Memahami Makna Noted dan Penggunaan dalam Konteks Berbeda

noted

Daftar Isi

Anda pernah mengalami ketika menyampaikan tentang sesuatu, kemudian orang lain merespons dengan 'noted'?

Misalnya begini, seorang atasan di tempat kerja menyampaikan sesuatu yang harus dilakukan oleh tim. Kemudian satu atau beberapa orang dalam tim menjawab 'baik, pak/bu, noted', yang artinya mereka siap melaksanakan apa yang diperintahkan itu.

Pertanyaannya adalah, apa makna noted yang sebenarnya? Kalau Anda sudah pernah mencari tahu, kata noted yang populer ini memiliki makna yang sedikit berbeda-beda tergantung konteksnya.

Agar lebih jelas tentang arti dan penggunaan kata noted, mari kita ikuti pembahasan ini sampai selesai.

Arti Noted Secara Umum

Noted adalah kata kerja pasif dari 'to note' yang berarti 'mencatat' atau 'memperhatikan'. Di Indonesia, terutama di lingkungan profesional, kata noted berarti dicatat atau diperhatikan, dan ini mengacu pada objek tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan.  

Tapi, apa arti dasar dari kata noted menurut kamus yang berlaku secara internasional?

Seperti yang tercantum pada kamus Merriam-Webster, Cambridge Dictionary, dan Collins Dictionary, kata noted termasuk adjective atau kata sifat yang berarti well known, famous, known by many people. Dari situ jelas diketahui artinya noted adalah terkenal atau dikenal oleh orang banyak.

Penggunaan dalam contoh kalimat;

  • Amazon company was noted for its innovative services (Perusahaan Amazon terkenal dengan layanan inovatifnya)
  • The restaurant is noted for its high standards of menu quality (Restoran ini terkenal dengan standar kualitas menunya yang tinggi)

Dalam komunikasi di dunia kerja kantoran sehari-hari, kata 'noted' memang sudah sering digunakan sebagai respons singkat yang menunjukkan bahwa informasi telah diterima dan dipahami.

Dalam bahasa Inggris, sinonim lain untuk kata 'noted' ada cukup banyak, di antaranya; famed, renowned, celebrated, dan notable.

Tapi, untuk komunikasi bahas Inggris agar sesuai konteks, sebagai pengganti noted, kita bisa memakai kata 'understood' (dipahami), 'approved' (disetujui), atau 'got it' (mengerti).

Arti Noted dalam Konteks Formal

Sebelumnya telah kita pahami arti noted berdasarkan definisi aslinya. Penting juga untuk kita mengerti penggunaan noted dalam konteks formal.

Misalnya Anda mau membalas email, berbicara dalam rapat, atau komunikasi profesional lainnya. Bolehkan mengucapkan noted dengan maksud bahwa Anda sudah menerima informasi yang disampaikan?

Untuk keperluan komunikasi secara formal di tempat kerja, pada intinya, mengatakan atau menuliskan ‘noted’ boleh-boleh saja.

Berarti kata noted di sini memang untuk menunjukkan bahwa seseorang telah menerima dan memahami informasi atau instruksi yang disampaikan.

Namun, tergantung pada konteksnya, di beberapa kesempatan, noted saja belum cukup. Agar lebih profesional dan sopan, tambahkan kalimat sesuai konteks dan sapaan yang personal.

Misalnya seperti ini:

  • "Noted, Pak/Bu. Saya akan segera menindaklanjutinya."
  • "Noted, saya akan segera menyelesaikan tugas ini tepat waktu."
  • "Terima kasih, info detailnya sudah noted dan akan segera di-follow up."
  • "Noted, terima kasih atas informasinya. Saya akan memberikan update secepatnya."

Memang penggunaan kata noted sedikit berbeda konteks dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Tapi sejauh ini penggunaan noted di Indonesia masih familiar, selagi pihak-pihak yang berkomunikasi sama-sama memahami.

noted

Arti Noted dalam Konteks Informal (Percakapan Sehari-hari)

Menariknya, dalam percakapan sehari-hari kita juga cukup sering mengatakan atau menuliskan noted dalam pesan singkat. Apa bedanya dengan konteks formal seperti sebelumnya?

Bisa dibilang makna kata noted dalam komunikasi formal dan informal sebenarnya tidak beda jauh.

Arti noted di sini digunakan sebagai respons singkat kepada seseorang yang sedang menyampaikan sesuatu. Berarti informasinya sudah diterima, sudah didengar, atau pesan sudah sampai.

Tapi, bedanya dengan konteks formal, kali ini adalah casual atau santai, dan tidak selalu berarti akan ditindaklanjuti. Karena memang sesuatu yang disampaikan tidak selalu penting atau urgen.

Seperti apa contoh penggunaannya?

  • "Sip, noted ya. Aku bakal kabari kamu kalau nanti ada perubahan."
  • "Oke, noted! Jadi kita ketemuan lain kali ya kalau kamu sudah tidak sibuk."

Perbedaan Arti Noted dengan "Noted with Thanks"

Demi kesopanan, Anda bisa menambahkan 'with thanks', daripada hanya noted saja.

Anda bisa menggunakan kata noted dengan maksud untuk mengonfirmasi bahwa Anda sudah menerima, memahami, dan mencatat informasi yang disampaikan. Kata noted tidak perlu dibalas lebih lanjut.

Tapi, bagaimana dengan situasi yang masih perlu follow up? Sekaligus untuk menghargai usaha seseorang, Anda bisa gunakan frasa 'noted with thanks'. Kata-kata ini terkesan lebih profesional berterima kasih atas informasi atau bantuan yang diberikan.

Contoh penggunaan frasa 'noted with thanks' seperti apa?

  • "Invoice Anda untuk bulan ini telah diterima dan diproses. Noted with thanks."
  • "Silakan cek dokumen terlampir yang Anda minta. Noted with thanks."

Kesalahan Umum dalam Menggunakan Noted

Karena adanya perbedaan konteks penggunaan kata noted, tidak heran kalau mungkin sering Anda temukan kesalahan. Inilah beberapa kesalahan yang sering terjadi.

  • Noted Menjadi Pengganti Ucapan Terima Kasih

Bayangkan Anda sedang mengerjakan suatu proyek dengan tim Anda. Anda mengirimkan data penting yang kemarin diminta, misalnya oleh karyawan A. Setelah pesan terkirim beserta data penting itu, lalu karyawan A hanya membalas 'siap, noted'.

Meskipun tidak sepenuhnya salah, tapi respons tersebut kurang tepat karena semestinya ada terima kasih. Di sini, 'noted' tidak seharusnya menjadi pengganti kata terima kasih atau 'thank you'.

  • Penggunaan yang Tidak pada Tempatnya

Disadari atau tidak, ternyata masih banyak orang yang asal-asalan mengucapkan noted padahal tidak pada tempatnya. Misalnya ketika supervisor menyampaikan informasi yang bunyinya 'data laporan ini perlu dilengkapi'.

Kemudian tim menjawab 'noted'. Di sini tidak jelas maksudnya apakah laporan yang dimaksud akan dilengkapi atau tidak.

  • Cara Penyampaian

Dalam komunikasi untuk tujuan apapun, pilihan kata sama pentingnya dengan cara penyampaian. Begitu juga dengan kata noted yang bisa terasa tidak sopan, sarkas, atau tidak peduli.

Misalnya ada sebuah email yang ditulis dengan rapi dan terstruktur dengan informasi yang jelas, namun hanya dibalas 'noted' tanpa menunjukkan antusiasme dan tanggung jawab.

noted

Tips Menggunakan Kata "Noted" dengan Benar dan Efektif

Memahami penggunaan kata 'noted' ternyata juga butuh waktu dan kesungguhan. Apalagi ketika harus terlibat komunikasi dengan perbedaan situasi, perbedaan kepentingan, dan perbedaan bahasa.

Agar tidak keliru lagi, simak tips untuk menggunakan kata noted secara benar dan efektif berikut ini.

  • Pahami Perbedaan Situasi Formal dan Casual

Pemahaman tentang situasi atau konteks komunikasi formal atau casual ini akan sangat menentukan bagaimana respons tersebut disampaikan.

Misalnya dalam komunikasi dengan teman sebaya dalam obrolan santai, respons singkat tidak masalah. Tapi, beda lagi kalau situasi formal dan profesional. Minimal, setelah kata noted, ikuti dengan ucapan terima kasih atau pernyataan lain yang jelas.

  • Ikuti dengan Konfirmasi atau Keterangan

Kali ini berlaku untuk komunikasi profesional yang melibatkan beberapa orang di dalam tim. Dalam komunikasi melalui email, tidak cukup hanya ‘noted’ saja, tapi sampaikan terima kasih juga, lalu beri kepastian atau konfirmasi bahwa Anda akan melakukan tindakan lanjutan berdasarkan informasi tersebut.

  • Sampaikan Lebih Detail, Agar Tidak Ambigu

Sama seperti ketika memberi info atau instruksi yang perlu dilakukan, untuk mengkonfirmasi pun seharusnya detail. Dengan keterangan detail, maka kalimatnya tidak akan ambigu dan terhindar dari miskomunikasi.

  • Hindari Pengulangan

Misalnya hal yang disampaikan ada banyak tapi tidak secara langsung. Merespons dengan 'noted' beberapa kali akan terkesan repetitif dan seolah mengabaikan. Akan lebih nyaman dibaca atau didengar kalau menggunakan alternatif atau sinonimnya.

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang makna kata noted yang benar, bagaimana penggunaannya sesuai konteks, dan kesalahan yang sering terjadi.

Dengan pemahaman yang benar, Anda jadi bisa tahu apakah selama ini sudah menggunakan kata noted dengan tepat.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari