Beberapa Keuntungan Bekerja dari Jarak Jauh Bagi Perusahaan

Bekerja dari Jarak Jauh

Daftar Isi

Beberapa Keuntungan Kerja Jarak Jauh Bagi Perusahaan  – Digital Workplace Group menyatakan bahwa tahun 2008, jumlah orang yang bekerja dari jarak jauh telah meningkat 115%.

Mereka juga telah memperkirakan bahwa 38% dari populasi karyawan penuh waktu akan melakukan pekerjaan mereka dari jarak jauh dalam dekade berikutnya. Sistem kerja jarak jauh memang bisa menjadi pilihan industri di masa depan.

Jadi mengapa pekerjaan jarak jauh begitu populer? Daya tariknya bagi karyawan sudah jelas. Beberapa manfaatnya antara lain;

  • Mampu bekerja kapan dan di mana saja
  • Tidak menghabiskan waktu perjalanan
  • Memiliki tempat kerja pribadi sendiri

Pada tahun-tahun sebelumnya, banyak pengusaha telah menyatakan keprihatinannya tentang mempekerjakan pekerja jarak jauh. Mereka takut bahwa mereka tidak akan menyelesaikan pekerjaan tanpa pengawasan atau tidak dapat dihubungi saat dibutuhkan.

Pada kenyataannya, tidak pernah semudah ini mengatur tenaga kerja jarak jauh. Aplikasi seperti Trello dan Slack membantu mengatur tenaga kerja jarak jauh.

Adanya perangkat ini berguna untuk memastikan bahwa tim masih dapat berinteraksi, meskipun mereka tidak berada di tempat yang sama.

Plus, ada beberapa keuntungan luar biasa dari bekerja jarak jauh bagi pemberi kerja. Mulai dari menghemat uang di ruang kantor hingga memberi karyawan perasaan kebebasan.

Bekerja dari Jarak Jauh

Keuntungan Bekerja dari Jarak Jauh

Sebelumnya, Anda bisa lihat dulu beberapa keuntungan kerja jarak jauh bagi perusahaan.

1. Bekerja dari Jarak Jauh Tingkatkan Produktivitas

Meskipun banyak pengusaha prihatin tentang potensi kurangnya produktivitas kalau bekerja di rumah, tetapi banyak juga yang sebenarnya menganggap hal sebaliknya.

Pekerja dapat mengatur tempat di rumah yang nyaman dan bebas dari gangguan. Di sini kemungkinan akan menjadi lingkungan yang jauh lebih produktif daripada kantor pada umumnya.

Beberapa profesi, khususnya di industri teknologi, mengharuskan karyawan untuk bekerja di ruangan kerja tertentu, karena mereka mungkin perlu fokus selama berjam-jam.

Memiliki ruang di mana tidak ada yang akan mengganggu sangat penting untuk berkonsentrasi. Inilah mengapa pekerjaan jarak jauh sangat populer di industri ini.

2. Hemat Peralatan saat Bekerja dari Jarak Jauh

Meskipun tidak berlaku untuk semua posisi, banyak pekerja jarak jauh membayar peralatan kerja jarak jauh mereka sendiri. Ini terutama berlaku untuk freelancer, wiraswasta dan yang hanya bekerja sesuai kebutuhan.

Freelancer biasanya membeli komputer dan perangkat lain mereka sendiri dan mengklaimnya dengan biaya bisnis mereka sendiri. Jadi ini adalah satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan oleh pemberi kerja.

3. Pelatihan Karyawan

Mempekerjakan pekerja jarak jauh berarti Anda akan memiliki akses ke banyak karyawan yang sudah memiliki keahlian yang diperlukan untuk pekerjaan yang diiklankan.

Tidak masalah tentang di mana lokasi karyawan tersebut, Anda akan dapat fokus pada orang yang sudah mendapatkan pelatihan untuk posisi yang diperlukan. Ini memotong biaya pelatihan sepenuhnya.

4. Absensi untuk Bekerja Jarak Jauh

Ketidakhadiran di tempat kerja adalah masalah besar bagi pekerja dan karyawan. Penyakit dan janji temu seringkali tidak dapat dihindari. Tetapi ketidakhadiran karena waktu perjalanan dapat diatasi dengan bekerja jarak jauh.

Secara umum, karyawan membenci perjalanan pulang pergi. Pemberi kerja mungkin menemukan bahwa pekerja jarak jauh lebih cenderung untuk memulai hari mereka lebih awal karena tidak perlu melakukan perjalanan.

Mereka juga tidak terburu-buru untuk naik kereta di penghujung hari. Bahkan, mereka mungkin masih ada waktu untuk mendapatkan pekerjaan tambahan.

5. Gaji yang Lebih Efisien

Pekerja jarak jauh dan karyawan sebenarnya sama-sama dapat menikmati keuntungan finansial dari bekerja dari rumah.

Karena pekerja jarak jauh tidak membayar biaya perjalanan dan sering menghemat uang untuk makan siang dan kopi, mereka sering tidak keberatan dengan sedikit pengurangan gaji.

Pengeluaran yang dimiliki pekerja dari bekerja di rumah, seperti biaya laptop dan peralatan lainnya, sering dianggap sebagai tanggung jawab mereka.

Kemungkinan besar mereka akan menggunakan peralatan tersebut untuk kebutuhan pribadi juga.

Bekerja dari jarak jauh

6. Tidak Perlu Ruang Kantor

Salah satu manfaat yang lebih jelas dari bekerja jarak jauh bagi pemberi kerja adalah bahwa mereka harus mengeluarkan lebih sedikit biaya untuk ruang kantor.

Memang mahal untuk menyewa atau membeli ruang kantor, tetapi itu bukan satu-satunya pengeluaran untuk memiliki kantor sendiri.

Tagihan listrik dan air harus diperhitungkan, serta biaya Wi-Fi. Ini berarti penghematan ruang kantor bisa sangat besar; dan setiap pemotongan biaya, tentu saja, selain keuntungan bisnis.

7. Bekerja dari Jarak Jauh Meningkatkan Inklusivitas

Kerja jarak jauh memungkinkan perusahaan merangkul keragaman dan inklusi dengan mempekerjakan orang-orang dari latar belakang sosial ekonomi, geografis, dan budaya yang berbeda dan dengan perspektif yang berbeda.

Hal tersebut dapat menjadi tantangan untuk dicapai ketika perekrutan dibatasi pada lokasi tertentu. Kerja jarak jauh memberi kesempatan untuk beberapa orang.

Khususnya mereka yang mungkin kesulitan menemukan pekerjaan dengan sistem WFO (work form office), seperti penyandang disabilitas atau pengasuh yang membutuhkan jadwal fleksibel.

Dengan bekerja jarak jauh, mereka bisa mencapai tujuan karier tanpa harus khawatir bolak-balik ke kantor. Ini juga memberi pekerja fleksibilitas untuk pergi ke dokter dan janji perawatan kesehatan lainnya bila diperlukan.

8. Lebih Sedikit Kebutuhan

Mempekerjakan tim jarak jauh atau sejumlah freelancer berarti bahwa pemberi kerja memiliki lebih sedikit kewajiban untuk memberikan tunjangan.

Freelancer dapat mengatur asuransi kesehatan mereka sendiri. Perusahaan tempat mereka bekerja tidak berhutang untuk menyediakan skema pensiun.

Singkatnya, memotong biaya tunjangan bagi karyawan berarti bahwa perusahaan yang mempekerjakan mereka dapat menghasilkan penghematan besar.

9. Karyawan Lebih Bahagia

Selain tidak terlalu lelah dan stres, karyawan yang bekerja jarak jauh cenderung lebih banyak bersyukur.

Mereka cenderung berterima kasih atas kesempatan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dengan orang-orang tersayang dan memiliki hari kerja yang fleksibel.

Banyak karyawan merasa lebih cenderung untuk membantu perusahaan. Seperti responsif terhadap email tentang tugas yang berbeda atau bahkan pergi ke janji temu dan rapat, mereka akan dengan senang hati melakukan ini jika mereka merasa kebutuhan mereka terpenuhi.

10. Tidak Terikat Jam Kerja

Salah satu manfaat besar dari mempekerjakan tim jarak jauh adalah bahwa pekerjaan dapat dilakukan secara fleksibel dan tidak hanya selama jam kerja di lokasi tempat tim Anda berada.

Ini bagus untuk bisnis dengan basis layanan pelanggan besar yang perlu online sepanjang waktu. Memiliki koresponden di zona waktu utama berarti seseorang akan selalu ada untuk menjawab pertanyaan apa pun dan menyelesaikan masalah apa pun.

Kecuali untuk kantor yang menerapkan jam kerja khusus untuk setiap karyawan, maka tinggal mengikuti aturan jam kerja yang telah ditentukan tersebut.

Kesimpulan

Ada banyak keuntungan bekerja jarak jauh untuk karyawan dan perusahaan. Bahkan, sistem kerja ini bisa diterapkan tanpa terbatas waktu dan jarak, bukan hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri.

Memiliki tim internasional membantu orang-orang dengan budaya yang berbeda untuk belajar satu sama lain dan berbagi ide yang dapat diadopsi secara keseluruhan.

Meskipun tempat tidak bertemu tim secara langsung, tapi produktivitas tetap terjaga. Untuk perusahaan yang menerapkan sistem remote working, Anda tetap mengelola SDM secara efektif.

Optimalkan performa karyawan Anda dengan review kehadiran secara lebih akurat. Cukup di satu dashboard admin panel Kerjoo.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari