Kriteria Sales Terbaik yang Menjadi Andalan Perusahaan

Kriteria Sales Terbaik yang Menjadi Andalan Perusahaan

Daftar Isi

Menurut Anda, apa kriteria sales terbaik yang menjadi andalan perusahaan? Sebagaimana Anda ketahui jika setiap bagian dari perusahaan akan memiliki fungsi masing-masing bergantung dari kebutuhannya.  

Adapun divisi perusahaan yang mempunyai peranan yang cukup penting adalah sales atau bagian penjualan. Pada umumnya di dalamnya terdapat sales executive.

Misalnya dalam sebuah perusahaan startup, sales executive disebut juga sebagai account executive. Sedangkan jika di perusahaan asuransi posisi sales executive disebut sebagai financial advisor.

Hal ini karena posisinya tersebut akan membantu nasabah untuk pengelolaan keuangan mereka ketika mengikuti program asuransi perusahaan.

Di masa depan, fungsi dari sales executive ini mungkin saja akan tergeser dengan posisi yang lain atau bahkan teknologi yang makin canggih.

Walaupun memang hal ini tidak mengartikan jika profesi ini akan hilang begitu saja. Hanya ada beberapa dari segelintir orang yang mempunyai etos dan karakter kerja terbaiklah yang dapat bertahan di bidang yang satu ini.

Maka dari itu, memang seseorang dengan posisi ini haruslah mempunyai skill yang bagus.

sales terbaik

6 Skill yang Dimiliki Oleh Sales Terbaik

1. Sales Harus Memiliki Ketekunan

Perlu Anda ketahui jika follow up akan menjadi sebuah hal rutin bagi seorang sales executive dan tentunya tidak boleh tertinggal begitu saja setiap harinya.

Tentunya para calon klien yang nantinya didapatkan datanya dari sumber-sumber tertentu harus segera diolah datanya, dengan menghubungi nomor yang dicantumkan, satu per satu.

Selain itu juga tidak jarang akan terjadi penolakan, dan biasanya ini menjadi 'menu tambahan' bagi mereka yang tentunya harus diterima oleh seorang yang menduduki posisi ini. Inilah yang menjadi konsekuensi dari pekerjaan ini.

Apabila terjadi penolakan, maka yang harus dilakukan sales terbaik adalah beralih ke calon klien selanjutnya. Tidak lagi perlu memaksakan supaya penawaran Anda langsung diterima.

Bagaimana apabila Anda ada tawaran untuk kemudian meminta dihubungi pada hari dan jam lain? Tentunya Anda dapat mengejar dan mencatat lagi menyesuaikan dengan waktu yang memang telah ditentukan oleh calon klien.

Pastinya ketekunan merupakan sebuah keharusan, tapi jangan sampai memaksakan diri. Ini bukan satu-satunya cara untuk dapat bertahan di industri sales.

2. Sales Harus Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Mempunyai catatan kegiatan atau buku harian merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi Anda yang profesional di bidang ini. Apalagi Anda juga harus follow up ratusan bahkan calon klien setiap harinya.

Sebagai seorang sales executive tentunya Anda wajib untuk lebih cermat, tentunya akan membagi-bagi tiap nama tersebut ke dalam beberapa kategori menyesuaikan dengan kemajuan dari setiap proses.

Sebagai contoh saja, Anda membuat sebuah buku dengan tanda P yang dipergunakan untuk calon klien yang potensial. IP bagi calon yang memang akan memasuki tahap negosiasi. Kemudian D merupakan deretan klien yang memang telah resmi berhasil dijangkau.

Tentunya dari hal sederhana itu nantinya akan sangat membantu Anda dalam bekerja sebagai seorang sales executive yang setiap saat menentukan berbagai macam kegiatan follow up di setiap harinya.

Pada kelompok mana saja dari klien tersebut yang wajib lebih dahulu diusahakan dan yang sudah berjalan? Sales dapat memeriksanya sekali lagi.

Pastinya kualitas dari sales seperti ini akan banyak sekali yang mencarinya dan kerap menjadi aset dari perusahaan karena mempunyai time table yang cenderung lebih jelas.

sales terbaik

3. Sales Terbaik Harus Mempunyai Empati dan Rasa Peduli

Apabila memang di kantor Anda mempunyai tim sales, maka rasa empati dan kepedulian akan menjadi hal yang membuat Anda disegani oleh tim.

Sebagai seorang sales executive pastinya Anda akan mempunyai jam terbang yang tergolong lebih banyak jika dibandingkan dengan rata-rata tim.

Sementara itu, permasalahan untuk menghadapi klien, tentu juga dialami oleh staff. Hal ini juga akan dirasakan lebih dahulu oleh seorang sales executive.

Tentunya pengalaman tersebutlah yang harus menjadikan Anda lebih memperhatikan tim dan memberikan motivasi supaya bisa bekerja sama dan memenuhi target dari perusahaan.

Kepedulian yang tinggi tersebut nantinya dapat Anda terapkan terhadap klien. Hal tersebut dikarenakan memang sales yang baik tentunya harus dapat memposisikan dirinya sebagai seorang klien juga.

Apabila Anda seorang sales sudah mempunyai skill ini dan ahli tentunya klien juga akan merasa betah dan senang ketika membantu dengan Anda.

Selain itu juga adanya kemungkinan bagi produk atau jasa Anda itu direkomendasikan oleh rekan klien, hal itu tentunya akan membuka peluang dikarenakan tingkat kepuasan daripada layanan atau produk yang berasal dari perusahaan Anda.

4. Sales Terbaik Seperti Pencerita yang Begitu Handal

Tentunya penawaran yang dilakukan secara langsung produk atau jasa Anda merupakan sebuah metode yang harus dihindari oleh sales executive.

Jangan hanya Anda ingin mendapatkan secara cepat klien tapi tidak memperdulikan cara pengenalan yang baik dan elegan. Tentunya hal ini merupakan hal yang harus dihindari.

Perlu Anda ketahui jika salah satu dari metode yang baik dalam hal penawaran atau pengenalan adalah dengan cara bercerita. Adapun memang hal yang seharusnya Anda ceritakan.

Tentunya tidak melulu harus mengarah secara langsung kepada perencanaan dari calon klien untuk mempergunakan atau membeli jasa Anda. Hal yang perlu diperhatikan adalah dengan mencari lebih dahulu mengenai kesehariannya.

5. Sales Terbaik Memiliki Analisis Tepat Tentang Kebutuhan Klien

Kemudian Anda harus melakukan analisis-analisis berkaitan dengan poin tertentu secara cepat. Khususnya yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan nantinya.

Maka setelah itu Anda juga bisa menginformasikan hal-hal berkaitan dengan produk tersebut, apakah bermanfaat atau tidaknya bagi si calon klien tersebut.

Pada awal mula perkenalan tentunya sebagai seorang sales terbaik wajib memegang peranan sebagai pemegang naskah dan juga mampu menguasai suasana.

Pada saat si calon klien tersebut terbawa suasana dan merasa nyaman dalam bercerita dan Anda juga mulai percaya. Maka nantinya urusan dalam hal penjualan akan lebih mulus berlangsungnya.

6. Pendekatan yang Dilakukan Secara Personal di Area Profesional

Tentunya skill yang satu ini tidak mengartikan bahwa Anda wajib masuk ke dalam ranah pribadi klien. Bahkan tampak dekat dan akrab dengan mereka.

Tentunya bagi seorang sales terbaik, pastikan bahwa Anda harus melakukan pendekatan yang berbeda pada tiap-tiap klien menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakter mereka.

Sebagai contoh adalah bagaimanakah cara dalam hal berkomunikasi dalam klien yang mempunyai cara berkomunikasi dengan klien.

Misalnya saja yang profesinya seorang dokter dan profesi lainnya akan tampak berbeda satu sama lainnya. Agar nantinya sales tersebut mampu bertahan dengan berbagai jenis klien, Anda juga wajib lebih fleksibel ketika mempergunakan berbagai metode tersebut. Inilah salah satu dari kriteria sales terbaik.

Kesimpulan

Bagian sales atau penjualan adalah divisi perusahaan yang mempunyai peranan yang cukup penting.

Ada beberapa kriteria sales terbaik yang dibutuhkan perusahaan, misalnya ketekunan, manajemen waktu yang baik, memiliki empati, dan menceritakan produknya dengan baik.

Sales yang baik juga mampu menganalis kebutuhan klien dan melakukannya secara profesional. Jika perusahaan Anda bergerak di penjualan, apakah divisi sales sudah bekerja dengan maksimal?

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari