Kalender Libur, Kini Tersedia di Fitur Aplikasi Kerjoo!

Adanya kalender libur bisa menjadi acuan untuk manajemen waktu yang efisien

Kalender Libur, Kini Tersedia di Fitur Aplikasi Kerjoo!
kalender libur

Daftar Isi

Momen liburan memang penting sekali untuk setiap orang setelah menjalani kesibukan kerja. Bukan hanya liburan tapi juga mengambil cuti secara khusus merupakan bagian penting dari produktivitas berkelanjutan.

Karena berharganya momen libur, Anda pasti sering melihat rekan kerja sering mengecek kalender libur setiap bulan.

Anda bisa mengecek kalender nasional 2023, begitu juga hari libur nasional tahun 2024 yang juga sudah bisa Anda lihat di aplikasi Kerjoo. Jadi, Anda dan rekan kerja dalam tim bisa persiapkan jadwal kerja dan juga liburan.

Apa yang Bisa Dilakukan Sebelum Libur Kerja?

Agar libur dan cuti berjalan lancar, ada baiknya memperhatikan beberapa hal.

1. Kenali Aturan Perusahaan

Setiap perusahaan mungkin memiliki aturan berbeda tentang liburan, cuti, dan izin. Sebelum mengajukan waktu untuk meninggalkan pekerjaan sejenak, coba untuk melihat apakah ada perubahan dari dari aturan dalam perusahaan.

Bila memang tidak ada aturan khusus, carilah info ke atasan atau supervisor divisi.

2. Pilih Waktu yang Sesuai

Apabila memungkinkan, waktu libur tidak bertepatan saat jobdesk di kantor sedang membutuhkan banyak kerjasama. Kenali baik-baik pola kerja ketika memutuskan libur atau cuti.

Coba untuk jadwalkan waktu break saat load pekerjaan sedikit menurun, misalnya sesudah project besar.

3. Diskusikan dengan Supervisor

Jadwal libur yang sesuai tanggal merah di kalender memang sudah fix dan tidak untuk diubah. Tapi, bagaimana kalau Anda ingin mengambil cuti dan libur di antara waktu yang berdekatan dengan tanggal merah?

Anda bisa memastikan tentang hari dan tanggal, beserta hal-hal yang harus dikerjakan. Jika memang tidak memungkinkan pada waktu yang Anda pilih, maka supervisor bisa memberi alternatif.

4. Tentang Komunikasi

Meskipun sedang libur, tapi seringkali masih ada orang yang tetap mengecek smartphone terkait dengan pekerjaannya. Bagaimana pendapat Anda tentang hal tersebut? Idealnya, waktu libur memang untuk libur agar lebih rileks.

Lain halnya jika Anda harus mengatur koordinasi tim dan harus memastikan segala hal berjalan sistematis. Jika ada pekerjaan yang memungkinkan didelegasikan, akan lebih baik jika diatur untuk delegasi sejak awal.

kalender libur
kalender libur

Penggunaan Fitur Kalender dari Aplikasi Kerjoo

Login ke Akun Perusahaan

  • Pada gambar di bawah ini bisa Anda lihat kalender untuk bulan September 2023 dengan keterangan hari libur atau tanggal merah.
  • Untuk mengakses fitur kalender libur, Anda harus login ke website kerjoo.com dari browser Anda.
  • Klik menu Pengaturan > Kalender Libur.
Kalender Libur

Lihat dan Tambahkan Hari Libur

  • Jika dibutuhkan, tambahkan hari libur sesuai dengan kebutuhan tim Anda. Contohnya adalah menambah hari libur setelah cuti bersama.
  • Untuk keterangan hari liburnya bisa diganti juga dengan keterangan yang sesuai.
  • Setelah tanggal ditentukan, Anda bisa ketik deskripsi dan klik 'Simpan'.
Kalender Libur

Impor Excel

  • Anda juga bisa impor Excel.
  • Untuk sistem jadwal kerja shift / Pola Kerja shift, maka Kalender Libur tidak secara otomatis berlaku.
  • Setelah tanggal ditentukan, Anda bisa ketik deskripsi dan klik 'Simpan'.
kalender libur
kalender libur
  • Anda bisa juga melakukan impor kalender dengan format Excel. Caranya bisa Anda lakukan seperti gambar di atas.
  • Jika sudah, Anda klik 'Selesai'.

Unduh Kalender Tahunan (UPDATE)

Berikut ini adalah update fitur kalender, yaitu Unduh Kalender Tahunan. Perusahaan Anda bisa mengganti background dengan foto yang diinginkan.

Langkah-langkah penggunaannya adalah seperti berikut ini;

  • Klik Pengaturan > Kalender Libur
  • Klik 'Unduh Kalender Tahunan'
Kalender Libur
  • Pilih 'Cetak' atau ubah data (icon pensil)
Kalender Libur
  • Jika Anda pilih cetak, maka akan muncul file kalender dengan format PDF.
  • Jika Anda ingin mengganti background header, klik 'Choose File'
Kalender Libur
  • Setelah Anda menentukan gambar background, silakan klik 'Simpan'
Kalender Libur
Kalender Libur

Itulah penjelasan tentang fitur Kalender Libur yang terintegrasi dengan aplikasi absensi. Begitu juga dengan informasi update untuk Unduh Kalender Tahunan.

Dengan informasi yang detail, maka pembagian kerja untuk tim Anda bisa lebih teratur sesuai dengan waktunya. Anda bisa menghubungi tim kami jika membutuhkan penjelasan lebih lanjut.

Kesimpulan

Bukan hanya sebuah fitur pada aplikasi, kalender libur bisa menjadi semacam platform untuk manajemen waktu yang efisien. Info yang diatur melalui kalender kemudian bisa disampaikan ke seluruh divisi.

Perlu Anda pahami bahwa Kerjoo.com sebagai penyedia aplikasi absensi online kini juga sudah menambah beberapa fitur baru. Selain kalender, ada juga fitur multi bahasa, fitur broadcast, dan denda keterlambatan.

Semua fitur hadir untuk menjawab kebutuhan Anda, khususnya untuk bisa lebih produktif. Dengan demikian, HRD perusahaan tidak lagi kesulitan untuk manajemen waktu karyawan.

Khususnya ketika membahas soal libur, cuti, dan izin. HRD bisa saja mengalami kendala dalam memantau karyawan. Misalnya ketika karyawan izin atau libur pada saat tertentu.

Adanya fitur izin memudahkan karyawan yang mengajukan izin langsung dari aplikasi dengan mengupload bukti berupa foto atau file soft copy. Selanjutnya, untuk informasi kalender libur akan membuat Anda bisa lebih teliti lagi dalam mengkoordinasikan tim yang bekerja.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari