Cara Memberi Motivasi Karyawan, Ini Dia Tipsnya!

Motivasi Karyawan sangat penting, ibaratnya jika motivasi sendiri merupakan sebuah bensin dari kendaraan yang Anda miliki. Nah, apabila Anda tidak mempunyai bensin maka kemungkinan

Cara Memberi Motivasi Karyawan, Ini Dia Tipsnya!

Daftar Isi

Motivasi Karyawan sangat penting, ibaratnya jika motivasi sendiri merupakan sebuah bensin dari kendaraan yang Anda miliki. Nah, apabila Anda tidak mempunyai bensin maka kemungkinan besar kendaraan tersebut juga tidak akan dapat beroperasi dengan baik.  Ini juga serupa dengan sebuah motivasi kepada karyawan di sebuah perusahaan.

Apabila Anda merupakan seorang atasan, maka Anda harus tetap selalu berusaha untuk bisa memotivasi karyawan supaya dapat bekerja lebih baik lagi. Di samping ditunjukkan untuk mempererat kerjasama tim, nyatanya motivasi yang dilayangkan oleh karyawan juga akan membantu Anda untuk memperoleh keuntungan atau profit yang secara elegan telah ditargetkan sebelumnya.  Bagaimanakah caranya untuk Anda bisa memberi motivasi karyawan agar lebih produktif lagi?

Tips Memberi Motivasi Karyawan

1. Menghargai Ide-ide Baru dari Karyawan

motivasi karyawan

Tentunya memang setiap orang ingin di dengarkan, tidak terkecuali adalah karyawan Anda, maka sebaiknya Anda memberikan waktu untuk dapat mendengarkan ide-ide baru dari karyawan tersebut.  Inilah yang membuktikan bahwasannya Anda merupakan seorang atasan yang bijaksana juga berwibawa.

Perlu Anda ketahui jikalau kesempatan untuk seorang karyawan tersebut biasanya akan diberikan oleh perusahaan untuk dapat mengembangkan kreativitas dari ide-ide baru yang dilayangkan oleh karyawan.  

Perlu Anda ketahui ide atau pemikiran merupakan hasil daripada  buah pikiran itu sendiri,  jadi memang pendapat atau ide tersebut akan muncul karena sebelumnya melalui proses berpikir terlebih dahulu di kepala karyawan Anda. Maka dari itu setiap pendapat atau ide yang dilayangkan oleh karyawan sebaiknya Anda hargai sebaik mungkin.

2. Selalu Pelihara Hubungan Sosial yang Baik dengan Tim

Komunikasi yang baik terjalin antara karyawan dan jumlah perusahaan akan tumbuh nantinya dengan cukup baik antara kedua belah pihak, sehingga semua akan mendatangkan profit yang lebih tinggi di kemudian hari. Atasan yang memiliki sikap peduli dengan bawahannya dapat menimbulkan karyawan atau bawahan  tersebut merasa segan karena mereka seringkali diperhatikannya Anda.

Sebagai contoh adalah jika Anda bisa mengunjungi ke rumah karyawan tersebut dan tindakan ini dilakukan untuk memelihara hubungan sosial dengan karyawan. Tentunya dengan mengerti kondisi dan juga mengenal keluarga karyawan tersebut, bisa memberikan Anda sebuah gambaran kepribadian dan juga karakter dari karyawan itu sendiri.

3. Anda Bisa Membantu Perencanaan Karir Karyawan

Perlu Anda ketahui jika setiap karyawan sendiri tentunya ingin sekali naik jabatan, sehingga karirnya menjadi lebih baik dan jangan sampai Anda selaku atasan tutup mata terhadap perkembangan karir dari karyawan Anda tersebut. Sebaiknya Anda melakukan penilaian kinerja kepada karyawan Anda secara efektif.

Selain itu juga sebaiknya Anda melakukan perencanaan terhadap pelatihan-pelatihan yang sesuai untuk dapat mengembangkan keterampilan yang merupakan bagian dari kelebihan karyawan tersebut yang tidak hanya fokus pada kekurangan dari sisi karyawan Anda.

Perlu Anda ketahui jika perencanaan tersebut begitu berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan karyawan. Adanya perencanaan tersebut dapat membuat semangat yang menumbuhkan motivasi karyawan menjadi tumbuh supaya mereka tidak jenuh pada posisi yang diembannya saat ini dan juga mengetahui kapan  mereka bisa naik jabatan, apabila kinerja yang terus meningkat dan baik.

4. Jelaskan Bagaimana Peran Karyawan Terhadap Perusahaan

Jika seorang karyawan ingin memperoleh pengakuan, jika mereka berkontribusi terhadap pencapaian visi, misi, dan nilai perusahaan Sehingga nantinya Anda juga wajib untuk memberi penjelasan mengenai ketiga hal tersebut dan juga peran penting karyawan dalam meraih hal tersebut.

5. Berikan Apresiasi Terhadap Peningkatan Kinerja Sekecil Apapun

Sebaiknya Anda harus memperhatikan juga bagaimanakah setiap peningkatan kinerja dari karyawan Anda,  bagaimanapun sekecil apapun peningkatan atau hal positif dari keterampilan yang telah dilakukan oleh karyawan Anda, Anda selaku Atasan wajib untuk mengapresiasinya.

Memang apresiasi seperti ini begitu penting, sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan tersebut. Jadi jangan hanya Anda menonton karyawan tersebut untuk dapat meningkatkan keterampilan di bidangnya. Sehingga Anda hanya menginginkan mereka untuk terus belajar keterampilan mereka. Namun tidak ada yang memberikan evaluasi terhadap implementasi dari orang yang telah mereka pelajari.

6. Atasan Bisa Melakukan Controlling ketika Karyawan Sedang Bekerja

Tentunya Anda selaku atasan begitu berpengaruh terhadap semangat kerja karyawan. Sampai dengan saat ini memang banyak sekali karyawan yang malas dalam bekerja. Sehingga pada akhirnya mereka kurang termotivasi dikarenakan tidak pernah dikunjungi oleh atasan mereka. Hal ini karena cenderung atasan terkesan tidak peduli dengan hasil kerja keras dari bawahnya.

Sebaiknya Anda upayakan untuk menyapa karyawan ketika sedang berpapasan dengan Anda. Di samping itu juga Anda bisa meluangkan waktu Anda untuk bisa datang keruangan mereka atau saat mereka bekerja.  Jangan segan untuk kemudian dapat membantu mereka jika mereka memang sedang mengalami kesulitan yang  tidak dapat terselesaikan.

motivasi karyawan

7. Membangun Kepercayaan Antar Karyawan

Kepercayaan bisa dibilang merupakan salah satu daripada modal penting untuk dapat membangun hubungan kerja antara Anda dan karyawan Anda menjadi lebih baik lagi. Bangunlah kepercayaan tersebut dengan mengutamakan kejujuran yang Anda miliki.  Jangan bergosip mengenai karyawan yang Anda tidak sukai tersebut kepada karyawan lain.  Hal ini akan menjadi boomerang Anda sendiri, dan kepercayaan karyawan tersebut Akan runtuh terhadap Anda.

Di samping itu juga sebaiknya komunikasi harus ada dengan begitu baik. Ini merupakan salah satu daripada cara membangun kepercayaan tersebut. Komunikasi baik antara atasan dan juga atasan biasanya terjadi ketika sedang berdialog dua arah.

8. Buat Suasana Kerja yang Positif dan Menyenangkan

Bisa dibilang kalau lingkungan kerja yang menyenangkan dan juga nyaman dapat membuat karyawan semangat bekerja kembali. Hal tersebut membuat karyawan terdorong kembali dari luar diri yang bisa mempengaruhi mereka untuk bisa tetap positif. Sehingga dapat menyelesaikan segala macam pekerjaan yang diembannya dengan begitu baik dan tepat waktu.

Sebagai atasan yang paling tinggi, ada baiknya Anda membuat suasana kerja menjadi lebih positif dalam pemikiran positif terlebih dahulu. Apabila Anda mempunyai karakter positif dan juga selalu melihat jika segala sesuatu ada jalan keluarnya, maka hal tersebut akan begitu mudah untuk menciptakan suasana kerja yang menyenangkan dan positif dapat meningkatkan motivasi dari karyawan Anda.

9. Mendorong Mereka untuk Terus Berkembang dan Belajar

Perlu Anda ketahui janganlah pernah memandang rendah karena karyawan merupakan pribadi yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Anda juga wajib untuk merangkul mereka sebagai saudara dan teman. Sehingga dapat mendorong mereka untuk dapat  mengembangkan dan juga belajar mengenai keterampilan yang mereka miliki. Berikanlah kata-kata motivasi untuk terus bersemangat. Jangan sekali-kali Anda merasa kehadiran karyawan tersebut mengancam Anda karena mereka terampil di satu bidang.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang cara memberi motivasi karyawan. Motivasi tim Anda bisa naik turun, tapi pastikan untuk menyediakan segala yang terbaik yang dibutuhkan. Ada saatnya mereka butuh diarahkan, tapi juga butuh kemandirian untuk berpikir dan bergerak secara produktif. Seringkali produktivitas dimulai dari hal yang terkecil berkaitan dengan efisiensi kerja. Agar pekerjaan lebih efektif dan efisien, aplikasi absensi online Kerjoo bisa menjadi solusi bagi Anda.

konflik di tempat kerja
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari