Agar Lebih Efektif Bekerja Jarak Jauh, Inilah Solusi untuk Anda

Agar Lebih Efektif Bekerja Jarak Jauh, Inilah Solusi untuk Anda

Sejak era pandemi Covid-19 melanda, beragam lapisan masyarakat terkena imbasnya. Salah satunya adalah tentang perubahan dunia kerja. Dari yang biasanya bekerja di kantor, kini banyak profesi menyesuaikan diri dengan sistem kerja jarak jauh yang bisa dikerjakan di rumah. Kita mengenalnya dengan istilah yang akrab disebut WFH (Work From Home) atau bekerja jarak jauh (remote working).

Untuk para pekerja lepas atau freelancer, sepertinya sistem WFH sudah bukan hal yang asing lagi. Tapi, tentunya ada sebagian orang yang masih belum terbiasa. Ketika belum terbiasa dengan sistem kerja tanpa pergi ke kantor,
sebagian orang masih merasa kurang produktif. Alasannya bisa jadi karena hal teknis terkait pekerjaan itu sendiri ataupun karena faktor lain seperti lingkungan rumah yang kurang mendukung.

Untuk karyawan, hal ini bisa diatasi sesuai dengan kondisi masing-masing. Lain halnya dengan kebijakan perusahaan. Sangat penting bagi perusahaan untuk memastikan seluruh timnya bekerja efektif. Apalagi karyawan yang bekerja jarak jauh. Selain penyesuaian tentang teknis pekerjaan, ada satu hal yang dampaknya bisa krusial. Hal tersebut adalah cara mengelola karyawan WFH.

bekerja jarak jauh

Tren Bekerja Jarak Jauh Ternyata Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun Lalu

Memang istilah bekerja jarak jauh seolah-olah baru dikenal sebagian kalangan sejak pandemi. Walau sebenarnya hal ini bukan sesuatu yang baru. Pada tahun 1973, Jack M. Nilles, seorang peneliti dari University of Southern California sudah menciptakan sebuah istilah telecommuting yang di kemudian hari menjadi tanda era industri modern dan tren masyarakat yang bekerja fleksibel.

Ternyata sejak hampir setengah abad yang lalu masyarakat sudah diperkenalkan dengan sistem bekerja tanpa kantor. Beberapa puluh tahun kemudian, banyak kalangan mempertanyakan: apakah semua profesi masih membutuhkan kantor? Jika pekerjaan bisa diselesaikan dari mana saja, bukankah itu lebih efisien? Apalagi kalau tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi dan rumah sewa bagi perantau.

Telecommuting dipahami sebagai sistem kerja fleksibel, ketika karyawan tidak perlu lagi pergi ke kantor. Semua urusan komunikasi bisa dilakukan dengan bantuan teknologi. Selain bekerja dari rumah, sebagian orang memilih untuk bekerja dari co-working space atau kafe yang dirasa lebih nyaman.

Mengelola tim yang bekerja jarak jauh akan lebih efektif jika sistemnya direncankan dengan tepat. Misalnya dengan memilih aplikasi absensi online yang terbaik. Fitur-fiturnya bisa memudahkan perusahaan untuk memaksimalkan performa karyawan.

Mengelola Karyawan yang Bekerja Jarak Jauh dengan Absensi Online

Perusahaan di berbagai bidang saat ini menghadapi beberapa tantangan baru, khususnya ketika timnya tidak datang ke kantor. Jadi tidak mudah untuk memantaunya, mulai dari kehadirannya sampai dengan laporan pekerjaannya. Saat ini aplikasi Kerjoo sudah ada, dibuat untuk sistem HR berbasis cloud dan SAAS, yang menyediakan layanan  absensi karyawan yang dilakukan dengan handphone sendiri, dari mana pun dan kapan pun.

1. Bisa Mengatur Lokasi Absensi dengan Fleksibel

Untuk perusahaan yang memiliki banyak lokasi dan cabang, atau mengelola sistem remote working untuk karyawan, maka tidak perlu khawatir lagi. Perusahaan tidak perlu cemas lantaran sulit memantau kinerja karyawan tanpa absensi yang rapi. Dengan fitur lokasi di absensi Kerjoo, ini akan memudahkan banyak perusahaan untuk mengatur lokasi absensi. Ada banyak spot lokasi absensi yang bisa diatur.

2. Mengetahui Rencana Kerja Karyawan yang Bekerja Jarak Jauh

Dengan fitur yang bisa membuat laporan pekerjaan, ini memungkinkan pihak perusahaan untuk bisa tahu rencana dan laporan pekerjaan karyawan setiap hari. Bukan hanya membuat perusahaan lebih mudah untuk melakukan pengecekan, ternyata fitur yang satu ini juga memotivasi karyawan. Sistem seperti ini membantu kinerja karyawan optimal setiap hari, karena laporan pekerjaan harian sudah  menjadi satu dengan aplikasi absensi. Meskipun kerja jarak jauh tapi progresnya tetap bisa dipantau.

3. Memonitor Secara Akurat Kehadiran Karyawan di Tempat Kerja

Dengan adanya fitur GPS, lokasi karyawan ketika melakukan absensi pun secara otomatis terekam. Fiturnya juga masih dilengkapi dengan fitur tambahan fake GPS untuk menghindari terjadinya kecurangan. Info detail terkait lokasi absensi karyawan bisa diakses real time oleh pihak perusahaan di dasbor admin.

4. Bisa Membuat Aturan Tentang Karyawan yang Terlambatan Masuk

Kerjoo sebagai aplikasi absensi onlne memberi fitur Toleransi Keterlambatan untuk bisa digunakan oleh pihak perusahaan. Di sini perusahaan memberi kemudahan pada karyawan ketika melakukan absensi. Kerjoo juga membantu untuk mencatat dan menghitung jumlah jam terlambat karyawan sesuai peratiurang yang diterapkan perusahaan.

5. Mendukung Sistem Jam Kerja Fleksibel

Fitur yang disebut dengan Pola Kerja memberikan kemudahan bagi perusahaan dengan banyak divisi di dalamnya. Apalagi kalau jam kerja juga beragam. Perusahaan bisa mengatur soal jam kerja yang sesuai dengan kebutuhan biar semua sumber daya dan waktu bisa teralokasikan dengan baik.

Pengaturan jam kerja para karyawan, entah itu harian atau shift juga lebih efisien dengan fitur Jam Kerja. Fitur yang satu ini memungkinkan pihak perusahaan bisa lebih mudah mengatur jadwal shift setiap karyawan pada suatu divisi. Meskipun bekerja jarak jauh dan fleksibel, tapi hasil tetap optimal.

bekerja jarak jauh

6. Lebih Hemat Waktu untuk Menilai Kedisiplinan para Karyawan

Dengan fitur statistik, eksport file, serta ringkasan kehadiran, perusahaan melakukan penilaian kedisiplinan para karyawan dengan cepat, cukup dengan melihat data harian atau bulanan masing-masing karyawan. Perusahaan tidak usah susah payah dalam mengumpulkan file atau data manual karena dasbor admin aplikasi sudah memfasilitasi

7. Mudah Menyimpan dan Mengelola Data Karyawan

Dasbor admin pada aplikasi absensi online Kerjoo bisa membantu perusahaan lebih mudah untuk untuk mengatur data atau dokumen karyawan pada satu tempat. Database karyawan ini bisa memudahkan perusahaan agar lebih terorganisir masalah data dan mudah untuk mencarinya di saat membutuhkan. Bahkan untuk karyawan yang bekerja jarak jauh.

Kesimpulan

Sistem bekerja jarak jauh atau remote working memang jadi tren terbaru dalam dunia kerja karena era pandemi. Tapi bisa jadi sistem ini akan diterapkan di beberapa profesi secara jangka panjang meskipun pandemi sudah selesai. Untuk sementara waktu, perusahaan maupun karyawan banyak beradaptasi dengan sistem ini. Khususnya tentang bagaimana cara memanfaatkan teknologi untuk bekerja jarak jauh, tanpa harus ke kantor.

Remote working mendorong perusahaan lebih efektif dan efisien mengelola karyawan agar tetap optimal performanya. Tentunya juga tetap seimbang dengan kehidupannya sehari-hari. Salah satu solusi terbaik yang dapat membantu memudahkan perusahaan yang menerapkan sistem bekerja jarak jauh adalah absensi online kerjoo.com. Penggunanya tidak perlu repot untuk memproses absensi manual. Semuanya sudah bisa dilakusanakan berbasis online menggunakan smartphone masing-masing.

bekerja jarak jauh