ESTP di Dunia Kerja: Pemimpin Dinamis dan Pemecah Masalah Cepat

Kepribadian ESTP di tempat kerja dapat menjadi rekan yang peka terhadap peluang.

kepribadian ESTP

Daftar Isi

Kepribadian ESTP adalah tipe pemimpin dan pemecah masalah yang sempurna. ESTP memiliki naluri untuk berpetualang, membuat orang-orang terpengaruh untuk mengikuti dirinya.

Tipe MBTI ESTP tidak menyukai kehidupan monoton. Gaya kerja ESTP cenderung penuh tantangan dan tidak tertarik dengan dunia kerja yang itu-itu saja.

Dari sekian populasi dunia, 4-10% diantaranya memiliki ESTP personality. Penulis terkenal Ernest Hemingway, aktor legendaris Jack Nicholson, dan Eddie Murphy juga memiliki tipe kepribadian ini.

Karier apa yang cocok untuk ESTP? Berikut adalah ulasan lengkap dari Kerjoo.

Ciri-Ciri Utama Kepribadian ESTP

Kepribadian ESTP dikenal sebagai pribadi cerdas, energik, dan peka. ESTP senang berkontribusi dalam aktivitas yang penuh tantangan.

Rekan kerja akan mengenal tipe MBTI ESTP sebagai orang yang memiliki pengaruh di lingkungan mereka.

Itu karena energi positif dari ESTP membuat orang-orang disekitarnya nyaman untuk berbagi dan melakuan aktivitas yang menyenangan bersama ESTP.

Ciri-ciri ESTP personality yang membuatnya berbeda dari tipe kepribadian lainnya adalah:

  1. Ekstrovert dan Energik

Orang yang memiliki tipe MBTI ESTP senang berinteraksi dengan orang lain dan mendapatkan energi dari situasi sosial.

Oleh karena itu, ESTP sangat cocok apabila bekerja dengan ISFJ yang introvert. Energi positif yang dimiliki ESTP dapat mengimbangi ISFJ untuk lebih terbuka dengan pengalaman baru.

  1. Memiliki Pemikiran Logis dan Realistis

ESTP lebih mengandalkan fakta dan data konkret dalam membuat keputusan. Ini membuat pemimpin ESTP biasanya cocok bekerja dengan INTJ.

Keduanya memiliki tipe kepribadian rasional, sangat praktis dan tidak suka membuang waktu pada teori atau konsep abstrak mengenai isu global.

  1. Berani Mengambil Risiko

Keberanian untuk mengambil tindakan, bahkan dalam situasi yang penuh risiko, merupakan ciri khas dari kepribadian ESTP.

Tipe kepribadian ESTP tidak takut menghadapi tantangan. Sebaliknya, MBTI ESTP justru merasa tertantang untuk mengatasi hambatan yang sulit.

  1. Cepat dalam Mengambil Keputusan

Karena cenderung berfokus pada solusi dan hasil, kepribadian ESTP dapat membuat keputusan dengan cepat.

ESTP percaya pada kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan situasi baru dan menangani segala konsekuensi yang mungkin terjadi.

  1. Mahir dalam Membaca Situasi

Salah satu kelebihan MBTI ESTP adalah kemampuan mereka untuk dengan cepat membaca situasi dan merespon dengan tepat.

Mereka pandai mengamati lingkungan sekitar dan menyesuaikan pendekatan mereka terhadap orang atau masalah yang dihadapi.

Kekuatan ESTP dalam Dunia Kerja

Kepribadian ESTP adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang didefinisikan oleh model Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Dari ciri-ciri ESTP yang sudah disinggung oleh Kerjoo. Beberapa ciri utama ESTP adalah ekstrovert, sensing, thinking, dan perceiving.

Apa kelebihan kepribadian ESTP?

  1. Cepat dalam Bertindak

ESTP adalah ekstrovert yang dapat beradaptasi dengan situasi baru dengan sangat cepat.

Gaya kerja ESTP cenderung tidak suka menunda-nunda, membuat ESTP terbiasa dengan lingkungan kerja yang dinamis dan cepat berubah.

  1. Pemecah Masalah yang Praktis

Kebiasaan ESTP terhadap tantangan membuat dirinya menjadi pemecah masalah praktis yang dapat diterapkan secara langsung.

ESTP dapat melihat apa yang harus dilakukan dan memprioritaskannya untuk mendapatkan solusi praktis.

  1. Percaya Diri dan Persuasif

Seperti yang telah Kerjoo sampaikan sebelumnya, tipe kepribadian ESTP memiliki energi yang positif.

Ini membuat ESTP selalu terlihat percaya diri, bahkan mempengaruhi orang-orang di sekitarnya untuk mengikuti dirinya.

  1. Berorientasi pada Hasil

Pemikiran rasional ESTP membuat dirinya memiliki orientasi pada hasil. Bagi tipe kepribadian ESTP, ini merupakan keberhasilannya di lingkup profesional.

MBTI ESTP akan selalu mencari cara tercepat demi mendapatkan hasil dan jarang terjebak dalam proses yang berlarut-larut.

Kepribadian ESTP

Tantangan yang Dihadapi ESTP di Tempat Kerja

Kurang Sabar dengan Teori dan Konsep Rumit

Karena tipe kepribadian ESTP yang berorientasi pada hasil, MBTI ESTP sering merasa tidak menyukai gaya kerja berbasis teori dan rumit.

Bagi ESTP, berkontribusi langsung ke lapangan lebih baik daripada mendiskusikan masalah terlalu lama dengan rekan kerja ataupun atasan.

Gaya kerja ESTP inilah yang membuatnya tidak cocok dengan INFP yang lebih idealis dan cenderung mencari aman.

Mengabaikan Detail Penting

Prinsip utama kepribadian ESTP adalah berorientasi pada hasil yang cepat. Ini membuat ESTP sering melewatkan detail kecil yang sebenarnya penting.

Ini bisa menjadi masalah dalam situasi di mana akurasi dan ketelitian sangat diperlukan, seperti dalam pekerjaan administratif.

Disisi lain, ESTP dapat bekerja dengan INTJ yang memiliki orientasi hasil dan perfeksionisme tinggi.

Tantangan dalam Pekerjaan Monoton

Kepribadian ESTP juga memiliki tantangan adaptasi dalam lingkungan pekerjaan monoton. Karena menurut ESTP, hidup akan lebih menarik apabila diikuti tantangan.

Pemilik kepribadian ESTP seperti Ernest Hemingway juga sukses sebagai penulis. Kehidupan dinamis dan fleksibel seperti yang diimpikan ESTP.

Jadi, Kerjoo sangat menyarankan ESTP untuk menghindari pekerjaan yang melibatkan tugas-tugas monoton dan membuat kamu kurang termotivasi.

Fokus Pada Saat Ini

ESTP cenderung fokus pada apa yang terjadi sekarang tanpa memikirkan konsekuensi jangka panjang.

Dalam beberapa situasi, ini bisa menjadi kekuatan, tetapi dalam konteks perencanaan strategis, hal ini bisa menjadi kelemahan.

Karier yang Cocok untuk ESTP

Kepribadian ESTP cocok berkarier pada pekerjaan yang interaktif dan dinamis. Karier yang cocok untuk ESTP ada di bidang pemasaran.

ESTP yang ekstrovert akan cocok berkarier sebagai sales representative, account executive, atau marketing specialist. Posisi ini dapat memberi kesempatan bagi ESTP untuk mendapatkan tantangan baru dan berorientasi pada hasil.

Selain itu, keberanian untuk mengambil risiko membuat ESTP cocok berkarier sebagai pengusaha, sesuai julukan MBTI ESTP dari 16 Personalities.

Ada juga pekerjaan paramedis, pemadam kebakaran, atau polisi sangat sesuai dengan kepribadian ESTP yang suka aksi cepat dan tantangan. Kemampuan ESTP untuk berpikir cepat sangat dibutuhkan dalam situasi darurat.

Gaya Kerja ESTP dalam Tim dan Organisasi

Kepribadian ESTP memiliki gaya kerja di lingkungan dinamis. Karier yang cocok untuk ESTP adalah lingkungan industri yang dinamis, sebab mereka akan cepat merasa bosan dalam situasi yang terlalu statis atau lambat.

Di dalam tim, tipe kepribadian ESTP juga akan sangat mendominasi sebagai pemimpin yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan cepat.

ESTP tidak akan ragu dan lebih berani mengambil risiko daripada menunggu hasil rapat perencanaan yang lama.

Namun tipe MBTI ESTP yang tidak sabar mungkin akan membuat merasa frustrasi dengan anggota tim yang bekerja lebih lambat.

Cara ESTP Beradaptasi di Lingkungan Kerja yang Lebih Terstruktur

Untuk berhasil di lingkungan kerja yang lebih terstruktur, MBTI ESTP perlu belajar untuk merencanakan lebih baik dan berpikir lebih jauh ke depan.

Ini akan membantu personality ISFP agar tidak bertindak impulsif. ESTP perlu melatih kesabaran untuk menangani detail kecil dengan fokus pada hasil akhir untuk melihat hasil keputusan jangka panjang.

Mengingat kebiasaan ESTP di tempat kerja untuk bekerja cepat, mereka perlu belajar untuk mengembangkan empati terhadap anggota tim yang mungkin memiliki kecepatan atau gaya kerja yang berbeda.

Ini akan membantu menciptakan dinamika kerja yang lebih harmonis.

Tips Sukses untuk ESTP di Dunia Kerja

  1. Gunakan Keterampilan Persuasif: Manfaatkan kemampuan persuasif Anda untuk memimpin tim, terutama dalam situasi yang penuh tekanan.
  2. Fokus pada Proyek Fleksibel: Pilih proyek yang memungkinkan Anda untuk beradaptasi dan membuat keputusan cepat, sehingga Anda tetap merasa tertantang.
  3. Tingkatkan Perencanaan Strategis: Mengembangkan kemampuan perencanaan jangka panjang akan melengkapi gaya berpikir cepat Anda.
  4. Manfaatkan Keahlian Praktis: Cari lingkungan kerja yang menghargai tindakan nyata dan hasil langsung.

Kesimpulan

Kepribadian ESTP adalah pemimpin yang dinamis, dengan kemampuan luar biasa dalam menangani tantangan dengan cepat.

ESTP cocok berkarier di bidang pemasaran, yang memerlukan pemecah masalah praktis disamping fokus pada target ataupun hasil.

Namu MBTI ESTP perlu belajar untuk menyeimbangkan tindakan cepat dengan perencanaan jangka panjang.

Dengan demikian, kepribadian ESTP di tempat kerja manapun akan lebih mudah beradaptasi dan sukses berkarier di industri tertentu.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari