Tips Mencari Pekerjaan yang Sesuai Passion Anda!

Tips Mencari Pekerjaan yang Sesuai Passion Anda!

Mencari pekerjaan memang bisa terbilang mudah tetapi sulit. Anda mungkin bersemangat tentang kemungkinan yang akan datang dengan banyaknya list pekerjaan yang sedang mencari karyawan baru. Ada tekanan dan juga harapan untuk mendapatkannya.

Sebelum Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian, terlebih dahulu Anda harus mengetahui jelas tentang apa yang benar-benar Anda cari dalam pekerjaan dan perusahaan. Apakah fleksibilitas, lokasi utama, lingkungan yang konservatif, atau lebih santai? Apakah pekerjaan Anda satu-satu, berbasis klien, atau kolaboratif? Berapa jumlah minimum yang ingin Anda terima, dan masih banyak lagi.

Banyak pertimbangan yang akan muncul ketika sedang mencari pekerjaan. Anda harus dengan jelas mengidentifikasi jenis posisi yang diinginkan dan jenis perusahaan yang ingin Anda tangani, serta yang ingin Anda hindari. Nah, dibawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda pelajari sebelum mencari pekerjaan.

1. Perjelas apa yang Anda inginkan

Sebelum memulai pencarian kerja, luangkan waktu untuk merenungkan kekuatan dan kelemahan Anda dan jenis pekerjaan yang Anda sukai. Semakin baik Anda mengenal diri sendiri, semakin besar kemungkinan Anda akan menemukan pekerjaan baru yang memberi Anda kepuasan yang lebih besar. Apa yang Anda inginkan dalam suatu pekerjaan? Apa yang paling penting, gelar, uang, promosi, pekerjaan itu sendiri, lokasi, atau budaya perusahaan?

2. Riset perusahaan target Anda

Setelah Anda tahu apa yang Anda inginkan, inilah saatnya mencari tahu apa yang diinginkan perusahaan yang Anda lamar. Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menemukan pekerjaan baru adalah dengan mempelajari perusahaan. Ini akan membantu Anda merasakan budaya perusahaan mereka, mencari tahu pertanyaan apa yang biasanya mereka tanyakan dalam wawancara, dan bahkan menemukan gaji yang kemungkinan besar akan Anda terima.

Mencari Pekerjaan

3. Sesuaikan resume Anda dengan setiap pekerjaan

Resume Anda masih menjadi salah satu alat paling penting dalam pencarian pekerjaan. Banyak resume yang penuh dengan tanggung jawab (bukan prestasi yang nyata) dan pencari kerja mengirim resume yang sama ke berbagai lowongan.

Salah satu tips terbaik untuk mencari pekerjaan baru adalah memiliki resume yang berorientasi pada prestasi yang mencakup pencapaian terukur yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jadikan diri Anda orang yang cocok dengan posisi tersebut. Pastikan Anda memasukkan pengalaman dan pencapaian dalam resume Anda.

Sesuaikan resume Anda dengan setiap pekerjaan, perekrut harus tahu dalam beberapa detik setelah melihat resume Anda bahwa Anda memiliki keterampilan yang mereka cari.

4. Buatlah Career Brand

Membangun brand diri Anda berarti menunjukkan keahlian dan minat Anda secara online di mana pemberi kerja yang menelusuri Web dapat menemukannya. Sebagian besar perekrut, menggunakan LinkedIn sebagai alat pencarian utama mereka dan jika Anda seorang profesional, Anda harus menggunakan LinkedIn untuk keuntungan Anda. Ini adalah sumber yang bagus untuk menemukan orang yang bekerja di perusahaan yang Anda minati dan juga untuk memposisikan diri Anda agar ditemukan oleh perekrut dan manajer perekrutan dengan lowongan yang relevan.

5. Bangun, kembangkan, dan manfaatkan jaringan kontak Anda

Untuk sebagian besar pencari kerja, jaringan kontak yang besar dan kuat – orang yang mengenal Anda dan ingin membantu Anda menemukan prospek pekerjaan – menghasilkan lebih banyak peluang kerja. Jaringan – secara langsung dan online – sangat penting untuk kesuksesan Anda dalam pencarian kerja. Ini juga membantu Anda mendapatkan ide bagus tentang apa yang ada dan tersedia, sehingga Anda bisa lebih strategis dalam mencari pekerjaan.

Jangan takut untuk menjangkau orang-orang di LinkedIn, dan jika Anda mengenal seseorang yang bekerja di perusahaan yang menarik minat Anda, mintalah referensi. Manajer perekrutan lebih suka mewawancarai orang-orang yang datang direkomendasikan sebelum memilah-milah resume yang datang melalui situs web karier.

6. Jangan membatasi diri Anda pada aplikasi online

Jika Anda hanya mengandalkan mengajukan lamaran online, Anda bisa saja mencari pekerjaan untuk waktu yang sangat lama. Pada saat Anda melamar, perusahaan mungkin sudah dalam tahap wawancara terakhir, atau pekerjaan itu mungkin sudah terisi. Hubungi perusahaan yang menarik minat Anda secara langsung, dengan mungkin menghubungi perekrut internal atau menjadwalkan wawancara informasional dengan orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Idealnya, Anda ingin dikenal oleh orang-orang yang mungkin bisa membantu Anda untuk melangkah maju.

Mencari Pekerjaan

7. Tetap fokus dalam mencari pekerjaan

Butuh banyak waktu dan upaya untuk mencari pekerjaan baru. Dalam pencarian kerja yang panjang, mudah untuk berkecil hati dan teralihkan, tetapi dengan berfokus pada pencapaian tujuan harian Anda dapat memotivasi diri sendiri sekaligus membangun fondasi untuk sukses.

8. Be Kind to Yourself

Mencari pekerjaan bisa membuat stres. Jadi, luangkan waktu untuk bermeditasi, berolahraga, menonton film atau apa pun yang membantu Anda melepas lelah. Ciptakan jaringan dukungan yang baik, seperti meminta orang-orang untuk bertukar pikiran atau melampiaskan rasa frustrasi Anda akan membantu prosesnya menjadi lebih ringan.

9. Kembangkan cerita yang menunjukkan keahlian Anda

Ini adalah salah satu tips utama untuk mencari pekerjaan baru. Orang-orang mengingat cerita, jadi tujuan Anda harus mengembangkan serangkaian cerita wawancara yang dapat Anda gunakan dalam pertemuan jaringan atau wawancara kerja yang dengan jelas menunjukkan keterampilan, prestasi, dan hasrat Anda untuk pekerjaan Anda. Buatlah mereka terkesan dengan cerita Anda. Menggunakan cerita juga dapat membantu Anda merasa lebih nyaman membicarakan diri sendiri.

10. Mempersiapkan semua wawancara kerja

Sebelum Anda dipanggil untuk wawancara pertama Anda, kembangkan tanggapan untuk pertanyaan wawancara umum, dan kemudian berlatihlah. Idealnya menggunakan teknik wawancara tiruan dengan teman, kontak jaringan, atau pelatih wawancara bisa membantu anda. Semakin Anda siap untuk wawancara, semakin nyaman dan semakin besar kemungkinan Anda akan berhasil.

11. Following up manajer perekrutan

Pekerjaan Anda tidak selesai setelah wawancara atau tanda terima kasih dikirim. Menindaklanjuti dengan manajer perekrutan secara teratur menunjukkan minat dan antusiasme Anda untuk pekerjaan itu. Kuncinya adalah melakukannya dengan cara yang profesional tanpa membuat Anda terdengar mengganggu atau membutuhkan.

12. Mencari pekerjaan memakan waktu lebih lama dari yang Anda kira

Anda dapat berharap untuk memiliki pekerjaan baru dalam waktu singkat. Tetapi kenyataannya mungkin butuh waktu lebih lama untuk menemukan peluang yang tepat dan mendapatkan tawaran posisi tersebut. Anda harus mempersiapkan diri secara mental untuk pertempuran yang panjang sebelum menjadi salah satu dari sedikit orang beruntung yang pencarian pekerjaannya singkat.

Jika Anda baru saja memasuki dunia kerja atau memulai karier baru, Anda mungkin memerlukan lebih banyak pelatihan atau pengalaman untuk mendapatkan pekerjaan. Pertimbangkan untuk magang atau menjadi sukarelawan dengan organisasi di industri yang Anda inginkan saat melamar pekerjaan.

Gunakan kesempatan ini untuk memperluas jaringan kontak Anda atau maju ke posisi penuh waktu. Anda juga dapat mengikuti kursus online atau menghadiri lokakarya untuk membangun keterampilan tertentu atau mempelajari teknologi dan proses yang relevan dengan industri Anda.

Perbarui resume Anda saat Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman atau pencapaian. Semoga tips diatas bisa membantu kalian, ya!

mencari pekerjaan