Tips Untuk Mengelola Mood Kerja Saat Berpuasa

Tips Untuk Mengelola Mood Kerja Saat Berpuasa

Daftar Isi

Lebih dari 1,6 miliar Muslim di seluruh dunia berpuasa selama Bulan Suci Ramadhan, menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman apa pun dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Puasa tahunan ini adalah salah satu dari Lima Rukun Islam, dan dimaksudkan sebagai waktu refleksi, doa dan pemberian. Selain itu, cobaan dalam mengelola mood kerja saat puasa juga bisa menjadi tantangan tersendiri.

Tetapi tanpa makanan atau minuman, fokus dan energi mudah hilang, sesuatu yang terbukti menantang bagi Muslim di lingkungan kantor perusahaan dan kewirausahaan. Dengan beberapa perubahan cerdas dan adaptasi strategis terhadap perilaku dan prioritas Anda, Anda masih bisa mendapatkan banyak pekerjaan produktif, baik Anda bekerja di lingkungan kantor atau sendiri sebagai wirausahawan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola mood kerja saat Anda berpuasa:

Rencanakan Hari Anda

Menjaga pikiran Anda sibuk terkadang bisa menjadi tantangan selama Ramadhan, ketika rasa lapar bisa meresap sebagai gangguan. Dengan merencanakan hari-hari Anda dengan hati-hati dan memutuskan, sebelumnya, apa yang akan Anda fokuskan pada waktu dan perhatian Anda, Anda akan lebih mampu menjaga momentum Anda.

Saat merencanakan hari-hari Anda, cobalah untuk menjadwalkan pertemuan, panggilan telepon, dan interaksi interpersonal lainnya yang membutuhkan energi tinggi di pagi hari. Utamakan tugas dan item dengan prioritas tinggi, pastikan Anda membuat kemajuan pada item yang paling mendesak, dan tinggalkan tugas yang tidak terlalu mendesak atau intensif secara mental untuk nanti, ketika energi dan fokus Anda mungkin berkurang.

Bekerja Saat Energi Anda Tinggi

Energi Anda kemungkinan besar akan tertinggi setelah makan pagi dan malam. Jika memungkinkan, rencanakan untuk melakukan sebagian besar pekerjaan intensif secara mental atau fisik sesaat setelah makan, saat pikiran dan tubuh Anda berada pada titik paling tajam. Anda mungkin menemukan bahwa begadang setelah sahur – alih-alih kembali tidur – akan memungkinkan Anda menyelesaikan tugas dengan lebih mudah tanpa gangguan pesan masuk dan gangguan pada jam itu juga. Dengan bekerja saat energi Anda sedang tinggi, tentu akan bisa membantu dalam mengelola mood Anda saat bekerja.

Mengelola Mood

Tukar Rapat Dengan Telfon atau Panggilan Video

Bepergian, ngelaju, dan jalan kaki dapat menguras energi Anda. Jika memungkinkan, cari peluang untuk mengalihkan pertemuan langsung ke panggilan telepon atau obrolan video. Seringkali, Anda bisa menyelesaikan banyak hal, tanpa harus menggunakan energi yang berharga untuk secara fisik membawa diri Anda ke lokasi berbeda untuk bertemu.

Bagi banyak orang – bahkan mereka yang tidak berpuasa – ini akan menjadi perubahan yang disambut baik, karena menghemat waktu perjalanan dan pergerakan mereka juga. Waktu ekstra ini dapat digunakan untuk aktivitas dan tugas lain, memungkinkan Anda untuk membuat lebih banyak kemajuan pada tujuan dan daftar tugas Anda.

Beristirahat

Siang dan sore hari bisa menjadi saat-saat tersulit untuk pekerjaan yang energik selama Ramadhan, jadi jangan takut untuk tidur siang untuk mendapatkan kembali energi dan menghabiskan waktu. Ini akan sangat membantu jika Anda memilih untuk tetap terjaga setelah makan pagi. Tidur siang akan memungkinkan Anda mengisi ulang daya, memberi Anda tambahan energi singkat saat bangun di sore hari. Sementara beberapa karyawan Muslim mungkin memilih untuk melanjutkan rutinitas biasanya di tempat kerja, beberapa karyawan mungkin meminta lebih sering istirahat baik untuk istirahat atau sholat.

Pemberi kerja hanya berkewajiban memberi waktu istirahat 20 menit kepada karyawan jika mereka bekerja lebih dari enam jam. Tetapi harus mempertimbangkan apakah mereka dapat mengakomodasi permintaan tersebut dan / atau bahkan menyediakan tempat bagi karyawan untuk berdoa. Pemberi kerja juga harus memastikan bahwa karyawan tidak dihukum atas penurunan kinerja selama berpuasa, karena ini bisa menjadi diskriminasi yang melanggar hukum.

Kerja Fleksibel

Jika belum ada kebijakan kerja yang fleksibel, pemberi kerja dapat menawarkan pengaturan yang memungkinkan karyawan Muslim untuk bekerja dengan jam kerja yang berbeda. Beberapa karyawan mungkin ingin mulai bekerja lebih awal atau bekerja saat istirahat makan siang sehingga mereka dapat pulang kerja lebih awal untuk berbuka puasa di rumah. Pengusaha mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menawarkan kerja jarak jauh jika seorang karyawan dihadapkan pada perjalanan panjang ke tempat kerja.

Cuti Tahunan

Seorang karyawan dapat meminta cuti pada hari-hari tertentu selama Ramadhan, termasuk untuk Idul Fitri. Sepuluh hari terakhir Ramadhan sangat spesial bagi umat Islam dan karena ketidakpastian tanggal, atasan dapat menerima permintaan cuti tahunan dalam waktu singkat. Pengusaha harus mencoba dan mengakomodasi permintaan sebanyak mungkin dan memastikan mereka tidak menolaknya hanya karena ini adalah waktu sibuk atau karena karyawan lain tidak bekerja.

Jika pemberi kerja memiliki alasan yang kuat untuk tidak menyetujui cuti, mereka harus bisa melakukan diskusi dengan karyawan dan mencapai kompromi, misalnya, dengan mengizinkan mereka mengambil cuti pada tahun berikutnya. Mungkin berguna untuk menetapkan prosedur yang harus diikuti manajer dalam kebijakan hari raya keagamaan.

Menjadwalkan Acara

Perusahaan harus menyadari bahwa karyawan mungkin merasa tidak nyaman menghadiri acara sosial atau pelatihan yang melibatkan makanan dan minuman. Untuk mencegah hal ini, perusahaan dapat mendorong manajer untuk mengirim email atau menyebutkan dalam rapat tim bahwa Ramadhan telah dimulai. Sehingga semua acara sudah diatur sedemikian rupa untuk tetap menghormati yang berpuasa.

Kesehatan dan Keselamatan

Puasa dapat memengaruhi konsentrasi dan tingkat produktivitas karyawan. Dalam hal ini pengusaha harus mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan karyawan dan apakah seorang karyawan dapat menjalankan perannya saat berpuasa.

Ini mungkin terjadi jika seorang karyawan mengoperasikan alat berat atau bertanggung jawab atas keselamatan orang lain, seperti pilot. Jika ini masalahnya, pengusaha bisa meminta karyawan yang berpuasa untuk melakukan peran berbeda selama sebulan.

Secara keseluruhan, pemberi kerja harus berusaha dan mengakomodasi karyawan Muslim sejauh mungkin dan menginformasikan semua karyawan tentang kebijakan yang relevan yang berlaku. Ini akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, memotivasi tenaga kerja dan mencegah terjadinya potensi perilaku diskriminatif.

Kebijakan Agama

Manajer harus membiasakan diri dengan kebijakan atasan mereka tentang ketaatan beragama selama jam kerja. Memberikan tunjangan untuk mematuhi karyawan dari satu agama, tetapi menolak untuk memberikan tunjangan yang setara kepada karyawan yang berbeda. Akan sama dengan diskriminasi agama langsung.

Memiliki kebijakan tentang ibadah selama jam kerja harus berdampak positif bagi karyawan. Di sisi lain, ketiadaan kebijakan tersebut, serta tidak mendukung karyawan yang keyakinan agamanya mengharuskan mereka untuk menjalankan praktik tertentu, dapat menyebabkan tuduhan diskriminasi agama.

Selama Ramadan, Muslim berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam dan terlibat dalam peningkatan tindakan doa dan amal. Akibatnya, rutinitas sehari-hari seorang Muslim berubah karena waktu tidur dan makan yang terganggu. Namun beberapa Muslim mungkin dibebaskan dari puasa. Misalnya jika mereka hamil, menyusui atau karena alasan kesehatan tetapi tetap akan mengambil bagian dalam praktik keagamaan Ramadhan lainnya. Nah, dengan saling mendukung kegiatan antar sesama, hal ini bisa menjadikan Anda lebih semangat dan mengelola mood Anda saat bekerja.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari