7 Manfaat Live Chat, Agar Lebih Dekat dengan Customer

7 Manfaat Live Chat, Agar Lebih Dekat dengan Customer

Saat Anda mengakses sebuah website bisnis, apakah Anda sudah mendapat manfaat dari live chat? Keberadaan sebuah website di perusahaan yang menjual produk atau jasa tertentu pasti sudah sering Anda temui saat berselancar di dunia maya. Di era yang serba digital ini, fungsi website untuk pemasaran suatu produk memang sudah sangat dikenal dan diaplikasikan oleh banyak pebisnis.

Namun, ketersediaan informasi produk dan insight yang berkaitan dengan produk dalam sebuah website bisnis terkadang masih kurang memuaskan. Apalagi kebutuhan customer yang menyukai hal-hal yang serba instan, salah satunya adalah arus komunikasi yang lancar dengan pemilik bisnis. Kebutuhan pelanggan akan respons yang cepat dari admin yang mengelola jalur komunikasi inilah yang mendorong terciptanya live chat.

Apa Manfaat Live Chat pada Website Bisnis?

Seperti yang telah Anda ketahui, live chat merupakan sebuah fitur dalam website bisnis yang memudahkan komunikasi antara pengelola website dan pelanggan. Live chat merupakan sebuah web service untuk membantu komunikasi secara real time dengan pengunjung website. Pada umumnya, ikon untuk fitur live chat tersedia di sudut kanan bawah sebuah website. Manfaat live chat memang dapat menunjang performa sebuah bisnis, antara lain;

1. Menciptakan Obrolan yang Proaktif

Adanya fitur live chat dalam sebuah website dapat memudahkan pelanggan dalam menghubungi pengelola website saat membutuhkan bantuan. Bantuan yang dibutuhkan pelanggan bisa meliputi informasi lebih lanjut mengenai detail suatu produk atau jasa yang disediakan oleh penjual atau kesulitan pelanggan dalam mengoperasikan fitur-fitur lain dalam website. Komunikasi melalui fitur live chat akan mendorong penjual dan pelanggan dapat berinteraksi secara proaktif.

2. Manfaat Live Chat untuk Melayani 24 Jam

Biasanya, sebuah website bisnis menghubungkan fitur live chat dengan chatbot yang dapat menjawab pesan dari pelanggan secara otomatis. Pesan yang diberikan oleh chatbot bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan pemilik bisnis. Misalnya berisi jawaban singkat dari pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh pelanggan atau informasi mengenai kapan pengelola website kembali daring. Manfaat fitur live chat pada sebuah website bisnis menunjukkan bahwa pemilik bisnis serius dalam mewujudkan komitmennya memberikan pelayanan bagi pelanggan selama 24 jam.

manfaat live chat

3. Membedakan dengan Kompetitornya

Tidak semua pemilik usaha yang mengelola website bisnis memahami pentingnya fitur live chat sehingga tidak menyediakannya dalam website. Hal ini membuat website yang memiliki fitur live chat akan lebih menonjol dibandingkan kompetitornya. Jika Anda mengelola website bisnis, apakah sudah mengoptimalkan manfaat live chat?

4. Menciptakan Kepuasan bagi Pelanggan

Banyaknya kegunaan yang diberikan berkat adanya fitur live chat dapat memudahkan pengalaman pelanggan selama mengunjungi sebuah website bisnis. Kemudahan akses seperti ini dapat membuat pelanggan merasa puas. Ketika pelanggan merasa puas dengan pelayanan, tentu akan menjadi branding yang baik untuk bisnis Anda.

5. Menghemat Biaya yang Dikeluarkan

Fitur layanan pelanggan konvensional melalui telepon membuat sebuah perusahaan atau seorang pemilik bisnis mengeluarkan lebih banyak modal untuk membayar biaya operasional. Ada beberapa biaya operasional yang mesti dibayarkan perusahaan atau pemilik bisnis. Biaya operasional tersebut meliputi penyediaan perangkat telepon, biaya telepon bulanan, reparasi, perawatan, hingga biaya listrik. Jika dibandingkan dengan telepon, manfaat fitur live chat lebih optimal dan hemat.

6. Manfaat Live Chat Meningkatkan Penjualan

Telah disebutkan sebelumnya bahwa keberadaan fitur live chat dapat membuat kepuasan pelanggan meningkat. Jika kepuasan pelanggan meningkat maka pelanggan akan menaruh kepercayaan pada pelaku bisnis. Pada akhirnya, kepuasan dan kepercayaan yang dirasakan oleh pelanggan akan membuat mereka membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan.

7. Membuat Konsumen Kembali Lagi

Semua pemilik bisnis pasti ingin agar konsumen kembali lagi melakukan pemesanan (repeat order). Setidaknya mereka kembali mengunjungi website untuk berkomunikasi kembali. Hal ini dikenal dengan retensi konsumen. Ketika live chat bisa menjawab pertanyaan konsumen, maka kemungkinan mereka kembali akan semakin tinggi. Dengan obrolan langsung, meski dengan teks, akan lebih mudah untuk mengenal pelanggan.

Live Chat dan Telepon, Mana Lebih Efektif?

Manfaat live chat untuk melayani konsumen memang tidak diragukan lagi sejauh ini. Tapi selain live chat masih ada lagi pilihan lain yaitu telepon atau call center. Di luar bisnis pun telepon dianggap lebih efektif dan bisa mendekatkan secara psikologis. Apalagi saat masa pandemi di mana orang-orang tidak bebas bertemu langsung, teknologi menjadi penggantinya.

Benarkah Telepon Lebih Disukai daripada Live Chat?

Manfaat dari live chat dan telepon, mana yang lebih efektif? Penelitian di University of Texas, Austin menunjukkan perbandingan efektivitas antara komunikasi chat dan telepon. Menurut penelitian tersebut, diketahui responden cenderung lebih suka pesan teks daripada telepon. Chat dinilai lebih santai dan tidak canggung untuk bicara dengan orang baru.

Padahal kemungkinan sebagian besar orang menganggap bahwa bicara lewat telepon itu lebih terkesan dekat. Di penelitian lain yang terbit di Journal of Experimental Psychology, dibuktikan apakah orang akan lebih bisa terhubung dengan suara. Tapi, di sisi lain tetapi mereka memiliki rasa canggung, sehingga membuat mereka memilih komunikasi dengan teks.

Peneliti meminta para responden memprediksi tentang rasanya bertemu lagi dengan teman lama, entah itu via telepon atau pesan teks. Hasilnya sejalan dengan penelitian yang pertama, bahwa mereka lebih nyaman untuk berkomunikasi dengan chat. Setelah suasana menjadi cair, komunikasi.bisa dilanjutkan dengan telepon. Relasi yang nyata juga lebih mudah dipertahankan melalui telepon daripada sekadar teks.

manfaat live chat

Agar Manfaat Live Chat Lebih Optimal

Aapa saja yang harus diperhatikan agar live chat bisa optimal?

1. Posisi Button untuk Live Chat Harus Strategis

Pelanggan bisa tahu fitur live chat di website karena posisi button yang strategis. Alangkah baiknya, posisi live chat diletakkan di setiap halaman produk. Pada umumnya, button untuk live chat ada di pojok halaman, misalnya di kanan bawah. Jangan meletakkan button pada bagian yang tidak mudah terlihat pelanggan Anda.

2. Lakukan Interaksi yang Manusiawi

Saat pelanggan memanfaatkan fitur live chat dengan tim Anda, sudah selayaknya mereka mendapatkan informasi yang berguna. Jadi, cara berkomunikasi dalam live chat harus seprofesional mungkin. Meskipun tanpa visual atau interaksi langsung, obrolan dengan teks juga bisa dirasakan karena pilihan kata yang diketik. Meskipun sudah ada template kalimat untuk merespons chat, tapi tetap harus manusiawi dan tidak kaku.

3. Adakan Penilaian Setelah Live Chat

Manfaat live chat juga bisa menjadi evaluasi secara langsung. Setelah obrolan selesai, mintalah kepada pelanggan untuk memberi rating atau penilaian. Hal itu bisa memberi kesan ke pelanggan bahwa memang Anda peduli tentang pengalaman mereka. Anda juga bisa membuat sebuah survei yang muncul secara otomatis setelah selesai live chat.

Kesimpulan

Setelah memahami apa manfaat live chat bagi operasional bisnis Anda, apakah Anda sudah yakin untuk menambah layanan ini pada website Anda? Menciptakan suatu layanan live chat tentu penting sekali, apalagi untuk bisnis yang sedang ingin lebih maju. Begitu juga Kerjoo sebagai layanan aplikasi absensi online yang berkomitmen untuk memudahkan perusahaan Anda. Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang fitur terbaik dari Kerjoo, segera hubungi tim Kerjoo untuk mendapatkan solusinya sekarang.

manfaat live chat