Pakaian Interview Kerja untuk Pria dan Wanita

pakaian interview

Pakaian interview kerja memang bisa jadi hal yang penting. Baik pria maupun wanita, penampilan saat interview kerja sudah semestinya sopan, rapi, dan menunjukkan kesan profesional. Perlu diketahui jika dalam interview kerja memang ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Tidak hanya sebatas bagaimana menguasai materi dan pengetahuan terkait pekerjaan tapi juga penampilan.  

Selain wawancara, tahapan rekrutmen mungkin akan sangat banyak. Tidak hanya sebatas seleksi berkas dan tes tertulis, bahkan ada beberapa tes kerja yang secara khusus dibuat oleh HR perusahaan. Tapi, yang sering menentukan adalah wawancara. Bisa dibilang jika tes yang satu ini adalah ujian penentuan dari segala proses pada saat melamar pekerjaan. Tidak jarang juga seseorang tampak percaya diri dan yakin diterima, tapi mungkin saja bisa gagal karena sebuah kesalahan yang tidak disadari seperti cara berpakaian.

Ketahui Tips Memilih Pakaian Interview Kerja

Perlu Anda ketahui jika setiap interview mungkin saja ada banyak macam pertanyaan HRD. Pada umumnya seorang pewawancara akan menanyakan hal umum yang terkaitan dengan data diri pelamar, motivasi dan latar belakangnya. Setelah itu biasanya pertanyaan dalam interview jauh lebih spesifik lagi terkait dengan pengetahuan tentang perusahaan, apa saja pengalaman calon karyawan, sampai dengan tahapan negosiasi gaji. 

Ketika seorang pelamar sudah masuk ke dalam ruangan, pada umumnya sudah bisa dinilai bagaimana karakter pelamar tersebut secara garis besar. Oleh karena itu, orang yang diwawancara juga tidak boleh asal asalan dan tetap menjaga sopan santun. Selain menunggu, mengetuk pintu, dan dipersilakan duduk, juga perlu mempersiapkan penampilan.

Apabila Anda sedang melamar kerja di perusahaan besar, maka jangan menggunakan celana dan kaos sobek, seperti sedang hangout. Jika perusahaan yang dilamar memang tidak formal, dalam hal ini masih boleh memakai pakaian kasual yang tetap sopan, Tapi, jika yang dilamar adalah perusahaan korporat yang formal, sebaiknya memakai pakaian formal juga. Supaya dapat membuat para pewawancara terkesan maka Anda disarankan untuk tampil dengan maksimal. Di bawah ini ada berbagai macam pakaian yang cocok untuk wawancara kerja.

pakaian interview

Pakaian Interview Seorang Pria

Bagi pria memang kerap kali bingung ketika diminta memilih jenis pakaian apakah yang cocok untuk mereka kenakan. Walaupun memang tidaklah serumit wanita, tapi terkadang pria juga membutuhkan waktu yang cukup lama ketika hendak menentukan pakaian yang tepat untuk interview. Apalagi jika perusahaan yang dituju adalah perusahaan yang diimpikan sudah sedari lama. Proses pemilihan pakaian sendiri akan semakin banyak memakan waktu yang cukup lama karena pria ingin tampil lebih sempurna. Adapun di bawah ini merupakan pakaian interview yang dapat pria kenakan ketika memperoleh panggilan wawancara :

1. Memakai Pakaian Jas dan Dasi

Seorang pria bisa mengenakan pakaian jas yang dilengkapi dengan dasi supaya tampil lebih sopan lagi. Tidak disarankan untuk menggunakan jas tanpa adanya dasi, apalagi memakai kaos di bagian dalam jas. Inilah yang bisa membuat para pewawancara akan menilai dengan penilaian kurang profesional. Usahakan untuk tetap memakai kemeja, tapi juga dasi dan jas yang rapi.

2. Menggunakan Kemeja

Anda juga bisa datang ke tempat pelaksanaan wawancara tersebut dengan mempergunakan kemeja yang rapi. Hal ini sebenarnya telah cukup. Adapun hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyeterika kemejanya saja tanpa aksesoris penunjang lainnya. Saat menggunakan kemeja, Anda juga bisa menyesuaikan padu padan warnanya yang tidak terlalu mencolok untuk momen wawancara. Tentunya dengan cara ini, pewawancara akan memberikan penilaian lebih pada penampilan Anda.  

3. Celana dan Warna Jas yang Senada

Apabila memang Anda lebih mantap untuk interview memakai jas, maka pilih celana yang memiliki warna senada. Jika Anda tidak menemukan warna yang sesuai maka Anda bisa menggunakan warna hitam yang lebih netral. Pilihan warna lainnya adalah putih. Anda harus memastikan jika pakaian Anda itu tidak kusut dan sudah diseterika.

4. Warna ikat Pinggang yang Senada dengan Sepatu

Biasanya bagian yang sering terabaikan pada saat akan wawancara adalah ikat pinggang. Bisa dibilang memang aksesoris yang satu ini tergolong penting untuk penampilan. Ketika mengenakannya maka Anda akan tampak lebih rapi. Ikat pinggang yang memiliki warna senada plus sepatu tentunya akan lebih pas untuk dipakai, sehingga nantinya penampilan akan jauh terlihat lebih pas.

pakaian interview

5. Gunakan Pakaian Resmi dan Bukan Celana Jeans

Wajib bagi Anda untuk menghindari celana jeans ketika akan menghadiri interview kerja. Walaupun memang Anda sudah menggunakan kemeja dan jas, apabila Anda sudah mempergunakan jeans maka itu tetap saja tidak sopan. Ketika sudah mengetahui tips pakaian wawancara kerja, maka proses berjalannya wawancara akan lebih baik.

Pakaian Interview untuk Wanita

Sama seperti pria, tentunya setiap proses interview yang dilakukan wanita juga harus dipersiapkan sebaik mungkin. Tidak hanya pakaian saja yang menjadi perhatian. Hal lainnya seperti tas yang dibawa, tapi juga make up sampai dengan sepatu. Perlu diketahui bahwa ada berbagai tips untuk para wanita yang hendak wawancara, khususnya jika mereka menggunakan hijab. Jangan sampai menggunakan pakaian yang terlalu pendek dan pakaian yang begitu ketat. Tentunya hal ini penting sekali supaya dapat memberikan kesan baik untuk pertama kalinya. Sehingga penerimaannya akan berkesan untuk kali pertama. Di bawah ini adalah beberapa referensi pakaian interview bagi wanita,

1. Pakaian Interview dengan Kemeja

Tentunya penggunaan kemeja bagi seorang wanita akan terlihat begitu aman. Bukan hanya terlihat sangat rapi penggunaan kemeja juga membuat tampilan lebih profesional. Tidak perlu bingung menggunakan kemeja mana yang akan Anda pakai, yang penting tampak rapi maka pakaian akan cocok untuk dipakai saat interview. 

2. Menggunakan Celana Panjang atau Bawahan Rok

Wanita bisa menggunakan bawahan dengan tampilan rapi misalnya saja celana panjang atau rok. Usahakan juga agar tidak menggunakan bawahan yang ketat supaya lebih menjaga etika kesopanan ketika wawancara. Penggunaan celana panjang yang mempunyai bahan kain temtunya akan dapat menyerap keringat dan hal itu akan membuat Anda nyaman pada saat bergerak dan tidak menyebabkan kepanasan. Pastikan juga jika kemeja panjang yang akan digunakan tersebut telah pas dan tidak kekecilan apalagi kebesaran.

3. Menggunakan Blazer

Jika pria memakai jas untuk interview, wanita juga bisa menggunakan blazer. Sekilas blazer juga ada yang mirip seperti jas, tapi lebih santai. Model blazer juga bervariasi, jadi bisa disesuaikan dengan jenis perusahaannya. Jika perusahaannya tidak terlalu formal maka blazer yang digunakan juga lebih bebas. Pada saat interview, pastikan jika Anda mempergunakan blazer yang tidak terlalu banyak pola dan warna mencolok. 

Kesimpulan

Pakaian saat interview memang sama pentingnya dengan proses interview itu sendiri. Jika pakaiannya tepat, maka kesan pertama pewawancara juga akan lebih baik. Pakaian juga bisa menunjukkan kesan profesional dalam bekerja. Jika sudah terbiasa profesional mulai dari hal kecil, maka proses bekerjanya pun akan lebih lancar.

Leave a Reply