pengalaman kerja memungkinkan pewawancara untuk melihat jalur karir yang dipilih dan relevansinya dengan peran mereka. Uraikan keahlian Anda dalam urutan kronologis terbalik (paling baru dulu). Jika Anda memiliki sedikit atau tidak memiliki pengetahuan praktis tentang pekerjaan tersebut, pendidikan harus didahulukan sebelum bagian ini.

Bagian pengalaman kerja Anda dapat mencakup hingga 15 tahun pengalaman dan menyatakan informasi berikut:

  • Judul peran
  • Perusahaan dengan kota, negara bagian
  • Tanggal kerja
  • Tiga hingga lima poin yang menguraikan tanggung jawab dan pencapaian Anda untuk setiap entri pekerjaan
  • Proyek penelitian
  • Pekerjaan lab
  • Pengalaman lapangan
  • Pekerjaan sukarela
  • Angka dan metrik untuk membuktikan pencapaian Anda

4. Pendidikan

Cantumkan pendidikan Anda yang terbaru, dengan keterangan tanggal lulus (opsional) dalam CV lamaran pekerjaan. Anda dapat memasukkan gelar Anda, judul tugas akhir, kursus, kualifikasi profesional dan prestasi akademis teratas yang berhubungan dengan peran tersebut. Jika Anda memiliki lebih dari dua tahun pengalaman kerja yang relevan, Anda dapat menyoroti semua kualifikasi pendidikan pasca sekolah menengah Anda, termasuk nama gelar dan institusi.

5. Keterampilan

Bagian keterampilan menjelaskan pencapaian Anda di pekerjaan sebelumnya, seperti keterampilan utama yang Anda kembangkan dan pengalaman yang berlaku untuk pekerjaan itu. Keterampilan yang disertakan dalam bagian ini bergantung pada industri, posisi, dan latar belakang pribadi Anda. Teliti keterampilan yang relevan dengan industri atau posisi dan baca deskripsi pekerjaan dengan cermat. Jika Anda memiliki banyak keterampilan yang relevan, pertimbangkan untuk menulis CV berbasis keterampilan.

Sebutkan hanya 4 sampai 8 keterampilan yang relevan dengan peran tersebut termasuk keterampilan khusus pekerjaan, keterampilan lunak, dan keterampilan keras. Beberapa contohnya adalah:

  • Bahasa asing
  • Keterampilan teknis jika relevan
  • Keterampilan bersertifikat

Pertimbangkan juga untuk menyebutkan tingkat kemahiran Anda seperti Dasar, Menengah, Lanjutan atau Pakar untuk setiap keterampilan di daftar Anda. Untuk lebih mengilustrasikan keterampilan Anda, buat daftar proyek di mana Anda memanfaatkan bakat dan hasil Anda.

6. Bagian Tambahan pad CV Lamaran Pekerjaan

Bagian tambahan yang ditargetkan untuk audiens Anda dapat mencakup sertifikasi profesional, publikasi, penghargaan industri, dan pelatihan tambahan. Apa pun yang relevan dengan siapa yang membaca CV Anda. Ini adalah kesempatan untuk menonjol, jadi gunakan ruang dengan bijak untuk menunjukkan pencapaian unik Anda. Jika Anda seorang pelajar, Anda dapat membuat daftar pengalaman relawan dan prestasi akademis Anda. Sebutkan hal-hal yang dapat Anda diskusikan secara lebih rinci saat wawancara.

Mungkin tepat untuk memasukkan hobi dan minat di CV lamaran pekerjaan jika Anda memiliki pengalaman kerja yang terbatas. Anda dapat menyebutkan aktivitas non-kerja tertentu dalam CV tingkat awal jika mereka menggambarkan Anda sebagai orang yang cocok untuk perusahaan, seperti aktivitas yang menunjukkan dedikasi Anda pada tujuan yang bekerja dengan perusahaan atau memungkinkan Anda untuk mempraktikkan keterampilan yang Anda gunakan di pekerjaan.

Beberapa perusahaan mungkin tidak memerlukan referensi, jadi penyertaannya mungkin tidak diperlukan. Anda dapat memberikan opsi kepada pemberi kerja untuk meminta referensi, yang dapat menunjukkan kepada mereka bahwa Anda bersedia menjangkau jaringan Anda kepada mereka yang dapat menjamin Anda.

Kesimpulan

CV lamaran pekerjaan yang kuat adalah satu-satunya cara Anda akan diperhatikan oleh pemberi kerja, dan wawancara pekerjaan darat. Tetapi sulit untuk mengetahui apa yang harus dimasukkan dalam CV lamaran pekerjaan Anda. Apa informasi penting yang akan membuat perekrut kagum? Panduan ini menunjukkan semua yang perlu Anda sertakan dalam CV lamaran pekerjaan Anda untuk menjadi sukses. Ingatlah untuk ‘menjual’ diri Anda di profil Anda. Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menyampaikan pesan Anda, jadi tulis paragraf persuasif yang memberi tahu orang-orang mengapa mereka harus mempekerjakan Anda. Jangan takut untuk menjual diri sedikit, dan sesuaikan profil Anda dengan pekerjaan yang Anda lamar.

produktivitas kerja