Tips untuk Membuat CV yang Baik Saat Melamar Pekerjaan

Tips untuk Membuat CV yang Baik Saat Melamar Pekerjaan

CV (curriculum vitae) adalah ringkasan pengalaman kerja, kualifikasi, dan kemampuan Anda. Dengan kata lain,  dokumen ini juga disebut resume. Membuat CV yang baik bisa menjadi sebuah awalan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Nah, sebelum memulai wawancara, ada hal yang harus diperhatikan. Apakah CV Anda sudah menarik sehingga HRD yang melihat langsung tertarik dan kemudian menghubungi Anda?

Ada beberapa teknik yang sudah teruji untuk memastikan CV efektif di pasar kerja. Menulis CV yang bagus bisa menjadi salah satu tantangan terberat dalam mencari pekerjaan. Pada artikel ini, kami memberikan beberapa tips membuat CV yang baik. Anda bisa menggunakan untuk memastikan apakah Anda memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Pelajari Bagian yang Anda Lamar

Banyak orang membuat kesalahan dengan melamar pekerjaan yang tidak cukup mereka ketahui. Anda sudah tahu apa yang dicari oleh perusahaan dalam industri Anda? Bahkan Anda perlu menyesuaikan CV Anda dengan persyaratan industri. Salah satu cara termudah untuk meneliti peran yang Anda targetkan adalah melalui deskripsi pekerjaan. Cari tahu apa yang perusahaan cari dan sesuaikan CV Anda dengan persyaratan tersebut.

Identifikasi keterampilan pentin, termasuk keterampilan dan berikan contoh saat Anda telah menunjukkan keterampilan ini di CV Anda. Ini dapat dilakukan dengan merinci keterampilan, pencapaian, tanggung jawab, dll. Saat membuat CV yang baik dan profesional, penting juga untuk melakukan penelitian tentang perusahaan itu sendiri. Kunjungi situs web perusahaan dan lakukan beberapa penelusuran internet untuk memperkenalkan diri Anda dengan budaya mereka.

Membuat CV

Dengan informasi ini, Anda selanjutnya akan dapat membuat CV yang baik dengan cara yang dioptimalkan untuk perusahaan. Anda bisa melangkah lebih jauh dengan menulis surat lamaran yang disesuaikan dengan perusahaan yang Anda targetkan. Dalam surat lamaran Anda, Anda bisa langsung menjelaskan bagaimana Anda cocok dengan perusahaan. Tunjukkan antusiasme Anda terhadap cara mereka beroperasi dan cara Anda dapat menambah nilai pada operasi mereka.

Cara lain untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang diharapkan perekrut dari para profesional di industri Anda adalah dengan menghadiri pameran perekrutan atau acara terkait pekerjaan. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk berbicara langsung dengan perekrut, mempelajari bagaimana Anda dapat meningkatkan CV Anda untuk mengoptimalkannya untuk lamaran kerja.

Membuat CV yang baik dan ditulis secara profesional harus selalu didasarkan pada penelitian yang komprehensif. Ketika Anda telah berhasil melakukan penelitian tentang peran dan perusahaan yang akan Anda lamar, selanjutnya akan lebih mudah. Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang bagaimana Anda dapat menunjukkan kepada perekrut bahwa Anda adalah kandidat yang ideal.

Membuat CV yang Baik dan Ringkas

Saat menulis CV Anda, kemudahan membaca harus menjadi salah satu faktor di garis depan pikiran Anda. Perekrut sering kali memiliki ratusan CV untuk dibaca setiap hari. Dengan demikian, Anda yakin bahwa mereka lebih suka melihat potongan teks yang ringkas yang mudah dibaca dan diformat secara profesional. Jangan membuat CV terlalu banyak teks, ini membuat informasi kunci sulit ditemukan dan ini dapat mengakibatkan perekrut meneruskan CV Anda. Menggunakan poin-poin adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa Anda menyampaikan pesan Anda dengan cara yang ringkas.

Banyak orang menulis CV mereka sebagai naratif, menjelaskan dengan sangat detail dan menjelaskan semua aspek karir mereka. Meskipun tidak masalah untuk memasukkan banyak konten dan menjelaskan secara mendetail mengenai proyek-proyek utama yang telah Anda ikuti, tetapi juga sangat penting untuk menyajikan informasi ini dengan cara yang benar. Tempatkan diri Anda pada posisi perekrut, yang mungkin memiliki ratusan CV untuk ditinjau dan dianalisis, dan cobalah untuk menyajikan informasi CV Anda sedemikian rupa sehingga dia ingin membacanya.

Di sisi lain, Anda tidak ingin CV Anda penuh dengan ruang kosong. Ada alasan mengapa white space sering disebut juga dengan negative space: hal tersebut berdampak negatif pada CV Anda. Jika CV Anda memiliki setengah halaman spasi, atau bahkan seperempat halaman spasi, Anda perlu membuat beberapa perubahan serius untuk memastikan Anda tampil sebagai kandidat profesional.

Ruang kosong biasanya disebabkan oleh format yang buruk dan kurangnya keterampilan dalam menggunakan pengolah kata seperti Microsoft Word. Jika Anda tidak dapat menemukan keseimbangan yang tepat antara terlalu banyak teks dan terlalu banyak ruang kosong, mungkin sudah waktunya untuk mencari bantuan.

Presentasi Adalah Kunci dalam Membuat CV yang Baik

CV yang sukses selalu disajikan dengan hati-hati dan jelas, dan dicetak di atas kertas putih bersih dan segar. Tata letak harus selalu bersih dan terstruktur dengan baik dan CV tidak boleh kusut atau dilipat, jadi gunakan amplop A4 untuk memposting aplikasi Anda. Selalu ingat hotspot CV – area tengah atas halaman pertama adalah tempat mata perekrut akan jatuh secara alami, jadi pastikan Anda memasukkan informasi terpenting Anda di sana.

Tidak Lebih dari Dua Halaman A4

Membuat CV yang baik berarti jelas, ringkas, dan membuat setiap poin penting tanpa membingungkan. Anda tidak memerlukan halaman dan halaman kertas – Anda hanya perlu membuat semuanya singkat dan manis. CV adalah jaminan bagi calon pemberi kerja, ini adalah kesempatan untuk mencentang kotak yang tepat. Dan jika semuanya puas, ada peluang lebih baik untuk wawancara kerja. Selain itu, pemberi kerja menerima lusinan CV sepanjang waktu sehingga mereka tidak mungkin membaca setiap sisi. Sebagian besar akan membuat penilaian tentang CV dalam beberapa bagian, jadi gunakan maksimal dua halaman kertas A4.

Membuat CV

Komposisi yang Indah

Kita hidup di dunia di mana penampilan adalah segalanya, dan itu juga berlaku untuk CV Anda. Luangkan waktu untuk merapikannya. Gunakan poin-poin penting dan buat kalimat pendek. Gunakan trik desain grafis dengan menyisakan banyak ruang putih di sekitar teks dan di antara kategori untuk membuat tata letak mudah dilihat. Atau, berkreasilah dengan lamaran pekerjaan Anda!

Keterampilan terbaik untuk memasukkan resume bervariasi menurut jenis pekerjaan, tingkat karir, pendidikan dan faktor lainnya. Sebelum Anda melamar pekerjaan apa pun, luangkan waktu untuk meninjau keterampilan yang paling berharga bagi perusahaan dan sesuaikan resume Anda berdasarkan keterampilan pribadi mana yang termasuk dalam persyaratan mereka.

Kesimpulan

Jadi, sudah siapkan Anda membuat CV yang baik? Tujuan daftar keahlian resume Anda adalah untuk menunjukkan kepada perekrut atau manajer perekrutan bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk peran tersebut dan akan memberikan nilai yang ditentukan bagi tim mereka. Dengan memperhatikan jenis kandidat yang dicari pemberi kerja dan membuat koneksi dengan kekuatan Anda sendiri, Anda dapat dengan cepat berdiri di antara persaingan.

coba gratis kerjoo