Cara Membuat CV ATS Friendly, Makin Cepat Lolos Rekrutmen

Membuat CV ATS dengan template yang sesuai akan mempercepat dan memudahkan proses seleksi

Membuat CV ATS

Mana yang lebih Anda sukai antara CV kreatif dan CV ATS friendly? Masing-masing memiliki keunggulan dari segi tampilan maupun fungsi. Agar lebih cepat lolos rekrutmen, maka Anda perlu ketahui juga cara membuat CV ATS friendly.

CV ATS adalah dokumen yang dibuat untuk rekrutmen yang memungkinkan sistem screening dengan mudah dan cepat. Formatnya sederhana dan mudah dipindai. Isinya juga berisi kata kunci yang cocok dengan iklan pekerjaan, dan menyoroti pengalaman kerja dan keterampilan profesional yang relevan.

Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda tentang apa itu sistem CV ATS, cara membuat CV yang sesuai dengan ATS, dan contoh template CV yang ramah ATS.

Pengertian dari CV ATS

ATS merupakan singkatan dari Applicant Tracking System, yakni suatu sistem yang bisa membantu HRD untuk seleksi CV pelamar kerja yang jumlahnya banyak dan dalam waktu singkat. Pada umumnya, perusahaan-perusahaan skala besar atau perusahaan multinasional menerapkan sistem ATS.

ATS melakukan screening atau memindai konten CV pelamar dengan algoritma yang bisa mendeteksi keyword. Yang disebut keyword dalam hal ini adalah kata kunci yang meliputi background pendidikan, skill yang dimiliki, pengalaman kerja sebelumnya, pengalaman magang, pengalaman organisasi, dan nama perusahaan/organisasi sebelumnya.

Sistem ATS itulah yang menyaring CV pelamar yang masuk, kemudian merekap skor CV berdasarkan keyword yang ada di dalam isinya. Sistem yang melacak data atau informasi dari pelamar akan mempermudah perusahaan dalam menyeleksi kandidat terbaik dan sekian banyak banyak pilihan.

Sebelum mengetahui cara membuat CV ATS friendly, tahukah Anda seberapa penting CV ATS dibanding CV pada umumnya? Faktanya, menurut data CNBC, sebanyak 75% CV tidak dilihat oleh HR perusahaan yang merekrut. CV yang dilihat memiliki kriteria tertentu, yaitu lolos seleksi software ATS.

ATS harus dapat mengurai resume Anda. Jika konten resume Anda ramah ATS, tetapi template tidak dapat diuraikan, resume Anda akan tetap gagal dalam pemindaian ATS. Bahwa memilih template resume yang sesuai dengan ATS sama pentingnya dengan menyelesaikannya.

Membuat CV ATS
Membuat CV ATS

Cara Membuat CV ATS

Agar makin besar peluang lolos seleksi ke tahap selanjutnya, CV harus bisa terbaca sistem. Cara membuat CV ATS harus memenuhi syarat-syarat berikut;

1. Gunakan Template yang Mudah Dibaca

Mungkin Anda pernah berpikir bahwa template CV kreatif akan membuat HRD lebih tertarik. Tapi, cara kerja sistem ATS tidak fokus dengan desain kreatif, melainkan konten yang disusun sesuai struktur atau template.

Buatlah resume yang fokus kepada keterampilan dan pengalaman Anda, tanpa grafik, warna, dan simbol yang beragam. Kami juga akan mencantumkan contoh template CV ATS yang dibuat dengan Google Docs. Anda bisa mengisi dengan informasi yang sesuai.

2. Baca Daftar Pekerjaan untuk Bisa Fokus pada Keyword

Ketika Anda membuat CV ATS, sebaiknya Anda fokus dengan frasa dan kata kunci yang persis seperti yang tercantum pada lamaran pekerjaan. Mengapa harus persis? Jika yang menyeleksi adalah manusia, mungkin saja akan memahami meskipun penjelasan di CV tidak sama atau hanya memiliki kemiripan dengan lowongan yang dicari. Akan tetapi, tidak demikian dalam CV ATS yang berbeda cara kerjanya.

3. Membuat CV ATS dalam Bahasa Inggris

Dengan membuat CV bahasa Inggris, sistem ATS bisa membaca isi CV Anda, khususnya terkait skill dan pengalaman kerja Anda. CV ATS tidak melebihi dua lembar. Jumlah halaman CV juga berpengaruh pada keterbacaan CV. Yang perlu ditampilkan adalah yang inti saja.

4. Gunakan Font Standar

Sejak awal membuat CV ATS adalah agar mudah terbaca sistem. Font yang disarankan untuk CV ATS antara lain Garamond, Calibri, Cambria, Times New Roman, Georgia, Helvetica, Arial, Palatino, Tahoma, Verdana. Untuk ukuran font sebaiknya jangan kurang dari 11, tapi juga tidak terlalu besar.

5. Cantumkan Kontak

Salah satu bagian wajib dari CV ATS adalah kontak yang berisi nama, alamat, nomor telepon, dan email. Identitas di CV ATS tidak perlu ada foto Anda. Warnanya juga dominan hitam dan putih.

6. Tidak Perlu Banyak Penekanan

Jangan terlalu sering menggunakan penekanan, misalnya cetak miring dan huruf tebal pada CV Anda. Sebenarnya tidak apa-apa untuk menebalkan beberapa bagian seperti pengalaman kerja atau pendidikan. Boleh juga untuk membuat cetak miring deskripsi peran sebelumnya yang Anda pegang. Akan tetapi jika Anda terlalu sering menggunakan penekanan, hal itu justru mengurangi keterbacaan CV Anda.

Contoh Template CV yang ATS Friendly

Poin-poin yang perlu ada dalam CV ATS adalah;

  • Nama lengkap Anda
  • Keterangan pekerjaan (dalam bahasa Inggris)
  • Alamat
  • Nomor telepon
  • Email
  • Skill (dijelaskan dalam bentuk narasi singkat dan menarik)
  • Pengalaman kerja
  • Pendidikan
  • Prestasi atau penghargaan
  • Bahasa yang dikuasai

Lihat contoh gambar di bawah ini template CV ATS yang tersedia di Google Docs.

Membuat CV ATS
Contoh Template CV ATS

Anda juga bisa melihat contoh variasi lain di internet yang gratis maupun berbayar.

Apakah Harus Selalu Menggunakan CV ATS Agar Lolos Rekrutmen?

Mengapa template resume ATS ini disarankan, khususnya jika akan melamar ke perusahaan besar? Apakah CV ATS benar-benar efektif? Karena strukturnya mengikuti tata letak resume kronologis terbalik. Dengan demikian, HR lebih mudah untuk memindai ATS.

Font-nya juga lebih sederhana dan mudah dibaca, dengan tampilan elegan yang juga lebih cepat dibaca oleh perekrut (setelah lolos dari sistem ATS). Setiap bagiannya mudah dikenali karena sudah ada format yang berlaku secara umum. Profil resume muncul paling atas, diikuti oleh bagian pengalaman dan pendidikan. Bagian sertifikasi resume disebut terakhir dan bisa menyertakan info tambahan tentang kualifikasi kandidat.

Pada titik ini, penting untuk diperhatikan bahwa pemilihan bagian resume tidak boleh acak. Perbedaan utama antara CV ATS dan CV kreatif, misalnya pada deskripsi pekerjaan.

Jika deskripsi pekerjaan dengan jelas menyatakan bahwa perusahaan mencari keterampilan atau kualifikasi tertentu, dan Anda kebetulan memilikinya, selanjutnya tinggal sesuaikan dengan format CV ATS seperti poin-poin di atas.

Jadi, apakah harus selalu membuat CV ATS agar bisa lebih mudah lolos rekrutmen? Hal ini menjadi pertimbangan bagi perusahaan maupun pencari kerja. Sebaiknya disesuaikan dengan kebijakan perusahaan. Skala perusahaan dan juga jenis pekerjaan juga mempengaruhi. Untuk perusahaan berskala kecil dan khusus beberapa pekerja kreatif sejauh ini masih bisa menggunakan format CV kreatif dengan format bebas karena masih diproses oleh manusia dan bukan mesin.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang CV ATS dan poin-poin penting di dalamnya. Membuat CV ATS memang ada ketentuannya yang tujuannya agar CV bisa terbaca oleh sistem, sehingga bisa lolos ke tahap selanjutnya. Bukan masalah seberapa bagus desainnya, tapi lebih ke bagaimana menonjolkan keyword yang terkait dengan pengalaman kerja.

Pemilihan format CV memang demi efisiensi proses seleksi dengan sistem Applicant Tracking System. Dengan demikian, HR atau perekrut tidak lagi repot karena memilih kandidat secara manual. Kualifikasi kandidat juga tidak perlu diragukan lagi karena pengalaman dan skill mereka sudah secara akurat ditampilkan dalam halaman CV.

Tentu saja bukan hanya tentang cara membuat CV ATS yang harus terstruktur, tapi juga manajemen SDM pada umumnya. Apapun upaya yang sudah Anda lakukan, selama itu efektif berarti harus dipertahankan. Tapi, ketika perlu ada aspek yang harus diperbarui, maka sudah saatnya Anda menerapkan inovasi yang dibutugkan.

coba gratis kerjoo