Kriteria Sales Terbaik yang Menjadi Andalan Perusahaan

Kriteria Sales Terbaik

Daftar Isi

Menurut Anda, apa kriteria sales terbaik yang menjadi andalan perusahaan? Sebagaimana Anda ketahui jika setiap bagian dari perusahaan akan memiliki fungsi masing-masing bergantung dari kebutuhannya.  

Adapun divisi perusahaan yang mempunyai peranan yang cukup penting adalah sales atau bagian penjualan. Pada umumnya di dalamnya terdapat sales executive.

Misalnya dalam sebuah perusahaan startup, sales executive disebut juga sebagai account executive. Sedangkan jika di perusahaan asuransi posisi sales executive disebut sebagai financial advisor.

Di masa depan, fungsi dari sales executive mungkin saja akan tergeser dengan posisi lain atau bahkan teknologi yang makin canggih.

Tapi, bukan berarti profesi ini akan hilang begitu saja. Tentunya, yang dapat bertahan di bidang ini adalah yang mempunyai etos dan karakter kerja terbaik.

Maka dari itu, perlu kita ketahui beberapa kriteria sales terbaik yang menjadi andalan perusahaan.

sales terbaik

6 Skill yang Dimiliki Oleh Sales Terbaik

Apakah skill berikut ini dimiliki tim sales di perusahaan Anda?

1. Sales Harus Memiliki Ketekunan

Ketekunan merupakan sebuah keharusan, misalnya saat melakukan follow up, saat mendapat penolakan, dan saat negosiasi dengan klien.

Perlu diketahui jika aktivitas follow up akan menjadi sebuah hal rutin bagi seorang sales executive. Misalnya sudah mendapatkan data calon klien, tentu data calon klien harus segera diolah, serta menghubungi nomor calon klien tersebut.

Bahkan, tidak jarang akan terjadi penolakan yang harus dirasakan oleh seorang yang menduduki posisi ini. Inilah yang menjadi konsekuensi dari pekerjaan sales.

Apabila terjadi penolakan, maka yang harus dilakukan sales terbaik adalah beralih ke calon klien selanjutnya. Tidak perlu memaksakan supaya penawaran langsung diterima.

Sebagian calon klien akan melakukan negosiasi untuk berkomunikasi pada hari dan jam lain. Jika demikian situasinya, coba sesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan oleh calon klien.

2. Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Tim sales seringkali harus follow up ratusan calon klien setiap harinya. Sales executive juga harus cermat membagi-bagi setiap nama tersebut ke dalam beberapa kategori, serta keterangan update dari setiap proses.

Itulah mengapa, skill manajemen waktu adalah sesuatu yang wajib dimiliki agar pekerjaan sales lebih efektif.  

Mempunyai catatan kegiatan tentang update pekerjaan sales akan sangat membantu untuk mencapai progres yang baik di bidang penjualan.

Pada kelompok mana saja dari klien tersebut yang wajib lebih dahulu diusahakan dan yang sudah berjalan? Sales dapat memeriksanya sekali lagi.

Pada intinya, tim sales yang bekerja lebih efisien akan memberi keuntungan bagi perusahaan.

sales terbaik

3. Mempunyai Empati dan Rasa Peduli

Bagi tim sales, rasa empati dan kepedulian adalah aspek yang menentukan banyak hal. Apalagi untuk sales executive yang sudah mempunyai jam terbang lebih banyak.

Empati dan rasa peduli akan membantu saat menghadapi permasalahan untuk menghadapi klien. Kepedulian yang tinggi tersebut nantinya dapat Anda terapkan di depan klien.

Sales yang baik tentunya harus dapat memposisikan dirinya sebagai seorang klien juga. Dengan kepedulian jugalah tim sales termotivasi bekerja sama memenuhi target dari perusahaan.

4. Sales Terbaik Seperti Pencerita yang Handal

Pada praktiknya, penawaran langsung untuk menjual produk atau jasa adalah metode yang sebaiknya dihindari. Mengapa demikian?

Dibanding proses penjualan itu sendiri, pengenalan yang baik dan elegan adalah tahapan yang tidak boleh dilewatkan.

Itulah mengapa, salah satu metode penjualan yang efektif adalah melalui bercerita (storytelling). Ceritakan hal menarik atau bermanfaat yang akan mereka dapatkan jika mereka menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Pahami kebutuhan calon klien Anda, dan buat mereka merasa diperhatikan atau dipedulikan melalui cerita yang Anda sampaikan.

5. Sales Terbaik Memiliki Analisis Tepat Tentang Kebutuhan Klien

Pada awal mula perkenalan, seorang sales terbaik harus mampu menguasai suasana. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui apakah calon kliennya adalah orang yang tepat.

Lakukan analisis secara cepat, khususnya yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan.

Setelah itu, Anda bisa menyampaikan hal-hal berkaitan dengan produk tersebut, apakah bermanfaat bagi calon klien.

Pada saat calon klien terlihat merasa nyaman dan tertarik dengan penawaran Anda, proses closing penjualan akan lebih mudah.  

6. Pendekatan yang Dilakukan Secara Personal di Area Profesional

Pendekatan yang dilakukan secara personal di area profesional mengacu pada kemampuan salesman untuk menjalin relasi yang lebih dekat dengan klien untuk keberhasilan penjualan.

Faktanya, setiap klien memiliki karakteristik dan preferensi yang berbeda. Yang perlu dilakukan adalah mendengarkan secara aktif dan mengajukan pertanyaan relevan untuk mendapatkan gambaran jelas tentang situasi pelanggan.

Lebih dari sekedar menjual, seorang salesman yang baik akan memberikan nilai tambah kepada pelanggan. Ini bisa berupa informasi tambahan, saran profesional, atau solusi kreatif yang membantu pelanggan mencapai tujuan mereka.

Kesimpulan

Tim sales atau penjualan adalah divisi perusahaan yang mempunyai peranan sangat penting. Karena itu, dibutuhkan kriteria tertentu untuk sales terbaik.

Ada beberapa kriteria sales terbaik yang dibutuhkan perusahaan, misalnya ketekunan, manajemen waktu yang baik, memiliki empati, dan menceritakan produknya dengan baik.

Sales yang baik juga mampu menganalis kebutuhan klien dan melakukannya secara profesional. Jika perusahaan Anda bergerak di penjualan, apakah divisi sales sudah bekerja dengan maksimal?

Anda bisa memberikan dukungan untuk tim sales agar bisa bekerja dengan efisien dengan teknologi yang tepat.

Misalnya di aplikasi Kerjoo terdapat fitur kunjungan klien dirancang khusus untuk membantu perusahaan melacak dan mengelola kunjungan klien secara efektif. Sehingga kegiatan sales lapangan dan canvasing menjadi lebih jelas dan terukur.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari