Mengenal Calon Karyawan Lewat Media Sosial, ini Caranya

Mengenal Calon Karyawan Lewat Media Sosial, ini Caranya

Daftar Isi

Bagaimana cara mengenal calon karyawan? Sudah tidak asing lagi ketika kita berbicara mengenai media sosial, seakan hal itu sudah mendunia cakupannya. Semua kalangan mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, hingga yang tua sekarang pun tidak mau kalah dalam bermain media sosial. Dengan media sosial, kita dapat melihat dan menjangkau orang orang di seluruh dunia. Akan tetapi adanya media sosial harus tetap dimanfaatkan dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan tidak dapat dimungkiri akan terjadinya dampak yang kurang baik pada penggunaan yang salah.

Mengenal Calon Karyawan Lewat Media Sosial

Dampak adanya media sosial memang bersifat relatif bagi para penggunanya, ia akan berdampak positif bagi pengguna yang bermain media sosial dengan baik dan benar. Akan tetapi hal itu akan sebaliknya, bila sang pengguna bermain media sosial untuk hal hal yang kurang baik. Pemanfaatan tersebut juga dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan untuk mengenal calon karyawan dari media sosial, apalagi pada masa pandemi.

Pada umumnya suatu perusahaan akan mengetahui dan memahami seorang calon karyawan melalui curiculum vitae yang ada. Dengan hal tersebut seorang perekrut akan mengetahui gambaran umum tentang calon karyawan, dengan melihat jenjang pendidikan dan organisasi yang pernah diikuti.

Mengenal calon karyawan

Perlu kita ketahui bahwasannya dalam mengenal calon karyawan dari media sosial merupakan sebuah alternatif yang dapat ditempuh untuk mengenal calon karyawan. Karena hal itu dapat dilakukan di manapun dan kapanpun, sehingga ha itu lebih efektif dan efisien jika dilihat di segala sisi.

Dengan menggunakan media sosial sebagai salah satu alat untuk melihat kepribadian seorang calon karyawan, itu akan menambah patokan nilai dalam menilai karakter seseorang. Melalui media sosial ia akan dapat diketahui karakternya dengan melihat foto profil, kata kata dalam status yang diposting.

Kadang akan didapati postingan-postingan dengan kata-kata yang tidak sopan misalnya, atau dengan foto-foto yang kontroversial. Itu akan menentukan karakter sebagai seseorang yang memiliki kepribadian yang kurang baik. Begitupun sebaliknya, apabila  dalam media sosialnya berisi hal-hal yang baik, hal itu juga akan menentukan timbal balik yang baik pula dari orang lain.

Perusahaan Bisa Melihat dan Menilai Karakter Seorang Karyawannya dengan Lebih Teliti

Dengan cara melalui media sosial di atas, suatu perusahaan dapat dengan melihat dan menilai karakter seorang kandidat karyawannya dengan teliti dan lebih dalam. Dalam hal ini suatu perusahaan dapat melihat dari beberapa media sosial yang sering dipakai pada masa sekarang ini, di antaranya :

Facebook

Dalam mengenal calon karyawan dari media sosial, media Facebook dapat menjadi salah satu alternatif untuk menilai seorang kandidat karyawan. Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak diminati dan digunakan di Indonesia. Tercatat 88 juta orang di Indonesia pada tahun 2006 sejak dibukanya akses sebagai publik dunia.

Pada media sosial jenis facebook, untuk melihat karakter seorang kandidat karyawan dapat diteliti melalui menu about me, disitu suatu perusahaan akan dapat melihat bagaimana seseorang dalam mendeskripsikan dirinya sendiri, selain itu perusahaan juga dapat menyesuaikan apakah deskripsi data diri yang ada di facebook sesuai dengan curriculum vitae atau tidak.

Selain itu dengan melihat beranda facebook yang berisi unggahan- unggahan sebagai statusnya, itu juga dapat membantu sebuah perusahaan dalam menilai karakter seorang kandidat calon karyawan. Dari foto profil yang dipasangpun juga dapat diketahui deskripsi diri yang ingin ditunjukkan pada publik di media sosial.

Foto profil yang ditampilkan pada media sosial akan memberi kesan tersendiri bagi para pemirsa publik yang melihatnya. Begitupun dengan pendeskripsian akan foto-foto yang diunggah di facebook. Untuk itu jagalah selalu foto- foto dan kata- kata yang berada di facebookmu, karena hal itu bisa jadi akan menjadi penghambat ketika kamu sedang melamar kerja atau sedang bekerjasama dengan sebuah perusahaan.

Mengenal calon karyawan

Twitter

Selain facebook, media sosial lannya yang dapat digunakan sebagai alat mendeteksi karakter seorang kandidat karyawan bari ialah Twitter. Twitter merupakan sebuah media sosial yang memiliki ciri khas hanya dapat membagi pesan singkat, tidak lebih dari 280 karakter.

Pada twitter ini, perusahaan dapat menilai karakter seorang kandidat karyawan baru dengan melihat siapa saja akun-akun yang diikuti. Dengan hal itu akan dapat diketahui apakah kamu mempunyai hubungan- hubungan dengan pihak yang terkait dengan industri yang digelutinya.

Untuk itu, ketika kamu sedang melamar kerja akan lebih baiknya jika mengikuti akun yang bergelut pada bidang-bidang yang berkaitan dengan perusahaan yang dituju, karena hal itu akan menjadi nilai plus sebagai pertimbangan suatu perusahaan dalam me-rekrut karyawan. Dapat menjadi jalan antisipasi bagi para pelamar kerja, siapa tau perusahaan yang dituju menilai akun tweet-mu.

Selain akun twitter yang diikuti, perusahaan juga pasti akan melihat tweet- tweet yang anda dibagikan. Dari situlah perusahaan akan menilai apakah kamu suka membagikan tweet yang bermanfaat atau menggunakan twitter hanya sebagai media mengomentari hal yang tidak penting saja.

Maka dari itu, ketika kamu sedang proses melamar pekerjaan, maka buka kembali tweet- tweet atau komentar yang pernah kamu bagikan. Apabila menemukan sesuatu yang kurang baik maka hapuslah. Hal itu bisa digunakan untuk jaga-jaga jika suatu saat perusahaan yang diikuti me- ngecek akun twittermu.

Instagram

Selain facebook dan twitter, instagram juga bisa menjadi media sosial yang digunakan suatu perusahaan untuk mendeteksi karakter seorang kandidat karyawan baru. Dimana kita ketahui bahwasannya instagram merupakan sebuah media sosial yang paling banyak diminati oleh masyarakat, tidak terkecuali di Indonesia.

Pada dasarnya instagram adalah sebuah media sosial yang dapat digunakan untuk membagikan foto dan video singkat kepada para pengikutnya. Di Indonesia sendiri instagram merupakan media utama yang paling banyak digunakan para netizen- netizen.

Tidak jauh berbeda dengan facebook dan twitter. Pada umunya di instagram ketika sebuah perusahaan menggunakannya sebagai media untuk menilai karakter seorang kandidat karyawan. Instagram akan melihat foto profil, siapa yang diikuti, apa unggahan- unggahan yang kamu posting. Selain itu juga cara kamu mendeskripsikan dirimu melalui postingan yang kamu buat.

Mengenal calon karyawan

Lain dari pada itu, bagaimana kamu menanggapi para follower-follower. Kamu juga bisa menjadi suatu media bagi perusahaan untuk menilai karakter dirimu. Karena hal ini bisa menjadi gambaran tentang bagaimana cara kamu berkomunikasi menanggapi follower, dan bagaimana hubunganmu dengan orang lain.

Dewasa ini perkembangan teknologi semakin pesat. Di mana hal tersebut juga berpengaruh terhadap mudahnya membagikan atau mendapat informasi dari segala penjuru negeri. Hal tersebut juga dimanfaatkan oleh sebagian besar perusahaan dalam mengenal calok karyawan dari media sosial

Untuk itu berhati- hatilah dalam bermedia sosial, karena siapa tau hal itu akan berdampak pada kehidupan kalian kedepannya. Terutama bagi para pejuang pekerjaan yang masih proses melamar. Karena tidak menutup kemungkinan perusahaan yang sedang kamu perjuangkan mengenal calon karyawan dari media sosial.

produktivitas kerja
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari