ENTJ dalam Dunia Kerja: Kepemimpinan Efektif dan Produktivitas

Kepribadian ENTJ mungkin akan dikenal ambisius di tempat kerja karena terlalu fokus pada efisiensi dan hasil.

kepribadian ENTJ

Daftar Isi

Kepribadian ENTJ adalah komandan dari 16 tipe kepribadian dalam sistem MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), mengapa demikian?

Tipe MBTI hanya dimiliki 1,8 % dari populasi dunia. Tipe kepribadian langka karena kharisma ENTJ yang tegas, logis, dan sangat berambisi pada hasil.

Kepribadian ENTJ selalu menganggap dirinya memiliki pengaruh terhadap orang lain. Ini yang membentuk naluri alami ENTJ untuk memimpin dan mengarahkan tim dimanapun mereka bekerja.

ENTJ terkenal memiliki visi yang jelas dan ambisi untuk mencapai tujuan besar. Bagaimana kepribadian ENTJ di tempat kerja? Kerjoo juga akan memberikan rekomendasi karier yang cocok untuk ENTJ.

Simak sampai akhir ya.

Kekuatan ENTJ di Tempat Kerja

Tipe kepribadian ENTJ bisa dibilang memang lahir sebagai pemimpin yang percaya diri dan penuh visi.

Pemilik MBTI ENTJ secara naluri memiliki keinginan kuat untuk menginspirasi orang lain. Kekuatan ENTJ di tempat kerja inilah yang membuat mereka sering menduduki jabatan strategis seperti manajer.

Pemimpin Visioner

Kepribadian ENTJ memiliki kekuatan untuk bertindak sebagai pemimpin visioner. ETTJ adalah tipe analitis, sehingga tujuan yang jelas penting untuk mengoptimalkan cara kerja mereka.

ENTJ bukan suka dikenal tidak ramah. Tipe MBTI ini hanya ingin validasi bahwa mereka dapat bekerja secara efisien. Bagi ENTJ, pencapaian karier lebih penting daripada dikenal sebagai orang yang ramah.

Karena ketegasannya ini, ENTJ yakin bahwa dirinya bisa mengarahkan tim untuk memiliki kontribusi penuh terhadap pencapaian organisasi.

Selama memiliki sumber daya yang memiliki kesamaan visi, ENTJ yakin dapat mencapai tujuan yang lebih besar.

Ahli Perencanaan Jangka Panjang

Berbeda dengan ESFP dan ESTP yang memiliki fokus saat ini, tipe MBTI ENTJ adalah ahli perencana jangka panjang.

Prinsip berpikir ENTJ di tempat kerja adalah bagaimana menemukan strategi efisiensi yang tepat untuk mencapai tujuan mereka.

Meskipun kadang menyebabkan kelelahan berpikir. Namun ENTJ berhasil menyeimbangkan pemikiran mereka, membuatnya jadi peluang untuk merencanakan strategi yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Dan karena hal ini, kepribadian ENTJ cocok dengan tipe MBTI INTP yang merupakan seorang pemikir analitis dan inovator kreatif.

Berani Mengambil Risiko

Selain visioner dan kelebihan perencanaan jangka panjang, keberanian mengambil risiko menjadi kekuatan ENTJ di tempat kerja yang membuat MBTI ini menjadi pemimpin paling efisien.

Pemimpin ENTJ tidak pernah takut mengambil keputusan, sekalipun hal tersebut berisiko terhadap perusahaan.

Fakta dan logika sudah cukup bagi kepribadian ENTJ untuk mengambil keputusan dan bergerak secepat mungkin tanpa melewatkan peluang yang ada.

💡
Steve Jobs founder Apple Inc. memiliki tipe kepribadian ini, bagian dari 1,8% pemilik MBTI ENTJ di dunia.

Melihat populasinya, tipe kepribadian ENTJ bisa dibilang lahir sebagai pemimpin. Tipe kepribadian ENTJ cocok bekerja di posisi manajer, CEO, founder, perdana menteri, dan posisi strategis lainnya.

Pekerjaan ini akan memberikan mereka ruang untuk mengasah keterampilan kepemimpinan, berpikir strategis, dan pengambilan keputusan yang cepat.

Gaya Kepemimpinan ENTJ

Kepribadian ENTJ selalu memimpin dengan tegas dan fokus pada hasil. Gaya kepemimpinan ENTJ sangat berbeda dengan ESTP yang terkadang melupakan detail penting.

Tipe MBTI ENTJ tidak tanggung-tanggung menetapkan standar tinggi untuk diri sendiri dan tim. Kepribadian ENTJ di tempat kerja bahkan jarang berkompromi dalam hal kualitas pekerjaan.

Meskipun terdengar arogan, namun sekali lagi bagi ENTJ efisiensi dan hasil adalah hal utama. Oleh karena itu, kepribadian ENTJ sangat cocok bekerja dengan INTP yang juga pribadi analitis dan perfeksionis.

Namun alih-alih menekan bawahan, pemimpin ENTJ lebih suka memastikan bahwa setiap anggota tim memahami peran dan tanggung jawab masing-masing di tempat kerja.

ENTJ dalam Pengambilan Keputusan

kepribadian ENTJ

Pendekatan Berbasis Logika dan Fakta

ENTJ adalah manusia logika. Pendekatan berbasis logika dan fakta adalah cara ENTJ mengambil keputusan.

Pemimpin ENTJ cenderung menganalisis data secara mendalam sebelum memutuskan langkah selanjutnya, pada situasi paling kritis sekalipun.

Tipe MBTI ENTJ tidak ragu untuk mengambil tindakan cepat dan menanggung risiko. Karena pendekatan berbasis logika inilah, yang membuat ENTJ dipilih untuk memimpin dalam situasi krisis.

💡
Dasar pemikiran ENTJ adalah mengambil keputusan secepat mungkin tanpa melewatkan peluang sedikitpun.

Tantangan yang Dihadapi ENTJ di Dunia Kerja

Kepribadian ENTJ di tempat kerja mungkin tampak sempurna sebagai pemimpin. Disisi lain, ENTJ seringkali mengabaikan aspek emosional di tim.

Tidak jarang, pemimpin ENTJ juga menyebabkan ketegangan di tempat kerja, terutama dengan rekan yang lebih sensitif atau memiliki kebutuhan emosional yang berbeda.

Tipe MBTI ENTJ juga kerap merasa frustrasi bekerja dengan orang yang bekerja lebih lambat atau dengan pendekatan yang kurang terstruktur.

ENTJ yang tidak kompromi kesulitan memahami atau menerima gaya kerja individu yang berbeda, dan seringkali dapat menyebabkan konflik.

Cara Bekerja Efektif dengan ENTJ

Kepribadian ENTJ di tempat kerja sangat menghargai efisiensi dan hasil.

Cara bekerja ENTJ mungkin sedikit ambisius, namun dengan mempelajari tipe MBTI ENTJ kamu dapat menjadi rekan kerja, ataupun bawahan yang disukai oleh ENTJ.

Salah satu cara bekerja efektif dengan ENTJ adalah berani berbicara kepada mereka tentang tujuan dan hasil yang diinginkan.

Bicarakan mengenai apa yang ENTJ harapkan dari kamu dan bagaimana kamu dapat membantu pemimpin ENTJ untuk mencapai tujuan.

Tipe MBTI ENTJ menghargai efisiensi dan kerja keras, jadi bersiaplah untuk bekerja dalam lingkungan yang cepat dan penuh tantangan.

Meskipun demikian, ENTJ akan cocok bekerja dengan tipe kepribadian ISTP dan INTP. Kedua kepribadian ini dapat mengimbangi sisi emosional ENTJ di tempat kerja.

ENTJ dan Produktivitas di Tempat Kerja

Prinsip ENTJ di tempat kerja adalah mencari cara untuk meningkatkan efisiensi.

Untuk inilah ENTJ memiliki kekuatan untuk mengidentifikasi proses yang tidak efisien dan mencari solusi untuk mengoptimalkan alur kerja. Baik melalui teknlogi, strukur, organisasi, ataupun strategi baru.

Dari sinilah tipe MBTI ENTJ akan membutuhkan ide-ide baru dari INTJ yang inovatif. Memastikan bahwa alokasi sumber daya ENTJ berjalan sesuai.

Bagi ENTJ, memiliki sumber daya yang terampil lebih penting dari apapun untuk mencapai tujuan mereka.

Great things in business are never done by one person. They're done by a team of people - Steve Jobs.

ENTJ dalam Peran Manajemen

ENTJ adalah agen perubahan. Mereka tidak takut untuk mengguncang status quo dan mendorong inovasi yang akan membawa perusahaan ke tingkat berikutnya. Visi strategis mereka membuat mereka sangat cocok untuk memimpin perubahan organisasi.

ENTJ memiliki kemampuan untuk melihat gambaran besar. Mereka berkontribusi secara signifikan terhadap strategi perusahaan jangka panjang dengan memastikan bahwa setiap langkah yang diambil mendukung visi masa depan perusahaan.

Selain Jeff Bezos, contoh lain dari CEO ENTJ yang sukses adalah Steve Jobs, yang memimpin Apple dengan visi strategis dan kemampuan untuk mendorong inovasi yang revolusioner.

Kesimpulan

Kepribadian ENTJ di tempat kerja memang terlahir sebagai pemimpin. Ini terlihat dari popuasi ENTJ yang hanya ada 1,8% di dunia.

Tipe MBTI ENTJ juga dimiliki oleh pemimpin terkenal karena keahlian mereka untuk melihat inefisiensi di tempat kerja, pengambilan keputusan yang cepat dan logis.

Tantangan kecerdasan emosional ENTJ mungkin dapat menjadi hambatan bagi mereka untuk menjalin hubungan baik di tempat kerja. Untuk itu, ENTJ perlu belajar mendengarkan masukan yang berbasis emosional.

Karier dalam manajemen, bisnis, atau konsultasi sangat cocok untuk tipe MBTI ENTJ, posisi ini memungkinkan mereka menggunakan kekuatan alami mereka secara maksimal.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari