Fitur Pembatasan Jam Istirahat, Simak Panduannya di Sini

Fitur pembatasan jam istirahat di aplikasi Kerjoo memungkinkan karyawan lebih disiplin di hari kerja. Perhitungan jam kerja pun bisa lebih akurat

Fitur Pembatasan Jam Istirahat

Daftar Isi

Fitur pembatasan jam istirahat di aplikasi Kerjoo memungkinkan karyawan lebih disiplin di hari kerja.

Perhitungan jam kerja pun bisa lebih akurat dan aman dari kecurangan. Karyawan di setiap divisi bisa memenuhi kewajiban pekerjaan sesuai dengan aturan jam kerja yang ditentukan.

Sebagai panduan untuk pengguna Kerjoo, di sini kita akan menjelaskan fitur baru yaitu tentang pembatasan jam istirahat. Perusahaan bisa menentukan kapan waktu istirahat karyawan dan berapa lama waktu istirahat maksimal.

Cara Penggunaan Fitur Pembatasan Jam Istirahat

Fitur pembatasan jam istirahat ini berlaku untuk pola kerja "Hari Kerja" dan bukan Shift. Ini adalah pengembangan dari Pola Kerja yang sudah diatur sebelumnya. Seperti apa perubahannya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Login ke Akun Perusahaan

  • Login ke https://app.kerjoo.com dengan alamat email dan kata sandi (password) sesuai info login yang dikirim
  • Klik tombol MASUK, kemudian Anda akan diarahkan ke dashboard admin perusahaan.

Pilih Menu Pola Kerja

  • Klik sub menu 'Hari Kerja'
  • Lihat kolom 'Mulai Istirahat', 'Selesai Istirahat', dan 'Maks. Menit Istirahat' untuk diisi kemudian
Fitur Pembatasan Jam Istirahat

Mengisi Waktu Istirahat yang Ditentukan

  • Secara default, kolom 'Mulai Istirahat' dan 'Selesai Istirahat' masih kosong.
  • Anda bisa mengisi jam istirahat yang ditentukan, misalnya pukul 13.00 - 14.00. Artinya, karyawan hanya bisa melakukan absensi istirahat pada range waktu tersebut.
Fitur Pembatasan Jam Istirahat
  • Bisa juga diisi salah satu, yaitu saat mulai atau selesai saja.
Fitur Pembatasan Jam Istirahat
  • Misalnya jadwal istirahat pukul 13.00 dan kolom selesai istirahat dikosongkan, maka karyawan bisa istirahat mulai pukul 13.00 dan seterusnya.
Fitur Pembatasan Jam Istirahat
  • Jika waktu mulai istirahat dikosongkan dan waktu selesai istirahat diisi 14.00, berarti batas waktu istirahat karyawan adalah sampai pukul 14.00

Tentukan Berapa Waktu Maksimal Istirahat

  • Selanjutnya, untuk waktu ‘Maksimal Menit Istirahat’ bisa diisi, misalnya 60 menit
  • Setelah kolom ‘Maksimal Menit Istirahat’ diisi, maka di aplikasi mobile akan muncul notifikasi seperti ini;
Fitur Pembatasan Jam Istirahat

Cek Info Pembatasan Istirahat di Aplikasi Mobile

  • Untuk tampilan mobile, akan terlihat jadwal istirahat di bagian “Jadwal Anda Hari Ini”
Fitur Pembatasan Jam Istirahat
  • Kemudian, di bagian icon Jadwal juga dapat dilihat.
Fitur Pembatasan Jam Istirahat
  • Ketika kita mencoba absensi istirahat di luar jam istirahat yang sudah ditentukan? Maka tampilannya akan seperti ini;
Fitur Pembatasan Jam Istirahat

Kemudian, yang perlu diperhatikan adalah pada saat presensi masuk, jadwal yang ditangkap pada saat itu akan dicatat. Jadi ini sudah tidak ada hubungannya dengan Pola Kerja. Jika Pola Kerja dilakukan perubahan, maka tidak akan berpengaruh.

Pada saat presensi masuk, presensi jadwal kerjanya kita dapatkan dan kita simpan. Jadwal inilah yang nantinya digunakan untuk validasi mulai istirahat dan selesai istirahat. Lalu bisa dilihat juga, maksimal istirahat berapa menit.

Mungkin nanti akan ada pertanyaan; “saya sudah mengatur Pola Kerja tapi masih bisa istirahat di luar waktu yang seharusnya istirahat?”

Karena pada saat presensi masuk, jadwalnya belum diubah dan tidak sesuai dengan yang diatur di Pola Kerja. Tapi, akan mengambil dari presensi masuk.

Jadwal ketika presensi masuk itulah yang digunakan untuk validasi presensi istirahat, jadi tidak lagi terkait dengan ketentuan di Pola Kerja atau jadwal yang tertera di menu Data Karyawan.

Pentingnya Pembatasan Waktu Istirahat


Apakah di perusahaan Anda sudah menerapkan pembatasan waktu istirahat untuk karyawan? Pembatasan waktu istirahat di kantor berperan penting untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Itulah mengapa, Kerjoo menghadirkan fitur pembatasan jam istirahat dengan manfaat sebagai berikut;

- Memaksimalkan Efisiensi Kerja

Sudah seharusnya waktu kerja dan waktu istirahat terpisah dengan jelas agar setiap aktivitas bisa terselesaikan dengan baik.

Waktu istirahat yang diatur dengan baik akan membuat karyawan tetap produktif menjalani aktivitas pekerjaan atau tugas-tugas.

Ketika mereka memiliki waktu istirahat yang cukup, mereka akan mampu menjaga kualitas pekerjaan tanpa mengorbankan kesehatan atau kehidupan pribadi mereka.

- Mengatasi Kelelahan

Sebaliknya, jika tidak ada pembatasan jam istirahat yang jelas, maka karyawan mungkin cenderung bekerja tidak teratur tanpa istirahat yang cukup.

Jadi, mereka cenderung mengalami kelelahan fisik dan mental yang memicu penurunan konsentrasi dan efektivitas kerja.

Dengan pembatasan jam istirahat, maka karyawan bisa rehat sejenak dan nantinya dapat kembali bekerja dengan segar dan fokus.

- Meningkatkan Semangat dan Minat Kerja

Karyawan yang merasa diperhatikan oleh perusahaan dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka mereka cenderung lebih berkomitmen dan antusias untuk menjalankan setiap pekerjaan.

embatasan jam istirahat juga dapat membantu mengurangi risiko kelelahan atau stres, sehingga mengurangi risiko ketidakhadiran dan meningkatkan tingkat kehadiran di tempat kerja.

- Mengurangi Risiko Kesalahan

Karyawan yang lelah dan kurang fokus cenderung lebih rentan terhadap kesalahan dari yang sepele sampai yang fatal.

Dengan memberikan istirahat yang cukup, karyawan dapat mengurangi risiko kesalahan dalam pekerjaan mereka, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pekerjaan dan efisiensi perusahaan.

Fitur Pembatasan Jam Istirahat

Saatnya Atur Jam Kerja dan Jam Istirahat yang Efisien

Sistem pengaturan waktu istirahat yang efisien di kantor sangat penting untuk meningkatkan produktivitas, kesehatan, dan kepuasan kerja para karyawan. Berikut adalah contoh sistem pengaturan waktu istirahat yang bisa diterapkan di kantor.

- Atur Jadwal Istirahat yang Tetap

Tentukan jadwal istirahat yang tetap dan konsisten setiap harinya. Misalnya, atur waktu istirahat selama 60 menit pada pukul 12.00 - 13.00 setiap hari.

Jadwal yang konsisten akan membuat karyawan lebih disiplin, menjaga ritme kerja, dan mudah merencanakan aktivitas lain.

- Memberi Jeda Penggunaan Perangkat Elektronik

Pengaturan waktu istirahat juga berpengaruh ke ketentuan penggunaan perangkat elektronik.

Akan lebih baik jika karyawan menghindari penggunaan perangkat elektronik saat waktu istirahat. Hal itu bisa membantu mereka untuk mengistirahatkan mata dan pikiran untuk sejenak.

- Buat Sistem Pengingat Istirahat

Agar tim Anda lebih disiplin di jam kerja, pertimbangkan untuk menerapkan sistem pengingat atau reminder absensi agar karyawan tidak terlambat bekerja lagi setelah istirahat.

Dengan bantuan fitur pembatasan jam istirahat di aplikasi Kerjoo, maka karyawan bisa beristirahat dan bekerja pada waktunya masing-masing.

- Evaluasi dan Dapatkan Masukan

Selanjutnya, jangan lupa melakukan evaluasi secara berkala tentang seberapa efektif sistem pengaturan waktu istirahat yang sudah diterapkan. Jika perlu, minta masukan dari karyawan tentang sistem tersebut.

Ingat bahwa setiap kantor atau perusahaan mungkin saja memiliki kebutuhan berbeda, begitu juga dinamika yang terjadi pada tim. Jadi, setiap solusi yang diterapkan semestinya menyesuaikan dengan kondisi spesifik kantor Anda.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang fitur pembatasan jam istirahat di aplikasi Kerjoo. Dengan fitur baru ini, maka karyawan bisa bekerja dan istirahat pada waktu yang jelas.

Pentingnya pembatasan jam istirahat di kantor ini juga terkait dengan produktivitas karyawan secara umum. Hal ini mencerminkan pentingnya keseimbangan antara waktu bekerja dan waktu istirahat.

Perusahaan yang memberikan waktu istirahat yang cukup akan mendapatkan manfaat jangka panjang. Para karyawan pun lebih sehat, produktif, dan bahagia yang akhirnya berdampak positif untuk kesuksesan perusahaan secara keseluruhan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari