Company Profile: Definisi, Manfaat dan Cara Membuat

Company profile adalah sebuah pengenalan profesional tentang perusahaan yang dapat membuat audiens dari perusahaan mendapatkan gambaran umum tentang produk dan layanan perusahaan, kekuatan unik perusahaan dan rekam jejak perusahaan

Company Profile
Company Profile

Daftar Isi

Company profile adalah sebuah pengenalan profesional tentang perusahaan yang dapat membuat audiens dari perusahaan mendapatkan gambaran umum tentang produk dan layanan perusahaan, kekuatan unik perusahaan, rekam jejak, dan bisa menentukan apakah ideal untuk berbisnis dengan perusahaan Anda.

Company profile merupakan ringkasan dari semua elemen dan informasi yang relevan tentang perusahaan Anda. Klien yang ada dan klien maupun karyawan potensial akan melihat profil perusahaan Anda.

Para investor, penyedia layanan, pemangku kepentingan, pemasok, lembaga keuangan, mitra bisnis, dan pelanggan juga akan meninjau company profile. Oleh karena itu, profil perusahaan tidak boleh dibuat dengan asal, karena ini akan menjadi citra profesional perusahaan.

Dengan demikian, profil perusahaan merupakan suatu alat pemasaran yang ampuh untuk mempromosikan bisnis.

Profil perusahaan sebenarnya adalah ringkasan dari semua elemen yang relevan dari suatu entitas. Itu dalam bentuk pernyataan yang menggambarkan informasi penting tentang bisnis. Profil perusahaan adalah materi pemasaran yang melayani beberapa tujuan.

Manfaat Company Profile Bagi Perusahaan

Company Profile

Profil perusahaan dibuat untuk calon pelanggan, pemangku kepentingan, pemasok, lembaga keuangan, regulator pemerintah, dan calon investor. Informasi dalam profil perusahaan dapat bervariasi secara detail karena tergantung pada orang atau institusi yang dibuatnya.

Profil peruaahaan umumnya diposting oleh sebagian besar organisasi di situs web mereka sehingga pihak yang berkepentingan bisa membuat asumsi singkat dari informasi dan data yang diberikan. Ini sederet manfaat dari company profile bagi perusahaan:

  • Umumnya digunakan sebagai alat pemasaran untuk meninggalkan kesan yang bertahan lama di pola pikir pembaca.
  • Memberi audiens informasi tentang produk dan layanan perusahaan.
  • Dianggap sebagai dokumen serbaguna dan dinamis yang membantu meyakinkan klien untuk berbisnis dengan suatu perusahaan.
  • Karyawan yang potensial akan mengunjungi profil perusahaan dari organisasi yang ingin mereka daftar. Ini memberi mereka gambaran menyeluruh tentang proposisi nilai yang ditawarkan perusahaan. Dokumen tersebut terbukti berguna dalam proses rekrutmen.
  • Menjadi lebih mudah untuk mempromosikan keuntungan bekerja di organisasi Anda melalui profil perusahaan.
  • Mampu membangun kredibilitas dan citra perusahaan di mata pasar.
  • Membantu calon pelanggan dan klien untuk mengetahui dan memahami tentang kekuatan dan pendekatan perusahaan.
  • Menunjukkan kemampuan organisasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Elemen Company Profile

Cakupan Company Profile
Cakupan Company Profile

Sebuah perusahaan mencakup informasi seperti:

  1. Nama perusahaan
  2. Struktur perusahaan
  3. Lokasi perusahaan
  4. Informasi kontak perusahaan
  5. Alamat email perusahaan
  6. Nama pendiri, mitra, dan asosiasi
  7. Nama eksekutif penting, tim manajemen, dan anggota dewan
  8. Kegiatan bisnis perusahaan secara keseluruhan
  9. Data operasional perusahaan
  10. Keseluruhan strategi bisnis perusahaan meliputi visi, misi dan tujuan
  11. Produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan beserta harganya
  12. Data keuangan perusahaan termasuk aset utama, keuntungan, dan pendapatan
  13. Pertunjukan sebelumnya, sekarang dan masa depan
  14. Sejarah perusahaan
  15. Informasi tentang sumber daya fisik, keuangan dan manusia
  16. Manajemen dan struktur organisasi
  17. Tujuan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan

Cara Membuat Profil Perusahaan

Brand Company Profile
Brand Company Profile

Bisnis perlu mengembangkan strategi yang layak untuk membuat salah satu profil terbaik yang dapat dibaca. Karakteristik utama harus ditunjukkan dan disorot dengan cara yang menarik tetapi tepat.

Profil perusahaan adalah alat promosi serta penawaran unik yang menjangkau orang lain dan membuat mereka tertarik dengan perusahaan dan merek Anda. Langkah-langkah yang harus diikuti saat membuat profil perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi tujuan

Profil perusahaan dapat digunakan dalam beberapa skenario sehingga mengidentifikasi satu-satunya tujuan pembuatannya. Buat draf kasar di mana Anda mencoba untuk mengesankan audiens target Anda. Ini akan memberi Anda ide yang adil tentang tujuan Anda dan cara untuk menghadapinya

2. Menentukan gaya dalam menjangkau audiens

Setelah Anda memiliki informasi yang lengkap, atur nada dan putuskan gaya yang ingin Anda adopsi untuk menjangkau audiens Anda. Beberapa perusahaan lebih menyukai garis waktu sedangkan yang lain memilih gambar.

Anda bisa menggunakan poin-poin untuk memecah teks agar terlihat menarik. Jangan takut untuk bereksperimen karena dapat menjadi sesuatu yang baru dan inovatif bagi pembaca

3. Mendeskripsikan dengan gaya cerita singkat dan menarik

Jangan hanya menekankan fakta dan angka, tetapi buatlah cerita pendek tapi menarik yang akan membantu memikat audiens perusahaan.

4. Buat garis besar tujuan bisnis

Tuliskan pernyataan tujuan yang menarik yang akan menyoroti nilai bisnis Anda. Biarkan audiens Anda mengetahui rencana untuk bisnis Anda. Informasi tersebut harus mendorong sehingga audiens target dapat mengidentifikasinya.

5. Pastikan formatnya jelas

Hal penting untuk diingat saat menulis profil perusahaan adalah Anda harus menjaga formatnya tetap jelas. Jangan biarkan pikiran dan kata-kata Anda menjadi liar karena pada akhirnya itu bukan profil pribadi tetapi profil perusahaan yang terkait dengan bisnis yang harus menjaga sedikit profesionalisme dan kesopanan.

6. Sejarah perusahaan dicantumkan sesuai kronologis

Fakta tentang profil perusahaan adalah bahwa sejarah perusahaan harus ditulis secara kronologis. Buat daftar pencapaian penting yang akan menyoroti perkembangan perusahaan hingga saat ini.

7. Testimoni yang baik

Saat menulis profil perusahaan termasuk testimonial yang bagus yang akan meningkatkan citra perusahaan Anda.

8. Menyertakan informasi kontak

Jika Anda mencari cara untuk membuat profil perusahaan termasuk informasi kontak Anda, misalnya nomor telepon, faks, dan email di bagian atas jika ingin digunakan secara offline atau Anda dapat menambahkan informasi kontak hyperlink Anda di bagian bawah halaman jika digunakan secara online

9. Mengoreksi profil perusahaan yang telah dibuat

Setelah Anda telah selesai menulis profil perusahaan Anda, Anda perlu mengoreksinya untuk menghilangkan kesalahan. Pastikan engoreksinya setelah beberapa jeda karena Anda dapat melewatkan kesalahan jika Anda melanjutkan dengan mengoreksi segera setelah Anda melengkapi profil perusahaan.

10. Baca profil perusahaan pesaing

Setelah mengoreksi profil perusahaan Anda. Sekarang telusuri beberapa profil bisnis perusahaan pesaing bisnis Anda. Ini akan membantu dalam meningkatkan profil perusahaan Anda, mengetahui kekurangan maupun kelebihan dari perusahaan Anda dalam sector bisnis yang sama.

11. Membangun citra perusahaan

Pastikan telah membuat company profile dengan kesan positif dan informasi jujur yang akan meningkatkan brand image perusahaan, hilangkan hal-hal yang terkesan negatif atau tidak perlu.

Platform terbaik untuk informasi perusahaan adalah memposting secara online. Informasi profil perusahaan dapat menjadi pesan ke komunitas internet yang berjumlah jutaan.

Ini adalah cara untuk menyiarkan kualitas layanan dan produk. Informasi online profil perusahaan harus dilakukan dengan benar agar berhasil. Ini lebih dari sekadar memposting satu atau dua frasa.

Tentu tidak ada orang yang ingin terganggu akibat kalimat yang membosankan. Jika konten dalam company profile yang dibuat membosankan, maka tidak mengherankan jika pengunjung berpindah dengan cepat.

Dibutuhkan beberapa upaya untuk menyiapkan informasi tetapi itu sangat berharga. Konten yang baik dan menarik dapat membuat seseorang tetap terkoneksi dengan bisnis yang Anda miliki.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari