Contoh Deskripsi Diri yang Menarik Saat Melamar Pekerjaan

Contoh deskripsi diri bisa menentukan keberhasilan interview kerja di bidang apapun

Contoh Deskripsi Diri yang Menarik Saat Melamar Pekerjaan

Beberapa pertanyaan wawancara kerja yang paling umum adalah meminta untuk menjelaskan diri sendiri. Beberapa contoh deskripsi diri memang bisa menarik perhatian HRD, tapi ada juga deskripsi yang ternyata kurang sesuai. Jika Anda sudah memiliki pengalaman kerja bertahun-tahun, pasti akan menyadari hal ini.

Memang ada beragam variasi dari pertanyaan HRD, misalnya;

  • "Coba ceritakan tentang diri Anda,"
  • "Bagaimana Anda menggambarkan diri Anda?"  
  • "Apa kelebihan dan kekurangan Anda?"

Meskipun pertanyaannya sudah familiar dan seperti sudah ada template, jawabannya tidak selalu sederhana. Dalam banyak situasi, HR perusahaan juga ingin melihat kesan pertama, seperti pakaian interview dan attitude calon kandidat. Meskipun kesan pertama cukup banyak berpengaruh, calon karyawan tidak seharusnya mengarang atau menjelaskan hal yang tidak jujur.  

Seberapa Penting Contoh Deskripsi Diri?

Kali ini Anda bisa memposisikan diri sebagai HR atau calon karyawan. Saat Anda menjadi tim HR yang mewawancarai orang, dan orang tersebut menjawab dengan tidak sesuai. Berdasarkan pengalaman, Anda mungkin mudah melihatnya tidak siap atau kurang percaya diri.

Tapi, bisa jadi saat ini Anda yang sedang membaca ini adalah orang yang sedang mencari kerja dan bersiap-siap untuk interview. Tentunya contoh deskripsi diri akan sangat penting untuk Anda pahami. Lalu apa yang sebenarnya ingin pewawancara ketahui?

Pemberi kerja meminta untuk menggambarkan diri Anda karena beberapa alasan. Pertama, mereka ingin melihat apakah Anda cocok untuk posisi dan budaya perusahaan. Selanjutnya, mereka berharap jawaban Anda akan memberikan gambaran tentang bagaimana Anda memandang diri sendiri. Ini akan berguna untuk membantu mereka menilai kesadaran diri, kepercayaan diri, dan sikap secara umum.

Jelas penting untuk fokus pada kelebihan Anda saat menjawab pertanyaan interview. Namun, juga harus menyampaikan fakta tentang mengapa Anda cocok untuk perusahaan tersebut. Ini adalah kesempatan untuk memperkenalkan diri Anda kepada pewawancara.

Caranya bukan hanya sekadar mengatakan, tapi juga menunjukkan bukti nyata. Seperti misalnya di dalam CV dan resume juga ada sertifikat dan bukti prestasi yang pernah diraih. Dengan menunjukkan bukti yang kuat dan relevam, perusahaan jadi bisa punya alasan mengapa Anda adalah kandidat kuat untuk peran tertentu.

contoh deskripsi diri

Jadi, Bagaimana Contoh Deskripsi Diri yang Menarik?

Agar lebih siap, buatlah daftar kata yang menurut Anda paling menggambarkan diri Anda. Lihat deskripsi pekerjaan yang Anda apply, dan tandai semua kata sifat dan frasa dalam daftar Anda yang paling relevan dengan posisi tersebut. Anda bahkan mungkin ingin meminta saran dari keluarga dan sahabat.

1. Tulis Daftar Kata Sifat tentang Diri Anda

Misalnya, kami telah menyediakan daftar kata sifat yang menggambarkan seorang kandidat, lowongan pekerjaan, dan contoh tanggapan yang menjelaskan bagaimana orang tersebut cocok untuk pekerjaan.

Sebelum fokus ke intinya, coba jujur kepada diri sendiri. Mulai buat contoh deskripsi diri dengan kata sifat, misalnya yang seperti ini.

  • Bersikap tenang
  • Analitis
  • Percaya diri
  • Kooperatif
  • Bisa diandalkan
  • Memperhatikan detail
  • Kompetitif
  • Rapi
  • Punya empati tinggi
  • dan banyak lagi sifat positif tentang diri Anda.

2. Deskripsi Diri dengan Kalimat yang Runtut

Contohnya adalah pada lowongan kerja di perusahaan startup. Perusahaan mencari orang sales dan marketing yang bekerja dengan target. Tentu perlu pengalaman sebelumnya tentang menghadapi calon pelanggan. Selain etos kerja yang kuat, juga butuh keterampilan komunikasi yang sangat baik.

Cara deskripsi diri saat wawancara kerja di bidang sales dan marketing? Kandidat bisa menjelaskan seperti ini. Boleh modifikasi atau mengubah susunan kalimatnya.

"Berdasarkan pengalaman saya di industri asuransi dan kemampuan saya untuk mempersuasi orang lain, maka saya cocok untuk posisi ini. Dalam posisi saya baru-baru ini, saya menggunakan etos kerja yang kuat dan keterampilan analitis dan teknis untuk membantu tim. Dengan demikian kamu melampaui tujuan selama tiga kuartal berturut-turut."

3. Bersikap Terbuka dan Komunikatif

Terlepas dari apa posisinya, orang yang melamar kerja bisa menunjukkan sisi lain seperti soft skill dan attitude. Bukan hanya fokus pada keunggulan teknis, tapi juga bisa mengatakan hal-hal seperti ini;

  • "Saya sangat menikmati bertemu dan bekerja dengan banyak orang yang berbeda, dan saya adalah pendengar yang baik"
  • "Saya sudah biasa terlibat dengan rekan kerja berbagai generasi atau berinteraksi dengan klien."

Selain menekankan kualifikasi yang penting untuk pekerjaan itu, jawaban ini menunjukkan bahwa kandidat itu menyenangkan untuk bekerja sama.

4. Contoh Deskripsi Diri dengan Menunjukkan Sikap Antusias

Berikut ini adalah jawaban deskripsi diri yang menunjukkan sikap antusias.

  • "Saya tipe orang yang tahu bagaimana melakukan tugas-tugas sulit dengan presisi."
  • "Pada umumnya saya selalu memperhatikan semua detail proyek dan memastikan bahwa setiap tugas tepat dan selesai tepat waktu."
  • "Saya seorang pemikir kreatif. Saya suka mengeksplorasi solusi alternatif untuk masalah, dan saya juga terbuka pada perubahan."

Jawaban ini menunjukkan bahwa orang yang diwawancarai memahami pentingnya kreativitas dalam praktik, juga dalam teori. Ia menunjukkan bahwa dirinya dapat menggunakan kreativitas mereka untuk menghasilkan hasil. Kandidat terbaik juga akan dapat menunjukkan bahwa mereka dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang memuaskan.

contoh deskripsi diri

5. Deskripsi Diri sebagai Orang yang Solutif

Sebagian besar tempat kerja adalah lingkungan tim dengan berbagai masalah yang terjadi. Kali ini kandidat juga bisa menjelaskan hal yang mencerminkan pemahaman tentang itu. Tentunya juga kemampuan untuk bisa menyelesaikan problem di pekerjaan sambil bekerja dengan baik dengan orang lain.

  • "Saya senang menganalisis masalah, memecahkan masalah, dan menemukan solusi secara tepat waktu."
  • "Selama ini saya banyak berkembang dalam pengaturan tim. Saya juga berpikir keterampilan saya dalam berkomunikasi secara efektif dengan orang lain adalah yang mendorong kemampuan saya untuk memecahkan berbagai masalah."

Kesimpulan

Demikianlah contoh deskripsi diri yang bisa menarik saat interview kerja. Tapi, jangan langsung terjebak dalam banyak contoh yang pada dasarnya adalah template. Anda juga tidak perlu menampilkan setiap karakter diri Anda. Seringkali, pemberi kerja menginginkan jawaban yang relatif singkat untuk pertanyaan interview.

Namun, jika Anda memberikan jawaban Anda dan pewawancara tampak menunggu lebih banyak, Anda dapat menindaklanjuti dengan contoh dari pengalaman kerja sebelumnya. Pewawancara bahkan mungkin meminta Anda untuk memperluas jawaban Anda dengan contoh deskripsi diri yang detail.

Saat menjawab pertanyaan interview ini, pastikan jawaban Anda sesuai dengan pengalaman kerja Anda sendiri dan pekerjaan yang Anda lamar. Anda bisa mendapatkan berbagai tips bermanfaat lainnya tentang dunia kerja di blog kerjoo.com. Mulai dari persiapan interview, saat menghadapi kesibukan, sampai cara untuk resign pada waktu yang tepat.  

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Untuk mengetahui layanan kami selengkapnya, sebelumnya Anda bisa mendaftar dulu dengan klik button berikut ini.

contoh deskripsi diri