Karyawan Mangkir Kerja, Apakah Bisa Kena PHK?

Ada berbagai alasan kenapa seseorang memilih mangkir dari pekerjaan

Surat Panggilan Karyawan Mangkir Kerja

Daftar Isi

Ada kalanya perusahaan mendapati karyawan mangkir kerja dengan berbagai alasan. Ketika alasannya tidak diterima, maka karyawan bisa mendapat surat peringatan atau bahkan risiko PHK.

Mangkir dari kerja adalah ketika seorang karyawan atau pekerja tidak memenuhi kewajiban profesional atau tidak hadir ke tempat kerja tanpa alasan yang sah atau tanpa izin yang disetujui HR.

Ada berbagai alasan kenapa seseorang memilih mangkir dari pekerjaan, misalnya masalah kesehatan, keperluan pribadi, masalah keluarga, atau bahkan ketidakpuasan dengan pekerjaan.

Namun, setiap pekerja yang tidak melakukan pekerjaan tanpa izin sah atau keterangan yang bisa diterima, maka tindakan ini bisa termasuk pelanggaran terhadap kebijakan perusahaan dan dapat berakibat pada sanksi disiplin.

Beberapa sanksi yang berlaku antara lain; pemotongan gaji, pemecatan, atau konsekuensi lain yang sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Mengapa Karyawan Mangkir Kerja?

Sebelumnya, pahami dulu alasan mengapa karyawan dapat mangkir dari pekerjaannya.

- Karena Kondisi Kesehatan

Karyawan mungkin tidak masuk kerja karena alasan kesehatan, seperti sakit yang tidak memungkinkan untuk bekerja. Bahkan sakitnya berlangsung cukup lama.

- Faktor Kendala Transportasi

Dalam berbagai situasi, mungkin karyawan menghadapi kendala transportasi, seperti masalah kendaraan pribadi atau masalah layanan transportasi umum. Sehingga mereka jadi sulit untuk sampai ke tempat kerja.

Jika memungkinkan, faktor penyebab seperti ini bisa diatasi dengan sistem kerja yang lebih fleksibel. Untuk divisi tertentu, karyawan tidak wajib ke kantor dan bisa kerja jarak jauh.

- Ada Kepentingan Pribadi yang Mendesak

Adanya masalah pribadi juga dapat menjadi alasan karyawan mangkir kerja. Misalnya kepentingan keluarga yang mendesak, kebutuhan mendadak untuk merawat anggota keluarga sakit, kerabat meninggal, atau menghadiri acara penting.

- Karena Ketidakpuasan Kerja

Karyawan yang tidak puas dengan pekerjaannya atau lingkungan kerjanya mungkin cenderung untuk mangkir sebagai bentuk protes atau kekecewaan.

Hal ini bisa dinilai secara objektif ketika perusahaan sudah melakukan evaluasi karyawan secara keseluruhan.

- Kehilangan Motivasi

Saat karyawan kehilangan motivasi atau minat dalam pekerjaan, mungkin mereka cenderung absen tanpa alasan yang jelas.

Selain memberi surat peringatan, HR juga perlu berkomunikasi langsung dengan karyawan untuk menemukan akar masalahnya.

- Burnout yang Parah

Pada titik tertentu, karyawan bisa mengalami burnout dan kesulitan mencapai keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

Mereka juga mungkin cenderung untuk sering absen karena menyelesaikan masalah pribadi atau kebutuhan pribadi.

karyawan mangkir kerja

Cara Menyikapi Karyawan Mangkir Kerja

Karyawan yang memiliki masalah dalam hal jam kerja memang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Lalu, bagaimana cara menyikapi karyawan mangkir dari pekerjaan? Perilaku karyawan ini dapat menjadi masalah serius di lingkungan kerja.

Bukan hanya pekerjaan karyawan yang bersangkutan yang terganggu, tapi juga operasi bisnis dan beban karyawan lain yang terkena dampaknya.

Apa saja hal-hal yang seharusnya dilakukan untuk menyikapi karyawan yang mangkir kerja? Berikut kami rangkum langkah-langkah tepat yang bisa diambil.

1. Lakukan Konfirmasi dan Cari Tahu Alasan

Segera konfirmasi ke karyawan bersangkutan dengan cara menghubungi melalui telepon, email, atau pesan singkat untuk menanyakan alasan tidak masuk kerja. Perhatikan penjelasan detail dari karyawan.

HR juga perlu mencermati alasan yang diberikan karyawan. Misalnya jika karyawan mengatakan izin sakit, mintalah bukti surat keterangan dokter.

2. Berikan Bantuan Karyawan

Jika alasan dapat dimaklumi, tawarkan bantuan untuk menyelesaikan masalah karyawan. Contohnya, jika karyawan memiliki masalah pribadi yang mengganggu performa kerjanya, tawarkan bantuan konseling, coaching, atau program bantuan lainnya.

3. Tindak Lanjuti

Apabila alasan karyawan mangkir kerja tidak dapat diterima, HR bisa memberi teguran secara lisan atau tertulis. Teguran ini harus jelas dan tegas, namun tetap sesuai peraturan perundang-undangan.

Jika karyawan mangkir kerja tidak hanya sekali, terapkan konsekuensi sesuai peraturan perusahaan. Konsekuensi ini dapat berupa teguran tertulis, pemotongan gaji, skorsing, hingga pemecatan.

Apakah perusahaan bisa melakukan PHK karyawan yang mangkir? Jawabannya bisa dilihat pada Pasal 168 ayat (1) UU Ketenagakerjaan.

Pekerja/buruh yang mangkir selama 5 (lima) hari kerja atau lebih berturut-turut tanpa keterangan secara tertulis yang dilengkapi dengan bukti yang sah dan telah dipanggil oleh pengusaha 2 (dua) kali secara patut dan tertulis dapat diputus hubungan kerjanya karena dikualifikasikan mengundurkan diri.

4. Upayakan Pencegahan

Setelah membuat surat panggilan karyawan mangkir kerja, perusahaan juga perlu mengupayakan strategi pencegahan.

Buat kebijakan yang jelas tentang absensi karyawan. Kebijakan ini harus dikomunikasikan dengan baik kepada semua karyawan.

5. Gunakan Sistem Absensi yang Akurat

Bukan hanya aplikasi untuk karyawan, tapi penggunaan sistem absensi yang akurat bisa membantu untuk review kedisiplinan karyawan. Mulai dari mencatat data kehadiran, review kinerja, denda keterlambatan.

Aplikasi absensi online Kerjoo dilengkapi notifikasi yang secara rutin mengingatkan karyawan agar tidak terlambat. Jika terpaksa izin atau cuti juga dapat diurus dengan mudah lewat satu aplikasi. Jadi, seharusnya tidak ada lagi karyawan yang mangkir dari pekerjaan.

Contoh Surat Panggilan Karyawan Mangkir Kerja

Sebagai referensi, berikut adalah contoh surat panggilan karyawan mangkir kerja.

Contoh 1

Yogyakarta, 19 Februari 2024

No         : ........
Perihal : Panggilan masuk kerja dan penyelesaian masalah ketenagakerjaan

Kepada
(Nama karyawan)
(Alamat)

Dengan hormat,

Sehubungan dengan tidak hadirnya saudara selama 5 (lima) hari secara berturut-turut tanpa keterangan, pada tanggal 12-16 Februari 2024, maka manajemen PT. (Nama perusahaan) memanggil Saudara untuk menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan antara Saudara dan perusahaan.

Demikian surat panggilan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapakan terima kasih.

Yogyakarta, 19 Februari 2024

HR PT. (Nama perusahaan)
ttd
(Nama lengkap HR)

Contoh 2

Surat Panggilan Karyawan Mangkir Kerja (dsdi.maranatha.edu)

Kesimpulan

Mangkir dari pekerjaan bukanlah tindakan yang diterima di lingkungan kerja yang profesional. Hal ini dapat menyebabkan gangguan di berbagai aspek, mulai dari diri sendiri sampai ke produktivitas tim secara keseluruhan.

Karyawan mangkir kerja bisa di-PHK jika sudah berlangsung selama 5 (lima) hari kerja atau lebih berturut-turut tanpa keterangan jelas.

Tapi, jika diketahui penyebabnya, perusahaan bisa melakukan follow up yang tepat. Khususnya surat panggilan karyawan mangkir kerja dibuat untuk memberi peringatan kepada karyawan. Surat peringatan secara formal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari