Beberapa Cara untuk Membuat Coworking Space Menarik

Tidak seperti lingkungan kerja tradisional, coworking cenderung glebih inovatif.

Membuat Coworking Space Menarik

Daftar Isi

Bekerja di coworking space sempat menjadi pilihan orang-orang yang bekerja jarak jauh. Tapi, kadang tidak mudah untuk menemukan suasana yang mendukung.

Di sisi lain, kondisi suplai ruang perkantoran dan pandemi beberapa tahun lalu berdampak pada pertumbuhan bisnis coworking space.

Faktanya, menarik anggota atau pengguna membutuhkan pemasaran ke berbagai industri. Di ruang kerja fleksibel seperti ini, tata letak ruang kerja bersama belum tentu cocok untuk semua.

Tapi, coworking space memiliki satu keunggulan utama yaitu fleksibilitas. Tidak seperti lingkungan kerja tradisional, bisnis coworking cenderung gesit dan inovatif.

Rasio meja 1 banding 1 di kantor biasa bukanlah hal yang biasa. Alih-alih, desain ruang bersama yang berhasil adalah desain yang memungkinkan setiap pekerja menyesuaikan lingkungan dengan kebutuhan unik mereka.

Cara Membuat Coworking Space yang Menarik

Inilah beberapa desain dan cara menciptakan coworking space yang ramah untuk semua jenis pekerja.

Bangku Terbuka

Bangku terbuka adalah lambang ruang kerja modern. Tidak ada tempat duduk yang ditetapkan atau pertimbangan khusus. Itu hanya meja dan kursi yang bisa ditempati siapa saja.  

Ini mungkin terlihat lebih santai, tetapi bangku terbuka adalah yang dibutuhkan kebanyakan orang untuk bekerja. Di era laptop, tablet, dan smartphone, hanya ada sedikit kegunaan untuk meja atau kantor berukuran penuh.

Bahkan area yang paling bermanfaat pun menjadi ruang kerja yang sesungguhnya ketika ada ruang untuk laptop dan beberapa dokumen.

Untuk fasilitas kerja bersama, bangku terbuka menghilangkan banyak logistik dari perencanaan ruang. Hitung berapa banyak kursi yang ada dan isi sesuai kebutuhan. Tidak perlu khawatir tentang siapa dan di mana mereka akan duduk.

Ruang Kolaboratif Pribadi

Buatlah ruang kolaboratif pribadi yang standar untuk grup pekerja. Perusahaan rintisan, bisnis kecil, dan kelompok belajar membutuhkan ruang pribadi untuk berkolaborasi tanpa gangguan. Di coworking space, itu bisa berarti ruangan yang jauh dari area kerja utama.

Coworking space mungkin hanya membutuhkan satu atau dua dari jenis ruang ini untuk mendukung grup. Atau, mereka mungkin memiliki ruang yang lebih besar yang disiapkan untuk grup yang dapat digunakan oleh individu saat tidak dipesan.

Menawarkan ruang ini hanya berdasarkan permintaan adalah cara cerdas untuk meminta pemesanan dan mengetahui tingkat pemanfaatan.

Ruang Kerja Individu

Tidak ada jaminan kursi tersebut akan terisi sepanjang hari. Karena itu, penting untuk membuat beberapa workstation pribadi tersedia. Orang-orang membutuhkan privasi untuk panggilan telepon, webinar, pertemuan empat mata, dan pekerjaan sensitif lainnya.

Karena tidak bagus untuk pemanfaatan ruang, sebagian besar coworking space mengenakan biaya lebih untuk ruang kerja individu atau membuatnya tersedia hanya dengan reservasi.

Jika terdapat permintaan yang tinggi untuk ruang terbatas ini, sebaiknya Anda membatasi berapa lama seseorang dapat memesannya.

Keramahan (hospitality)

Meskipun biasanya dikaitkan dengan industri hotel, hospitality juga merupakan elemen penting dalam membangun ruang kerja bersama.

Berfokuslah untuk merekrut orang-orang yang baik, ramah, dan pintar dengan rasa empati. Mereka akan menjadi wajah rekan kerja Anda di depan anggota.

Saat Anda masuk ke coworking space, Anda akan melihat atmosfer kesibukan orang-orang yang bekerja di ruang tersebut. Bukan cuma untuk bekerja sendiri tapi di sini juga bisa bertemu klien, meeting online, dan kegiatan bisnis lainnya.

coworking space

Alasan Kenapa Coworking Space Digandrungi Masyarakat

Ada berbagai manfaat kantor sewa atau kantor bersama yang tidak tersedia di kantor tradisional. Di sini Anda dapat bertemu klien, berkolaborasi dengan tim Anda, dan bekerja dengan nyaman.

Coworking space akan menjadi solusi tepat untuk Anda karena akan menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis dengan lancar. Ini akan menawarkan Anda ruang kantor yang fleksibel, sesuai pilihan Anda, dan juga lingkungan kerja yang sempurna.

Jika Anda mencari coworking space, pasti akan ada banyak pilihan. Dengan semakin banyaknya perusahaan rintisan di coworking space, ini menjadi populer karena mereka menyediakan berbagai fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Manfaat Coworking Space

Ruang kerja bersama menghemat uang dan waktu yang harus Anda habiskan untuk mengelola ruang kantor. Mereka akan memberi Anda resepsionis, manajer kontak, dan tim orang yang akan membantu Anda dalam segala hal.

Setelah memutuskan untuk bekerja dari ruang kantor bersama, Anda dapat segera pindah setelah menandatangani kontrak. Dalam kasus kantor konvensional, Anda tidak akan bisa pindah begitu cepat.

- Hemat Biaya

Ruang kerja bersama akan memiliki meja panas, meja khusus, kabin, ruang konferensi, ruang rapat, zona istirahat, area rekreasi, dan pantry. Sebagai anggota coworking space, Anda akan memiliki akses ke printer, mesin faks, layanan telepon dan internet, dan utilitas lainnya.

Ketika bekerja dari coworking space, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengelola sumber daya yang terbatas secara efisien dan mencurahkan seluruh perhatian pada bisnis Anda.

- Fleksibilitas

Anda dapat menyewa ruang kantor bersama setiap bulan dan memperpanjang kontrak jika Anda ingin melanjutkan di tempat yang sama.

Ini tidak mungkin dilakukan di ruang kantor tradisional dan Anda harus menanggung beban kontrak tahunan. Dan jika Anda memutuskan kontrak di antaranya maka Anda akan kehilangan uang Anda.

- Peluang Pertumbuhan

Seiring pertumbuhan bisnis, Anda tidak akan mengalami masalah untuk pindah ke ruang kerja yang lebih besar. Anda dapat berpindah dari meja khusus ke kabin, untuk mengakomodasi tim Anda.

Ruang kerja selalu tersedia untuk mendukung Anda seiring pertumbuhan bisnis Anda. Coworking space menarik freelancer dan ini akan membantu Anda meningkatkan bakat saat Anda mengembangkan bisnis.

Ini sangat fleksibel dan menawarkan layanan yang tidak akan Anda temukan bahkan di kantor tradisional.

- Jaringan dan Kolaborasi

Anda akan menemukan bahwa jaringan sangat penting untuk pemula dan ruang kerja bersama adalah tempat yang tepat untuk berjejaring dan berkolaborasi.

Anda akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang bekerja di bidang yang sama dan Anda dapat menghasilkan ide-ide baru dari mereka.

Ruang kerja bersama menyelenggarakan acara jaringan rutin yang akan memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan orang yang tepat dan menjelajahi peluang baru untuk mengembangkan bisnis Anda.

Dengan semua manfaat ini, Anda akan menemukan bahwa coworking space adalah pilihan terbaik untuk memulai. Selain hemat biaya, ruang-ruang kantor ini memiliki infrastruktur hebat yang menampung para wirausahawan yang berpikiran sama yang antusias dalam mengembangkan bisnis mereka.

Kesimpulan

Jika Anda mencari tempat yang sempurna untuk mengadakan rapat dan acara dengan pengaturan profesional, Anda akan menemukannya di ruang kerja bersama ini.

Apakah Anda seorang pekerja lepas, pekerja jarak jauh, atau seseorang yang mencoba membangun bisnis kecil di coworking space. Anda akan merasa sangat nyaman ketika Anda memilih untuk bekerja dari coworking space.

Ruang kerja bersama juga menawarkan sejumlah manfaat yang akan semakin banyak dipilih oleh perusahaan rintisan dan bisnis daripada kantor tradisional.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari